Home / HEWAN

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 10:24 WIB

Yuk Kenali 6 Hewan Endemik di Indonesia yang Unik dan Menarik

- Penulis

Yuk Kenali 6 Hewan Endemik di Indonesia yang Unik dan Menarik

Yuk Kenali 6 Hewan Endemik di Indonesia yang Unik dan Menarik

Hewan Endemik di Indonesia

Moccaapedia – Tentu sudah bukan lagi hal asing bahwa Indonesia memiliki banyak pulau, sehingga dinamakan negara kepulauan. Dimana, ada banyak keanekaragaman hayati yang tidak dimiliki di tempat lain, salah satunya hewan endemik. Berikut, hewan liar endemik di Indonesia yang wajib diketahui.

Baca Juga :   5 Trend Hijab Kekinian dan Simpel, Wajib Intip !!

Hewan Endemik di Indonesia yang Unik dan Menarik

1.     Harimau Sumatera

Hewan endemik yang tak asing didengar masyarakat Indonesia adalah Harimau Sumatera. Dimana, hewan ini merupakan endemic asli Sumatera yang masih ada hingga saat ini. Harimau Sumatera ini mempunyai ukuran tubuh kecil jika dibanding dengan Harimau biasanya.

Satwa Harimau Sumatera ini termasuk hewan endemik, maka dari itu hanya hidup di daerah Sumatera saja. Namun, hingga saat ini jumlahnya kurang lebih tinggal 400 ekor. Dalam upaya menghindari kelangkaan, maka kebanyakan dari Harimau Sumatera tersebut ditempatkan Taman Nasional serta Cagar Alam.

2.     Elang Jawa

Siapa yang tidak tahu lambang negara Indonesia? Tentunya sudah tidak asing lagi yakni burung Garuda. Dimana, burung Garuda ini merupakan hewan mitologi dengan ukuran besar. Namun, ada species endemic dari Jawa yang merupakan hewan penjelmaan Garuda yakni Elang Jawa.

Burung Elang Jawa adalah salah satu hewan endemic di Indonesia yang cukup gagah. Hewan yang memiliki nama latin NIsaetus Bartelsi ini mempunyai keunikan tersendiri yakni adanya jambul berjumlah 2 hingga 4 helai. Hal tersebut sangat menarik perhatian karena jambul tersebut memiliki Panjang 12 cm.

3.     Rangkong Papan

Berbicara mengenai burung, ada pula burung endemic Indonesia yang berasal dari Kalimantan yakni Rangkong Papan. Burung satu ini dapat mencapai Panjang 160 cm, dengan ukuran betina lebih kecil ketimbang jantan. Selain itu, untuk membedakan jantan dengan betina bisa lihat dari matanya, jika biru untuk betina dan merah yakni jantan.

Baca Juga :   Makanan Kura Kura Sungai yang Tepat untuk Jaga Kesehatannya

Rangkong Papan yakni cacing, siput, dan serangga, tapi tidak jarang makan buah-buahan. Burung yang sangat unik dan cantik ini memiliki bentuk paruh yang berciri khas. Sayangnya, hewan ini semakin punah, hal tersebut karena habitatnya yang semakin sedikit.

4.     Orang Utan Kalimantan

Indonesia adalah negara yang sangat beragam dengan banyaknya jenis hewan di dalamnya. Salah satu hewan endemik yakni Orang Utan Kalimantan yang tentunya hidup di daerah Kalimantan. Mereka hidup di hutan hujan tropis dengan diurnal atau aktif di siang hari serta di pepohonan.

Orangutan ini mempunyai tubuh yang diselimuti dengan rambut merah coklat. Selain itu, memiliki kepala yang besar dan juga mulut yang sedikit tinggi. Namun, tidak jauh berbeda dengan endemik lainnya, Orang Utan juga terancam punah. Bahkan, kelangkaan tersebut sudah sejak 1994. Dengan Begitu, pemerintah mengupayakan berbagai hal untuk mempertahankannya.

5.     Monyet Bekantan

Ada Pula Monyet Bekantan yang menjadi salah satu hewan endemik di Indonesia yang cukup famous. Pasalnya, hewan inilah yang menjadi maskot dari salah satu taman hiburan yakni Dufan. Tentunya, tidak asing lagi dengan wajahnya yang cukup unik dan hidung lebih besar.

Dalam kehidupannya, Monyet Bekantan tidak memiliki sarang atau tempat tinggal untuk tidur. Mereka, akan mencari pohon di tepi sungai sebagai tempat istirahat. Hewan yang berasal dari Kalimantan ini dijuluki Monyet Belanda oleh masyarakat setempat. Keberadaan Monyet Bekantan hingga saat ini masih tersebar dan dilindungi di Pulau Kalimantan.

6.     Tarsius

Hewan endemik Indonesia yang tinggal di Sulawesi dengan tubuh unik yakni Tarsius. Tubuh Tarsius adalah berupa Tulang Tarsal dengan membentuk pergelangan serta memanjang. Dengan begitu, Tarsius mampu untuk lompat sampai 3 meter.

Mereka hidup di malam hari serta di pohon-pohon dengan mangsanya yakni burung kecil, reptile kecil, jangkring serta kelelawar. Memiliki bentuk tubuh yang unik dan menarik, membuat banyak orang yang tertarik dengan hewan satu ini. Hal itulah yang membuat Tarsius mengalami kelangkaan karena banyak dipelihara.

Itulah tadi beberapa hewan liar endemik di Indonesia yang cukup menarik untuk diketahui. Dengan mengetahui hewan-hewan endemik akan membuat lebih tau bahwa Indonesia sangatlah beragam. Bahkan, masih banyak lagi hewan endemik lainnya yang perlu diketahui, dijaga dan terus dilestarikan.

Baca Juga :   4 Hewan Purba Yunani dan Penjelasannya

 

Share :

Baca Juga

60 Nama Latin Hewan yang Mudah Diingat dalam Biologi

HEWAN

60 Nama Latin Hewan yang Mudah Diingat dalam Biologi
7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka

HEWAN

7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka
6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi

HEWAN

6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi
Harga Gelembung Ikan Gulama 2022

HEWAN

Fantastis, Ternyata Segini Harga Gelembung Ikan Gulama 2023
3 Contoh Hewan Herbivora Pemakan Tumbuh-Tumbuhan

HEWAN

3 Contoh Hewan Herbivora Pemakan Tumbuh-Tumbuhan
Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains

HEWAN

4 Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains
5 Cara Melestarikan Hewan yang Hampir Punah, Pahami

HEWAN

5 Cara Melestarikan Hewan yang Hampir Punah, Pahami
Inilah 7 Contoh Hewan Ovovivipar, Yuk Ketahui!

HEWAN

Inilah 7 Contoh Hewan Ovovivipar, Yuk Ketahui!