Home / KESEHATAN

Minggu, 6 Agustus 2023 - 14:00 WIB

Waspada, Kenali Gejala Omicron XBB yang Mirip Flu Biasa

- Penulis

Waspada, Kenali Gejala Omicron XBB yang Mirip Flu Biasa 1

Waspada, Kenali Gejala Omicron XBB yang Mirip Flu Biasa 1

Moccaapedia Kenali gejala Omicron, yang merupakan varian terbaru dari Covid yang disebut juga dengan Varian XBB yang kini sudah menyebar di lebih dari 35 Negara. Dan varian terbaru ini juga sudah masuk ke Indonesia.

XBB sendiri merupakan varian baru dari Covid yang berasal dari mutari varian Omicron itu sendiri. Meskipun virus ini dikatakan mirip dengan flu biasa. Namun virus ini juga dinyatakan dapat meningkatkan kasus Covid 19 di Indonesia yang sebenarnya sudah sempat mereda.

Covid varian baru ini sendiri juga merupakan varian dari Omicron yang tidak lebih berat dari varian sebelumnya. Yakni varian Delta yang sempat merebak beberapa waktu lalu.

Selain itu, gejala Covid XBB ini juga hampir mirip dengan varian sebelumnya. Sehingga banyak orang yang menganggap jika varian ini tidak terlalu parah.

Tapi benarkan begitu? Maka dari itu di sini Moccaapedia berusaha untuk membahasnya untuk Anda.

 

Baca Juga :   11 Jenis Penyakit Kulit yang Harus Diwaspadai

 

Varian Baru COVID-19 XBB

Waspada, Kenali Gejala Omicron XBB yang Mirip Flu Biasa 1
Waspada, Kenali Gejala Omicron XBB yang Mirip Flu Biasa 1

Varian baru dari Covid 19 disebut juga dengan Omicron XBB ini sendiri adalah rekombinan dari virus corona varian BA.2.10.1 dan juga BA.2.75. Sebuah penelitian menunjukkan jika tidak ada perbedaan yang signifikan atau substansial pada tingkat keparahan penyakit dari infeksi XBB ini.

Omicron XBB ini bahkan dinyatakan sudah lebih banyak menyerang orang di Singapura. Bahkan sebagian besar menyerang mereka yang belum pernah terinfeksi Covid 19 sebelumnya. Atau yang disebut dengan istilah Covid Naïve.

Sedangkan resiko penularannya menyasar pada kelompok usia hingga 39 tahun hingga lansia berusia 70 tahun.

 

Gejala Omicron XBB yang Bisa Dikenali

Waspada, Kenali Gejala Omicron XBB yang Mirip Flu Biasa 1
Waspada, Kenali Gejala Omicron XBB yang Mirip Flu Biasa 1

Sejauh ini, baru diketahui jika gejala Omicron varian XBB ini lebih ringan daripada varian lainnya. Bahkan karena gejalanya yang ringan ini, tidak jarang penderitanya sering mengabaikan gejala gejala yang mereka alami.

Karena menganggapnya sebagai flu biasa.

Agar lebih waspada, berikut ini adalah beberapa gejala Omicron XBB yang bisa Anda rasakan:

 

Baca Juga :   Super Sehat, Ini Loh Manfaat Wortel Rebus Bagi Tubuh

 

1. Demam

Sebenarnya hampir mirip dengan gejala Covid 19 yang sebelumnya, varian dari Omicron XBB ini juga akan menimbulkan gejala demam sebagai gejala awalnya. Gejala demam yang dirasakan juga hampir sama dengan demam biasa. Namun biasanya durasi demamnya menjadi jauh lebih panjang.

Jika sudah begitu, Anda harus waspada karena sebagian besar pasien yang terkena Omicron XBB ini mengaku merasakan demam selama lebih dari sepuluh hari.

Sehingga jika Anda mengalami demam yang berlanjut hingga lebih dari satu minggu, sebaiknya periksakan kondisi kesehatan Anda ke rumah sakit terdekat.

Namun meski begitu, memang tidak semua penderita Covid XBB akan mengalami fase demam terlebih dahulu.

 

2. Batuk

Selain merasakan gejala demam, gejala lain yang bisa Anda rasakan adalah batuk tidak berdahak atau batuk kering yang akan menimbulkan rasa gatal pada tenggorokkan.

Biasanya gejala ini akan membaik dalam tiga hari atau lima hari setelah pasien dinyatakan positif Covid.

 

3. Flu atau Pilek

Flu atau pilek juga menjadi salah satu gejala yang sering sekali muncul pada penderita covid varian Omicron XBB ini. Gejala flu atau pilek yang dirasakan pasien, hampir sama dengan flu biasa. Sehingga banyak orang yang mengabaikan gejala ini dan merasa jika mereka hanya flu biasa.

Sebab gejala ini bisa diketahui dengan menggunakan prosedur Swab Antigen atau PCR. Barulah bisa diketahui apakah benar benar terkena Covid varian terbaru atau hanya flu biasa.

 

4. Pusing dan Sakit Kepala

Banyak juga pasien dari covid varian XBB ini yang mengeluh sering merasakan sakit kepala atau pusing dengan rasa seperti tertekan. Rasa pusing atau sakit kepala ini biasanya hilang timbul.

Dan pada dasarnya rasa sakit kepala atau pusing ini adalah reaksi tubuh pada peradangan yang muncul karena tubuh sedang berusaha untuk melawan virus.

 

5. Tubuh Merasa Lemas

Tubuh juga akan merasa lemas seperti kehilangan tenaga. Hal ini karena mereka yang terserang virus Covid XBB ini, merasakan otot ototo dan sendi yang terasa nyeri sehingga membuat tubuh menjadi lemas. Serta terasa tidak bertenaga untuk melakukan kegiatan seperti biasa.

 

6. Mual dan Muntah yang Disertai dengan Diare

Gejala yang paling sering dan umum terjadi pada pasien Covid 19 adalah gangguan pada saluran pencernaan. Gangguan pencernaan ini berupa mual dan muntah yang berasal dari tekanan psikologis. Seperti rasa cemas dan stress yang berlebihan.

Selain itu, obat antivirus dan obat-obatan lain yang mendukung penyembuhan juga bisa menimbulkan efek samping berupa diare.

 

7. Sesak Napas

Ada kemungkinan juga bagi penderita Covid XBB mengalami sesak napas. Namun gejala ini umumnya sangat berbeda dengan sesak napas yang terjadi karena alergi atau yang terjadi pada penderita asma.

Gejala sesak napas ini sendiri berasal dari virus yang umumnya akan berangsur membaik. Seiring dengan terbentuknya resistensi tubuh pada virus COVID-19.

Gejala ini bisa semakin parah seperti napas semakin berat dengan napas pendek, rasa nyeri pada dada. Sedangkan bibir, wajah dan kuku menjadi pucat kebiruan. Dan sulit untuk terbangun dan terjaga.

Maka sebaiknya segeralah meminta bantuan medis.

 

8. Anosmia dan Ageusia

Gejala ini sebenarnya cukup jarang di temukan pada penderita Covid terutama pada varian Omicron XBB. Namun memang gejala ini sering muncul pada penderita virus Covid varian Delta.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan jika gejala ini juga akan di alami bagi mereka yang terkena virus Covid Omicron varian XBB.

Anosmia sendiri adalah hilangnya kemampuan untuk mencium aroma. Sedangkan ageusia adalah hilangnya kemampuan untuk mengecap.

 

Cara Mencegah Covid Omicron XBB

Waspada, Kenali Gejala Omicron XBB yang Mirip Flu Biasa 1
Waspada, Kenali Gejala Omicron XBB yang Mirip Flu Biasa 1

Meskipun saat ini hampir semua area dan kegiatan publik sudah di buka kembali. Namun tentu saja, Anda tetap harus melakukan dan mentaati protokol kesehatan. Sebagai salah satu upaya untuk mencegah covid 19.

Seperti dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan bersih. Lalu sebaiknya tetap hindari kerumunan dan lakukan vaksin Covid 19.

Selain itu, ada beberapa upaya dan cara pencegahan untuk melindungi kesehatan dengan cara:

  • Konsumsi makanan sehat dengan gizi yang seimbang.
  • Rutin berolahraga untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Istirahat dan minum air yang cukup.
  • Hindari stress yang berlebihan.
  • Konsumsi multivitamin pendukung jika membutuhkan.

 

Mari untuk tetap melakukan protokol kesehatan karena pandemic Covid 19 akan terus menghantui dan masih belum sepenuhnya usai. Karena ada kemungkinan munculnya varian baru lagi dari XBB yang bermutasi dari virus covid yang sebelumnya.

Salah satu cara atau langkah paling efektif yang bisa Anda ambil untuk mencegah berbagai varian dari virus Covid 19 adalah dengan melakukan vaksinasi segera bagi yang belum.

Selain itu, pastikan keluarga Anda juga sudah mendapatkan vaksin baik untuk dosis pertama dan dosis kedua. Jangan lupa juga untuk melakukan booster agar dapat meningkatkan perlindungan tubuh.

Tapi yang paling penting juga adalah dengan mengetahui apa saja gejala Omicron XBB dan bagaimana pencegahannya.

 

Baca Juga :   3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif

Share :

Baca Juga

Super Sehat, Ini Loh Manfaat Wortel Rebus Bagi Tubuh

KESEHATAN

Super Sehat, Ini Loh Manfaat Wortel Rebus Bagi Tubuh

KESEHATAN

Inilah Doa Minta Rezeki Tak Terduga dan Halal untuk Muslim
Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya

KESEHATAN

Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya
Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya

KESEHATAN

Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya
Berapa Harga Susu Anlene dan Manfaatnya?

KESEHATAN

Berapa Harga Susu Anlene dan Manfaatnya?
Jangan Sepelekan! Berikut 5 Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh

KESEHATAN

Jangan Sepelekan! Berikut 5 Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh
Manfaat Bersihkan Karang Gigi di Palu: Konsultasi Lengkap untuk Hasil Maksimal

KESEHATAN

Manfaat Bersihkan Karang Gigi di Palu: Konsultasi Lengkap untuk Hasil Maksimal
Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS

KESEHATAN

5 Layanan Kesehatan dan Jenis Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS