Home / HEWAN

Selasa, 18 Oktober 2022 - 10:47 WIB

Jenis Bahan Pakan Ternak, Protein dan Nutrisinya ?

- Penulis

Jenis Bahan Pakan Ternak Hewan

Jenis Bahan Pakan Ternak Hewan

Jenis Bahan Pakan Ternak Hewan

Moccaapedia – Pentingnya nutrisi hewani untuk keberhasilan bisnis pembibitan, Bagi para petani sukses berarti membangun peternakan besar dengan banyak hewan dan mendapatkan hasil yang besar dari mereka, kamu juga Peternakan ternak tidak semudah kelihatannya. Jenis Bahan Pakan Ternak

Dibutuhkan pengetahuan pengalaman dan keuletan yang nyata sebagai seorang breeder untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan yang dimilikinya, Dengan melakukan ini Anda dapat mengelola pertumbuhan di pertanian Anda lebih cepat dan mendapatkan hasil yang diinginkan dari diri Anda sendiri dan petani lainnya.

Pengetahuan terlepas dari pengalaman tidak pernah mengalahkan penumbuh berpengalaman dan pemula. Makanan ternak, karena memiliki banyak efek pada pertumbuhan dan perkembangan ternak.

Memperbaiki peternak pakan Anda akan membantu Anda fokus pada apa yang ingin Anda tingkatkan apakah Anda ingin hewan Anda tumbuh lebih cepat menghasilkan lebih banyak lemak atau memelihara dan meningkatkan kualitas hewan Anda.

Baca Juga :   5 Contoh Hewan Amfibi Bisa Hidup di Dua Alam, Kerren Kan!!

Macam Jenis Bahan Ternak Hewan

Ada banyak jenis bahan pakan yang digunakan dalam nutrisi hewan, Namun secara umum bahan pakan ternak terbagi dalam 5 kategori yaitu bahan pangan mentah/vitamin mineral dan zat gizi yang diperkaya.

1. Pakan Kasar

P.kasar adalah makanan berat tetapi memiliki berat per satuan volum, Makanan hijauan dapat diperoleh dari hijauan yang meliputi:

  • Rumput yang bisa berupa rumput lapangan rumput tanaman rumput geraham rumput bengal rumput parfum rumput tartan.
  • Daun kacang.
  • Sisa tanaman seperti jerami jerami kedelai brangkasan jagung atau brangkasan kacang tanah.

P.kasar yang berasal dari hijauan memiliki kandungan serat kasar sekitar 19% tetapi rendah energi, Makanan yang merupakan sumber nutrisi yang baik mengacu pada makanan yang memiliki 21% atau lebih protein kasar dalam keseluruhan bahan kering seperti kacang-kacangan/kedelai sedangkan makanan yang berasal dari sisa tanaman seperti jerami hanya memiliki 2-5% protein kasar.

dalam bahan kering, Rescue Green Food – Makanan yang berasal dari ternak berkualitas seperti sapi daun dan rumput hanya dapat menghasilkan 71% kandungan lemak susu yang dapat diterima.

Bermacam Rumput TerbaikPakan Hiajauan Untuk Ternak

1. Rerumputan Gajah

Rumput gajah dapat mentolerir berbagai jenis tanah, Rumput gajah tumbuh dari dataran rendah ke dataran tinggi mentolerir daerah dataran tinggi dan curah hujan lebat menyukai tanah liat yang kaya tetapi tidak mentolerir banjir.

2. Rumput Benggala

Jenis rumput ini memiliki ciri-ciri tanaman tahunan dengan batang tegak yang kuat dan seberkas akar serabut yang dalam, Ini memiliki bunga hijau atau ungu Rumput bengal tumbuh pada ketinggian 0-1200 meter di atas permukaan laut dan dari dataran rendah hingga dataran tinggi.

3. Raja Grass

Rumput kerajaan biasanya tumbuh di batang atau potongan tiang dan dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan tanah ringan atau berat, King Bull dapat bertahan hidup di dataran pada ketinggian 1000m atau lebih dengan curah hujan tahunan dari 0 hingga 3000m di atas permukaan laut dan tumbuh di daerah kering.

Memiliki batang yang kuat dan tebal dengan struktur daun yang keras. Bentuk daun memanjang dan permukaan daun lebar.

4. Meksiko

Seperti namanya ramuan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, Ia dapat hidup di daerah tropis lembab dan juga di daerah subtropis dengan tanah berair.

Dan berisi daun yang panjangnya sekitar 15 meter dan lebarnya sekitar 10 sentimeter dari jenis rumput lainnya, Rumput Meksiko tumbuh baik di daerah dengan tanah bertekstur sedang atau berat hingga 1200 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan tahunan 2000 meter.

Baca Juga :   10 Ras Anjing yang Paling Penyayang

5. Setaria

Itu berasal dari Afrika juga dikenal sebagai rumput Setaria atau kadang-kadang rumput Timotius emas dan memiliki siklus hidup abadi, Hal ini ditandai dengan fakta bahwa ia tumbuh di jumbai padat dan lebat dengan daun lebar sedikit berbulu di sisi atas.

Setaria dapat mencapai tinggi 180 cm ketika dewasa. Ini memiliki sifat luar biasa di lingkungan kering dan stagnan, Ia dapat hidup di dataran rendah pada ketinggian 1.000 kaki dengan curah hujan tahunan 25 inci.

Ya mesin pemotong rumput diperlukan untuk mengurangi ukuran rumput dan memudahkan sapi untuk memberi makan, Keuntungannya adalah mereka dapat dengan mudah mencerna rumput untuk berkembang biak.

2. Penguat Pakanan

Pakan yang diperkaya juga dikenal sebagai pakan konsentrat adalah pakan ternak dengan serat kasar kurang dari 18%. Nutrisi paling pertama di dalam makananya konsentrat yakni energi dan protein.

Ada dua konsentrat yang berbeda: konsentrat sebagai sumber energi dan konsentrat sebagai sumber protein. Konsentrat adalah bahan pakan yang diberikan dengan bahan pakan lain untuk meningkatkan kandungan nutrisi pakan ternak yang dicampur sebagai suplemen. Selain untuk mempertahankan produksi susu pakan ternak yang dipasok terutama adalah pakan konsentrat.

Untuk alasan ini sapi yang diberi makan rumput menghasilkan lebih sedikit susu daripada sapi yang hanya diberi makan rumput dan tidak dapat diberi makan sesuai dengan kebutuhan energinya. Oleh karena itu perlu ditambahkan pakan konsentrat untuk menyediakan energi. pakan terkonsentrasi.

Turunan Hewani:

Daging cincang Tepung daging dan tulang Tepung darah Tepung tepung Hasil samping pengolahan ikan seperti tepung ikan Hasil samping pengolahan susu seperti lemak susu dan susu bubuk.

Pakan konsentrat untuk pakan ternak dicirikan oleh kandungan protein berkualitas tinggi dan kandungan mineral yang tinggi, Protein 47% atau lebih Mineral Ca 1 atau lebih P 15% atau lebih Serat kasar 25% atau kurang.

Turunan Tumbuhan:

Kedelai merupakan tanaman pertanian seperti kacang-kacangan dan jagung.

Makanan terfokus memiliki kandungan energi dan protein tertinggi. Kelompok dengan kandungan tertinggi adalah sorgum gandum yang memiliki serat kasar dengan SE dan TDN rendah kandungan protein kasar sedang dan berbagai mineral.

3. Minerale

Sapi membutuhkan mineral atau zat asin, Bahan anorganik seperti: kalsium kalium besi fosfat natrium magnesium dll. adalah jenis zat yang dibutuhkan oleh organisme hewan dan membutuhkan mineral tambahan sebagai aditif untuk beberapa tetapi tidak semua pakan ternak karena sebagian besar adalah ini.

Mineral dapat diperoleh dari bahan makanan yang diberikan kepada hewan, Oleh karena itu penting untuk mengetahui apakah makanan yang diberikan kepada hewan tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral hewan tersebut.

4. Vitaminc

Vitamin sangat penting untuk mendorong pertumbuhan dan mempertahankan fungsi normal sistem tubuh hewan, Sapi membutuhkan dua set vitamin yaitu vitamin yang larut dalam air termasuk vitamin B kompleks B6 B12 C biotin kolin indole dan niasin.

dan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A D E dan K, Memang vitamin yang dibutuhkan hanya sedikit tetapi hal ini tidak dapat diabaikan karena tidak semua komponen pakan ternak mengandung vitamin yang lengkap mengingat risiko kekurangan vitamin yang diakibatkannya pada ternak menjadi lemah sakit dan bahkan sekarat.

5. Tambahan Makan

Merupakan pakan yang hanya digunakan sebagai suplemen bukan sebagai konsumsi utama ternak, Pakan yang ditambahkan secara sengaja adalah produk yang tidak memiliki nilai gizi tetapi dapat membantu mencegah penyakit atau menjaga kesehatan hewan Ini termasuk antibiotik antitoksin pestisida dan hormon.

Ketika antibiotik itu sendiri digunakan tujuannya adalah untuk mengubah keseimbangan bakteri di saluran pencernaan hewan. Bila ada keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat maka dapat mencegah penurunan produksi ternak.

Jika anda memiliki sedikit pengetahuan tentang kelima bahan pakan di atas semoga bermanfaat dan menambah informasi bagi para breeder yang masih awam dengan jenis pakan, Jika Anda ingin mengetahui jenis pakan sapi perah apa yang akan mendorong pertumbuhan dan penggemukan dengan cara yang benar Anda dapat mengetahuinya di artikel pakan sapi perah kami.

Jenis Bahan Pakan Ternak, Protein dan Nutrisinya !

Baca Juga :   7 Deretan Jenis Kucing Termahal, Hingga Milliaran!!

 

Share :

Baca Juga

Mengenal Hewan Vertebrata dan Avertebrata Ciri & Klasifikasinya (Pinterest)

HEWAN

Mengenal Hewan Vertebrata dan Avertebrata Ciri dan Klasifikasinya
Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia

HEWAN

Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia
7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!

HEWAN

7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!
Rantai Makanan: Pengertian dan Contohnya

HEWAN

Rantai Makanan: Pengertian dan Contohnya
Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan yang Dapat Membunuh Kapan Saja

HEWAN

Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan Dapat Membunuhmu
5 Contoh Hewan yang Hampir Punah, Dikit Banget Tau!!

HEWAN

5 Contoh Hewan yang Hampir Punah, Dikit Banget Tau!!
10 Ras Anjing yang Paling Penyayang

HEWAN

10 Ras Anjing yang Paling Penyayang
8 Hewan Paling Aneh di Dunia, Ada di Indonesia?

HEWAN

8 Hewan Paling Aneh di Dunia, Ada di Indonesia?