Home / HEWAN

Kamis, 22 Juni 2023 - 14:00 WIB

Gelembung Ikan Termahal di Dunia, Ini Daftarnya

- Penulis

Gelembung Ikan Termahal di Dunia

Gelembung Ikan Termahal di Dunia

Moccaapedia Ikan gulama masih menjadi gelembung ikan termahal karena selain kaya akan kolagen, ikan gulama juga termasuk ikan yang langka. Ikan sendiri adalah salah satu hasil perairan yang mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Karena selain bisa Anda konsumsi dagingnya, di dalam tubuh ikan juga terdapat organ yang sangat mahal harganya. Yakni gelembung ikan yang punya harga sangat fantastis di pasaran.

Namun mungkin tidak banyak orang tahu apa itu gelembung ikan. Karena memang tidak semua ikan memiliki organ satu ini. Hanya beberapa jenis ikan saja yang memiliki organ ini di dalam tubuhnya.

 

Baca Juga :   5 Hewan Tercantik di Dunia, Ada Ikan Cupang!

 

Jenis Ikan yang Paling Mahal Gelembungnya

Gelembung Ikan Termahal di Dunia
Gelembung Ikan Termahal di Dunia

Sebenarnya ada banyak sekali jenis ikan yang memiliki gelembung udara di dalam tubuhnya. Namun hanya beberapa ikan yang gelembung ikannya paling banyak diburu karena sangat berharga atau harganya sangat mahal.

Berikut ini adalah daftarnya:

 

1. Ikan Manyung

Jenis ikan yang pertama adalah ikan manyung yang harga gelembungnya hingga ratusan juta. Ikan manyung sendiri adalah ikan laut yang ditangkap dan diolah sebagai ikan asin khas Pangandaran.

Atau yang biasa disebut dengan nama ikan jambal roti. ikan manyung sendiri merupakan anggota bangsa ikan berkumis atau siluriformes dan termasuk ke dalam family ariidae.

Fisik ikan ini sendiri lebih kekar dengan kepala yang mempunyai kumis, sebagai indra perabanya. Otot yang keras dari ikan ini sendiri menunjukkan jika ikan tersebut banyak gerak.

Namun meski begitu, daging ikan ini tetap empuk dan lembut, meskipun ikan tersebut sudah dikeringkan.

 

2. Ikan Kakap Cina

Ikan ini termasuk ke dalam famili lutjanidae yang hidup di wilayah terumbu karang. Dengan ciri tubuh yang sedikit lebih lebar dengan garis kemerahan pucat, terutama pada ikan yang sudah dewasa.

Sedangkan ikan yang lebih kecil akan berwarna coklat kekuningan dengan garis biru terang pada kedua sisinya. Ikan ini juga mempunya gigi yang tajam karena sebenarnya ikan ini adalah hewan karnivora atau pemakan daging.

Sehingga gigi runcingnya berfungsi untuk mengoyak mangsa saat ikan ini makan.

 

3. Ikan Gulama atau Ikan Tirisan

Harga gelembung ikan termahal hingga saat ini memang masih dipegang oleh ikan gulama atau ikan tirisan. Tak hanya karena memiliki kandungan kolagen yang kaya. Ikan ini pun, juga termasuk ikan yang langka yang sangat sulit untuk ditemukan.

Sehingga tidak heran jika harga dari ikan ini sangatlah mahal di pasaran. Karena selain manfaatnya yang banyak. Ikan ini juga sudah mengalami kelangkaan yang membuatnya sangat mahal harganya.

Mulut dari ikan gulama ini juga sangat lebar dengan gigi gigi besar dan kecil pada rahangnya. Gigi besar terdapat pada ikan gulama terdapat pada bagian ujung rahang atas tanpa adanya gigi taring.

 

Baca Juga :   Manfaat Gelembung Ikan untuk Kesehatan
 

 

Ternyata Segini Harga Gelembung Ikan Termahal

Gelembung Ikan Termahal di Dunia
Gelembung Ikan Termahal di Dunia

Gelembung ikan sendiri berbentuk bulat panjang dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Dengan dua bulatan seperti telur yang ada di pangkalnya. Sekilas, gelembung ikan ini memang terlihat tidak terlalu berharga ya.

Namun rupanya, harga dari organ ini cukup mahal bahkan hingga ratusan juta per kilogram setelah diekstraksi.

Meskipun begitu, tidak semua gelembung ikan yang terdapat pada ikan bisa laku terjual. Karena selain tidak semua ikan memiliki organ berupa gelembung udara ini. Hanya beberapa ikan saja yang gelembung udaranya berharga jika dijual.

Salah satu gelembung ikan termahal dari ikan ikan yang sudah kami bahas di atas tadi. Sisanya, gelembung ikan yang ada pada jenis ikan lain harganya tidak terlalu mahal meskipun bisa terjual. Sebut saja seperti ikan mas.

Berikut ini adalah harga gelembung ikan termahal hingga yang paling murah:

 

1. Ikan Gulama

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya jika harga gelembung ikan gulama sangatlah mahal. Harganya yang mahal ini karena faktor kelangkaan ikan dan manfaat dari gelembung ikannya yang sangat banyak.

