Home / HEWAN

Minggu, 2 Juli 2023 - 11:57 WIB

8 Hewan Paling Aneh di Dunia, Ada di Indonesia?

- Penulis

8 Hewan Paling Aneh di Dunia, Ada di Indonesia?

8 Hewan Paling Aneh di Dunia, Ada di Indonesia?

Moccaapedia – Anda mungkin tidak tahu bahwa di luar sana ada banyak hewan paling aneh yang hidup di alam bebas. Hewan-hewan tersebut bukan seperti hewan peliharaan yang lucu karena memiliki bentuk tubuh berbeda.

Alam menyimpan banyak sekali misteri yang jarang diketahui oleh manusia. Hewan-hewan di bawah ini menunjukkan kepada manusia bahwa alam menyimpan keunikan dan keindahan. Walaupun berbeda, hewan-hewan tersebut juga berhak hidup.

 

Baca Juga :   5 Jenis Hewan Berkantung Selain Kanguru, Memang Ada?

 

Hewan Paling Aneh

8 Hewan Paling Aneh di Dunia, Ada di Indonesia?
8 Hewan Paling Aneh di Dunia, Ada di Indonesia?

 

Hewan-hewan di bawah ini jarang sekali terlihat, oleh karena itu banyak yang tidak menyadari keberadaannya. Ketika melihatnya pertama kali di gambar, mungkin Anda akan terkejut karena ternyata tidak semua jenis hewan memiliki bentuk tubuh lucu.

 

1. Ular Penis

Dari namanya saja sudah membuat penasaran bukan? Ular penis merupakan hewan yang masuk kelompok amfibi dan memiliki bentuk tubuh seperti cacing. Nama ilmiah dari ular penis adalah Atretochoana eiselti.

Namanya memang “ular” akan tetapi bentuk tubuhnya mirip seperti cacing tanpa indra penciuman dan penglihatan. Ular penis sebenarnya memiliki mata, hanya saja hampir tidak terlihat saking kecilnya. Hal ini juga karena letak matanya berada di bawah kulit.

Walaupun memiliki bentuk tubuh berbeda, ular penis memiliki indra penciuman yang tajam. Fungsinya adalah sebagai navigator ketika berada di alam liar dan agar bisa beradaptasi di Sungai Amazon.

Ular penis tidak memiliki paru dan bernapas menggunakan kulit. Hewan ini termasuk jenis caecilian terbesar yang dapat tumbuh sepanjang 81 cm dengan masa hidup 5 hingga 10 tahun. Selain termasuk hewan aneh, ular penis juga merupakan hewan langka yang diawetkan.

Terakhir kali ditemukan pada tahun 2011 lalu dan sekarang hanya tinggal dua spesimen saja yang dijaga.

 

2. Star Nosed Mole

Binatang paling aneh di dunia selain ular penis adalah star nosed mole atau tikus tanah berhidung. Tikus tanah berhidung memiliki nama ilmiah Condylura cristata. Bagian paling unik terdapat pada hidungnya yang berfungsi untuk mendeteksi gelombang seismik.

Star Nosed Mole memiliki kelebihan dapat mendeteksi sinyal listrik yang terdapat pada mangsa air. Tikus tanah berhidung suka membuat gelembung air untuk mengetahui bau yang muncul dari bawah air.

Keunggulannya tidak sampai di situ saja karena tikus tanah berhidung bisa menghabiskan makanannya dalam waktu seperempat detik saja.

 

3. Thistledown Velvet Ant

Anda pasti belum pernah mendengar nama hewan paling aneh ini bukan? Thistledown mirip seperti semut berbulu padahal hewan ini termasuk kelompok serangga yaitu tawon. Bukan bulu biasa karena membantunya berkamuflase ketika melihat pemangsa.

Thistledown velvet memiliki warna bulu putih karena beradaptasi dengan habitatnya di tengah padang pasir.

 

4. Red Lipped Batfish

Red Lipped Batfish adalah seekor hewan laut yang berada di Kepulauan Galapagos. Hewan ini masuk spesies ikan hanya saja memiliki bentuk tubuh seperti kelelawar dengan warna bibir merah merona.

Memiliki nama ilmiah Ogcocephalus darwini, red lipped batfish adalah hewan yang hobi berjalan di dasar laut. Hewan tersebut juga memiliki sirip yang sekaligus menjadi kaki. Walaupun bentuknya berbeda, warna bibirnya merah merona menjadikannya menggemaskan.

Bukan tanpa alasan bibirnya berwarna merah, tujuannya adalah untuk menarik perhatian hewan jantan. Sampai sekarang, ilmuwan masih terus melakukan penelitian terhadap hewan ini.

 

Baca Juga :   7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka

 

5. Hiu Hantu

Hiu hantu termasuk salah satu hewan paling aneh yang memiliki bentuk kecil. Hiu ini memiliki warna berwarna gelap sehingga seperti hewan yang akan mati. Selain itu, hiu hantu juga memiliki ekor panjang seperti reptil dan sirip besar seperti sayap.

Hewan dengan mata hitam ini hidup di kedalaman laut antara 122 hingga 2.011 meter dengan suhu yang tinggi. Agar bisa bertahan di suhu tinggi, hiu hantu mengandalkan bentuk tubuhnya yang tersusun atas rangka berkepadatan rendah dan tulang rawan.

Menariknya lagi, walaupun namanya hiu hantu akan tetapi bukan termasuk golongan hiu. Hanya saja organ reproduksinya mirip seperti hiu yang mengubur telurnya di dasar laut hingga siap berkembang.

Hewan yang paling aneh di dunia ini mulai dikenal pada Bulan Februari 2022 mulai dikenal masyarakat luas. Saat itu hiu hantu ditemukan di Pulau Selandia Baru bagian selatan. Ternyata puluhan tahun lalu hewan ini pernah ditemukan pada tahun 2002.

 

6. Aye-Aye

Hewan paling aneh yang hidup di dunia adalah aye-aye. Mungkin Anda merasa asing dengan nama hewan ini karena memang hanya hidup di Madagaskar. Aye-aye termasuk jenis primata yang memiliki wajah berbeda.

Aye-aye berukuran 35 sampai 43 cm dan memiliki ekor panjang. Seluruh tubuhnya tertutup oleh rambut panjang berwarna abu-abu kehitaman. Primata ini memiliki wajah mirip rubah yang giginya berfungsi untuk mengerat.

Aye-aye suka memanjat pohon seperti tupai, di mana kepalanya dulu yang naik baru anggota badan lainnya. Memiliki bentuk mata bulat dengan warna hitam atau oranye, dan tatapannya tajam. Jika dilihat, aye-aye memang sedikit mengerikan.

Tiga jari khusus pada aye-aye berfungsi untuk menyodok rongga yang terdapat pada gigi dan mengeluarkan belatung. Banyak yang berpendapat bahwa aye-aye merupakan hewan jahat sehingga aye-aye terancam punah.

 

7. Hiu Megamouth

Jenis hewan paling aneh di dunia berikutnya adalah hiu megamouth yang memiliki ukuran mulut besar. Hiu megamouth merupakan hewan yang terlihat mengerikan, namun hiu tersebut pemakan plankton mirip seperti hiu paus dan basking.

Orang menemukan hewan ini pertama kali pada tahun 1976 dan hidup di daerah perairan hangat. Walaupun tampak mengerikan, hiu megamouth bukan termasuk hewan yang pandai berenang.

Hiu megamouth memiliki tekstur tubuh yang tampak lembut dengan warna perut biru tua, coklat, putih atau abu-abu. Memiliki bentuk mulut yang mengerikan menjadikan hiu megamouth memiliki bentuk bibir aneh dan menonjol.

Ukuran mulutnya selebar lebih dari 1.2 meter dengan 75 baris gigi rahang bawah dan 50 baris gigi rahang atas. Hewan seberat 2 ton ini bisa tumbuh hingga sepanjang 5 meter. Hanya saja sampai sekarang, ilmuwan tidak tahu berapa jumlah pasti hiu megamouth.

 

8. Katak Berbulu

Hewan paling aneh kali ini datang dari kelas amfibi yaitu katak berbulu. Hal ini yang membuat katak berbulu tidak seperti hewan amfibi pada umumnya. Hewan ini memiliki panjang 10 sampai 12 cm. Bulu-bulunya akan berkembang ketika memasuki musim kawin.

Sebenarnya bulu itu bukanlah rambut hanya saja sebuah benda yang mirip seperti bulu. Benda itu bernama papila dermal. Selain itu, katak berbulu juga memiliki arteri yang membantunya untuk mendapatkan oksigen. Katak berbulu juga memiliki insang seperti katak lainnya.

Ketika memasuki musim kawin, katak jantan membutuhkan lebih banyak asupan oksigen karena ketika betina bertelur, katak jantan yang akan merawatnya.

Hewan paling aneh yang tersebar di seluruh dunia banyak yang terancam punah. Hal itu terlihat dari jumlahnya yang semakin berkurang. Walaupun hewan tersebut tampak mengerikan akan tetapi mereka juga memiliki kelebihan. 

 

Baca Juga :   Mengenal Kapibara atau Masbro, si Pengerat yang Pandai Berenang

Share :

Baca Juga

5 Contoh Hewan Amfibi Bisa Hidup di Dua Alam, Kerren Kan!!

HEWAN

5 Contoh Hewan Amfibi Bisa Hidup di Dua Alam, Kerren Kan!!
Hewan Langka di Dunia (Paul Faith)

HEWAN

5 Hewan Terlangka di Dunia
7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!

HEWAN

7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!
4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui

HEWAN

4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui
Fakta Menarik Chinchilla & Menyenangkan Chinchilla

HEWAN

Fakta Menarik Chinchilla & Menyenangkan Chinchilla
Ketahui Jenis-Jenis Burung yang Ada di Indonesia

HEWAN

Ketahui Jenis-Jenis Burung yang Ada di Indonesia
5 Contoh Hewan yang Hampir Punah, Dikit Banget Tau!!

HEWAN

5 Contoh Hewan yang Hampir Punah, Dikit Banget Tau!!
Contoh Hewan Ovovivipar, Berkembang Biak dengan 2 Cara

HEWAN

Contoh Hewan Ovovivipar, Berkembang Biak dengan 2 Cara