Home / HEWAN

Minggu, 16 Juli 2023 - 00:03 WIB

5 Hewan Tercantik di Dunia, Ada Ikan Cupang!

- Penulis

5 Hewan Tercantik di Dunia, Ada Ikan Cupang!

5 Hewan Tercantik di Dunia, Ada Ikan Cupang!

Moccaapedia – Walaupun ada beberapa hewan yang tergolong hewan tercantik di dunia, namun semua makhluk hidup di muka bumi memiliki keindahannya masing-masing. Bisa dari warna kulitnya atau bentuk tubuhnya yang unik.

Terdapat kurang lebih 9 juta spesies hewan yang terdapat di dunia dengan berbagai ukuran dan bentuk. Hewan-hewan tersebut bahkan masih terdengar asing di telinga orang Indonesia karena hanya ada di negara lain.

Baca Juga :   4 Tahapan Metamorfosis Nyamuk, Mari Ketahui !!

Hewan Tercantik di Dunia

5 Hewan Tercantik di Dunia, Ada Ikan Cupang!
5 Hewan Tercantik di Dunia, Ada Ikan Cupang!

Berbicara soal binatang paling cantik di dunia, biasanya dinilai dari warna kulitnya dan bagian tubuh yang tidak dimiliki oleh binatang lain. Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak penjelasan selengkapnya di sini.

  1. Burung Merak

Untuk binatang satu ini sudah tidak diragukan lagi keindahan kulitnya. Burung merak memang tampak cantik karena bulu ekornya yang luar biasa. Di bulunya terdapat sesuatu berbentuk bulat seperti mata dengan warna kuning biru.

Bulu tersebut ada di merak jantan yang bertujuan untuk menarik perhatian merak betina. Kalau Anda melihat dari jauh pasti sudah mengagumi betapa cantiknya hewan tersebut. Di bawah ini ada beberapa fakta terkait burung merak.

  • Membutuhkan Waktu 3 Tahun Untuk Menumbuhkan Ekornya

Tahukah Anda bahwa burung cantik ini membutuhkan waktu selama tiga tahun untuk menumbuhkan ekornya? Ketika menetas dan beberapa bulan berikutnya, masih belum terlihat perbedaan antara burung merak jantan dan betina.

Baru setelah memasuki usia tiga bulan ekor burung merak tersebut hingga berusia tiga tahun. Setelah tiga tahun kemudian ekor merak jantan semakin terlihat menawan.

  • Bulu Ekornya Akan Gugur Setiap Tahun

Sebagai salah satu hewan tercantik di dunia dari segi warna ekor, bulu-bulu pada ekor merak akan berguguran setiap tahunnya. Biasanya saat itu sudah memasuki musim kawin. Oleh karena itu orang-orang akan mengumpulkan bulu-bulu tersebut sebagai koleksi.

  • Termasuk Burung Nasional

Fakta terakhir terkait burung merak adalah pemerintah menobatkannya sebagai Burung Nasional. Burung Merak India atau pavo cristatus resmi menjadi Burung Nasional pada tahun 1963.

Alasan mengapa menjadikannya sebagai Burung Nasional adalah karena populasinya masih tidak mengkhawatirkan dan kelestariannya juga tetap terjaga. Walaupun begitu tidak boleh memburu merak secara liar untuk kepentingan pribadi.

 

  1. Burung Camar Putih Mata Cincin

Binatang tercantik di dunia setelah merak adalah camar putih mata cincin atau white tern. Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki warna kulit putih bersih dengan warna mata hitam seperti cincin.

Camar putih sering muncul di Samudera Hindia dan Pasifik dan bisa bertahan hidup hingga 40 tahun. Di Honolulu, camar putih mata cincin juga mendapatkan gelar yang sama seperti merak yaitu Binatang Nasional.

Camar putih mata cincin atau dara laut putih memiliki nama ilmiah Gygis alba yang termasuk kelas Aves. Dara laut memiliki ukuran tubuh yang beragam mulai dari sedang hingga besar. Paruhnya memanjang berwarna hitam.

 

Baca Juga :   4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui

 

  1. Ikan Cupang Mahkota

Berbicara soal hewan tercantik dan elegan di dunia ikan cupang mahkota adalah salah satunya. Bagian tubuhnya yang terkenal adalah sirip ekornya dan habitatnya berada di Asia bagian selatan.

Ukuran siripnya yang besar memang menjadi daya tarik tersendiri mengingat tubuhnya berukuran kecil. Kalau Anda ingin tahu tentang ikan cupang mahkota bisa simak fakta-faktanya berikut ini.

  • Tidak Termasuk Perenang Aktif

Walaupun hidup di lautan, ikan cupang bukan termasuk perenang aktif. Kecepatan hewan ini berenang masih kalah dari hewan laut lainnya. Kalau Anda ingin memelihara hewan ini bisa meletakkannya di akuarium panjang.

  • Perawatannya Mudah

Fakta menarik terkait ikan cupang berikutnya adalah perawatannya. Anda hanya perlu menyiapkan akuarium berukuran panjang dan sedikit air untuk merawat ikan cupang. Untuk mengurangi risiko ikan yang melompat keluar, bisa meletakkan penutup di atas akuarium.

  • Jangan Meletakkan Ikan Jantan dan Betina di Tempat yang Sama

Hal ini sepertinya perlu Anda ketahui kalau baru pertama kali merawat ikan cupang. Tidak meletakkan betina dan jantan di tempat yang sama kecuali hanya sementara. Mengapa demikian? Agar bisa mudah berkembangbiak.

Anda bisa mengelompokkan ikan cupang betina dengan betina lain di tempat yang aman. Begitu pula apabila ingin menyimpan ikan cupang jantan.

  • Berasal dari Nama Prajurit

Mungkin masih ada yang belum tahu bahwa nama ikan cupang diambil dari nama prajurit. Nama lain dari ikan cupang adalah Betta fish yang merupakan nama prajurit yaitu “Bettah.” Dulu ikan cupang sering menjadi ikan aduan khususnya di Thailand.

Ada juga yang menyebutnya dengan istilah “plakat” atau dari Bahasa Thailand yaitu “pla kad” yang artinya adalah ikan menggigit. Hal ini sesuai dengan sifat ikan cupang yang terkenal galak.

 

  1. Mandarin Fish

Hewan tercantik di dunia berikutnya masih dari golongan ikan yaitu mandarin fish. Mandarin fish memiliki warna kulit yang cantik dan berwarna-warni. Habitat aslinya berada di Kepulauan Ryukyu bagian selatan sampai Australia.

Mandarin fish merupakan jenis ikan tropis kecil yang memiliki sifat pemalu. Namun keindahannya tidak hanya dari warna kulitnya saja melainkan juga matanya yang besar. Kegunaan dari mata besar itu adalah untuk memudahkannya dalam mencari makanan.

Ikan Mandarin cukup sering menjadi objek foto biota laut karena keindahannya. Selain itu, ikan mandarin juga memiliki ciri unik ketika sedang mencari makan. Adapun fakta-fakta terkait ikan Mandarin adalah sebagai berikut.

  • Tidak Memiliki Sisik

Berbeda dengan jenis ikan lainnya, ikan Mandarin tidak memiliki sisik. Sebagai pengganti sisik, terdapat sel khusus yang berfungsi untuk memproduksi lendir tebal dan berbau menyengat. Dengan lendir ini, ikan tersebut bisa melindungi diri dari serangan predator.

  • Pemilik Pigmen Biru Sejati

Hewan cantik ini merupakan salah satu pemilik pigmen biru sejati yang tampak berbeda dari binatang lainnya. Bukan tanpa alasan, warna kulit biru tersebut merupakan peringatan agar tidak ada predator yang mendekat.

  • Bersifat Pemalu

Fakta terakhir adalah memiliki sifat pemalu dan pasif, hal ini terlihat dari cara berjalannya yang terbilang lambat. Biasanya ikan Mandarin berjalan bersama dengan kelompok atau pasangannya. Pada waktu siang hari, ikan ini memilih untuk bersembunyi di terumbu karang.

 

  1. Ikan Arwana

Terakhir adalah ikan hias yang sudah terkenal yaitu arwana. Salah satu ikan air tawar ini hidup di perairan Australia, Amerika Selatan, dan Asia. Walaupun ukuran tubuhnya terbilang kecil dan kurus, namun arwana memiliki warna kulit yang indah.

Orang menyebutnya dengan lidah bertulang karena bagian dasar mulutnya yang berfungsi sebagai gigi memiliki tekstur seperti tulang. Terdapat sepuluh jenis ikan arwana yang bisa Anda pelihara, namun sayangnya hewan ini terancam punah.

Walaupun begitu ada beberapa fakta menarik dari ikan arwana yang tidak boleh Anda lewatkan.

  • Mampu Bertahan di Wilayah dengan Oksigen Sedikit

Ikan arwana memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di wilayah dengan kadar oksigen sedikit. Hal ini tentu akan memudahkan hewan tersebut untuk mencari makanan karena pergerakan mangsanya cenderung lambat.

  • Termasuk Predator Soliter

Arwana merupakan hewan yang termasuk jenis predator soliter saat mencari mangsa. Ada beberapa arwana yang melompat keluar dari air hanya untuk menerkam mangsanya.

Semua bisa menjadi hewan tercantik di dunia karena pada dasarnya makhluk hidup memiliki keunikannya masing-masing. Kelima hewan di atas hanya contoh karena masih banyak hewan unik lainnya yang tersembunyi.

 

Baca Juga :   5 Hewan Terlangka di Dunia

Share :

Baca Juga

Harga Gelembung Ikan Gulama 2022

HEWAN

Fantastis, Ternyata Segini Harga Gelembung Ikan Gulama 2023
7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!

HEWAN

7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!
Gelembung Ikan Termahal di Dunia

HEWAN

Gelembung Ikan Termahal di Dunia, Ini Daftarnya
Makanan Kura Kura Sungai yang Tepat untuk Jaga Kesehatannya

HEWAN

Makanan Kura Kura Sungai yang Tepat untuk Jaga Kesehatannya
Tips Terbaik Merawat Bayi Tupai

HEWAN

Tips Terbaik Merawat Bayi Tupai
7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka

HEWAN

7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka
Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab dan Cara Atasinya

HEWAN

Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab & Cara Atasinya
Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia

HEWAN

Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia