Home / TEKNOLOGI

Selasa, 4 Juli 2023 - 01:16 WIB

Seberapa Penting Peran AI di Dunia Pendidikan?

- Penulis

Seberapa Penting Peran AI di Dunia Pendidikan?

Seberapa Penting Peran AI di Dunia Pendidikan?

Moccaapedia – Kemajuan teknologi membuat semua pekerjaan menjadi lebih ringan salah satunya dengan kehadiran AI. Ai di dunia pendidikan sangat membantu memudahkan pekerjaan guru dalam mendidik siswa.

Walaupun banyak yang merasa bahwa AI bisa merebut pekerjaan seseorang, namun ada juga dampak positifnya. Mau tidak mau Anda harus melek teknologi apabila bekerja di sebuah institusi pendidikan.

 

Baca Juga :   Hp Xiaomi 13 Rilis dengan Kamera Leica dan Chip Snapdragon 8

 

Mengenal Sekilas Tentang Artificial Intelligence

Seberapa Penting Peran AI di Dunia Pendidikan?
Seberapa Penting Peran AI di Dunia Pendidikan?

 

Teknologi kecerdasan buatan semakin berkembang setiap tahunnya. Kecerdasan buatan dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar sdi sekolah ataupun di perguruan tinggi. Bahkan teknologi ini termasuk bagian primer dalam dunia pendidikan.

Ai di dunia pendidikan dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan siswa di masa depan. Walaupun begitu, teknologi masih belum memberikan dampak sepenuhnya bagi pembelajaran. Hal ini karena masih ada lembaga pendidikan yang belum menggunakan teknologi.

Padahal dengan bantuan teknologi, pekerjaan guru akan terbantu. Siswa juga mudah dalam memahami materi sambil mempelajari hal baru. H.A. Simon berpendapat bahwa kecerdasan buatan memungkinkan komputer untuk melakukan pekerjaan seperti manusia.

 

Tujuan Adanya Ai di Dunia Pendidikan

Bukan tanpa alasan mengapa ilmuwan membuat teknologi kecerdasan buatan. Berikut ini beberapa tujuan adanya kecerdasan buatan dalam kehidupan:

  • Dapat membantu manusia dalam memecahkan masalah seperti mengembangkan kalkulator pintar untuk berhitung
  • Harapan atas kehadiran AI adalah membuat mesin yang lebih pintar dari generasi sebelumnya
  • Tujuan pembuatan AI adalah membuat perangkat lunak yang bisa membantu pekerjaan manusia sehari-hari

Contoh Penerapan AI di Dunia Pendidikan

AI menerapkan pendekatan sebagai pengalihan tugas guru ke siswa dengan teknologi tersebut. Dengan adanya AI, maka guru dapat menyesuaikan konten pembelajaran dengan kurikulum sekolah. Berikut ini beberapa contoh penerapan AI di bidang pendidikan:

 

  1. Voice Assistant

Pertama adalah voice assistant atau asisten suara di mana pengguna bisa belajar tanpa harus membaca dulu. Asisten suara merupakan pengganti suara yang akan membantu pengguna mengetahui informasi dari sistem.

Fitur asisten suara terdengar jelas agar pengguna bisa paham isi dari konten tersebut. Hal ini bisa digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran. Selain itu, fitur asisten suara dapat membantu siswa untuk mencari materi tambahan serta informasi yang lengkap dan akurat.

 

  1. Penerjemah Presentasi

Penerapan teknologi AI di bidang pendidikan adalah sebagai penerjemah presentasi. Presentation translator berfungsi untuk mempresentasikan atau menjelaskan teks ke bahasa yang berbeda sesuai kebutuhan.

Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah yaitu hanya perlu mendengarkan teks dalam bentuk pidato, buku digital, artikel, dan sebagainya tanpa perlu membacanya lagi. Bahkan Anda bisa mendengarkan informasi teks bahasa asing ke bahasa ibu.

 

  1. Smart Content

Ai di dunia pendidikan juga berperan sebagai pusat informasi berita terbaru, laporan cuaca, laporan saham, dan alarm. Semua fitur tersebut bisa Anda temukan lewat satu aplikasi yaitu smart content.

Fungsi dari smart content adalah sebagai penyedia bahan bacaan seperti informasi atau buku-buku terbaru untuk penunjang kegiatan pembelajaran. Aplikasi Cram101 sudah dilengkapi dengan teknologi smart content dan menghasilkan buku teks digital terbaru.

Siswa akan mendapatkan bahan pembelajaran terupdate jadi lebih mudah. Hal ini akan membantu siswa ketika sedang mengerjakan tugas dan kesulitan mendapatkan jawaban. Tentu saja semuanya dapat diakses lewat ponsel.

 

  1. Mentor Virtual

Contoh Ai di bidang pendidikan adalah mentor virtual yang bisa membagikan sistem pembelajaran digital. Fitur mentor virtual lebih efektif daripada instruksi kelas biasa yang sering dilakukan di sekolah.

Mentor virtual akan membantu siswa untuk mengikuti pembelajaran di luar jam sekolah. Siswa bisa belajar secara digital kapan dan di mana saja. Biasanya materi pembelajaran tersaji dalam bentuk video.

Pembelajaran digital tidak membosankan apabila mentor mampu menerangkan materi dengan baik. Misalnya menyajikan video disertai dengan gambar atau menggunakan metode pembelajaran belajar sambil bermain. Pasti siswa dapat menikmati kelas tersebut.

 

Baca Juga :   100% Berhasil, Cara Merekam Layar HP Vivo Y12 dengan Suara

 

  1. Global Courses

Ai di dunia pendidikan juga berperan sebagai global courses di mana pengguna bisa mengikuti kursus secara online. Bukan hanya itu, dengan adanya fitur global crouses siswa bisa mengikuti kursus dari negara lain. Dengan ini, pengetahuan siswa pasti bertambah.

Tidak hanya itu, siswa dapat mencari kursus yang sesuai dengan minat. Ada banyak skill yang perlu dilatih di zaman sekarang, oleh karena itu pemanfaatan teknologi sangat diperlukan. Tanpa adanya teknologi, semua siswa bisa tenggelam karena tertinggal.

Siswa hanya perlu mencari kursus yang diinginkan lalu akan muncul informasi kursus dari banyak negara. Beberapa contoh kursus yang sudah menerapkan teknologi AI seperti Duolingo, Khan Academy, Alison, Google AI, dan Udemy.

Sedangkan untuk ciri-ciri kursus yang sudah menggunakan teknologi AI adalah terdapat fitur personalisasi yang akan membantu Anda untuk mengetahui informasi kursus, materi yang dipelajari, nilai tes, dan sebagainya.

Bahkan dengan adanya teknologi kecerdasan buatan, memungkinkan siswa untuk mendapatkan informasi kursus yang relevan.

 

Dampak Positif Ai di Dunia Pendidikan

Sebagian orang berpendapat bahwa AI hadir untuk menjadikan manusia sebagai musuhnya karena mengambil pekerjaannya. Padahal kalau Anda mau melek teknologi dengan belajar AI sedikit demi sedikit akan merasakan dampak positif sebagai berikut:

 

  1. Pembelajaran Menjadi Lebih Asyik dan Interaktif

Kecerdasan buatan dapat menjadikan pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Teknologi kecerdasan buatan bisa diterapkan dalam membuat game based learning.

 

  1. Mampu Menganalisa Informasi dengan Baik

Penerapan AI di bidang pendidikan membawa dampak positif karena bisa menganalisa informasi dengan baik. Siswa bisa mendapatkan banyak informasi tentang kegiatan belajar, hasil ujian, dan presensi.

Kelengkapan informasi tersebut akan membantu guru menguasai kegiatan pembelajaran. Guru bisa tahu apa yang menjadi kebutuhan setiap siswa.

 

  1. Pendidikan Jadi Lebih Efisien

Ai di dunia pendidikan bisa lebih efisien karena pengguna bisa menyesuaikan metode pembelajaran dengan kecepatan belajar guru dan keahliannya. Hal ini yang menyebabkan kegiatan belajar menjadi lebih efisien.

 

  1. Mendapatkan Hasil Evaluasi yang Lebih Akurat

Guru juga memerlukan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan. Pekerjaan guru akan lebih mudah dengan adanya AI karena teknologi tersebut bisa membantu mengevaluasi hasil belajar siswa. Hasilnya juga lebih akurat.

 

  1. Pendidikan Jarak Jauh Jadi Lebih Optimal

Dampak positif adanya AI adalah membantu pendidikan jarak jauh menjadi lebih optimal. Hal ini karena kecerdasan buatan bisa menerapkan sistem belajar mandiri secara efisien. Guru dapat membuat video dengan memanfaatkan kecerdasan buatan.

Tentu saja video pembelajaran yang dihasilkan pasti sangat bagus mengingat kelengkapan fitur yang tersedia. Anda sebagai guru hanya cukup menyajikan materi saja lalu membuat video kemudian siswa bisa menonton video tersebut.

 

Ai di dunia pendidikan memiliki peranan penting agar kebutuhan para siswa bisa terpenuhi. Dengan adanya teknologi kecerdasan buatan, siswa akan lebih mudah mendapat akses untuk belajar mandiri.

 

Baca Juga :   Lampu CCTV Tidak Menyala, Kenapa?

Share :

Baca Juga

Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

TEKNOLOGI

Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya
5 Aplikasi Baca Buku Digital, Bisa Baca Di Mana Saja

TEKNOLOGI

5 Aplikasi Baca Buku Digital, Bisa Baca Di Mana Saja
Jenis-Jenis iPhone, Begini Perkembangannya

TEKNOLOGI

Jenis-Jenis iPhone, Begini Perkembangannya
Pengertian Panggung Arena dan Jenis-jenisnya

TEKNOLOGI

Pengertian Panggung Arena dan Jenis-jenisnya
9 Game Terbaru 2023 yang Menarik untuk Dimainkan

TEKNOLOGI

9 Game Terbaru 2023 yang Menarik untuk Dimainkan
Cara Melacak dan Menemukan iPhone Hilang (Apple)

TEKNOLOGI

Cara Melacak dan Menemukan iPhone Hilang
Cara Melacak HP Vivo yang Hilang dengan Nomor Telepon

TEKNOLOGI

Cara Melacak HP Vivo yang Hilang dengan Nomor Telepon yg Mati
Mengapa Televisi Berdampak Positif di Bidang Pendidikan?

TEKNOLOGI

Mengapa Televisi Berdampak Positif di Bidang Pendidikan?