Home / KESEHATAN

Senin, 15 Mei 2023 - 14:06 WIB

Rekomendasi Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru

- Penulis

Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru

Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru

MoccaapediaMakanan untuk penderita kanker paru paru berikut ini bisa Anda jadikan sebagai tolak ukur untuk memilih makanan yang tepat. Karena kanker paru paru adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan adanya pertumbuhan abnormal yang ada pada jaringan paru.

Secara umum, pengidap penyakit ini tidak menunjukkan gejala awal. Namun seiring dengan berjalannya waktu, beberapa gejala pun akan mulai bermunculan. Misalnya seperti rasa nyeri yang ada di dada yang tak juga hilang, merasa sulit bernafas, mudah merasa lelah bahkan hingga muncul suara parau.

Salah satu metode pengobatan yang dilakukan untuk pasien kanker adalah kemoterapi. Selama masa perawatan inilah, pasien harus mengkonsumsi berbagai makanan sehat. Untuk mendukung kondisi tubuhnya.

 

Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru

Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru
Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru

Selama masa perawatan berlangsung, maka penderita kanker paru harus memperbanyak mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman sehat. Agar dapat membantu proses pengobatan. Serta membantu proses pemulihan.

Dan berikut ini adalah beberapa makanan untuk penderita kanker paru paru:

1. Pisang

Makanan pertama yang sangat cocok bagi penderita kanker paru adalah buah pisang. Buah ini mengandung karbohidrat yang cukup kompleks dan mampu membantu untuk mengembalikan energi dengan cepat.

Karena selama proses perawatan, Anda akan kehilangan banyak energi sehingga mudah lelah.

Serat yang ada di dalam buah ini, juga bisa membantu Anda untuk merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

2. Air kelapa

Untuk minuman sendiri, Anda bisa mengkonsumsi air kelapa yang akan membantu untuk mempercepat proses penyembuhan. Karena air kelapa sangat rendah kandungan karbohidrat dan natrium. Namun justru kandungan kaliumnya cukup tinggi.

3. Bubuk coklat

Berikutnya ada bubuk coklat yang kaya dengan magnesium, antioksidan dan serat. Di dalamnya juga terdapat flavonoid serta polifenol. Selain itu, dengan mengkonsumsi bubuk coklat maka dapat membantu untuk mencegah kerusakan pada sel.

Makanan ini juga membantu untuk menstimulasi sistem saraf utama, sehingga membuat sirkulasi darah menjadi jauh lebih baik. Serta membuat otot menjadi jauh lebih santai dan rileks.

4. Peppermint

Peppermint juga bisa membantu untuk meningkatkan pencernaan serta sirkulasi darah. Dengan sirkulasi darah yang lancar maka produksi nutrisi yang baik untuk sel tubuh pun akan ikut meningkat.

 

Makanan yang Tidak Baik Bagi Pengidap Kanker Paru Paru

Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru
Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru

Selain memperhatikan makanan untuk penderita kanker paru paru, Ada baiknya juga jika Anda mengetahui makanan apa saja yang tidak baik untuk dikonsumsi ya. Meskipun sebenarnya tidak ada daftar yang spesifik mengenai makanan yang harus pasien kanker hindari.

Namun sebaiknya hindari beberapa makanan yang akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk. Misalnya makanan dengan kadar gula dan garam yang tinggi hingga menghindari makanan berlemak.

Karena pada saat menjalani proses pengobatan seperti kemoterapi, maka ada beberapa makanan yang mampu memberikan efek buruk. Karena sistem kekebalan tubuh yang melemah. Membuat bakteri, kuman hingga virus berbahaya di dalam makanan, dapat menyerang tubuh dengan mudah.

Sebaiknya, hindari makanan berikut ini:

 

Baca Juga :   Yuk Kenali Perbedaan Darah Rendah Dan Kurang Darah Agar Tidak Salah Obat!

 

1. Hindari Makanan yang Bisa Memperburuk Efek Samping

Beberapa makanan yang harus Anda waspadai adalah beberapa makanan yang mampu memperburuk gejala dan memberikan rasa tidak nyaman karena pengobatan kanker paru.

Contohnya seperti makanan yang terlalu pedas maupun makanan yang terlalu berminyak. Makanan tersebut bisa membuat mudah mual bahkan mengalami diare yang memberikan rasa tidak nyaman bahkan akan memperparah kondisi tubuh.

Selain itu, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar kafein yang tinggi. Karena kafein bisa membuat tubuh mengeluarkan banyak cairan. Dan akan memberikan dampak buruk bagi pencernaan. Seperti menyebabkan sembelit hingga konstipasi.

 

2. Hindari Makanan yang Menurunkan Kekebalan Tubuh

Metode pengobatan kemoterapi memang memberikan berbagai efek samping bagi si penderita kanker paru. Salah satu efek yang paling nyata adalah rusaknya sel darah putih yang ada di dalam tubuh.

Padahal fungsi sel darah putih ini adalah untuk melawan infeksi. Dengan rusaknya sel darah putih, maka kuman dan bakteri bisa dengan mudah masuk ke dalam sistem tubuh.

Kondisi inilah yang membuat kekebalan tubuh menjadi semakin lemah. Apalagi jika Anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak baik bagi kesehatan. Contohnya seperti daging olahan, makanan dan minuman dengan pemanis buatan, junk food hingga daging mentah.

Penderita kanker paru juga sebaiknya tidak menyantap makanan yang tidak dimasak dengan baik. Contohnya makanan yang tidak higienis karena dimasak secara asal-asalan tanpa memperhatikan kebersihan.

Karena bakteri jahat yang ada di dalamnya akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh hingga paru paru. Sehingga bisa menyebabkan kerusakan yang jauh lebih parah.

 

Namun meski begitu, setiap penderita penyakit kanker paru memiliki kondisi yang berbeda-beda. Biasanya hal ini tergantung dari seberapa parah kondisinya. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda mendiskusikan terlebih dahulu pada dokter. Untuk menentukan makanan apa saja yang boleh dan harus dihindari.

 

Cara Mengatur Pola Makan yang Sehat

Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru
Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru

Bukan hanya dengan memperhatikan apa saja yang boleh dan tidak boleh pasien kanker paru paru konsumsi. Namun perhatikan juga pola makannya. Karena kebutuhan nutrisi dari setiap pasien pastinya berbeda.

Untuk menentukan kebutuhan nutrisi pun, harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan lain. Seperti pilihan metode pengobatan, efek samping yang terjadi, berat badan dan tinggi dari si pasien hingga tahapan stadium kankernya.

Nah, untuk itu. Pola makan yang sehat pun, menjadi kunci untuk membantu memperbaiki kondisi kesehatan dari si pasien, seperti berikut ini:

 

1. Makan dengan Jumlah Kalori yang Pas

Tak jarang seorang pasien akan mengalami penurunan berat badannya secara drastis. Sehingga untuk menghindari hal ini, pasien pun akan disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalori yang cukup.

Tujuannya agar berat badan tetap ideal.

Selain itu, biasanya dokter juga akan membantu dalam menetapkan nutrisi yang tepat bagi kondisi kesehatan si pasien.

 

2. Mengkonsumsi Makanan dalam Porsi Kecil namun Sering

Pola makan juga harus Anda perhatikan untuk membantu memperbaiki kondisi penderita kanker paru. Ada baiknya jika mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil. Namun lebih sering.

Hal ini bertujuan untuk membantu memastikan tubuh untuk mendapatkan kalori, nutrisi hingga protein yang tepat. Sehingga mampu mengimbangi efek samping dari pengobatan.

Misalnya saja rasa mual yang sering muncul.

 

3. Menghindari Beberapa Makanan Tertentu

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, jika ada beberapa makanan yang harus pasien kanker hindari. Makanan tersebut adalah makanan yang mampu memberikan efek pada penderita kanker. Atau bahkan memperparah keadaannya.

 

4. Perbanyak Minum Air Putih

Untuk menghindari pasien agar tidak mengalami dehidrasi selama masa pengobatan berlangsung. Maka pasien juga harus perbanyak konsumsi air putih. Untuk membantu meningkatkan kondisinya.

Selain itu, sebaiknya hindari minuman yang punya kandungan kafein tinggi karena mampu memicu dehidrasi. Seperti kopi dan teh.

 

Nah, itulah beberapa makanan untuk penderita kanker paru paru yang recommended dan bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk memperbaiki kondisi para penderita kanker.

 

Baca Juga :   Rempah-Rempah Indonesia Bikin Makanan Jadi Lezat
 

 

Share :

Baca Juga

Jenis Penyakit Autoimun Beserta Gejala

KESEHATAN

Jenis Penyakit Autoimun Beserta Gejala
Menjaga Kesehatan Liver (Shutterstock)

KESEHATAN

Buah dan Sayuran yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Liver

KESEHATAN

Peran Dancow Parenting Reward untuk Orang Tua
5 Rekomendasi Pil KB yang Bikin Kurus Memang Ada? Pahami Jenisnya

KESEHATAN

5 Rekomendasi Pil KB yang Bikin Kurus Memang Ada? Pahami Jenisnya
Manfaat Madu Temulawak Bagi Kesehatan

KESEHATAN

Manfaat Madu Temulawak Bagi Kesehatan
Waspada! Ini Gejala Infeksi Cytomegalovirus yang Wajib Anda Tahu

KESEHATAN

Waspada! Ini Gejala Infeksi Cytomegalovirus yang Wajib Anda Tahu
Mengenal Olimex Minyak Ikan Gabus dan Manfaatnya

KESEHATAN

Mengenal Olimex Minyak Ikan Gabus dan Manfaatnya
Gejala Alergi Susu Formula

KESEHATAN

Gejala Alergi Susu Formula, Penyebab, dan Cara Mengatasi