Home / KESEHATAN

Minggu, 3 September 2023 - 14:00 WIB

Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan

- Penulis

Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan

Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan

MoccaapediaTanda hamil bayi perempuan konon bisa Anda ketahui dengan mudah melalui beberapa ciri cirinya loh. Meski hal ini masih berdasarkan mitos dan sedikit sekali faktanya, namun rupanya masih banyak yang mempercayainya.

Nah, jika Anda ingin mencoba mencocokkannya, maka Anda bisa simak tanda-tandanya di bawah ini.

 

Baca Juga :   Buah dan Sayuran yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Liver

 

Ciri-ciri 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan

Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan
Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan

Terdapat beberapa ciri ciri yang dipercayai oleh banyak orang selama ini mengenai ibu hamil, apakah janin yang ada di dalam kandungannya berjenis kelamin perempuan atau laki-laki.

Ya, cara ini memang sudah lama ada karena pada zaman dahulu belum terdapat metode atau cara yang bisa digunakan untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Seperti saat ini dengan melakukan tindakan pengecekan menggunaka USG.

Teknologi ini sendiri merupakan teknologi baru yang hadir di era modern. Nah, dahulu untuk mengetahui jenis kelami janin yang ada di dalam kandungan, biasa dilakukan denngan cara melihat ciri ciri yang ada pada si ibu.

Karena terdapat ciri ciri berbeda antara janin laki laki dan perempuan yang sudah diteliti dan diperhatikan sejak lama. Dan berikut ini adalah ciri ciri atau tanda hamil bayi perempuan hanya berdasarkan ciri ciri yang Moccaapedia kumpulkan. Sehingga ciri ciri ini bisa berdasarkan fakta maupun mitos dan tidak bisa Anda percayai sepenuhnya.

Namun untuk sekesar mengetahui jenis kelamin di dalam janin, Anda bisa melihatnya dengan cara di bawah ini. Berikut ini tanda hamil bayi perempuan yang bisa Anda coba simak:

 

1. Bentuknya Lebih Menonjol Pada Ibu Hamil

Bentuk perut Ibu hamil jika mengandung anak perempuan lebih menonjol dan melebar ke masing-masing arah. Karena posisi bayi di sekitar pusar perut. Tetapi hal ini dianggap mitos. Pada beberapa penelitian, perut pada kehamilan bisa berubah.

Hal ini disebabkan,perut Ibu hamil memiliki faktor otot perut,bentuk tubuh dan berat badan saat kehamilan yang bisa mengubah bentuk perut Ibu hamil. Maka, ciri ini dianggap mitos karena pada medis tidak menemukan bahwa jika bentuk perut Ibu hamil menentukan jenis kelamin.

 

2. Konsumsi Sayuran Dan Makanan Manis Saat Kehamilan

Masyarakat menganggap jika Ibu hamil banyak mengkonsumsi sayuran dan makanan yang manis maka anak yang dilahirkan perempuan. Memang benar saat kehamilan,Ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang bergizi mengandung banyak vitamin dan mineral.

Tetapi, mengkonsumsi makanan saat kehamilan tidak bisa menentukan jenis kelamin anak. Hal ini tidak dapat dibuktikan secara medis bahwa jenis kelamin berdasarkan makanan yang dikonsumsi saat kehamilan.

 

3. Pada Calon Bayi Memiliki Detak Jantung yang Cepat

Masyarakat beranggapan bahwa janin calon bayi memiliki detak jantung dari 140 denyut per menit berarti akan memiliki bayi perempuan. Detak jantung janin jika perempuan juga lebih cepat daripada janin laki-laki.

Namun secara medis, detak jantung lebih cepat karena faktor usia janin. Detak jantung tidak dapat menentukan jenis kelamin. Hal ini dianggap sebagai mitos, detak jantung janin bukan penentu jenis kelamin janin calon bayi.

 

4. Suasana Hati Ibu Hamil yang Ekstrim

Saat kehamilan seringkali Ibu hamil mengalami  perubahan suasana hati  tertentu. Seringkali oleh masyarakat dikaitkan jika suasana hati tidak menentu,maka itu akan melahirkan bayi perempuan. Hal ini tidak benar karena perubahan suasana hati Ibu hamil itu wajar.

 

5. Tanda Hamil Bayi Perempuan: Morning Sickness

Ibu hamil sering melakukan morning sickness atau mual saat kehamilan. Masyarakat percaya bahwa jika Ibu hamil sering mual terus menerus, Ibu hamil sedang mengandung bayi perempuan. Hal ini benar karena Ibu hamil mengandung bayi perempuan lebih resiko karena dapat terkena inflamasi pada bakteri.

6. Ibu Hamil Memiliki Kulit Berminyak Dan Kusam

Faktor hormonal dan pola makan pada ibu hamil akan mempengaruhi kondisi kulitnya. Tetapi, masyarakat beranggapan Ibu hamil jika mengandung bayi perempuan memiliki kulit berminyak,kusam,dan berjerawat.

Faktor ini salah,karena semua Ibu hamil tergantung faktor hormonal dan pola makan saat kehamilan. Maka dari itu, Ibu hamil lebih baik memeriksakan jenis kelamin calon janin di USG karena lebih akurat.

 

7. Tingkat Stres Ibu Hamil Lebih Berkepanjangan

Pada beberapa penelitian menyebutkan bahwa tingkat hormon kortisol lebih tinggi  yang ada pada Ibu hamil sedang mengandung bayi perempuan. Otak ketika merasa stres maka tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol. Maka dari itu sebenarnya, Ibu hamil harus merasa senang terus.

 

Namun tentu saja hasil tersebut tidak bisa Anda percayai sepenuhnya ya. Karena tanda tanda atau ciri ciri kehamilan setiap orang berbeda. Sehingga hasil ini belum tentu akurat.

Agar bisa mengetahui jenis kelamin si calon bayi secara akurat, maka Anda bisa melakukan USG di Rumah Sakit atau dokter kandungan terdekat.

 

Mitos Hamil yang Banyak Orang Percaya

Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan
Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan

Nah, selain melihat tanda-tanda yang ada di atas, Anda juga bisa melihat beberapa mitos seputar hamil, seperti di bawah ini:

 

Baca Juga :   Obat Luka Bakar Alami Agar Cepat Pulih

 

  • Suka mengkonsumsi makanan makanan yang manis.
  • Perasaan berubah-ubah atau mengalami mood swings.
  • Ibu suka kedinginan jika hamil bayi laki-laki.
  • Warna urine ibu yang hamil bayi perempuan biasanya berwarna kuning pekat.
  • Jika hamil bayi laki laki, maka warna puting pada payudara ibu akan berubah lebih gelap.
  • Hamil bayi perempuan membuat kulit ibu menjadi lebih berminyak dan berjerawat banyak.

 

Mitos mitos yang berkembang di masyarakat mengenai hamil anak perempuan atau anak laki-laki ini biasanya muncul dari pengamatan pada tanda tanda dan perubahan yang terjadi di ibu hamil. Dan pengamatan ini sudah dilakukan dari generasi ke generasi.

Sehingga meskipun tidak didukung dengan sains dan fakta, namun masih banyak yang percaya dengan mitos ini.

Dan faktannya. Kondisi tersebut terjadi karena adanya perbubahan hormon yang memberikan pengaruh pada indera penciuman ibu hamil. Sehingga tidak mendapatkan pengaruh dari jenis kelamin bayi yang ada di dalam kandungan.

 

Bagaimana Cara Mengetahui Jenis Kelamin Bayi?

Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan
Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan

Cara tersebut memang di gunakan di zaman dulu saat belum ada teknologi yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui jenis kelamin si calon bayi. Namun kini sudah ada teknologi yang bisa Anda gunakan dengan hasil yang cukup akurat.

Yakni dengan cara melalukan tes USG atau ultrasonografi untuk mengetahui tanda hamil bayi perempuan dengan benar.

Metode ini di lakukan dengan cara memberikan perhatian khusus pada daerah genital bayi. Hasilnya akan terlihat jelas jika kondisi Rahim dan posisi bayi memungkinkan. Tes ini tidak hanya bisa mengetahui jenis kelamin si calon bayi.

Namun dari tes ini Anda juga bisa mengetahui dengan jelas mengenai kondisi si bayi. Apakah tubuhnya dan organ lainnya tumbuh dengan baik.

Untuk kasus bayi perempuan, maka dokter akan mencari adanya tanda hamil bayi perempuan seperti adanya labia atau bibir vagina dan klitoris.

 

Sehingga agar bisa mengetahui tanda hamil bayi perempuan dengan tepat, maka Anda bisa melakukan tes USG saja ya daripada menebak-nebak sendiri. Untuk melakukan USG sebaiknya saat usia kehamilan 18-20 minggu. Ibu hamil harus tetap merasa bahagia dan menjaga pola makan saat kehamilan.

 

Baca Juga :   Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Bulan Puasa 

Share :

Baca Juga

14 Makanan untuk Darah Tinggi yang Menyehatkan

KESEHATAN

14 Makanan untuk Darah Tinggi yang Menyehatkan
7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan

KESEHATAN

7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan
Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru

KESEHATAN

Rekomendasi Makanan untuk Penderita Kanker Paru Paru
Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya

KESEHATAN

Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya
Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS

KESEHATAN

5 Layanan Kesehatan dan Jenis Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS
Cara Memilih Makanan Sehat untuk Jaga Kesehatan Tubuh

KESEHATAN

Cara Memilih Makanan Sehat untuk Jaga Kesehatan Tubuh
8 Bahan Alami untuk Rambut Rontok, Dijamin Ampuh

KESEHATAN

8 Bahan Alami untuk Rambut Rontok, Dijamin Ampuh
20 Makanan yang Mengandung Vitamin K, Dijamin Sehat

KESEHATAN

20 Makanan yang Mengandung Vitamin K, Dijamin Sehat