Home / HEWAN

Selasa, 12 Desember 2023 - 22:00 WIB

4 Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains

- Penulis

Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains

Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains

Moccaapedia – Ada banyak sekali contoh hewan huruf d, namun dari beberapa hewan masih ada yang terdengar asing di telinga manusia. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu apa saja hewan-hewan tersebut untuk menambah wawasan.

Tidak hanya domba, hewan yang berawalan huruf d bisa juga jenis hewan purba yang banyak disukai anak-anak seperti dinosaurus. Semua hewan yang berawalan huruf D juga memiliki keunikan masing-masing.

 

Baca Juga :   6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi

 

Hewan Huruf D

Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains
Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains

 

Tujuan mengetahui nama hewan sesuai dengan alfabet adalah untuk menambah wawasan Anda dan si kecil sehingga bisa mengenai makhluk hidup lain. Di bawah ini ada beberapa hewan huruf d lengkap beserta penjelasannya.

 

  1. Domba

Domba adalah hewan yang pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda bukan? Domba adalah jenis hewan ternak yang sering menjadi pilihan untuk dipelihara karena daging dan kulitnya sangat bermanfaat.

Anda bisa memasak daging domba dan membuat kain wol dari kulit domba, tentu hasilnya sangat bagus. Penggunaan domba dalam kehidupan sehari-hari merujuk pada jenis domba domestik yang jumlahnya paling banyak.

Dulu, wol dari domba sering digunakan oleh masyarakat sehingga sangat terkenal hingga saat ini. Anda bisa menemukan peternakan domba di berbagai belahan dunia dan pemiliknya adalah penduduk tetap negara tersebut.

 

  1. Dinosaurus

Selain domba, contoh hewan huruf d lainnya adalah dinosaurus yang sudah tidak ada di zaman sekarang karena termasuk hewan purbakala. Dinoasurus adalah jenis reptil yang ukurannya sangat besar dan konon ada pada 245 juta tahun yang lalu.

Sebagian besar dinosaurusu punah atau mati akibat bencana alam besar yang pernah terjadi puluhan juta tahun lalu. Hanya saja, sekarang pada arkeolog mencari tahu bukti peninggalan dinosaurus yang melakukan evolusi menjadi burung pada ratusan juta tahun yang lalu.

Adapun dinosaurus berasal dari bahasa Yunani “deinos” yang artinya adalah reptil atau kadal sehingga disebut hewan reptil. Pada tahun 1842, seorang ilmuwan bernama Richard Owen yang berasal dari Inggris mulai menambahkan istilah resmi “dinosauria” untuk dinosaurus.

 

Baca Juga :   5 Contoh Hewan yang Hampir Punah, Dikit Banget Tau!!

 

  1. Derik

Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar istilah derik? Derik adalah jenis ular berbisa yang memiliki derik di bagian ujung ekor. Ular derik bisa menyerang mangsa dengan bisa tersebut sehingga mangsa tidak dapat bergerak.

Bahaya sekali apabila sampai mengenai manusia karena bisa ular derik bisa merusak jaringan internal sehingga mengalami pembekuan darah. Oleh karena itu, ular derik bisa sangat cepat membunuh mangsanya.

Manusia yang terkena bisa ular derik perlu segera diberi penawar racun agar bisa diselamatkan. Tempat tinggal ular derik adalah di wilayah gurun pasir atau tempat dengan iklim kering seperti Amerika Serikat dan bagian utara Meksiko.

 

  1. Dik-dik

Dik-dik adalah hewan huruf d dengan nama unik yaitu jenis antelop dengan tubuh berukuran kecil daripada kerabat lainnya. Tubuhnya yang kecil ini sangat merugikan dik-dik karena predator lebih mudah menyerangnya.

Agar dik-dik bisa bertahan hidup, hewan tersebut harus memanfaatkan kecepatan berlari zig-zig untuk kabur. Lantas mengapa disebut dik-dik? Dik-dik adalah suara ketika hewan ini kabur dari predator.

Selain itu, hewan dik-dik juga lebih sering aktif saat malam hari dan dapat mengeluarkan suara saat ada pemangsa. Bunyi yang dihasilkan untuk mendeteksi pemangsa juga dik-dik.

 

Semua hewan huruf d di atas adalah hewan-hewan yang memiliki keunikan masing-masing sehingga mempengaruhi kesehariannya. Seperti nama dik-dik yang berasal dari suara yang dihasilkan saat lari dari predator.

Baca Juga :   Penyebab Bulu Kelinci Rontok dan Cara Mengatasinya

Share :

Baca Juga

Hewan Langka di Dunia (Paul Faith)

HEWAN

5 Hewan Terlangka di Dunia
4 Tahapan Metamorfosis Nyamuk, Mari Ketahui !!

HEWAN

4 Tahapan Metamorfosis Nyamuk, Mari Ketahui !!
7 Contoh Hewan Vivipar di Sekitar Manusia

HEWAN

7 Contoh Hewan Vivipar di Sekitar Manusia
Penyebab Bulu Kelinci Rontok

HEWAN

Penyebab Bulu Kelinci Rontok dan Cara Mengatasinya
Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan yang Dapat Membunuh Kapan Saja

HEWAN

Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan Dapat Membunuhmu
Ulat Permata (Acraga Coa)

HEWAN

7 Fakta Ulat Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Pegang !!
Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia

HEWAN

Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia
6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi

HEWAN

6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi