Home / HEWAN

Selasa, 1 November 2022 - 10:33 WIB

Inilah 5 Hewan Mamalia Terkecil di Dunia yang Wajib diKetahui

- Penulis

Inilah 5 Hewan Mamalia Terkecil di Dunia yang Wajib diKetahui

Inilah 5 Hewan Mamalia Terkecil di Dunia yang Wajib diKetahui

Hewan Mamalia Terkecil

Moccaapedia – Hewan Mamalia Terkecil Ada banyak jenis hewan yang hidup dan salah satunya hewan mamalia. Dimana, hewan jenis mamalia ini tergolong pada hewan vertebrata dengan bercirikan mempunyai kelenjar susu pada betina. Hewan termamalia ini seringkali memiliki ukuran tubuh yang besar. Namun, berikut ada beberapa hewan mamalia terkecil di dunia yang cukup unik.

Baca Juga :   Contoh Hewan Ovovivipar, Berkembang Biak dengan 2 Cara

Mamalia Terkecil di Dunia yang Wajib diKetahui

1.     Bumblebee Bat

Hewan Mamalia Terkecil, Salah satu hewan mamalia yang memiliki ukuran kecil adalah Bumblebee Bat. Hewan satu ini juga terkenal dengan nama kelelawar berhidung babi kitty. Bumblebee Bat merupakan kelelawar serta mamalia paling kecil berdasarkan size tengkoraknya.

Pasalnya, Bumblebee bat memiliki berat kurang dari satu sen atau tepatnya 0.07 ons, dengan Panjang 1.14 inchi. Sama halnya hewan kelelawar lainnya, Bumblebee Bat adalah hewan nocturnal atau yang hidup di malam hari. Mereka akan terbang di malam hari, namun saking kecilnya terkadang tidak dapat membedakan Bumblebee Bat dengan lebah saat berdengung.

Sayangnya, ukuran kecilnya juga menunjukan akan status biologisnya. Dimana, IUCN telah menetapkan Bumblebee Bat sebagai hewan langka atau terancam punah. Hal ini tidak terlepas karena banyak faktor, termasuk aktivitas manusia.

2.     Pygmy Jerboa

Berikutnya, hewan mamalia terkecil di dunia yang cukup unik adalah Pygmy Jerboa. Hewan ini termasuk pada subfamily cardiocraniinae yang merupakan hewan pengerat dengan size terkecil di dunia. Pygmy Jerboa punya tubuh dengan panjang 1.6 inci. Uniknya, Pygmy Jerboa memiliki Panjang ekor yang lebih Panjang dari ukuran tubuhnya yakni 3 inci.

Hewan mamalia ini memiliki kemampuan untuk melompat. Hal ini juga dipengaruhi oleh kaki Jerboa yang menyerupai Kanguru. Dengan begitu, akan sangat memungkinkan Jerboa untuk melompat lebih jauh. Selain itu, Jerboa memiliki kemampuan adaptasi yang cepat sehingga dapat bergerak cepat ketika di gurun pasir luas.

3.     Least Weasel

Ada Pula hewan musang kecil imut dan cerewet yang dinamakan Least Weasel. Hewan mamalia ini termasuk hewan paling kecil pada species ordo karnivora. Di Amerika Utara, Least Weasel Jantan mempunyai ukuran 7 inci, sedangkan betina mencapai 5 inci. Berat yang dimilikinya tidak mencapai 1.5 ons.

Baca Juga :   MotoGP Kejuaraan Dunia, Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa

Meskipun Least weasel memiliki ukuran kecil, tetapi mereka adalah pemburu kecil yang licik. Least weasel menjadi hewan kecil yang banyak ditakuti oleh hewan pengerat kecil lainnya. Bahkan, mereka akan lebih ganas dari yang ditunjukan.

4.     Tikus Etruska

Binatang Mamalia Terkecil, Spesies hewan mamalia terkecil di dunia yang cukup menggemaskan ada Tikus Etruska. Dimana, tikus ini memiliki berat 0.14 ons serta Panjangnya yakni 1.57 inci. Tentunya, cukup kecil apabila dibandingkan dengan jenis tikus lainnya.

Meskipun demikian, Tikus Etruska punya nafsu makan yang besar. Hal ini, disebabkan oleh sistem metabolisme dalam tubuhnya yang bekerja dengan cepat. Setiap hari, Etruska bisa habiskan makan hingga dua kali dari berat tubuhnya.

5.     Lemur Tikus

Hewan kecil yang tidak kalah menggemaskan dengan ukuran tubuh kecil yakni lemur Tikus atau Mouse Lemurs. Hewan ini memiliki ekor yang jika diukur dengan Panjang tubuhnya berkisar 11 inci. Tidak hanya itu, berat tubuhnya kurang lebih satu ons.

Memiliki mata yang bulat dan sedikit besar membuatnya semakin lucu. Lemur tikus ini merupakan jenis omnivora yang akan mencari makan dengan sendiri, dengan makan kesukaannya yakni melon. Lemur Tikus akan berkumpul dengan jenisnya ketika tidur.

Itulah tadi beberapa animal mamalia terkecil di dunia yang cukup unik dan menggemaskan.  Selain itu, masih ada banyak lagi hewan mamalia kecil lainnya yang masih bertahan hidup hingga kini. Meskipun, tidak sedikit dari mereka yang terancam kepunahan oleh berbagai faktor yang tentunya sangat disayangkan.

Baca Juga :   7 Aplikasi Android Buku Pelajaran, Makin Ahli!

 

Share :

Baca Juga

5 Contoh Hewan yang Hampir Punah, Dikit Banget Tau!!

HEWAN

5 Contoh Hewan yang Hampir Punah, Dikit Banget Tau!!
Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing? Berikut Penjelasannya

HEWAN

Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing? Berikut Penjelasannya
Kakap Cina

HEWAN

Manfaat Kakap Cina dan Kandungan Nutrisinya
3 Hewan Berkaki 2 beserta Penjelasan Lengkap

HEWAN

3 Hewan Berkaki 2 beserta Penjelasan Lengkap
Gelembung Ikan Termahal di Dunia

HEWAN

Gelembung Ikan Termahal di Dunia, Ini Daftarnya
Ketahui Jenis-Jenis Burung yang Ada di Indonesia

HEWAN

Ketahui Jenis-Jenis Burung yang Ada di Indonesia
10 Ras Anjing yang Paling Penyayang

HEWAN

10 Ras Anjing yang Paling Penyayang
Cara Merawat Anakan Ikan Cupang

HEWAN

Cara Merawat Anakan Ikan Cupang dengan Benar