Home / HEWAN

Selasa, 12 Desember 2023 - 22:29 WIB

4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui

- Penulis

4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui

4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui

Moccaapedia – Tahukah Anda bahwa di luar sana ada banyak hewan huruf e yang masih jarang diketahui. Namanya tentu tampak asing, padahal hewan tersebut ada yang hidup berdampingan dengan manusia.

Elang adalah contoh hewan yang berawalan huruf e dan tentunya ada hewan lain lagi yang dijelaskan dalam ilmu Sains. Semua hewan di muka bumi ini memiliki nama tertentu dan sudah dikelompokkan agar manusia bisa tahu.

 

Baca Juga :   5 Contoh Hewan Predator Ganas dan Buas

 

Hewan Huruf E

4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui
4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui

 

Berbagai jenis hewan huruf e yang tersebar di permukaan bumi memiliki karakteristik dan keunikan yang berbeda-beda. Keunikan tersebut belum tentu bisa ditemukan di hewan lainnya. Lantas apa saja contoh hewan dengan awalan huruf e? Ini penjelasannya.

 

  1.     Elang

Elang adalah jenis burung dengan ukuran tubuh besar dan termasuk bagian dari keluarga Accipitridae. Nama keluarga tersebut berasal dari bahasa Latin acciptier yang artinya adalah elang. Selain elang, ada lagi jenis hewan lainnya yang berada di satu keluarga.

Sebut saja burung nasar dan layang-layang yang memiliki karakteristik tertentu. Perbedaan elang dengan kedua burung tersebut adalah dari paruhnya dan ukuran tubuh yang lebih besar. Anda bisa menemukan elang di hampir semua habitat kehidupan.

Adapun tundra bagian utara adalah tempat tinggal elang. Selain itu, elang juga biasanya tinggal di hutan hujan tropis dan wilayah gurun. Benua yang paling banyak memiliki elang adalah Benua Afrika.

Walaupun begitu, Anda juga bisa menemukan elang di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, elang sering terbang di area sana.

 

  1.     Enggang

Enggang adalah salah satu contoh hewan huruf e yang memiliki paruh panjang dan lancip berwarna oranye kekuningan. Nama lain dari enggang adalah rangkong yaitu jenis burung tropis berukuran besar dengan warna cerah.

Banyak yang mengatakan bahwa enggang memiliki kemiripan dengan burung tukan dari Amerika Serikat karena terlihat dari perilaku sehari-hari, suara, warna, dan penampilannya. Tempat tinggal enggang ada di Kepulauan Solomon, Filipina, India, dan sub-Gurun Sahara di Afrika.

Enggang darat sangat suka tinggal di sabana terbuka, sedangkan enggang arboreal lebih senang tinggal di hutan dan hutan hujan. Anda bisa menemukan enggang yang bersarang di rongga pohon besar.

 

Baca Juga :   5 Contoh Hewan Amfibi Bisa Hidup di Dua Alam, Kerren Kan!!

 

  1.     Emu

Berikutnya ada emu yaitu jenis burung terbesar di dunia nomor dua dan hanya ada di Benua Australia. Jadi, kalau Anda berkunjung ke Australia maka akan menemuka emu, kecuali di Tasmania. Habitat emu ada di hutan kering serta padang rumput.

Ciri khas dari emu adalah mereka akan banyak bergerak ketika mencari sumber air beserta makanan. Bahkan emu bisa berjalan sepanjang 9 hingga 15 mil per hari hanya untuk bertahan hidup.

Emu hanya dapat hidup di iklim sedang, namun ada beberapa emu yang bisa ditemukan di Pegunungan Bersalju Australia. Emu memiliki bulu berukuran panjang yang bisa mereka gunakan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal.

Hal ini karena emu sering terengah-engah selama perjalanan seperti anjing. Jadi, untuk mendinginkan diri di daerah panas, mereka memanfaatkan bulu tersebut.

 

  1.     Eland

Hewan huruf e terakhir adalah eland yang sulit dibedakan dengan antelop lainnya. Perbedaannya bisa terlihat dari tanduk eland yang berbentuk spiral. Eland bukan termasuk hewan agresif dan termasuk hewan yang sering melakukan migrasi dengan sesamanya.

Saat ada predator, eland akan memanfaatkan kekuatan lari agar bisa kabur. Namun, terkadang eland juga memanfaatkan warna tubuh coklatnya untuk melakukan kamuflase agar tidak diserang predator.

 

Semua hewan huruf e yang jarang diketahui ini memiliki cara bertahan hidup yang berbeda-beda. Ada yang mencari makan dan air dengan berjalan hingga belasan mil, ada juga yang melakukan migrasi untuk bertahan hidup.

Baca Juga :   Contoh Hewan Vertebrata yang Hidup di Dekat Manusia

Share :

Baca Juga

Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan yang Dapat Membunuh Kapan Saja

HEWAN

Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan Dapat Membunuhmu
Mengenal Hewan Vertebrata dan Avertebrata Ciri & Klasifikasinya (Pinterest)

HEWAN

Mengenal Hewan Vertebrata dan Avertebrata Ciri dan Klasifikasinya
7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka

HEWAN

7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka
Macam-Macam Jenis Kucing yang Bisa Dipelihara

HEWAN

Macam-Macam Jenis Kucing yang Bisa Dipelihara
Contoh Hewan Ovovivipar, Berkembang Biak dengan 2 Cara

HEWAN

Contoh Hewan Ovovivipar, Berkembang Biak dengan 2 Cara
4 Contoh Hewan Ovipar di Kehidupan Sehari-hari

HEWAN

4 Contoh Hewan Ovipar di Kehidupan Sehari-hari
Rantai Makanan: Pengertian dan Contohnya

HEWAN

Rantai Makanan: Pengertian dan Contohnya
Ketahui 6 Hewan Berbahaya di Laut Beracun dan Mematikan

HEWAN

Ketahui 6 Hewan Berbahaya di Laut Beracun dan Mematikan