Home / HEWAN

Minggu, 23 Juli 2023 - 14:14 WIB

5 Jenis Ikan Air Laut yang Bisa Dikonsumsi, Apa Saja?

- Penulis

5 Jenis Ikan Air Laut yang Bisa Dikonsumsi, Apa Saja?

5 Jenis Ikan Air Laut yang Bisa Dikonsumsi, Apa Saja?

MoccaapediaKandungan yodium pada semua jenis ikan air laut mencapai 83 kilogram per 100 gram ikan laut. Adapun bagian dagingnya mengandung 5 mikrogram per 100 gram ikan. Dengan begitu, mengkonsumsi ikan laut secara rutin dapat mencegah terjadinya gangguan kesehatan.

Kandungan lemak tak jenu pada ikan terdiri dari sekitar 70 persen. Selain itu, ikan laut juga memiliki kandungan protein tinggi dari produk hewani lainnya seperti daging ayam dan sapi. Ada juga kandungan lain seperti zat besi, pembentukan tulang, kalsium, fosfor, dan lainnya.

 

Baca Juga :   4 Contoh Hewan Ovipar di Kehidupan Sehari-hari

 

Jenis Ikan Air Laut

5 Jenis Ikan Air Laut yang Bisa Dikonsumsi, Apa Saja?
5 Jenis Ikan Air Laut yang Bisa Dikonsumsi, Apa Saja?

 

Nutrisi lain yang akan Anda dapatkan kalau mengoleksi ikan laut adalah asam lemak omega3 yaitu EPA dan DHA. Keduanya bertujuan untuk mencegah terjadinya artrosklerosis. Di bawah ini beberapa contoh ikan air laut yang bisa Anda konsumsi.

 

  1. Ikan Sardin

Ikan sardin merupakan ikan yang hidup di perairan pantai dan mengkonsumsi plankton. Hewan dengan nama Sardine Ha sirm ini memiliki panjang mencapai 23 cm dan termasuk golongan ikan pelagis berukuran kecil. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai ikan sardin.

  1. Klasifikasi Ikan Sardin

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Clupeiformes
  • Famili : Clupeidae
  • Genus : Sardinella
  • Spesies : Sardinella albella
  1. Ciri-Ciri Fisik Ikan Sardin

Pada bagian punggung memiliki warna biru kehijauan dan lambung berwarna putih. Sardin memiliki sirip-sirip transparan namun tebal dengan bagian perut menonjol. Sisik bagian depan punggung sejajar dengan punggung ikan sardin.

  1. Perilaku Ikan Sardin

Lalu bagaimana dengan perilaku ikan sardin sehari-hari? Saat siang hari Anda bisa menemukan hewan ini di dasar perairan sedangkan saat malam hari lebih sering muncul di permukaan air dengan kelompok terpisah.

Kalau siang hari sedang mendung, hewan tersebut akan muncul berkelompok di dekat permukaan air. Pada umumnya nelayan menangkap ikan pada saat malam hari karena berkumpul di permukaan air.

Jika ingin mendapatkan sardin dalam jumlah besar bisa mencarinya di perairan pantai ketika laut sedang pasang. Adapun habitat ikan sardin adalah berasal dari Laut Arafura, Pantai Afrika Timur, Papua New Guinea, dan Perairan Taiwan.

 

  1. Ikan Bawal

Jenis ikan air laut adalah ikan bawal yang juga banyak peminatnya di Indonesia. Kadang-kadang ikan bawal hidup bergerombol dengan ikan layang. Binatang ini termasuk jenis ikan buas dan pelagis yang sumber makanannya berasal dari ikan-ikan kecil. Lalu apa saja ciri-ciri dari ikan bawal? Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Memiliki Warna Tubuh Gelap

Tubuh ikan bawal berwarna gelap berbeda dengan piranha yang berwarna cerah. Namun saat memasuki remaja atau dewasa sirip ikan bawal akan berubah menjadi warna merah mulai dari sirip perut hingga sirip anus.

  1. Memiliki Bentuk Kepala Kecil

Ciri khas dari ikan bawal adalah memiliki bentuk kepala kecil, rahang pendek, dan gigi yang tajam. Gigi tajam inilah yang menjadi alasan mengapa banyak yang mengatakan ikan bawal mirip dengan ikan piranha.

  1. Memiliki Garis Hitam

Ikan bawal juga memiliki garis hitam di bagian sirip ekor. Para pembudidaya ikan menggunakan cara ini untuk membedakan ikan bawal dengan ikan jenis lainnya. Jadi, Anda bisa memperhatikannya dengan teliti apakah ada garis hitam di ekor atau tidak.

 

Baca Juga :   Manfaat Tak Terduga Memelihara Kucing Bagi Kesehatan

 

  1. Ikan Cakalang

Bahan makanan lain dari jenis ikan air laut berikutnya adalah ikan cakalang yang merupakan jenis ikan buas, karnivora, dan predator. Adapun panjang dari ikan cakalang adalah 100 cm, namun pada umumnya berukuran 40 hingga 60 cm. Kalau Anda ingin tahu lebih dalam mengenai ikan cakalang bisa simak penjelasan di bawah ini.

  1. Morfologi dan Ciri-Ciri

Cakalang memiliki berat lebih dari 18kg dan memiliki daging tebal sehingga menjadi makanan favorit banyak orang. Terdapat lima sirip di tubuh cakalang yaitu di daerah dubur, dua di punggung, perut, dan dada.

Sirip dadanya berukuran pendek hanya 26 sampai 27 jari-jari dan teksturnya sangat lunak. Sedangkan untuk sirip perut terdapat dua lipatan kulit. Ukuran dua sirip di bagian punggung adalah 14 sampai 16 jari-hari dan teksturnya tajam. Ada garis berwarna hitam memanjang pada bagian sisi badan berjumlah 4 sampai 6 baris.

  1. Habitat Ikan Cakalang

Sebagai salah satu hewan yang sering dikonsumsi, Anda bisa mendapatkan ikan cakalang ini area lautan yang tidak dekat dengan dasar laut. Habitat aslinya adalah terdapat di Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, dan Samudra Hindia. Cakalang adalah hewan yang suka hidup bergerombol dalam jumlah besar mencapai 50 ribu ekor.

Untuk bertahan hidup cakalang mengkonsumsi ikan-ikan kecil, kerang-kerangan, udang, siput, sotong, dan cumi-cumi. Termasuk jenis perenang cepat yang bisa dengan mudah mendapat santapan setiap harinya. Namun, cakalang termasuk hewan yang menjadi sasaran mangsa hewan berukuran besar.

 

  1. Ikan Kakap

Apa saja jenis ikan air laut selain ketiga hewan di atas? Jawabannya adalah ikan kakap yang hidup di perairan pantai, air payau, dan muara sungai. Pada umumnya kakap berukuran 200 cm, namun ada juga yang berukuran 25 sampai 100 cm. Termasuk kategori ikan buas, berikut ini informasi lainnya tentang ikan kakap.

  1. Taksonomi Ikan Kakap

  • Kerajaan : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Perciformes
  • Famili : Lutjanide
  1. Morfologi Ikan Kakap

Memiliki mata merah bening dan bisa terlihat jelas serta mulutnya juga berukuran lebar. Warna punggung ikan kakap keabu-abuan namun ada juga yang berwarna biru kehijauan. Selain itu ikan kakap juga memiliki sirip berwarna gelap.

Bagian bawah tubuh terdapat cuping bergerigi dan duri yang tajam. Bentuk sirip pada ekor ikan kakap adalah bulat dan memiliki banyak sisik.

  1. Jenis-Jenis Ikan Kakap

  • Kakap Merah

Memiliki banyak nama yaitu Genuine Red, North America, Red Snapper, dan Pargo Colorado. Adapun orang Jawa Timur dan Jawa Tengah menyebutnya dengan nama Kellet dan Darongan.

  • Kakap Batu

Selain kakap merah juga terdapat kakap batu yang memiliki julukan lain yaitu Grey Snapper, Black Snapper, Mangrove Snapper, dan Caballerote.

  • Kakap Sutra

Berikutnya adalah kakap sutra yang terkenal dengan nama Yellow Eye atau Silk Snapper. Pada umumnya kakap sutra berukuran 1.5 sampai 2.5 kilogram.

 

  1. Ikan Tongkol

Terakhir adalah jenis ikan air laut tongkol yang termasuk golongan ikan tuna kecil dan ciri-ciri badannya memanjang serta hidup di wilayah perairan. Tongkol adalah jenis perenang cepat dan biasa hidup bergerombol dengan hewan lainnya.

  1. Taksonomi Ikan Tongkol

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Pisces
  • Ordo : Percomorphi
  • Famili : Scombridae
  • Genus : Euthynnus
  • Spesies : Euthynnus affinis
  1. Morfologi Ikan Tongkol

Tongkol memiliki panjang 65 cm dengan berat mencapai 1.7 gram saat usianya sudah memasuki 5 tahun. Anda akan mudah mengenali tongkol karena warna tubuhnya mencolok yaitu ungu tua, kebiruan, atau hitam di bagian kepala.

  1. Habitat

Tempat asli tongkol adalah di perairan laut dengan dalam 50 meter dan bisa bertahan di tempat bersuhu 27 sampai 28 derajat celcius. Binatang ini sangat rakus dan bisa memakan semua biota laut kecil. Hanya saja, tongkol adalah sumber makanan bagi ikan marlin dan hiu.

 

Jenis ikan air laut di atas memiliki keunikannya sendiri entah dari bagian tubuhnya atau cara mereka bertahan hidup. Kebanyakan hewan-hewan tersebut hidup bergerombol bersama dengan kawan-kawannya.

 

Baca Juga :   Yuk Kenali 6 Hewan Endemik di Indonesia yang Unik dan Menarik

Share :

Baca Juga

6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu

HEWAN

6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu
Inilah 7 Contoh Hewan Ovovivipar, Yuk Ketahui!

HEWAN

Inilah 7 Contoh Hewan Ovovivipar, Yuk Ketahui!
Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains

HEWAN

4 Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains
Jenis Hewan Berkantung

HEWAN

5 Jenis Hewan Berkantung Selain Kanguru, Memang Ada?
4 Contoh Hewan Ovipar di Kehidupan Sehari-hari

HEWAN

4 Contoh Hewan Ovipar di Kehidupan Sehari-hari
5 Alat Pernapasan Hewan, Salah Satunya Paru-Paru

HEWAN

5 Alat Pernapasan Hewan, Salah Satunya Paru-Paru
Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan yang Dapat Membunuh Kapan Saja

HEWAN

Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan Dapat Membunuhmu
5 Hewan Tercantik di Dunia, Ada Ikan Cupang!

HEWAN

5 Hewan Tercantik di Dunia, Ada Ikan Cupang!