Home / HEWAN

Selasa, 7 Maret 2023 - 10:00 WIB

Macam-Macam Jenis Kucing yang Bisa Dipelihara

- Penulis

Macam-Macam Jenis Kucing yang Bisa Dipelihara / Freepik

Macam-Macam Jenis Kucing yang Bisa Dipelihara / Freepik

Moccaapedia – Buat Anda yang ingin memelihara kucing itu adalah ide yang bagus karena kucing bisa dijadikan teman. Hewan menggemaskan satu ini ternyata memiliki beragam jenis. Lantas apa saja macam-macam jenis kucing yang bisa dipelihara?

Kucing adalah hewan yang sering dipelihara karena selain menggemaskan hewan ini juga tidak terlalu berbahaya. Ketika melihat kucing liar di jalanan pasti Anda ingin memeliharanya bukan?

 

Baca Juga :   Ketahui 6 Hewan Berbahaya di Laut Beracun dan Mematikan

 

Macam-Macam Jenis Kucing

Sebelum memutuskan untuk memelihara kucing sebaiknya ketahui terlebih dahulu macam-macam kucing. Hal ini bertujuan agar memudahkan Anda untuk mengetahui mana kucing yang mudah dirawat.

 

1. Kucing Persia

Kucing Persia adalah kucing yang paling terkenal karena bentuknya mungil dan lucu. Persia Kucing ini adalah jenis ras kucing asing pertama kali yang dikirim ke Thailand. Jenis kucing ini memiliki bentuk dahi dan kepala bulat tapi lebar serta bertelinga kecil.

Apabila Anda ingin memelihara kucing, Kucing Persia bisa menjadi pilihan yang tepat. Kucing Persia diketahui memiliki kepribadian yang ramah, santai, periang, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Sesuai dengan namanya hewan ini berasal dari Persia (saat ini menjadi Iran dan Turki). Ada sebuah dokumen kuno yang mengatakan bahwa Kucing Persia merupakan kucing yang pertama kali dibawa ke Eropa sebagai Kucing Anggora Turki.

 

2. Kucing Siam

Macam-macam jenis kucing ada banyak sekali bukan hanya Kucing Persia saja tetapi juga Kucing Siam. Kucing Siam merupakan hewan ras oriental yang paling banyak ditemukan di Thailand. Hewan ini disebut sebagai “Royal Cat of Siam” di daerah asalnya.

Pada tahun 1350-an kucing Siam ditemukan di Kota Buma tepatnya di Ancient Siamese City of Ahyuda. Kemudian di tahun 1890 kucing ini pertama kali muncul di Benua Australia. Sampai saat ini Kucing Siam dipelihara oleh banyak orang di seluruh dunia.

Terdapat 3 jenis Kucing Siam yaitu Kucing Siam Modern, Kucing Siam Tradisional, dan Kucing Siam Klasik. Kucing Siam memiliki bentuk tubuh ramping dan berekor panjang serta memiliki mata yang indah berwarna biru.

 

Baca Juga :   Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Bulan Puasa 

 

3. Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon juga termasuk salah satu kucing yang bisa Anda pelihara karena perawatannya mudah. Cat Maince Coon memiliki berat 15 kilogram dan termasuk hewan yang mampu bertahan di segala jenis cuaca.

Hal ini dikarenakan kucing tersebut memiliki bulu yang tebal dan halus sehingga mampu melindungi tubuhnya. Sesuai dengan namanya kucing tersebut berasal dari Maine yang merupakan salah satu daerah di daerah Amerika Utara.

 

4. Kucing Ragdoll

Macam-macam jenis kucing berikutnya adalah Kucing Ragdoll. Ragdoll adalah jenis kucing unik karena suka mengikuti pemiliknya pergi kemanapun. Hewan ini memiliki bulu yang tidak terlalu panjang dan beratnya hanya 6 kg saja.

Kucing ini juga dipelihara oleh salah satu penyanyi terkenal dunia yaitu Taylor Swift. Kucing Ragdoll memiliki mata yang bagus karena bening seperti kaca. Tentu saja Kucing Ragdoll bisa menjadi teman tidur Anda.

 

5. Kucing Domestik

Terakhir adalah kucing domestik yang tidak asing lagi di mata Anda. Kucing domestik sering berkeliaran di jalanan dan tentu saja bisa dipelihara. Proses pemeliharaan dan penjinakkannya juga sangat mudah.

Kucing domestik adalah salah satu jenis kucing yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Kucing domestik memiliki warna bulu yang beragam seperti putih, oranye, dan hitam putih.

Apakah Anda sudah tahu akan memelihara kucing jenis apa setelah membaca macam-macam jenis kucing di atas? Jika ingin memelihara kucing tetapi tidak memiliki budget lebih sepertinya kucing domestik bisa menjadi pilihan terbaik.

 

Baca Juga :   Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing? Berikut Penjelasannya

Share :

Baca Juga

Tips Terbaik Merawat Bayi Tupai

HEWAN

Tips Terbaik Merawat Bayi Tupai
Jenis Kucing Hutan di Indonesia

HEWAN

Apa Saja Jenis Kucing Hutan di Indonesia? Yuk Cari Tahu!
Kakap Cina

HEWAN

Manfaat Kakap Cina dan Kandungan Nutrisinya
6 Hewan Pemakan Rumput di Sekitar Manusia

HEWAN

6 Hewan Pemakan Rumput di Sekitar Manusia
Kenapa Gelembung Ikan Mahal

HEWAN

Baru Tahu, Ternyata Ini Alasan Kenapa Gelembung Ikan Mahal
Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia

HEWAN

Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia
Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab dan Cara Atasinya

HEWAN

Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab & Cara Atasinya
Manfaat Memelihara Kucing dan Cara Merawat Kucing

HEWAN

Manfaat Memelihara Kucing dan Cara Merawat Kucing