Home / KESEHATAN

Senin, 2 Oktober 2023 - 22:50 WIB

20 Makanan yang Mengandung Vitamin K, Dijamin Sehat

- Penulis

20 Makanan yang Mengandung Vitamin K, Dijamin Sehat

20 Makanan yang Mengandung Vitamin K, Dijamin Sehat

Moccaapedia – Vitamin K adalah salah satu kebutuhan yang paling penting dan tidak boleh terlupakan karena banyak manfaat. Salah satu makanan yang mengandung vitamin K adalah buah kiwi yang memiliki warna hijau dan rasanya lezat.

Manfaat dari vitamin K adalah menjaga kesehatan tulang, menjaga sistem pembekuan darah, dan berbagai manfaat lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin agar manfaat vitamin K semakin terasa.

 

Baca Juga :   Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Bulan Puasa

 

Makanan yang Mengandung Vitamin K

20 Makanan yang Mengandung Vitamin K, Dijamin Sehat
20 Makanan yang Mengandung Vitamin K, Dijamin Sehat

Mengkonsumsi berbagai macam makanan dengan kandungan vitamin K adalah pilihan yang tepat karena Anda akan tumbuh sehat dan bugar. Di bawah ini ada beberapa pilihan makanan yang bisa Anda pilih untuk menambah vitamin K.

 

  1. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin K dan C sangat tinggi sehingga bisa membantu dalam pembentukan protein. Tidak hanya itu, kiwi juga bermanfaat untuk pembentukan darah dan menjaga kesehatan tulang.

Tidak hanya itu, buah kiwi juga kaya akan antioksidan dan serat sehingga membuatnya menjadi buah yang paling banyak mengandung nutrisi. Anda bisa mengkonsumsi buah dengan warna hijau ini secara rutin agar kesehatannya tetap terasa.

 

  1. Sayuran Hijau

Contoh makanan yang mengandung vitamin K adalah sayuran hijau seperti bayam. Setiap satu cangkir bayam terdapat 145 mikrogram vitamin K. Tidak hanya bayam, masih banyak juga sayuran hijau lain yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan.

 

  1. Delima

Delima menjadi contoh ketiga makanan yang memiliki kandungan vitamin K tinggi yaitu 20 mikrogram per satu buah delima. Anda yang ingin mengkonsumsinya bisa menjadikan delima sebagai es buah atau jus.

 

  1. Minyak Nabati

Ada juga minyak nabati yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan juga mengandung vitamin K. Manfaat mengkonsumsi minyak nabati adalah bisa menstabilkan kadar kolesterol dan contoh minyak yang mengandung vitamin K adalah minyak kanola.

Anda bisa memasak dengan satu sendok minyak canola sudah mengandung 10 mikrogram vitamin K. Kalau Anda ingin pilihan minyak lain yang mengandung vitamin K adalah minyak zaitun dan minyak kedelai.

 

  1. Kacang-kacangan

Makanan yang banyak mengandung vitamin K berikutnya adalah kacang-kacangan sebanyak 10 mikrogram per 30 gram kacang mete. Ketika mengkonsumsi kacang mete, kebutuhan vitamin K dalam tubuh sudah terpenuhi sebanyak 20%.

Tidak hanya terdapat vitamin K saja pada kacang mete tetapi juga kandungan lain seperti kalsium, magnesium, folat, serat, dan protein. Kandungan vitamin K pada kacang mete juga terbilang tinggi dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.

Jenis kacang lainnya itu bisa dari kacang merah, kacang polong, kacang hijau, dan kacang kedelai. Anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan tersebut secara bergantian agar tidak bosan setiap harinya. Memakan kacang-kacangan bisa dicampur dengan sayur agar lebih nikmat.

 

Baca Juga :   Mengetahui Titik Umum Akupuntur Untuk Asam Lambung Serta Manfaatnya!

 

  1. Produk Hewani

Selain kelima produk di atas, produk lain yang juga mengandung vitamin K adalah produk hewani seperti telur, susu, ikan, udang, daging, jeroan seperti hati sapi atau ayam. Anda bisa mengkonsumsinya jika bosan dengan makanan berupa kacang-kacangan.

 

  1. Bayam

Pilihan lain mengenai makanan yang mengandung vitamin K adalah sayuran hijau. Contohnya adalah bayam yang mengandung sebanyak 145 mikrogram vitamin K dalam satu cangkir satu bayam.

 

  1. Kale

Tahukah Anda bahwa kale dikenal sebagai rajanya makanan dengan vitamin K? Tidak hanya mengandung vitamin K, kale juga mengandung nutrisi lainnya seperti folat, kalsium, dan kalium.

 

  1. Collard Greens

Collard Greens adalah sejenis sawi yang memiliki kandungan berupa vitamin K dalam 530 mkg atau setengah cangkir. Rasanya sangat lezat apabila Anda merebusnya dan bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang agar tidak sakit.

 

  1. Edamame

Edamame adalah makanan yang tinggi vitamin K dan rasanya juga gurih. Edamame adalah cemilan khas Jepang yang memiliki kandungan gizi tinggi. Cara memakannya juga mudah karena Anda bisa merebusnya dulu kemudian diberi merica dan garam.

