Home / HEWAN

Selasa, 14 Februari 2023 - 10:10 WIB

5 Cara Melestarikan Hewan yang Hampir Punah, Pahami

- Penulis

5 Cara Melestarikan Hewan yang Hampir Punah, Pahami

5 Cara Melestarikan Hewan yang Hampir Punah, Pahami

Moccaapedia – Kesadaran tentang pentingnya menjaga kelestarian hewan yang hampir punah sangat diperlukan agar hewan-hewan tersebut bisa hidup dengan nyaman. Ada banyak cara melestarikan hewan yang hampir punah yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Contohnya adalah hewan-hewan yang ada di hutan, akibat kebakaran hutan dan kerusakan alam lainnya membuat habitat mereka rusak. Seperti Beruang Madu di Riau yang terancam punah akibat kebakaran lahan.

 

Baca Juga :   5 Hewan Terlangka di Dunia

 

Cara Melestarikan Hewan Yang Hampir Punah

Kebakaran lahan dan hutan adalah alasan utama mengapa banyak hewan yang mati. Hal itu dikarenakan ulah manusia yang seharusnya tidak merusak tempat tinggal mereka. Tidak hanya di Riau, banyak orangutan yang mati di Kalimantan karena kebakaran lahan.

Oleh karena itu pentingnya kesadaran dari manusia untuk tidak mengganggu habitat asli mereka karena bisa punah. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan bersama untuk menjaga hewan-hewan tersebut.

 

1. Melakukan Upaya Melestarikan Lingkungan

Cara melestarikan hewan yang hampir punah adalah dengan mengupayakan pelestarian lingkungan. Pemerintah juga seharusnya peka terhadap permasalahan ini karena jika dibiarkan hewan-hewan tersebut bisa habis.

Pemerintah dapat memberikan bantuan berupa finansial dan moril untuk menggerakkan masyarakat agar melestarikan lingkungan. Khususnya masyarakat yang hidup berdampingan dengan habitat satwa langka.

Selain itu bisa juga dengan melakukan kampanye akan tetapi itu saja tidak cukup karena harus ada aksi nyata yang dilakukan oleh kita semua. Hewan juga sama seperti manusia yang membutuhkan tempat tinggal, kalau kita yang kehilangan rumah dimana kita akan tinggal?

 

2. Membuat Papan Larangan

Papan larangan juga penting dipasang di beberapa tempat agar tidak ada manusia yang menjamah daerah tersebut. Papan larangan berburu ini tentu dapat melindungi hewan dari kepunahan. Selain itu tambahkan juga informasi ancaman atau sanksi apabila nekat berburu.

Cara melestarikan hewan yang hampir punah ini sudah diterapkan oleh masyarakat yang tinggal di lereng Muria Jepara. Warga sekitar sudah memasang papan larangan agar tidak berburu satwa langka khususnya burung.

 

Baca Juga :   Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab & Cara Atasinya

 

3. Menghindari Transaksi Binatang Langka

Kasus yang kerap kali terjadi di Indonesia adalah menjual belikan binatang langka. Jelas hal ini bukan masalah kecil karena melakukan transaksi binatang langka hanya untuk kepentingan pribadi saja. Padahal semua binatang langka itu perlu dijaga dan dirawat bersama.

Beberapa hewan langka yang kerap dijual belikan adalah Macan Dahan, Owa, Beruang Madu, Burung Cenderawasih, dan sebagainya. Oleh karena itu sebagai warga negara yang baik Anda jangan melakukan hal tersebut.

 

4. Melakukan Edukasi

Cara melestarikan hewan yang hampir punah berikutnya adalah dengan melakukan edukasi kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Masih banyak masyarakat yang tidak tahu satwa apa yang dilindungi oleh negara karena banyaknya satwa langka.

Oleh karena itu sudah menjadi tugas pemerintah setempat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Khususnya masyarakat yang tinggal di daerah sekitar hutan dan pesisir agar tidak memburu hewan-hewan tersebut.

 

5. Membiarkan Hewan Hidup di Alam Bebas

Ada beberapa hewan yang habitatnya memang di alam bebas, oleh karena itu jangan ambil tempat tinggal mereka. Selain itu hindari juga melakukan penyempitan habitat, jika sudah terlanjur rusak masyarakat dapat melakukan revegetasi.

Beragam cara melestarikan hewan yang hampir punah dapat dilakukan bersama agar keamanan dan kenyamanan satwa tetap terjaga. Satwa-satwa tersebut juga merupakan aset milik negara sehingga perlu dilestarikan bukan dieksploitasi.

 

Baca Juga :   4 Contoh Hewan Ovipar di Kehidupan Sehari-hari

Share :

Baca Juga

Yuk Kenali 6 Hewan Endemik di Indonesia yang Unik dan Menarik

HEWAN

Yuk Kenali 6 Hewan Endemik di Indonesia yang Unik dan Menarik
Contoh Serangga dalam Kehidupan Sehari-hari

HEWAN

Contoh Serangga dalam Kehidupan Sehari-hari
Manfaat Tak Terduga Memelihara Kucing Bagi Kesehatan

HEWAN

Manfaat Tak Terduga Memelihara Kucing Bagi Kesehatan
Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing? Berikut Penjelasannya

HEWAN

Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing? Berikut Penjelasannya
7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!

HEWAN

7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!
6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu

HEWAN

6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu
Jenis Kucing Paling Mahal (Cloudfront.com)

HEWAN

7 Deretan Jenis Kucing Termahal, Hingga Milliaran!!
Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains

HEWAN

4 Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains