Home / HEWAN

Selasa, 19 Desember 2023 - 14:25 WIB

4 Hewan Purba Yunani dan Penjelasannya

- Penulis

4 Hewan Purba Yunani dan Penjelasannya

4 Hewan Purba Yunani dan Penjelasannya

Moccaapedia – Berbagai hewan purba Yunani yang dibahas dalam Mitologi Yunani memiliki keunikannya masing-masing. Tentu saja banyak yang penasaran dengan makhluk tersebut, apalagi buat pencinta sejarah.

Dalam Mitologi Yunani terdapat kisah-kisah yang menjelaskan tentang para dewa dengan kekuatan istimewa dan berwujud seperti manusia biasa. Tidak hanya terdapat pahlawan saja, ada juga makhluk gaib yang menjadi teman bahkan musuh dewa.

 

Baca Juga :   10 Ras Anjing yang Paling Penyayang

 

Hewan Purba Yunani

4 Hewan Purba Yunani dan Penjelasannya
4 Hewan Purba Yunani dan Penjelasannya

 

Bagi Anda yang ingin mempelajari sejarah Yunani, penting juga untuk mencari tahu hewan purba apa saja yang diceritakan dalam Yunani Kuno. Di bawah ini ada penjelasan mengenai hewan purba zaman Yunani.

 

  1. Hydra

Hydra adalah monster yang mirip dengan ular dengan memiliki banyak kepala. Tempat tinggal Hydra ada di rawa yang dekat dengan Danau Lerna di daerah Argolis. Hydra adalah anak dari Echidna raksasa dan Typhon.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa Hydra adalah saudara dari Ladon, Sphinx, Chimera, dan Cerberus. Memiliki penampilan seperti ular, Hydra juga memiliki bisa yang sangat beracun dan mematikan.

Bahkan hanya dengan nafasnya, Hydra bisa membunuh manusia yang datang dan berada di dekatnya. Selain nafas, darah Hydra juga terbilan mematikan dan manusia tidak dapat menyentuhnya karena bisa terkena sakit parah.

Hydra adalah ular dengan banyak kepala berjumlah 5 dengan 100 ekor. Ada yang mengatakan bahwa kepala Hydra abadi, artinya tidak bisa terbunuh. Jadi, setiap terpotong, akan muncul kepala pengganti.

 

  1. Pegasus

Pegasus adalah salah satu hewan purba Yunani yang juga diceritakan dalam Mitologi Yunani Kuno berupa kuda dengan sayap dewa. Hewan ini masih berada di satu garis keturunan yang sama dengan monster chthonic, Medusa, dewa laut, dan Poseidon.

Kelahiran Pegasus terjadi karena Perseus memenggal kepala Medusa dan saat itu itu kepala dan darahnya jatuh dan dikenal dengan mata air Pegasus. Poseidon yang baru lahir melihat Pegasus merupakan makhluk yang sempurna sehingga dibawa ke rumah para dewa, Olympus.

Zeus kemudian memberikan Pegasus kepada putranya yang bernama Bellerophon sebagai kado. Sejak saat itu, Bellerophon menjadi orang yang berprestasi seperti dapat membunuh Chimera hingga bisa terbang di atas Gunung Olympus.

 

Baca Juga :   Macam-Macam Jenis Kucing yang Bisa Dipelihara

 

  1. Centaur

Centaur adalah makhluk setengah kuda dan setengah manusia yang disebut dengan anak seorang Raja Lapith yaitu Raja Ixion. Disebut juga bahwa Centaur adalah anak Nephele yaitu awan yang dibuat oleh Dewi Hera.

Ada juga cerita lain yang menjelaskan bahwa hewan purba Yunani ini lahir dalam keadaan cacat, namun digadang-gadang sebagai cikal bakal para Centaur di dunia. Kebanyakan di kisah Yunani, Centaur adalah makhluk yang liar.

Namun ada pengecualian untuk Chiron karena ia adalah Centaur dengan kepribadian baik seperti bijaksana, berakhlak, dan sederhana. Tempat tinggal Centaur ada di Gunung Pelion yang memiliki kemampuan mengobati orang sakit.

 

  1. Cerberus

Berikutnya adalah Cerberus yaitu sosok makhluk anjing dengan kepala tiga yang merupakan keturunan dari makhluk di Mitologi Yunani lainnya yaitu Echidna dan Typhon. Julukan Cerberus adalah anjing Hades atau dewa Dunia Bawah (neraka).

Mengapa disebut demikian? Hal ini karena Cerberus bekerja di bawah Hades yaitu untuk menjaga gerbang pintu neraka. Tujuannya adalah agar orang yang sudah tiada tidak keluar dari neraka selamanya.

 

Keempat hewan purba Yunani di atas ada yang berbentuk setengah manusia setengah hewan. Kisah-kisah Mitologi Yunani masih selalu menarik untuk dipelajari bahkan sampai saat ini.

Baca Juga :   Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab & Cara Atasinya

Share :

Baca Juga

Gelembung Ikan Termahal di Dunia

HEWAN

Gelembung Ikan Termahal di Dunia, Ini Daftarnya
Macam-Macam Jenis Kucing yang Bisa Dipelihara

HEWAN

Macam-Macam Jenis Kucing yang Bisa Dipelihara
Jenis Kucing Paling Mahal (Cloudfront.com)

HEWAN

7 Deretan Jenis Kucing Termahal, Hingga Milliaran!!
Jenis Kucing Hutan di Indonesia

HEWAN

Apa Saja Jenis Kucing Hutan di Indonesia? Yuk Cari Tahu!
5 Contoh Hewan Amfibi Bisa Hidup di Dua Alam, Kerren Kan!!

HEWAN

5 Contoh Hewan Amfibi Bisa Hidup di Dua Alam, Kerren Kan!!
3 Hewan Berkaki 2 beserta Penjelasan Lengkap

HEWAN

3 Hewan Berkaki 2 beserta Penjelasan Lengkap
6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu

HEWAN

6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu
Manfaat Tak Terduga Memelihara Kucing Bagi Kesehatan

HEWAN

Manfaat Tak Terduga Memelihara Kucing Bagi Kesehatan