 

  1. Kedelai

Kacang kedelai adalah makanan berikutnya yang juga kaya akan vitamin K. Kandungan vitamin K pada kedelai sebanyak 43 mkg di setiap setengah cangkir yang juga mengandung lebih banyak jenis menakuinon.

 

  1. Lobak Hijau

Selain kacang kedelai, ada juga lobak hijau yang menjadi makanan sehari-hari warga Amerika Serikat bagian Tenggara. Lobak hijau adalah sayuran yang tidak hanya memiliki vitamin K tetapi juga tinggi akan kalsium.

Manfaat mengkonsumsi lobak hijau adalah untuk menguatkan tulang dan Anda juga bisa mengkonsumsi bagian umbi lobak yang tumbuh di bagian bawah tanah karena tidak kalah bergizi. Sayuran lobak hijau adalah makanan yang cocok menjadi pendamping menu utama.

 

  1. Kubis Brussel

Kubis adalah makanan yang mengandung vitamin K yang jarang disukai orang karena rasanya lumayan pahit. Padahal, kubis brussel bisa dijadikan berbagai macam makanan yang membuatnya menjadi lebih nikmat.

 

  1. Brokoli

Anda juga bisa mengkonsumsi brokoli yang dapat diolah dengan campuran minyak zaitun dan minyak canola. Segala resep yang digunakan untuk memasak brokoli asal dengan kedua minyak tersebut rasanya pasti menjadi lezat.

Kedua minyak tersebut adalah penambah rasa masakan dan mengandung vitamin K. Dalam satu sendok makan terdapat 10 mikrogram vitamin K.

 

  1. Asparagus

Selanjutnya adalah asparagus yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin memiliki tulang sehat. Dalam setiap 4 batang asparagus terdapat vitamin K sekitar 40 mikrogram. Anda bisa memasaknya dengan minyak zaitun agar rasanya bertambah nikmat.

Dengan mengkonsumsi asparagus artinya Anda sudah memenuhi setengah kebutuhan tubuh akan vitamin K. Hanya saja, kalau Anda mengkonsumsi banyak makanan dengan vitamin K itu tidak akan bertahan lama.

Mengapa demikian? Hal ini karena tubuh akan terus menyerap vitamin K yang masuk ke tubuh. Sehingga Anda perlu rutin mengkonsumsinya secara rutin agar kebutuhan akan vitamin K dapat terpenuhi setiap harinya.

 

  1. Selada

Ada juga selada yang dapat dikonsumsi langsung atau secara mentah. Anda bisa menjadikan selada dalam salad, sayuran pelengkap, bagian dalam burger, bungkusan daging barbekyu, dan sebagainya seperti yang sering muncul di drama Korea.

 

  1. Labu

Labu menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin K sehingga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit osteoporosis. Labu adalah makanan dengan beta karoten yang tinggi dan bisa mencegah terjadinya penyakit kanker payudara serta paru-paru.

 

  1. Blueberry

Buah selain kiwi yang juga kaya akan vitamin K adalah blueberry yang juga mengandung asam folat, kalium, tembaga, vitamin B6, C, K, dan mangan. Kandungan seratnya juga terbilang tinggi sehingga mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Bagi penderita diabetes bisa mengkonsumsi buah ini asalkan sudah mendapat izin dari dokter. Tidak hanya itu, blueberry juga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung dan mengontrol kadar kolesterol.

 

  1. Anggur

Ada lagi anggur yang bisa menjaga kesehatan tulang dan dapat membantu pembekuan darah. Kandungan dalam anggur berupa mineral dan tembaga yang sangat baik untuk menambah energi pada tubuh.

 

  1. Wortel

Terakhir adalah wortel yang tidak hanya mengandung vitamin A melainkan juga K. Manfaat wortel adalah baik untuk kesehatan mata.

 

Semua makanan yang mengandung vitamin K di atas bisa Anda konsumsi secara rutin baik sebagai makanan utama, makanan pendamping, atau sekadar camilan.

 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Makanan Cepat Saji Lezat dan Nikmat

Share :

Baca Juga

Apa itu Sinus Jenis-jenis dan Fungsi Pentingnya Bagi Manusia

KESEHATAN

Apa itu Sinus? Jenis-jenis dan Fungsi Pentingnya Bagi Manusia
5 Rekomendasi Jenis Buah untuk Darah Rendah, Cocok Dikonsumsi !

KESEHATAN

5 Rekomendasi Jenis Buah untuk Darah Rendah, Cocok Dikonsumsi !
3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif

KESEHATAN

3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif
Mengungkap Penyebab Skizofrenia Gangguan Mental yg Kompleks

KESEHATAN

Mengungkap Penyebab Skizofrenia Gangguan Mental yg Kompleks
5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

KESEHATAN

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi
15 Jenis Cairan Infus dan Fungsinya dalam Bidang Kesehatan

KESEHATAN

15 Jenis Cairan Infus dan Fungsinya dalam Bidang Kesehatan
Nyeri Tenggorokan Tanda Omicron

KESEHATAN

Nyeri Tenggorokan Tanda Omicron dan Cara Mengatasinya?
Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS

KESEHATAN

5 Layanan Kesehatan dan Jenis Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS