Home / HEWAN

Minggu, 9 Juli 2023 - 13:20 WIB

6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu

- Penulis

6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu

6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu

Moccaapedia – Makhluk hidup yang bisa memakan apa saja seperti daging dan tumbuhan adalah hewan omnivora, yang bisa memakan segala makanan. Berbeda dengan herbivora dan karnivora yang hanya memakan satu jenis makanan saja.

Ciri-ciri omnivora selain bisa memakan banyak jenis pangan adalah memiliki saluran pencernaan yang serbaguna. Fungsi dari saluran pencernaan serbaguna itu adalah agar dapat mencerna makanan yang masuk.

 

Baca Juga :   4 Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains

 

Daftar Hewan Omnivora

6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu
6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu

 

Selain itu, hewan omnivora juga memiliki struktur gigi yang beragam. Ciri-ciri hewan omnivora ini akan memudahkan mereka untuk mengunyah, memotong, dan merobek makanan. Berikut ini beberapa contoh dari kelompok binatang omnivora.

 

  1. Udang

Udang merupakan hewan pemakan segala yang bisa memakan apapun untuk bertahan hidup. Biasanya udang memakan biji-bijian, tumbuhan air, kerang, siput, cacing kecil, dan plankton. Binatang tersebut termasuk filum Arthropoda dan hidup di wilayah perairan. Adapun untuk daur hidupnya adalah dari udang dewasa yang mulai bertelur

Udang betina dapat menghasilkan 50 ribu sampai 1 juta telur dan akan menetas dalam waktu 24 jam secara bersamaan. Kemudian telur tersebut berubah menjadi larva atau nauplius. Nauplius kemudian akan berubah menjadi zoea dan memakan ganggang liar.

Beberapa hari kemudian, zoea berubah menjadi mysis dan terakhir memasuki tahap pasca larva atau udang muda dan kemudian menampakkan  ciri-ciri udang dewasa. Pada tahapan ini, sudah banyak yang melakukan budidaya kemudian menjualnya di pasaran.

Udang merupakan hewan yang memiliki banyak nutrisi tubuh seperti protein rendah energi dan kalsium. Selain itu, rasa udang juga sangat gurih sehingga banyak orang yang menyukainya. Tiga jenis udang untuk aktivitas budidaya adalah udang windu, udang vaname, dan udang galah. Ketiga jenis udang tersebut layak konsumsi dan Anda bisa mendapatkannya langsung dari alam.

 

  1. Burung Beo

Contoh binatang omnivora adalah burung beo yang bisa mengkonsumsi banyak makanan seperti serangga, sayuran, dan buah-buahan. Hewan dengan nama ilmiah Gracula ini memiliki banyak fakta menarik sebagai berikut.

  •         Memiliki 3 Kelompok

Kelompok burung beo terbagi menjadi tiga famili super yaitu psittacoidea atau burung beo sejati, Cacatuidae yang dikenal dengan burung kaka tua dan Strigidae dan burung beo dari Selandia Baru. Di dunia terdapat sekitar 18 ribu spesies burung beo.

  •         Memiliki Kaki Berbeda Daripada Burung Lainnya

Sebagai salah satu jenis hewan omnivora, burung beo memiliki bentuk kaki yang berbeda daripada burung lainnya. Rata-rata burung memiliki 4 jari di setiap kakinya, hanya saja untuk burung beo memiliki dua jari pada kaki bagian belakang dan depan.

  •         Termasuk Jenis Hewan Cerdas

Mungkin Anda sudah tahu bahwa burung beo merupakan hewan cerdas karena memiliki kemampuan “berbicara” pada manusia. Bahkan ada burung beo yang bisa meniru suara manusia dan mudah melatihnya misalnya untuk membuka tong sampah.

 

  1. Tikus

Tikus termasuk golongan binatang omnivora yang dapat memakan apa saja. Prinsip tikus adalah memakan apa yang ada di sekitarnya. Hewan yang sering berada di selokan rumah ini dapat memakan biji-bijian, hewan kecil, serangga, sayuran, buah-buahan, bahkan kabel rumah lho!

Hewan berwarna coklat ini memiliki beberapa fakta unik yang jarang orang tahu. Apa saja fakta terkait hewan tikus? Berikut penjelasannya.

  •         Memiliki Kemampuan Reproduksi yang Tinggi

Salah satu jenis hewan omnivora ini ternyata memiliki kemampuan reproduksi yang tinggi. Tikus memang tidak memiliki musim kawin, namun tikus betina bisa mengalami kehamilan sebanyak 6x dalam satu tahun. Sekali hamil bisa melahirkan hingga 12 anak tikus.

Hal ini yang membuat populasi tikus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Jika satu tikus saja sudah bisa melahirkan 70an lebih anak tikus dalam setahun, bagaimana dengan tikus betina lainnya?

  •         Memiliki Daya Ingat yang Baik

Tidak hanya memiliki kemampuan reproduksi yang tinggi, tikus merupakan jenis hewan dengan daya ingat tinggi. Oleh karena itu, tikus seringkali menjadi bahan percobaan para peneliti. Tikus memiliki kemampuan untuk mengingat rute yang baru mereka lewati serta mampu memetakan ruangan.

 

Baca Juga :   Contoh Hewan Ovovivipar, Berkembang Biak dengan 2 Cara

 

  1. Ikan Lele

Hewan omnivora apa saja selain ketiga hewan di atas? Berikutnya adalah ikan lele yang dapat memakan cacing, ganggang, daun, tanaman air, dan sebagainya. Binatang yang sering menjadi santapan lalapan ini memiliki beberapa fakta unik sebagai berikut.

  • Dapat Membersihkan Lingkungan

Ikan lele memiliki kemampuan membersihkan lingkungan terbukti dari petani yang sering memanfaatkannya untuk membersihkan kolam yang kotor karena hama. Petani meletakkan lele di sawah yang terdapat genangan air untuk membasmi hama dengan cepat.

  • Tidak Memiliki Sisik

Jika pada umumnya ikan memiliki sisik, namun berbeda sekali dengan ikan lele. Ikan lele tidak memiliki sisik sehingga kulitnya terasa halus. Pada bagian kulit ikan lele tertutup oleh lendir. Lalu bagaimana caranya ikan lele bernafas? Ikan lele mengandalkan kulitnya.

 

  1. Piranha

Kelompok hewan omnivora dari golongan ikan adalah piranha yang memiliki gigi tajam. Piranha merupakan jenis ikan yang bisa memakan daging dengan ganas. Selain daging, piranha juga bisa memakan tumbuhan, jadi termasuk omnivora.

Piranha memiliki gigi yang tajam dan tampak mengerikan sehingga tidak jarang orang-orang takut melihatnya. Hal ini sesuai dengan namanya yaitu piranha yang artinya adalah ikan bergigi. Berikut ini beberapa fakta lain dari piranha.

  • Gigi Kuat yang Mudah Copot

Tahukah Anda bahwa piranha memang memiliki gigi yang kuat namun sebenarnya gigi tersebut gampang copot. Struktur enamel gigi piranha mirip dengan hiu sehingga mampu menggigit apapun. Nah, inilah yang menyebabkan gigi piranha menjadi mudah copot karena terlalu ganas dalam menggigit.

  • Hewan Vegetarian

Fakta menarik ini mungkin jarang orang tahu karena piranha terkenal sebagai hewan kanibal pemakan segala termasuk bangkai manusia. Piranha tidak memakan manusia hidup dan ada juga yang termasuk golongan vegetarian lho!

Piranha dapat berubah menjadi hewan vegetarian apabila mereka tidak berhasil menemukan makanan apapun di sekitarnya. Jadi piranha memilih untuk memakan apapun yang bisa membuat mereka kenyang.

 

  1. Berang-Berang

Selain ikan piranha, berang-berang juga termasuk salah satu jenis hewan omnivora. Berang-berang adalah hewan yang hidup di dua tempat yaitu darat dan laut. Ketika berada di laut, berang-berang akan mengkonsumsi ikan kecil dan tumbuhan yang ada di sekitarnya. Berikut ini beberapa fakta menarik terkait berang-berang.

  • Memiliki Kebiasaan Unik Saat Mau Tidur

Jarang ada hewan menggemaskan seperti berang-berang yang memiliki kebiasaan unik yaitu saling berpegangan tangan sebelum tidur di air. Berang-berang melakukan hal tersebut agar bisa menjaga jarak satu sama lain dan tetap bisa bersama saat bermain.

  • Perenang yang Tangguh

Berang-berang termasuk perenang yang hebat karena memiliki bulu tebal, kaki berselaput, dan bentuk tubuh ramping. Berang-berang bahkan mampu menahan napas hingga beberapa menit saat mencari ikan.

 

Masih ada banyak lagi hewan omnivora yang tersebar di seluruh penjuru dunia dan semuanya memiliki ciri khas masing-masing. Binatang pemakan segala ini sebenarnya lebih mudah bertahan hidup karena bisa memakan apa saja.

 

Baca Juga :   Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan Dapat Membunuhmu

Share :

Baca Juga

Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains

HEWAN

4 Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains
Kakap Cina

HEWAN

Manfaat Kakap Cina dan Kandungan Nutrisinya
5 Contoh Hewan Predator Ganas dan Buas

HEWAN

5 Contoh Hewan Predator Ganas dan Buas
Jenis Bahan Pakan Ternak Hewan

HEWAN

Jenis Bahan Pakan Ternak, Protein dan Nutrisinya ?
6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi

HEWAN

6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi
6 Contoh Hewan Invertebrata di Darat dan Laut

HEWAN

6 Contoh Hewan Invertebrata di Darat dan Laut
7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!

HEWAN

7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!
Contoh Hewan Ovovivipar, Berkembang Biak dengan 2 Cara

HEWAN

Contoh Hewan Ovovivipar, Berkembang Biak dengan 2 Cara