Kandungan kolagennya yang sangat kaya membuat harga dari gelembung ikan ini hingga mencapai Rp 20 juta per 10 gram. Dan Rp 50 juta per 50 gram.

 

2. Ikan Kakap Putih

Untuk gelembung pada ikan kakap, hanya ikan kakap putih dan ikan kakap merah punya harga yang berbeda. Ikan kakap putih punya harga yang lebih tinggi dengan harga gelembungnya mencapai Rp 5 juta per 100 gram.

 

3. Ikan Kakap Cina

Sedangkan untuk ikan kakap Cina juga terbagi ke dalam dua jenis, karena ikan kakap Cina jantan lebih mahal dengan harga Rp 11 juta per 100 gram. Sedangkan untuk jenis kakap Cina betina harganya Rp 10 juta per 100 gram.

Ikan kakap Cina jantan harga gelembungnya lebih mahal karena bentuknya yang pipih atau tipis pada bagian pinggir. Sedangkan pada bagian tengah memiliki bentuk yang lebih tebal.

Berbanding terbalik dengan ikan kakap Cina betina yang bentuk gelembungnya lebih tebal di bagian pinggir namun lebih tipis pada bagian tengahnya. Sehingga kandungan kolagen yang ada pada gelembung ikan kakap betina terbilang lebih sedikit.

Itulah sebabnya harga gelembung ikan jantan lebih mahal.

 

4. Ikan Manyung

Berikutnya ada ikan manyung yang harga gelembungnya bisa mencapai hingga Rp 1 juta per 10 gramnya. Sehingga untuk harga per 100 gram bisa mencapai hingga angka Rp 10 juta.

 

5. Ikan Kakap Merah Besar

Berbeda dengan ikan kakap putih, harga gelembung dari ikan kakap merah memang tidak terlalu mahal. Meskipun gelembung ikan kakap merah ini masih terbilang cukup berharga.

Perbedaan yang lain dari gelembung ikan kakap merah dengan ikan kakap putih juga terletak pada harganya. Jika ikan kakap putih dihargai per gramnya. Namun gelembung ikan kakap merah besar dihargai sebesar Rp 20 jutaan untuk semua ukuran.

 

6. Ikan Kuro

Untuk ikan kuro sendiri harga gelembungnya terjual sebesar Rp 2 juta per 100 gram.

 

7. Ikan Buntal

Berikutnya ada ikan buntal yang ternyata juga memiliki gelembung ikan dan cukup berharga jika Anda jual. Gelembung ikan ini sendiri terjual dengan harga sekitar Rp 1,8 juta untuk semua ukuran.

 

8. Ikan Mas

Hampir sama dengan ikan buntal, gelembung dari ikan mas juga berharga dan terjual dengan harga Rp 750 ribu untuk semua ukuran. Sehingga berbeda dengan ikan lain yang berbanderol dengan harga per gramnya.

 

9. Ikan Duri

Terakhir ada ikan duri yang harganya juga berkisar Rp 150 ribu untuk semua ukuran gelembung ikannya. Jadi hampir sama dengan ikan kakap merah, ikan buntal dan ikan mas yang harga jual gelembung ikannya sama untuk semua ukuran.

 

Untuk harga gelembung ikan sendiri biasanya cukup stabil di pasaran dan tidak berubah secara signifikan.

Itulah tadi harga gelembung ikan termahal hingga yang paling murah yang mana harga termahalnya berasal dari ikan gulama yang mencapai puluhan juta rupiah. Sedangkan harga termurah ada pada ikan duri yang harganya mencapai ratusan ribu saja di pasaran.

Baca Juga :   3 Hewan Berkaki 2 beserta Penjelasan Lengkap

Share :

Baca Juga

Manfaat Memelihara Kucing dan Cara Merawat Kucing

HEWAN

Manfaat Memelihara Kucing dan Cara Merawat Kucing
Fakta Menarik Chinchilla & Menyenangkan Chinchilla

HEWAN

Fakta Menarik Chinchilla & Menyenangkan Chinchilla
10 Ras Anjing yang Paling Penyayang

HEWAN

10 Ras Anjing yang Paling Penyayang
5 Alat Pernapasan Hewan, Salah Satunya Paru-Paru

HEWAN

5 Alat Pernapasan Hewan, Salah Satunya Paru-Paru
60 Nama Latin Hewan yang Mudah Diingat dalam Biologi

HEWAN

60 Nama Latin Hewan yang Mudah Diingat dalam Biologi
5 Jenis Ikan Air Laut yang Bisa Dikonsumsi, Apa Saja?

HEWAN

5 Jenis Ikan Air Laut yang Bisa Dikonsumsi, Apa Saja?
Yuk Kenali 6 Hewan Endemik di Indonesia yang Unik dan Menarik

HEWAN

Yuk Kenali 6 Hewan Endemik di Indonesia yang Unik dan Menarik
7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka

HEWAN

7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka