Home / HEWAN

Minggu, 19 November 2023 - 13:03 WIB

Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia

- Penulis

Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia

Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia

Moccaapedia – Sapi adalah hewan yang sering dimanfaatkan daging, susu, dan jeroannya untuk konsumsi manusia sehari-hari. Tidak hanya itu, jenis-jenis sapi juga sering menjadi hewan kurban yang disembelih saat Hari Raya Idul Adha.

Daging sapi memang terkenal lezat dan empuk jika Anda mengolahnya dengan benar. Oleh karena itu, sapi cocok menjadi hewan ternak untuk dijadikan sebagai ladang bisnis. Sapi yang sehat dan montok bisa Anda jual dengan harga tinggi.

 

Baca Juga :   5 Cara Melestarikan Hewan yang Hampir Punah, Pahami

 

Jenis-jenis Sapi

Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia
Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia

 

Mengapa sapi menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia? Hal ini karena sapi memiliki banyak kandungan nutrisi mulai dari protein, zat besi, vitamin D, vitamin B, zinc, fosfor, selenium, dan omega 3.

 

  1. Sapi Brahman

Jenis pertama adalah Sapi Brahman yang memiliki kulit dengan variasi warna abu-abu muda dan merah kehitaman serta bertubuh montok. Sesuai dengan namanya, sapi ini berasal dari India dan sudah terkenal di seluruh dunia. Ciri khas dari Sapi Brahman adalah memiliki punuk dengan bentuk besar.

Awalnya sapi ini lahir di India, namun ilmuwan Amerika Serikat mulai mengembangkan kode genetik hingga dikirim ke berbagai negara. Untuk bobot Sapi Brahman jantan sebesar 800 kg hingga 1.100 kg dan bobot sapi betina adalah 500 hingga 700 kg.

 

  1. Sapi Simental

Sapi Simental adalah salah satu dari jenis-jenis sapi yang berasal dari Negara Swiss dan sering menjadi sapi ternak khususnya saat Idul Adha. Ciri khas dari Sapi Simental adalah memiliki banyak otot dan bentuk tubuhnya kekar.

Tentu saja sapi jenis ini memiliki banyak daging dan termasuk sapi perah yang bisa menghasilkan banyak susu. Siapapun mudah mengenali sapi simental karena warna kulitnya coklat atau kemerahan dengan bagian putih di beberapa bagian.

Mulai dari bagian bawah perut, ekor, lutut, dan wajah sapi umumnya berwarna putih. Lantas berapa bobot dari Sapi Simental? Bobotnya bervariasi mulai dari 700 kg hingga ada yang mencapai 1.2 ton.

 

  1. Sapi Pegon

Berikutnya adalah Sapi Pegon yang berasal dari Indonesia tepatnya dari Provinsi Jawa Tengah dan habitatnya dekat dengan manusia. Ukuran tubuh Sapi Pegon adalah mulai dari sedang hingga besar yang tampak kokoh dengan berat 400 sampai 600 kg.

Punggung Sapi Pegon tampak lurus dengan perut yang dalam dan warna bulunya bervariasi mulai dari coklat tua, hitam pekat, dan coklat kehitaman. Ciri khas dari Sapi Pegon yang membedakannya dengan jenis sapi lainnya adalah terdapat corak putih di bagian muka.

Selain itu, Sapi Pegon juga memiliki tanda V pada bagian tengkuk dan dahi yang tidak ada di jenis-jenis sapi lainnya.

 

Baca Juga :   Contoh Hewan Vertebrata yang Hidup di Dekat Manusia

 

  1. Sapi Madura

Sapi Madura adalah jenis sapi yang terkenal dengan nama Sapi Pesisir atau Sapi Kudus. Mengapa demikian? Hal ini karena Sapi Madura memiliki habitat asli di daerah dengan iklim panas dan kering.

Ciri-ciri dari Sapi Madura adalah memiliki berat sekitar 400 sampai 600 kg dan tubuhnya juga tinggi. Terdapat tanduk yang melengkung ke atas dan seringkali dijadikan sebagai pertunjukan atau perlombaan di Pulau Madura.

 

  1. Sapi Limosin

Terakhir adalah Sapi Limosin yang berasal dari Limousin Prancis yang memiliki ciri-ciri berupa kulit berwarna hitam, krem, dan merah bata. Warna-warna ini melambangkan kualitas Sapi Limosin yang baik sehingga dagingnya kaya akan nutrisi.

 

Jenis-jenis sapi di atas adalah sapi yang seringkali dijadikan sebagai hewan ternak dan bisa menghasilkan susu atau daging berkualitas tinggi.

Baca Juga :   Contoh Serangga dalam Kehidupan Sehari-hari

Share :

Baca Juga

Harga Gelembung Ikan Gulama 2022

HEWAN

Fantastis, Ternyata Segini Harga Gelembung Ikan Gulama 2023
4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui

HEWAN

4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui
Penyebab Bulu Kelinci Rontok

HEWAN

Penyebab Bulu Kelinci Rontok dan Cara Mengatasinya
Jenis Kucing Hutan di Indonesia

HEWAN

Apa Saja Jenis Kucing Hutan di Indonesia? Yuk Cari Tahu!
5 Contoh Hewan Predator Ganas dan Buas

HEWAN

5 Contoh Hewan Predator Ganas dan Buas
Ketahui Jenis-Jenis Burung yang Ada di Indonesia

HEWAN

Ketahui Jenis-Jenis Burung yang Ada di Indonesia
Kenapa Gelembung Ikan Mahal

HEWAN

Baru Tahu, Ternyata Ini Alasan Kenapa Gelembung Ikan Mahal
Jenis Kucing Paling Mahal (Cloudfront.com)

HEWAN

7 Deretan Jenis Kucing Termahal, Hingga Milliaran!!