Home / FINANCE

Rabu, 10 Mei 2023 - 16:00 WIB

Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula

- Penulis

Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

MoccaapediaCara cerdas menggunakan kartu kredit berikut ini bisa Anda praktekkan terutama jika Anda baru pertama kali memilikinya. Karena meski kartu kredit sangat memudahkan Anda dalam berbelanja.

Tapi ingatlah, untuk menggunakannya secara pintar dan cerdas. Agar Anda tidak terjebak di dalam hutang yang banyak.

Tidak jarang, karena terlalu sering menggunakan kartu kredit. Seseorang bisa mengalami kesulitan karena berakhir dengan tidak mampu membayar tagihan kartu kreditnya.

Oleh sebab itu, Anda harus cerdas dan bijaksana dalam menggunakan kartu kredit, jangan terlalu bernafsu sehingga nanti menyesal di kemudian hari.

 

Baca Juga :   Tips Terjun di Bisnis Properti dari Nol tanpa Modal

 

Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula

Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit
Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Sebenarnya penggunaan Credit Card tetap bisa menguntungkan jika Anda bisa menggunakannya secara bijaksana dan pintar. Namun sebagian besar orang, mungkin belum tahu bagaimana cara menggunakannya dengan benar.

Terutama bagi pemula yang tidak mengetahui jika menggunakan Credit Card secara tidak bijak. Maka akan membuatnya terlilit hutang dengan bunga yang cukup tinggi.

Dan berikut ini adalah tipsnya:

 

1. Sesuaikan Limit dengan Penghasilan dan Tabungan

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan kartu kredit, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan limit dan menyesuaikannya dengan penghasilan dan tabungan yang Anda miliki.

Selain itu, pastikan untuk tidak langsung membuat kartu kredit dengan limit nominal yang besar. Pastikan jika nilai limitnya tidak melebihi tabungan dan pendapatan yang Anda punya.

Hal tersebut sebagai langkah untuk melakukan antisipasi apabila Anda tidak mendapatkan penghasilan atau bahkan kehilangan pekerjaan. Sehingga resiko tidak sanggup bayar tidak akan terjadi pada Anda.

Selain itu, jangan terlalu menggampangkan penggunaan kartu kredit dan sebaiknya hindari berbelanja dengan nominal yang terlalu besar menggunakan credit card ya.

 

2. Mengelola Anggaran Belanja dengan Baik

Tips kedua adalah dengan menggunakan kartu kredit sesuai dengan anggaran belanja Anda. Limit yang ada di kartu kredit tidak hanya berarti untuk membatasi Anda dalam menggunakannya secara berulang.

Sehingga Anda merasa dengan bebas untuk menghabiskan limit yang ada pada kartu kredit untuk berbelanja sepuasnya tanpa memikirkan anggaran dan pengeluaran Anda.

Maka dari itu, sebaiknya Anda hanya menggunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan atau kemampuan Anda.

Anda bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan kartu kredit sebagai alat transaksi yang mudah. Namun bukan berarti semua keperluan Anda bisa dibeli dengan menggunakan alat ini.

Sebaiknya gunakan kartu kredit dalam kondisi membutuhkan saja. Boleh saja berhutang, namun tetap sesuaikan dengan kemampuan ya.

 

3. Membayar Tagihan Secara Penuh Setiap Bulan

Agar lebih bijak, pastikan jika Anda terhindar dari hutang. Caranya dengan membayarkan tagihan secara penuh setiap bulannya. Sehingga agar setiap bulan bisa membayar hutang secara penuh, sebaiknya Anda hanya berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda saja ya.

Karena sebenarnya kartu kredit adalah alat yang bisa Anda gunakan untuk membayar suatu barang secara bertahap. Maka dari itu, Anda tidak bisa menggunakannya untuk membeli barang yang sebenarnya tidak sedang Anda butuhkan. Agar Anda bisa membayar secara tepat waktu.

 

4. Membayar Tagihan Secara Tepat Waktu

Tidak hanya memastikan untuk membayar tagihan secara penuh setiap bulan. Pastikan juga jika Anda membayar tagihan secara tepat waktu. Karena banyak bank yang juga mengizinkan untuk nasabahnya untuk mengatur pembayaran otomatis.

Sehingga uang yang ada di dalam rekening Anda bisa langsung tertarik. Bahkan sebelum jatuh tempo setiap bulan.

Karena jika Anda telat membayar maka Anda akan dikenakan bunga hingga akhirnya mempersulit Anda untuk menyelesaikan hutang tersebut. Maka dari itu, pertimbangkan untuk melunasi tagihan Anda sesuai jatuh tempo.

 

5. Laporkan Kartu Kredit jika Hilang

Tak jarang kartu kredit terselip hingga hilang atau dicuri. Jika hal ini terjadi, laporkan ke bank terkait untuk memblokirnya. Hal ini untuk mencegah kartu kredit digunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

 

Baca Juga :   Jenis-jenis Kredit Pinjaman dalam Dunia Keuangan

 

6. Memahami Persyaratan Kartu Kredit

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat kartu kredit, sebaiknya baca perjanjian untuk memahami kapan Anda akan dikenakan biaya lebih. Atau bagaimana bunganya dan kapan bunga tersebut akan meningkat.

Pilihlah kartu yang sesuai dengan kebiasaan belanja serta tujuan keuangan Anda ya.

 

7. Jangan Memaksa untuk Punya Lebih dari Satu Kartu Kredit Dalam Waktu Dekat

Memang tak jarang, bank memberikan penawaran kartu kredit dengan promo promo serta diskon yang sangat menarik. Namun sebenarnya hal ini hanyalah cara lain untuk membuat Anda menumpuk hutang semakin banyak.

Mempunyai kartu kredit lebih dari satu pastinya akan membuat Anda sulit dalam mengatur pengeluaran hingga tanggal pembayarannya.

Apalagi jika kepemilikannya di luar kemampuan finansial Anda. Maka pastinya akan memberikan dampak yang negatif pada skor kartu kredit Anda loh.

 

8. Sebaiknya Tidak Sering Melakukan Tarik Tunai di ATM Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang memiliki fitur tarik tunai di ATM yang bisa Anda gunakan jika tidak memiliki uang tunai. Meski terlihat memudahkan, tapi sebaiknya jangan lakukan hal ini. Kecuali jika Anda dalam keadaan terdesak ya.

Karena dengan mengambil yang tunai dengan memakai kartu kredit yang Anda tarik maka Anda dikenakan bunga sekitar 2,5% per bulan.

Jadi jangan gunakan kartu kredit seperti kartu debit karena jika Anda tidak bisa membayarnya tepat waktu, maka Anda akan dikenakan bunga yang membengkak.

 

9. Bayar Tagihan dengan Bunga Tinggi Lebih Dulu

Salah satu penyebab kredit macet adalah karena bunga yang terlalu tinggi. Sehingga sebaiknya Anda lebih memprioritaskan pembayaran tagihan dengan bunga yang lebih tinggi.

Dengan begitu, Anda bisa membuat rencana keuangan yang baik. Termasuk mencatat semua hutang dan singkirkan hutang berbunga tinggi dengan membayarnya lebih dulu.

 

10. Hati Hati dengan Penawaran Promo Kartu Kredit

Setiap bank pastinya akan berusaha untuk memikat nasabah mereka dengan memberikan promosi dan diskon. Meskipun terlihat menggiurkan. Namun sebenarnya hal tersebut adalah jebakan untuk membuat Anda memiliki kartu kredit baru.

Karena promo ini tidak hanya diberikan pada pengguna baru namun juga pada pengguna lawas.

Boleh boleh saja Anda mengambil kartu kredit jika memang promonya menarik. Namun sebaiknya pahami persyaratannya terlebih dahulu. Agar tidak jatuh dalam perangkap untuk memiliki kartu kredit baru yang akan membuat Anda semakin boros.

 

11. Tidak Menggunakan Kartu Kredit untuk Berbelanja dalam Jumlah Kecil

Kebiasaan menggunakan kartu kredit untuk berbelanja dalam jumlah kecil justru akan membuat Anda semakin boros. Karena kebiasaan ini tanpa sadar akan membuat hutang semakin menumpuk.

 

12. Memanfaatkan Hadiah dan Promo

Hadiah yang diberikan oleh kartu kredit biasanya adalah reward berbentuk diskon, akses gratis ke airport lounge hingga voucher belanja. Nah, hadiah ini bisa Anda gunakan secara maksimal untuk memperoleh banyak keuntungan.

 

Dengan menerapkan cara cerdas menggunakan kartu kredit di atas, maka Anda bisa memaksimalkan penggunaan kartu kredit untuk memudahkan setiap proses transaksi yang Anda lakukan.

 

Baca Juga :   Investasi Emas Aman, Apakah Benar?

 

Share :

Baca Juga

Cara Menabung di Bank BRI Melalui ATM

FINANCE

Cara Menabung di Bank BRI Melalui ATM
5 Perusahaan Asuransi Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

FINANCE

5 Perusahaan Asuransi Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
Keuntungan Menabung di Bank BNI yang Wajib Anda Ketahui

FINANCE

Keuntungan Menabung di Bank BNI yang Wajib Anda Ketahui
Cara Tingkatkan Kualitas Laporan

FINANCE

Cara Tingkatkan Kualitas Laporan dengan Tips Jitu Ini
Alasan Bisnis Fried Chicken yang Tidak Ada Matinya

FINANCE

Alasan Bisnis Fried Chicken yang Tidak Ada Matinya
asuransi syariah vs konvensional

FINANCE

Perbedaan Asuransi Syariah vs Konvensional
Besaran Gaji Dokter Spesialis, Sampai Angka Jutaan?

FINANCE

Besaran Gaji Dokter Spesialis, Sampai Angka Jutaan?
Potensi Shiba Inu Meme Coin dan Analisisnya di Tahun 2023

FINANCE

Potensi Shiba Inu Meme Coin dan Analisisnya di Tahun 2023