Home / HEWAN

Kamis, 2 Maret 2023 - 10:00 WIB

Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing? Berikut Penjelasannya

- Penulis

Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing? Berikut Penjelasannya / Freepik

Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing? Berikut Penjelasannya / Freepik

Moccaapedia – Infeksi jamur adalah salah satu masalah yang sering menyerang hewan peliharaan seperti kucing. Jamur bisa muncul kapan saja oleh karena itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan jamur pada kucing agar segera bisa diatasi.

Jika kucing terkena jamur Anda bisa memberikan pertolongan pertama dengan beberapa cara di bawah ini. Akan tetapi jika jamur tidak hilang juga Anda bisa langsung membawanya ke dokter hewan.

 

Baca Juga :   4 Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains

 

Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing

Sebagai pertolongan pertama Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah untuk menghilangkan jamur pada kucing. Penyebab kucing terkena jamur karena tertular dengan hewan lain. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama:

 

1. Menggunakan Salep Anti Jamur

Apabila Anda memiliki salep anti jamur bisa langsung dioleskan ke tubuh kucing yang terinfeksi jamur. Salep anti jamur untuk hewan ini juga bisa menghilangkan luka di bagian kulit sehingga bisa cepat pulih.

Biasanya ketika Anda mendapatkan salep antijamur dari dokter hewan, dokter akan memberikan jenis obat-obatan lain. Proses pulihnya membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu sejak pemberian salep anti jamur.

Pastikan juga bahwa Anda memberikan salep anti jamur sesuai anjuran dokter. Selain itu ada juga cara lain yang bisa menghilangkan jamur pada kucing yaitu dengan menggunakan sampo ketoconazole.

 

2. Menggunakan Sampo Ketoconazole

Bagaimana cara menghilangkan jamur pada kucing? Jawabannya adalah dengan menggunakan sampo ketoconazole. Pakailah sampo tersebut saat memandikan kucing karena dapat menghilangkan jamur.

Sampo ketoconazole adalah sampo yang memiliki kandungan khusus untuk mengatasi jamur pada kulit kucing. Infeksi jamur akan mengering setelah beberapa kali pemakaian. Anda bisa memakainya sesuai dengan saran dokter.

 

3. Menaburkan Bedak Anti Jamur

Sebagai pelengkap Anda juga bisa mengoleskan bedak anti jamur ke kulit kucing yang terkena infeksi. Bedak anti jamur memiliki kandungan aktif yang bisa membuat infeksi mengering. Anda bisa mendapatkan bedak anti jamur di toko hewan.

 

Baca Juga :   10 Ras Anjing yang Paling Penyayang

 

Perlu diperhatikan ketika akan menaburkan bedak pada kucing, pastikan hanya di bagian leher saja. Khawatirnya kucing Anda akan menjilati bedak tersebut sehingga menghambat proses pemulihan.

 

4. Menggunakan Obat Oral

Bagaimana cara menghilangkan jamur pada kucing yang lain jika ketiga cara diatas tidak ampuh? Anda bisa menggunakan obat oral yang didapatkan dari dokter hewan. Jika dokter sudah mendiagnosis kucing terkena infeksi jamur biasanya akan diberi obat ini.

Obat oral yang sering digunakan adalah Itrakonazol khusus untuk menghilangkan jamur pada kucing. Cara memberikannya kepada kucing adalah dengan mencampurkannya pada larutan cair karena ukurannya terlalu besar bagi kucing.

Tujuannya adalah agar kucing mendapatkan dosis yang tepat. Jangan memotong obat atau mengurangi dosisnya karena bisa menghambat pemulihan kucing.

 

5. Perawatan Lingkungan

Terakhir adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah seperti kamar mandi untuk meminimalisir terjadinya infeksi jamur. Selama dibersihkan Anda bisa mengisolasi kucing terlebih dahulu di dalam kandang.

Anda bisa membersihkannya dengan larutan pemutih encer yang disiramkan ke lantai untuk membasmi jamur. Jamur bisa datang dari mana saja oleh karena itu kebersihan lingkungan sekitar rumah perlu dijaga demi kesehatan hewan peliharaan.

Lagipula apabila lingkungan rumah Anda bersih tidak hanya menguntungkan hewan peliharaan saja tetapi juga menjaga kesehatan Anda dan keluarga. Rumah yang bersih juga akan terasa nyaman.

 

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara menghilangkan jamur pada kucing. Sebagai bentuk antisipasi Anda perlu menyiapkan bedak dan salep anti jamur serta melakukan pengecekan rutin ke dokter hewan.

 

Baca Juga :   Gelembung Ikan Termahal di Dunia, Ini Daftarnya

Share :

Baca Juga

Fakta Menarik Chinchilla & Menyenangkan Chinchilla

HEWAN

Fakta Menarik Chinchilla & Menyenangkan Chinchilla
Jenis Bahan Pakan Ternak Hewan

HEWAN

Jenis Bahan Pakan Ternak, Protein dan Nutrisinya ?
Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan yang Dapat Membunuh Kapan Saja

HEWAN

Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan Dapat Membunuhmu
6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu

HEWAN

6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu
Manfaat Tak Terduga Memelihara Kucing Bagi Kesehatan

HEWAN

Manfaat Tak Terduga Memelihara Kucing Bagi Kesehatan
4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui

HEWAN

4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui
4 Contoh Hewan Ovipar di Kehidupan Sehari-hari

HEWAN

4 Contoh Hewan Ovipar di Kehidupan Sehari-hari
Contoh Hewan Vertebrata yang Hidup di Dekat Manusia

HEWAN

Contoh Hewan Vertebrata yang Hidup di Dekat Manusia