Home / KESEHATAN

Sabtu, 8 April 2023 - 10:00 WIB

Inilah Doa Minta Rezeki Tak Terduga dan Halal untuk Muslim

- Penulis

Doa Minta Rezeki Tak Terduga - Pexels.com

Doa Minta Rezeki Tak Terduga - Pexels.com

Moccaapedia – Setiap orang beragama pasti membutuhkan doa setiap saat agar segala urusannya menjadi mudah atau tujuan lainnya. Adapun salah satu yang menjadi favorit banyak orang adalah doa minta rezeki tak terduga. Apakah Anda juga penasaran bagaimana saja doanya? Yuk simak pembahasan berikut!

 

Baca Juga :   11 Jenis Penyakit Kulit yang Harus Diwaspadai

 

1.    Doa Setelah Salat Dhuha

Salat Dhuha adalah salat sunah yang seseorang kerjakan untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT dan beberapa keutamaan lainnya, seperti kemudahan rezeki, ampunan atas dosa-dosa di masa lalu, hingga ganjaran rumah di surga.

Waktu pengerjaannya adalah mulai ketika matahari meninggi hingga mendekati posisi tengah. Jam secara pastinya adalah sekitar jam 7 hingga jam 11 siang, tetapi itu bisa berupa setiap saat. Salat Dhuha bisa Anda kerjakan sebanyak 2 rakaat dan maksimal 8 rakaat.

Adapun berikut adalah doa setelah salat Dhuha yang perlu Anda pahami, yaitu:

Doa Setelah Dhuha

Arti:

Ya Allah, masa dhuha ini adalah masa dhuha-Mu, kecantikan ini adalah kecantikan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini merupakan kekuatan-Mu, kekuasaan ini merupakan kekuasaan-Mu, perlindungan ini ialah perlindungan-Mu.

Ya Allah, jika rezekiku masih di langit, maka turunkanlah, Jika rezekiku masih ada di dalam bumi, maka keluarkanlah, Jika rezekiku masih sulit, maka mudahkanlah, Jika rezekiku masih haram, maka sucikanlah, Jika rezekiku masih jauh, maka dekatkanlah.

Semuanya berkat dhuha-Mu, keagungan-Mu, kecantikan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu, dan kekuasaan-Mu. Limpahkanlah kepada kami segala yang sudah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.

 

2.    Perbanyak Dzikir Istighfar

Istighfar adalah dzikir atau ibadah untuk orang yang ingin bertaubat dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Sulitnya rezeki yang datang kepada seseorang adalah salah satu tanda bahwa ia mempunyai banyak dosa. Oleh sebab itu, perbanyak mengucap istighfar menjadi cara terbaik untuk mendapat rezeki.

Bacaan istighfar, yaitu:

Istighfar

Arti:

Aku mohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung.

Adapun anjuran ini telah Allah sampaikan melalui ayat Al-Quran yang berbunyi:

(QS. Nuh 10-12)

Arti:

Maka aku berkata, “Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sungguh Dia Maha pengampun, niscaya akan menurunkan hujan lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta serta anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu, dan mengadakan sungai-sungai untukmu.” (QS. Nuh: 10-12).

 

Baca Juga :   Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Bulan Puasa 

 

3.    Doa Setelah Salat Subuh

Rasulullah sering mengamalkan doa berikut ini ketika selesai salat Subuh, yaitu:

(HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir)

Arti:

Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran baik). (HR. Ibnu Majah dan Ahmad dan Al-Hafizh Abu Thahir menyebutkan bahwa hadits ini shahih).

 

4.    Doa Rezeki Cukup dan Harta Halal

Berikut ini adalah doa minta rezeki tak terduga yang cukup dan halal Nabi Isa dikutip dari salah satu ayat Al-Quran, yaitu:

(QS. Al Maidah 144)

Arti:

Isa putra Maryam berdoa, “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kebesaran-Mu, berilah kami rezeki, dan Allah adalah sebaik-baik pemberi rezeki.” (QS. Al Maidah: 144)

Adapun doa Nabi Musa ketika meminta rezeki kepada Allah SWT, yaitu:

(QS. Al-Qashash 24)

Arti:

Maka Musa memberi minum ternak itu untuk menolong keduanya, kemudian kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa: “Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepada aku”. (QS. Al-Qashash: 24)

Doa adalah satu hal yang sangat penting bahkan wajib untuk seorang hamba lakukan kepada Tuhannya. Ada banyak sekali doa yang ada dengan tujuan tertentu dan pada pembahasan di atas adalah doa minta rezeki tak terduga yang cukup dan halal bagi Muslim. Selamat mencoba!

 

Baca Juga :   Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya

Share :

Baca Juga

Ciri Madu Bajakah Borneo Asli

KESEHATAN

Wajib Tahu, Ciri Madu Bajakah Borneo Asli Biar Tidak Tertipu
7 Obat Demam Alami untuk Meredakan Gejala

KESEHATAN

7 Obat Demam Alami untuk Meredakan Gejala
Manfaat membaca buku untuk kesehatan fisik dan mental

KESEHATAN

Manfaat Membaca untuk Kesehatan, Baik Fisik atau Mental
Jenis-jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan

KESEHATAN

Jenis-jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan
5 Rekomendasi Jenis Buah untuk Darah Rendah, Cocok Dikonsumsi !

KESEHATAN

5 Rekomendasi Jenis Buah untuk Darah Rendah, Cocok Dikonsumsi !
100% Ampuh, Ini Tanaman Penurun Kadar Gula Darah

KESEHATAN

100% Ampuh, Ini Tanaman Penurun Kadar Gula Darah
Obat Luka Bakar Alami Agar Cepat Pulih

KESEHATAN

Obat Luka Bakar Alami Agar Cepat Pulih
Novel Santri Pilihan Bunda PDF

KESEHATAN

Novel Santri Pilihan Bunda PDF Novel Wattpad Terpopuler