Home / HEWAN

Minggu, 2 April 2023 - 10:00 WIB

Mengenal Kapibara atau Masbro, si Pengerat yang Pandai Berenang

- Penulis

Mengenal Kapibara atau Masbro - Pexels.com

Mengenal Kapibara atau Masbro - Pexels.com

Moccaapedia – Jagat media sosial ramai dengan “masbro” yang bukan lagi menjadi sebutan untuk teman pria, tetapi sebagai nama hewan. Ya, hewan ini bernama kapibara atau masbro yang merupakan pengerat terbesar di dunia.

Si kapibara mempunyai banyak sekali fakta menarik yang wajib Anda ketahui, mulai dari habitat, makanan, hingga kebiasaan hidup mereka. Apabila Anda ingin tahu fakta-fakta tersebut, jangan tunda lagi untuk baca informasi di bawah ini sampai selesai ya!

 

Baca Juga :   Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab & Cara Atasinya

 

Apa Itu Kapibara atau Masbro?

Kapibara atau Hydrochoerus hydrochaeris adalah hewan pengerat terbesar di dunia menggantikan posisi  Phoberomys pattersoni yang sudah punah. Hewan ini merupakan mamalia semi akuatik yang bentuk tubuhnya mirip babi, sehingga mendapatkan julukan sebagai water hog.

Lingkar badannya cukup bulat dengan kepala pendek bermoncong dan kulit ditumbuhi bulu berwarna cokelat kemerahan di bagian atas, sedangkan bagian bawah berwarna cokelat kekuningan.

Panjang tubuh hewan ini adalah sekitar 107 – 134 cm dan tinggi badan kurang lebih 50 – 64 cm. Sementara itu, berat badan atau bobotnya bisa mencapai 35 hingga 66 kg.

Sama dengan pengerat lainnya, kapibara juga mempunyai gigi depan yang terus tubuh, sehingga mereka perlu rutin menggunakannya untuk makan dan mengerat.

 

Habitat Kapibara

kapibara atau masbro
Kapibara atau Masbro, Pengerat yang Pandai Berenang – Pexels.com

Hewan ini bisa hidup di beberapa jenis habitat, mulai dari dataran bersemak, hutan hujan, daerah rawa, hutan mangrove hingga padang rumput. Walaupun demikian tempat hidup mereka hanya terbatas di wilayah yang dekat dengan air.

Kapibara cukup pendiam atau tidak terlalu aktif di daratan, tetapi cukup pandai dalam berenang dan menyelam. Mereka bisa berada di bawah air selama beberapa menit bahkan tidur sekalipun jika dalam kondisi mendesak.

Spesies kapibara senang membasahi tubuhnya dengan tujuan untuk menjaga kelembapan kulit, mendinginkan badan, hingga menghindari serangan predator, seperti elang, ular anaconda, buaya, jaguar, bahkan manusia.

Tidak heran jika Anda belum mengenal kapibara karena hewan pengerat ini bukan berasal dari Indonesia, tetapi asli daerah tropis dan lembap di Amerika Selatan. Mereka bisa ditemui di wilayah bagian Timur Andes dari Kanal Panama hingga utara Kolombia, Uruguay, hingga Venezuela.

 

Baca Juga :   4 Tahapan Metamorfosis Nyamuk, Mari Ketahui !!

 

Makanan Kapibara

Spesies yang sangat sosial dan hidup berkelompok sebanyak 10 – 20 individu ini merupakan hewan herbivora. Mereka sering berburu makanan saat sore hari kurang lebih sekitar pukul 4 atau 5 menjelang malam.

Pada umumnya, kapibara mengonsumsi rumput dan tumbuhan air. Namun, mereka juga bisa makan kulit pohon, biji-bijian, hingga buah-buahan. Hewan besar ini bisa dikatakan sangat selektif ketika memilih tumbuhan yang akan dimakan.

Biasanya mereka makan lebih banyak jenis tumbuhan ketika musim kemarau karena pilihannya lebih sedikit. Sementara itu, ketika musim hujan kapibara mengonsumsi rumput dan beralih ke alang-alang ketika musim kemarau kembali tiba.

Adapun jenis rumput yang biasa dikonsumsi hewan ini pada musim hujan, yaitu Paratheria, Hymenachne amplexicaulis, Panicum iaxum dan Leersia hexandra. Ketika musim kemarau, mereka makan jenis rumput Sporobolus indicus, Reimarochloa, dan Axonopus spp.

 

Alasan Kapibara Disebut Masbro

Sebutan kapibara dengan nama masbro ini masih belum jelas bagaimana asal-usulnya. Namun, banyak netizen berpendapat bahwa sebutan ini lahir karena ada sebuah meme Facebook berisi gambar kapibara dengan tulisan “masbro”12.

Adapun beberapa netizen juga menyatakan pendapatnya bahwa nama hewan ini identik dengan aktivitas yang santai sehingga mirip dengan orang Indonesia.

Kapibara atau masbro merupakan salah satu hewan pengerat terbesar di dunia. Sebutannya sebagai masbro memang masih belum terlalu jelas. Walaupun demikian, setelah membaca artikel ini Anda sudah tahu beberapa fakta menarik terkait kapibara.

 

Baca Juga :   5 Contoh Hewan yang Hampir Punah, Dikit Banget Tau!!

Share :

Baca Juga

Inilah 5 Hewan Mamalia Terkecil di Dunia yang Wajib diKetahui

HEWAN

Inilah 5 Hewan Mamalia Terkecil di Dunia yang Wajib diKetahui
8 Hewan Paling Aneh di Dunia, Ada di Indonesia?

HEWAN

8 Hewan Paling Aneh di Dunia, Ada di Indonesia?
6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi

HEWAN

6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi
Rantai Makanan: Pengertian dan Contohnya

HEWAN

Rantai Makanan: Pengertian dan Contohnya
4 Tahapan Metamorfosis Nyamuk, Mari Ketahui !!

HEWAN

4 Tahapan Metamorfosis Nyamuk, Mari Ketahui !!
5 Contoh Hewan Predator Ganas dan Buas

HEWAN

5 Contoh Hewan Predator Ganas dan Buas
5 Cara Melestarikan Hewan yang Hampir Punah, Pahami

HEWAN

5 Cara Melestarikan Hewan yang Hampir Punah, Pahami
Jenis Hewan Berkantung

HEWAN

5 Jenis Hewan Berkantung Selain Kanguru, Memang Ada?