Home / HEWAN

Sabtu, 10 Juni 2023 - 14:00 WIB

Manfaat Kakap Cina dan Kandungan Nutrisinya

- Penulis

Kakap Cina

Kakap Cina

Moccaapedia – Kakap cina adalah salah satu jenis ikan yang memiliki tubuh memanjang dengan mulut yang besar, ikan ini sendiri tersebar di wilayah Hindia-Pasifik Barat. Mulai dari Asia Tenggara hingga ke Papua New Guinea serta Australia Utara.

Ikan kakap ini juga sangat digemari oleh banyak orang karena dagingnya mempunyai tekstur yang sangat lembut. Dan mempunyai cita rasa tersendiri yakni manis dan gurih. Terutama jika ikannya masih fresh yang baru ditangkap dari laut.

Tidak heran jika kan ini juga bisa Anda temukan di restoran atau tempat makan khusus olahan seafood. Harga ikan kakap Cina ini juga terbilang sangat tinggi dan cukup mahal. Hal ini bukan hanya karena rasanya yang lezat. Namun juga karena ikan ini memiliki kandungan gizi yang terbilang sangat tinggi. Sehingga memiliki manfaat bagi kesehatan.

 

Baca Juga :   Macam-Macam Jenis Kucing yang Bisa Dipelihara

 

Ciri-ciri dan Karakteristik Ikan Kakap Cina

Kakap Cina
Kakap Cina

Sebenarnya ikan kakap sendiri terdiri dari dua jenis, yakni ikan kakap putih dan ikanĀ  kakap merah. Namun ikan kakap Cina memiliki karakteristis yang sama dengan ikan kakap putih. Dan berikut ini adalah ciri-ciri serta karakteristik dari ikan ini:

  • Ikan dewasa memiliki mata merah yang bening, dengan mulut sangat lebar sebagai ciri khas atau karakteristik sebagai ikan pemangsa. Dengan posisi mulut yang sedikit serong dan geligi yang halus.
  • Ikan kakap Cina mempunya warna punggung yang biru kehijauan. Atau putih keabu-abuan dengan sirip yang berwarna abu abu gelap.
  • Apabila sedang di dalam air, ikan kakap ini akan terlihat berwarna kecoklatan tua atau bahkan kehitaman. Namun jika dilihat secara lebih cermat dan jelas. Maka akan Anda akan melihat warna putih atau keperakan yang sangat dominan. Terutama pada bagian perutnya.
  • Ikan kakap ini memiliki bentuk rahang yang sedikit lebih maju dari pada rahang atasnya. Bentuk rahang ini sendiri memang memudahkan ikan untuk makan. Karena ikan ini sendiri merupakan ikan karnivira atau hewan pemakan daging.
  • Ciri-ciri lainnya dari ikan ini yang berikutnya adalah siripnya yang berbentuk bulat.
  • Selain itu, ikan ini juga memiliki sirip punggung yang berjari keras serta kuku yang kuat. Jari jari siripnya tersebut terdiri dari 3 jari keras dan juga 7 hingga 8 jari lunak yang letaknya ada di bagian sirip punggung.
  • Ikan ini juga mempuinyai keunikan tersendiri pada bagian matanya. Karena warna mata pada ikan ini adalah berwarna merah terang. Mata ikan ini juga memiliki ukuran yang terbilang lebih kecil dari ikan kakap jenis lain.
  • Pada bagian tubuhnya juga, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang gepeng dengan pangkal sirip ekor yang terlihat melebar.
  • Sedangkan pada tulang rahang atas ikan ini miliki melewati mata sebelah belakang. Sedangkan rahang bagian bawahnya terlihat lebih menonjol dari rahang bagian atas.
  • Bentuk kepala dari ikan ini adalah tirus ke depan.
  • Sedangkan untuk warna tubuhnya berwarna perak keabu-abuan ketika ikan sudah dewasa. Sedangkan jika ikan masih berumur 1 hingga 2 bulan maka warna tubuhnya sedikit lebih gelap. Dan nantinya akan berubah menjadi semakin terang ketika menginjak usia 3 hingga 5 bulan.
  • Untuk ukutannya sendiri, ikan ini bisa mencapai ukuran hingga 170 cm.

 

Kandungan Nutrisi Ikan Kakap Cina

Kakap Cina
Kakap Cina

Ikan kakap ini sendiri memiliki setengah dari jumlah kalori yang ada pada ikan salmon. Selain itu, ikan ini juga kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat untuk keseatan otak. Serta baik bagi kardiovaskuler atau jantung dan pembuluh darah.

Satu porsi ikan ini atau setara dengan a168 gramnya, memiliki kandungan 34 gram protein tanpa lemak yang baik bagi kesehatan tubuh.

Di dalam ikan ini juga memiliki kandungan sejumlah mineral dan vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Seperti vitamin A, vitamin D, hingga zat besi, selenium, kalsium dan kalium.

Selain itu, ikan ini menjadi salah satu ikan yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia dan termasuk yang unggulan. Karena ikan ini termasuk ke dalam ikan yang aman untuk dikonsumsi. Sebab memiliki kandungan merkuri yang terbilang sangat rendah.

Ikan ini pun digemari karena tekstur dagingnya yang lembut dengan cita rasa yang khas yakni enak dan gurih.

Tidak heran jika ikan ini memiliki harga yang terbilang sangat mahal. Karena selain enak, ikan ini juga kaya akan kandungan gizi yang sangat tinggi dan baik bagi kesehatan tubuh.

 

Baca Juga :   Yuk Kenali 6 Hewan Endemik di Indonesia yang Unik dan Menarik

 

Manfaat Ikan Kakap Cina untuk Kesehatan

Kakap Cina
Kakap Cina

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, jika ikan ini tak hanya memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Namun juga kaya akan berbagai kandungan nutrisi dan vitamin loh. Sehingga ikan ini sangat baik bagi kesehatan, seperti:

 

1. Dapat Melindungi Kesehatan Otak

Manfaat dari ikan kakap ini bagi kesehatan yang pertama adalah mampu melindungi kesehatan otak. Karena ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang bisa menjaga kesehatan otak. Sekaligus menjadi nutrisi tambahan yang sangat baik untuk memperbaiki pola makan Anda setiap hari.

 

2. Membantu untuk Memperkuat Kesehatan Tulang

Karena ikan ini kaya akan kandungan kalsium, magnesium, selenium, mineral hingga zinc yang sangat penting bagi pertumbuhan serta kesehatan tulang. Maka sudah pasti dengan mengkonsumsi ikan ini, bisa membantu untuk memperkuat atau memperbaiki kesehatan tulang ya.

Kandungan mineral yang ada di dalamnya juga bisa menambah kekuatatan serta kesehatan tulang dalam jangka waktu yang panjang.

 

3. Dapat Membantu untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Asam lemak omega 3 dan 6 yang terkandung di dalam ikan ini, hampir mendekati kebutuhan harian tubuh kita. Dengan begitu, mengkonsumsi ikan ini diyakini mampu menyeimbangkan kadar kolesterol. Sehingga mampu membantu untuk menurunkan resiko terjadinya aterosklerosis atau penumpukan plak yang bisa menyumbat pembuluh darah.

Serta mengurangi terjadinya obesitas dan juga resiko terkena penyakit jantung koroner.

 

4. Membantu untuk Meningkatkan Kesehatan Mata

Ikan ini merupakan sumber vitamin A yang alami. Dengan kandungan vitamin A yang ada pada ikan ini juga bisa berperan sebagai antioksidan yang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan organ mata.

 

5. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Dengan kandungan lemak serta kalori yang hanya setengah dari ikan lainnya. Ikan ini memang menjadi salah satu alternatif menu harian bagi Anda yang sedang menjaga berat badan agar tetap ideal.

Karena meski kandungan lemak dan kalorinya hanya setengah. Namun kandungan nutrisi yang banyak di dalam ikan ini sangat penting bagi tubuh. Seperti mineral dan protein.

 

6. Memiliki Potensi Antikanker

Di dalam ikan ini terdapat asam lemak omega 3 yang ada pada ikan ini memiliki khasiat untuk menurunkan resiko kanker.

 

7. Mengontrol Diabetes

Dengan mengkonsumsi ikan ini secara teratur, dapat mengelola stress karena ikan ini memiliki sifat anti radang dan antioksidan yang berasal dari emusi minyak ikan. Sehingga dengan mengkonsumsi ikan ini, dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengontrol diabetes bagi penderita diabetes.

 

Nah, itulah manfaat Kakap Cina dan berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya yang tentu saja sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Share :

Baca Juga

Gelembung Ikan Termahal di Dunia

HEWAN

Gelembung Ikan Termahal di Dunia, Ini Daftarnya
3 Hewan Berkaki 2 beserta Penjelasan Lengkap

HEWAN

3 Hewan Berkaki 2 beserta Penjelasan Lengkap
Contoh Hewan Ovovivipar, Berkembang Biak dengan 2 Cara

HEWAN

Contoh Hewan Ovovivipar, Berkembang Biak dengan 2 Cara
Kenapa Gelembung Ikan Mahal

HEWAN

Baru Tahu, Ternyata Ini Alasan Kenapa Gelembung Ikan Mahal
Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia

HEWAN

Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia
Kapibara atau Masbro

HEWAN

Mengenal Kapibara atau Masbro, si Pengerat yang Pandai Berenang
Rantai Makanan: Pengertian dan Contohnya

HEWAN

Rantai Makanan: Pengertian dan Contohnya
Alat Gerak Hewan beserta Fungsi dan Contohnya

HEWAN

Alat Gerak Hewan beserta Fungsi dan Contohnya