Home / FINANCE

Selasa, 9 Mei 2023 - 16:00 WIB

Resiko Jualan Kosmetik Wajib Tahu, Sebelum Terjun Bisnis Ini

- Penulis

Resiko Jualan Kosmetik

Resiko Jualan Kosmetik

Moccaapedia – Resiko jualan kosmetik berikut ini pastikan harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis ini. Meski terlihat menggiurkan, namun rupanya ada berbagai resiko yang harus Anda hadapi, siap atau tidak siap ya.

Oleh sebab itu, pentingnya mengetahui seluk beluk bisnis bukan hanya dari kelebihannya saja. Melainkan juga dari kekurangannya hingga resiko apa saja yang bisa Anda hadapi.

 

Baca Juga :   Super Gampang, Berikut Cara Transfer Poin Allo Bank ke DANA

 

Sebelum Terjun ke Bisnis Ini, Kenali Apa Saja Resiko Jualan Kosmetik

Resiko Jualan Kosmetik
Resiko Jualan Kosmetik

Berjualan kosmetik memang memberikan keuntungan yang sangat besar. Apalagi kosmetik merupakan kebutuhan umum dari banyak wanita. Bahkan kini, banyak pria yang juga menggunakan kosmetik loh.

Makin menjanjikan dong, pastinya bisnis ini karena punya pasar yang luas. Tapi sebelum itu, ada baiknya jika Anda mengenal apa saja resiko dari bisnis kosmetik yang bisa saja Anda hadapi:

 

1. Kompetisi yang Sangat Ketat

Memang benar, pasar bisnis ini sangat luas. Tapi pastinya Anda harus tahu jika kompetisi di bisnis ini sangatlah ketat. Terutama bagi Anda yang baru bergabung. Sebab sudah banyak pemain lama yang telah menjalankan bisnis ini bahkan sejak puluhan tahun lalu.

Dengan persaingan yang ketat ini, bukan berarti Anda harus menyerah. Namun Anda bisa hadir dengan memberikan inovasi dan lebih kreatif. Jangan lupa untuk menyediakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh pasar.

 

2. Membutuhkan Modal yang Sangat Besar

Sebelum terjun ke bisnis ini, Anda harus tahu jika modal yang Anda butuhkan sangatlah besar. Karena harga kosmetik yang berkualitas memang sangat mahal. Selain itu, Anda juga harus sudah menyiapkan berbagai surat izin yang proses pembuatannya pun membutuhkan waktu dan dana yang tidak sedikit ya.

 

Baca Juga :   Apa itu Venom Network? Dan Cara Nenggunakannya

 

3. Adanya Tuntutan Standar Kualitas

Memiliki standar kualitas di dalam bisnis kosmetik merupakan suatu kewajiban yang harus Anda penuhi. Resiko ini pun juga berhubungan langsung dengan konsumen yang menggunakan produk Anda.

Semakin tinggi kualitas kosmetik yang Anda jual maka semakin puas juga pada konsumen dengan produk Anda.

Selain itu, Anda wajib membuktikan jika produk Anda aman dengan adanya beberapa sertifikat seperti sertifikat BPOM. Lalu ada sertifikat Halal dari MUI karena mayoritas warga Indonesia beragama Islam.

Selain itu ada sertifikat ISO yang wajib Anda miliki.

 

4. Membangun Kepercayaan Konsumen yang Tidak Mudah

Dengan tingginya kompetitor di bisnis ini, maka tidak heran jika sudah ada produk atau perusahaan yang telah lama berdiri dengan standar dan kualitas tinggi. Sehingga produk produk tersebut sudah pasti memiliki pengguna setia.

Bahkan penggemar sejati yang ogah pindah ke produk lain. Inilah tantangan terbesar Anda. Yakni untuk menumbuhkan rasa percaya di antara konsumen agar bisa menerima produk Anda.

Apalagi untuk produk baru yang tak banyak orang kenal pastilah sulit untuk menumbuhkan rasa kepercayaan dari konsumen.

Namun di era serba teknologi seperti sekarang ini, memperkenalkan produk Anda ke publik bisa Anda lakukan dengan cara yang lebih mudah dan murah. Kini Anda tak hanya bisa bergantung pada pembuatan iklan yang mahal.

Tapi juga dengan menggerakkan para influencer untuk menggunakan produk Anda. Cara ini terbilang ampuh di era serba digital seperti sekarang.

 

5. Risiko Menghadapi Tuntutan dari Konsumen

Karena bisnis ini langsung berhadapan dengan konsumen. Maka resiko akan menghadapi tuntutan dari konsumen sangatlah tinggi. Terutama ada konsumen yang merasakan kerugian setelah menggunakan produk Anda.

Oleh sebab itu, penggunaan produk dan bahan berkualitas tinggi sangat Anda butuhkan. Serta mengurus izin dan sertifikat terkait untuk menunjukkan jika produk Anda aman.

 

Dengan mengetahui apa saja resiko jualan kosmetik yang bisa Anda hadapi saat terjun ke bisnis ini. Akan dapat membuat Anda jauh lebih siap dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin saja terjadi.

 

Baca Juga :   Sistem Penjualan Langsung Adalah, dan Keuntungannya

 

Share :

Baca Juga

Cara Tukar Poin Allo Bank dan Tips Dapat Banyak Poin

FINANCE

Cara Tukar Poin Allo Bank dan Tips Dapat Banyak Poin
Menabung emas di Bank

FINANCE

Ini Kelebihan & Kekurangan Menabung Emas di Bank
Cara Mendaftar Jadi Reseller Lazada

FINANCE

Cara Mendaftar Jadi Reseller Lazada, Ternyata Gampang Banget
5 Jenis Tabungan BCA, Bisa Buat Mahasiswa

FINANCE

5 Jenis Tabungan BCA, Bisa Untuk Mahasiswa
Cara Menanam Saham di Bank BRI 100% Mudah Via Online

FINANCE

Cara Menanam Saham di Bank BRI 100% Mudah Via Online
Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

FINANCE

Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula
Tips Terjun di Bisnis Properti dari Nol tanpa Modal

FINANCE

Tips Terjun di Bisnis Properti dari Nol tanpa Modal
Cara Jualan Aplikasi Premium untuk Anak Kuliah

FINANCE

Cara Jualan Aplikasi Premium untuk Anak Kuliah