Home / HEWAN

Minggu, 27 Agustus 2023 - 00:10 WIB

6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi

- Penulis

6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi

6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi

Moccaapedia Filum kingdom animalia adalah pembagian hewan-hewan yang ada di dunia. Hewan adalah makhluk hidup yang tidak memiliki kloroplas dan dinding sel, jadi berbeda dengan tumbuhan. Hewan adalah makhluk hidup yang bergantung pada tumbuhan agar bisa mendapatkan makanan

Kingdom animalia adalah kingdom yang terus mengalami pertumbuhan sehingga jumlahnya terus bertambah. Jumlah keseluruhan kingdom animalia di dunia ini ada 1.5 juta spesies yang masih hidup. Pada umumnya, hewan-hewan di dunia ini memiliki panjang 8.5 mikrometer sampai 33.6 meter.

 

Baca Juga :   8 Hewan Paling Aneh di Dunia, Ada di Indonesia?

 

Filum Kingdom Animalia

6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi
6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi

 

Pembagian filum dari kingdom animalia dilakukan berdasarkan tulang belakang. Adapun pembagian filum tersebut adalah Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida, dan Mollusca.

 

Porifera

Porifera merupakan sekelompok hewan yang berbentuk spons dan kebanyakan hidup di wilayah perairan air tawar. Kelompok hewan ini mirip seperti tokoh di film SpongeBob dan tempat hidupnya ada di batu karang dasar laut.

Binatang porifera merupakan jenis hewan multiseluler yang primitif karena tidak ada diferensiasi sel sehingga hidupnya mirip seperti protozoa. Berikut ini ciri-ciri dari golongan filum porifera.

  • ·         Porifera sederhana terdiri dari dinding rongga spongosol yang berisi sel-sel berbentuk corong yang disebut dengan koanosit.
  • ·         Bentuk porifera mirip dengan karung atau jambangan bunga karena ada rongga di bagian dalam tubuhnya. Rongga itu disebut dengan spongosol dan bagian mulut karung namanya adalah oskulum.
  • ·         Binatang ini juga memiliki spikula yang terdiri dari berbagai macam bentuk tergantung dari spesiesnya. Ada yang berbentuk seperti bintang bercabang banyak, bintang bercabang empat, bercabang tiga, bintang, dan jarum.

Untuk klasifikasi porifera terbagi menjadi beberapa jenis yaitu calcarea, demospongiae, dan hexactinellida. Berikut ini penjelasan mengenai ketiga klasifikasi dari porifera.

 

  • ·         Hexactinellida

Hexactinellida adalah jenis porifera yang bisa Anda sebut sebagai spons gelas karena spikula binatang ini terbuat dari silika. Spikula memiliki empat sampai enam cabang dan semuanya melekat pada konikal serta rangka silindris.

Ukuran hexactinellida adalah 10 sampai 30 cm dan semuanya hidup di laut. Anda bisa menemukan hewan golongan ini di benda laut dengan permukaan keras.

 

  • ·         Demospongiae

Berikutnya adalah demospongiae yang memiliki serat spongin, silika, dan spikula. Bahkan ada beberapa binatang yang tergolong primitif karena tidak memiliki kerangka. Ada banyak jenis demospongiae di lautan dan jumlahnya memang paling banyak.

 

  • ·         Calcarea

Terakhir adalah calcarea yang memiliki kerangka terbuat dari kalsium karbonat. Bagian tubuhnya terdiri dari struktur kecil dengan tabung-tabung tipis. Kelas ini terdiri dari sekitar 300 spesies.

 

2. Coelenterata

Coelenterata adalah salah satu filum kingdom animalia yang terkenal dengan nama lain hewan berongga. Coelenterata merupakan jenis hewan yang tidak memiliki tulang belakang sehingga tergolong invertebrata.

Rongga tubuh tersebut ada bukan tanpa alasan melainkan sebagai tempat untuk mencerna makanan. Ciri-ciri dari hewan coelenterata adalah tubuhnya berbentuk simetris radial dan terdiri dari dua lapis. Selain itu, golongan coelenterata juga memiliki sel penyengat. Pada bagian mulut terdapat tentakel serta tidak memiliki anus. Berikut beberapa klasifikasi dari filum coelenterata.

 

  • ·         Hydrozoa

Hydrozoa adalah hewan berbentuk polip dan suka hidup berkoloni. Habitat aslinya berada di air tawar.

  • ·         Scyphozoa

Scyphozoa adalah hewan yang bentuk tubuhnya seperti mangkuk dan tinggal di perairan laut.

 

3. Platyhelminthes

Platyhelminthes adalah golongan hewan yang tidak memiliki tulang belakang sehingga tergolong invertebrata. Salah satu contoh platyhelminthes adalah cacing pipih yang memiliki bentuk perut dan punggung yang rata. Di bawah ini adalah klasifikasi dari platyhelminthes.

 

  • ·         Turbellaria

Turbellaria adalah kelas binatang yang memiliki bentuk kepala seperti segitiga dan bagian tengahnya terdapat bintik mata. Fungsi dari bintik mata tersebut adalah untuk membedakan bagian terang dan gelap.

 

  • ·         Trematoda

Adapun trematoda adalah binatang yang memiliki bentuk pipih mirip seperti daun. Hewan tersebut memiliki ukuran 8 sampai 13 milimeter.

 

  • ·         Cestoda

Terakhir adalah cestoda yang merupakan jenis cacing dengan hidup menumpang di usus makhluk hidup.

 

Baca Juga :   Inilah 7 Contoh Hewan Ovovivipar, Yuk Ketahui!

 

4. Nemathelminthes

Filum kingdom animalia berikutnya adalah nemathelminthes yang sekelompok hewan yang bersifat parasit. Salah satu contoh kelompok hewan ini adalah cacing gilig yang suka hidup bersama dengan jenis cacing lainnya.

Walaupun bersifat parasit, tetapi kelompok hewan ini menjadi incaran para ahli karena menjadi objek penelitian. Adapun ciri-ciri nemathelminthes adalah tidak memiliki segmen dan memiliki kelamin tunggal. Di bawah ini adalah beberapa contoh klasifikasi dari nemathelminthes.

 

  • ·         Aphasmidia

Aphasmidia adalah sekelompok hewan yang tidak memiliki phasmid dan hidup secara bebas di wilayah daratan serta perairan.

 

  • ·         Phasmidia

Phasmida adalah sekelompok hewan yang memiliki phasmid yang berbentuk seperti pori-pori. Phasmidia sangat berbeda dengan aphasmidia karena hewan golongan ini memiliki sistem ekskresi sehingga bisa berkembang biak.

 

5. Annelida

Annelida merupakan contoh filum animalia yang termasuk golongan hewan bersegmen. Bentuknya persis seperti ruas-ruas, susunan cincin, dan gelang-gelang. Cacing tanah merupakan salah satu jenis annelida yang memiliki ukuran tubuh 3 meter dan hanya ada di Australia. Adapun klasifikasi dari hewan annelida adalah sebagai berikut.

 

  • ·         Hirudinea

Hirudinea adalah sekelompok binatang yang terkenal sebagai penghisap darah seperti pacet dan lintah. Hewan-hewan ini biasa hidup di daerah lembab dan memiliki ciri khas sebelum menghisap darah.

Lintah akan menyuntikkan anestesi sehingga korban tidak akan merasa sakit baru lintah akan menghisap darahnya. Agar Anda aman dari gigitan lintah atau ada lintah yang menggigit, maka berikan air garam, balsem, minyak kayu putih, atau air tembakau.

 

  • ·         Oligochaeta

Oligochaeta adalah jenis hewan yang memiliki jumlah rambut sedikit dan dapat hidup di tanah. Oligochaeta memiliki testis serta ovarium dan akan mengeluarkan kokon sehingga membentuk individu baru.

 

  • ·         Polychaeta

Terakhir adalah polychaeta yang merupakan hewan dengan banyak rambut. Bagian kulitnya terdapat kutikula dan memiliki sistem saraf tangga tali. Adapun contoh polychaeta adalah cacing palolo dan cacing wawo.

 

6. Mollusca

Mollusca adalah jenis hewan bertubuh lunak dan memiliki cangkang yang berfungsi sebagai pelindung tubuh. Hanya saja, sebagian hewan mollusca juga tidak memiliki cangkang serta dapat hidup di dua tempat yaitu darat dan air.

Khusus mollusca yang hidup di air bernafas menggunakan insang sedangkan mollusca yang hidup di darat bernapas menggunakan rongga mantel dengan pembuluh darah. Rongga tersebut berperan sebagai paru-paru sehingga bisa menghirup udara saat bernapas.

Adapun ciri-ciri dari mollusca adalah tubuhnya lunak serta berlendir dan belum memiliki kerangka. Tubuh berlendir karena adanya kelenjar kulit serta terdapat kaki. Kaki pada mollusca berfungsi untuk memangsa dan bergerak. Lalu apa saja klasifikasi dari hewan mollusca?

 

  • ·         Cephalopoda

Cephalopoda adalah sekelompok hewan yang memiliki kaki di bagian kepala seperti cumi-cumi, gurita, dan sepia serta hidup di lautan.

 

  • ·         Gastropoda

Gastropoda adalah jenis hewan yang memiliki bagian kaki di perut contohnya adalah keong dan bekicot.

 

Penting untuk mengetahui apa saja filum di kingdom animalia karena hewan-hewan tersebut ada di sekitar Anda. Keenam filum tersebut sebagian ada yang hidup di daratan ada juga yang hidup di lautan.

 

Baca Juga :   Fakta Menarik Chinchilla & Menyenangkan Chinchilla

Share :

Baca Juga

Makanan Kura Kura Sungai yang Tepat untuk Jaga Kesehatannya

HEWAN

Makanan Kura Kura Sungai yang Tepat untuk Jaga Kesehatannya
Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan yang Dapat Membunuh Kapan Saja

HEWAN

Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan Dapat Membunuhmu
Inilah 7 Contoh Hewan Ovovivipar, Yuk Ketahui!

HEWAN

Inilah 7 Contoh Hewan Ovovivipar, Yuk Ketahui!
3 Hewan Berkaki 2 beserta Penjelasan Lengkap

HEWAN

3 Hewan Berkaki 2 beserta Penjelasan Lengkap
Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains

HEWAN

4 Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains
4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui

HEWAN

4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui
6 Contoh Hewan Invertebrata di Darat dan Laut

HEWAN

6 Contoh Hewan Invertebrata di Darat dan Laut
Manfaat Tak Terduga Memelihara Kucing Bagi Kesehatan

HEWAN

Manfaat Tak Terduga Memelihara Kucing Bagi Kesehatan