Home / KESEHATAN

Minggu, 27 Agustus 2023 - 16:00 WIB

100% Ampuh, Ini Tanaman Penurun Kadar Gula Darah

- Penulis

100% Ampuh, Ini Tanaman Penurun Kadar Gula Darah

100% Ampuh, Ini Tanaman Penurun Kadar Gula Darah

MoccaapediaSelain bahan kimia, ternyata ada 10 tanaman penurun kadar gula darah yang harus Anda ketahui. Sebab saat ini banyak orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat, karena mengkonsumsi asupan gula berlebihan.

Padahal, kebiasaan ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit diabetes.

 

Baca Juga :   Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Wajib Kamu Tahu

 

Wajib Tahu Ini 10 Tanaman Penurun Kadar Gula Darah

100% Ampuh, Ini Tanaman Penurun Kadar Gula Darah
100% Ampuh, Ini Tanaman Penurun Kadar Gula Darah

Kencing manis atau yang biasa banyak orang kenal dengan diabetes melitus merupakan salah penyakit kronis. Untuk mengetahui penyakit ini bisa dengan mudah melihat kadar gula darah tinggi atau gula darah berkadar di atas normal.

Penyakit ini berlangsung lama karena bisa menyebabkan kerusakan pada sejumlah organ tubuh. Misalnya saja, ginjal, saraf mata, jantung, lapisan kulit, serta pembuluh darah. Tubuh manusia memang memerlukan glukosa sebagai sumber tenaga. Terutama semua aktivitas tubuh yang bergantung padanya.

Namun, glukosa yang menumpuk pada darah merupakan akibat dari penyerapan sel tubuh dan kelebihannya konsumsi gula. Diabetes perlu sekali dikontrol agar tidak menimbulkan komplikasi yang membahayakan nyawa penderitanya.

Biasanya, mereka yang memiliki kadar gula tinggi bisa mengkonsumsi obat-obatan dan melakukan beberapa terapi dengan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, ada obat-obatan kimiawi yang bisa mengganggu autoimun tubuh bagi orang-orang yang sensitif terhadap obat tertentu.

Walaupun demikian, penyakit ini bisa kita cegah dengan obat herbal yang alami. Anda bisa mengandalkan beberapa tumbuhan yang berkhasiat untuk mengatasi gejala penyakit tersebut dan indikasinya.

Berikut ini 10 tanaman penurun kadar gula darah yang harus Anda ketahui:

 

Baca Juga :   Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya

 

1. Pare

Tanaman pare ternyata mempunyai sifat antidiabetes yang ampuh mengatasi penyakit glukosa darah, tepatnya diabetes melitus tipe 2. Kandungan bahan aktifnya bisa mengatasi tubuh yang tidak sensitif terhadap insulin.

Penyebab dari penyakit ini bisa kita atasi dengan kandungan pare berupa peptida, alkaloid, charantin, dan vicine.

 

2. Lidah Buaya

Senyawa aktif yang ada pada lidah buaya dapat mengurangi endapan lemak dalam darah. Sehingga kadar glukosa bisa berkurang dan laju darah kembali normal.

 

3. Daun Salam

Tumbuhan liar ini dapat menghasilkan minyak atsiri dan menurunkan kadar glukosa pada tubuh. Selain itu, daun salam juga mengandung polifenol yang berguna bagi tubuh sebagai antioksidan.

 

4. Sambiloto

Tanaman herbal ini mempunyai zat aktif yang banyak orang sebut dengan andrografolida. Andrografolida bisa kita dapatkan pada bagian batang dan daun sambiloto.

Walaupun rasa sambiloto pahit, namun manfaat andrografolid yang baik bagi tubuh. Zat aktif ini bisa menurunkan kadar glukosa pada darah.

 

5. Beras Merah

Beras merah bisa menjadi obat herbal yang paling ampuh untuk menurunkan kadar gula di dalam darah. Karena di dalam beras merah terdapat kandungan karbohidrat yang kompleks. Selain itu, terdapat serat alami yang baik terhadap pencernaan dan kesehatan tubuh.

 

6. Menurunkan Kadar Gula Darah dengan Brokoli

Brokoli juga mengandung sulphoraphane dan berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Senyawa ini juga banyak orang kenal sebagai kandungan obat herbal diabetes yang ampuh. Bahkan, sulphoraphane bisa menggantikan obat metformin yang juga banyak orang sebut sebagai obat bagi penderita yang memiliki kadar gula tinggi.

 

7. Kulit Manggis

Khasiat kulit manggis bisa kita gunakan untuk beberapa macam penyakit, salah satunya diabetes melitus. Umumnya, kulit manggis ini mempunyai kandungan xanthone. Manfaat senyawa ini dapat menurunkan resistensi tubuh terhadap gula darah.

Selain itu, manfaat medisnya sebagai obat diabetes dan populer untuk obat herbal anti kanker. Oleh karena itu, kulit manggis banyak orang gunakan menjadi beberapa produk kesehatan dan perawatan tubuh.

 

8. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan zatĀ  dan bisa memberikan manfaat pengobatan diabetes. Baik itu, mengurangi kadar kolesterol buruk atau low-density lipoprotein.

Zat ini bisa meningkatkan produksi kolesterol baik atau high-density lipoprotein secara otomatis. Sehingga sirkulasi darah tubuh akan semakin lancar. Dengan demikian, gejala diabetes akan semakin berkurang.

 

9. Tanaman Penurun Kadar Gula Darah: Pepaya

Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh, termasuk imun darah. Lebih baik lagi jika Anda mengonsumsi pepaya segar, bukan olahannya saja.

 

10. Jahe

Rempah-rempah ini selalu membuat orang merasa hangat. Plus-nya lagi, jahe bisa Anda percayai sebagai tanaman herbal yang baik untuk mengatasi diabetes. Karena mampu menurunkan kadar gula darah.

 

Demikianlah informasi 10 tanaman penurun kadar gula darah yang bisa Anda ketahui dan menambah ilmu. Dan dengan mengetahui tanaman apa saja yang mampu menurunkan kadar gula di dalam darah. Semoga bisa menjaga kadar gula yang ada di dalam darah agar selalu dalam keadaan normal.

 

Baca Juga :   Yuk Simak 4 Jenis Olahraga Penurun Berat Badan Agar Kembali Ideal

Share :

Baca Juga

dr Tiwi Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan

KESEHATAN

dr Tiwi Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan
Ciri Ciri Jerawat Pubertas

KESEHATAN

Wow, Kenali Ciri Ciri Jerawat Pubertas dan Penyebabnya
Menjaga Kesehatan Liver (Shutterstock)

KESEHATAN

Buah dan Sayuran yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Liver
3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif

KESEHATAN

3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif
5 Rekomendasi Jenis Buah untuk Darah Rendah, Cocok Dikonsumsi !

KESEHATAN

5 Rekomendasi Jenis Buah untuk Darah Rendah, Cocok Dikonsumsi !
15 Makanan yang Mengandung Kalsium, Dijamin Sehat

KESEHATAN

15 Makanan yang Mengandung Kalsium, Dijamin Sehat
Cara Meratakan Gigi Gingsul dan Bahanyanya Bagi Kesehatan

KESEHATAN

Cara Meratakan Gigi Gingsul dan Bahanyanya Bagi Kesehatan
4 Tips Menjaga Kesehatan Lingkungan untuk Jangka Panjang

KESEHATAN

4 Tips Menjaga Kesehatan Lingkungan untuk Jangka Panjang