Home / HEWAN

Jumat, 10 Februari 2023 - 10:14 WIB

Inilah 7 Contoh Hewan Ovovivipar, Yuk Ketahui!

- Penulis

Inilah 7 Contoh Hewan Ovovivipar, Yuk Ketahui!

Inilah 7 Contoh Hewan Ovovivipar, Yuk Ketahui!

Moccaapedia – Ada banyak contoh hewan ovovivipar di dunia ini yang biasanya sudah diajarkan sejak masuk sekolah dasar. Hewan ovovivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan dua cara yaitu bertelur dan beranak.

Kelompok hewan ovovivipar ini sangat banyak dan hidup di berbagai tempat seperti rawa-rawa, laut, dan sungai. Buat Anda yang masih belum tahu mengenai apa saja contoh hewan yang berkembang biak dengan dua cara bisa simak artikel di bawah ini.

 

Baca Juga :   5 Jenis Ikan Air Laut yang Bisa Dikonsumsi, Apa Saja?

 

Contoh Hewan Ovovivipar Ini Dia 

Hewan ovovivipar memiliki kelebihan dibanding jenis hewan lainnya yaitu bisa berkembang biak dengan beranak serta bertelur. Adapun proses pembuahannya terjadi pada hewan betina kemudian zigot akan berubah menjadi embrio yang tersimpan dalam telur.

 

1. Pari

Pari adalah contoh hewan ovovivipar yang masuk kategori ikan dan tentunya hidup di laut. Embrio pada ikan pari akan berkembang dalam telur jika nutrisinya terpenuhi. Kemudian ikan pari akan melahirkan dengan dua cara di atas yaitu beranak dan bertelur.

 

2. Salamander

Selain pari ada lagi hewan ovovivipar yaitu salamander yang masuk kategori reptil. Salamander memiliki bentuk yang hampir mirip dengan kadal hanya saja perbedaannya terdapat pada bentuk tubuhnya.

Bentuk tubuh salamander lebih ramping dibandingkan dengan kadal. Selain itu salamander juga memiliki ekor yang lebih panjang.

Cara hewan ini berkembang biak adalah dengan membesarkan telurnya pada perut, setelah waktunya tiba maka telur tersebut akan keluar membentuk embrio.

 

3. Bunglon

"Inilah

Bunglon juga termasuk salah satu contoh hewan ovovivipar yang terkenal dengan kemampuannya mampu mengubah warna kulit. Sama seperti hewan-hewan sebelumnya, bunglon juga menyimpan telurnya dalam perut.

Kemudian zigot akan tumbuh menjadi embrio dan setelah itu bunglon akan melahirkan dengan cara beranak. Bunglon adalah jenis hewan yang banyak ditemukan di pepohonan atau semak-semak.

 

Baca Juga :   Berbagai Style dan Fashion Wanita Kekinian

 

4. Hiu

Hewan dengan gigi tajam ini juga termasuk ovovivipar, hiu akan menyimpan telurnya di dalam tubuhnya sampai telur tersebut menetas baru hiu akan melahirkan.

Setelah embrionya lahir maka ikan hiu akan menimbun makanan sehingga bisa menjaga perkembangan anaknya. Hewan ovovivipar

 

5. Kuda Laut

Mungkin Anda lebih sering melihat kuda di daratan dibanding hewan laut yang satu ini. Kuda laut ternyata termasuk hewan ovovivipar yang memiliki sistem reproduksi cukup unik. Hewan lain yang mengandung pasti jenis betina tetapi tidak dengan kuda laut.

Kuda laut jantan yang mengandung bukan kuda laut betina, mengapa demikian? Kuda laut memiliki kantong yang bisa digunakan untuk tempat menetasnya telur. Adanya kantong tersebut membuat telur bisa berkembang dengan baik.

 

6. Kadal

Kadal adalah salah satu contoh hewan ovovivipar yang menyimpan telurnya di dalam tubuhnya. Nantinya embrio kadal akan berkembang menjadi kuning telur yang dapat dijadikan sebagai nutrisi embrio tersebut.

Setelah itu kadal betina akan melahirkan individu baru. Kadal termasuk hewan jenis reptil yang memiliki kaki empat dan kulitnya kasar, adapun tempat tinggal kadal biasanya di pepohonan.

 

7. Platypus

Terakhir adalah platipus yang termasuk jenis hewan semi-akuatik yang sering ditemukan di benua Australia. Adapun cara platypus berkembang biak adalah dengan bertelur sama seperti burung.

Platipus juga memiliki kelenjar susu yang biasanya ditemukan di tubuh hewan mamalia.Walaupun cara berkembang biaknya dengan bertelur, adanya kelenjar susu tersebut membuat ahli Biologi memasukkannya ke dalam hewan ovovivipar.

Terdapat banyak contoh hewan ovovivipar yang hidup di darat maupun di laut. Hewan-hewan tersebut biasanya menghasilkan telur dulu baru berubah menjadi embrio yang membentuk individu baru.

 

Baca Juga :   7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!

 

Inilah 7 Contoh Hewan Ovovivipar, Yuk Ketahui!

Share :

Baca Juga

5 Jenis Ikan Air Laut yang Bisa Dikonsumsi, Apa Saja?

HEWAN

5 Jenis Ikan Air Laut yang Bisa Dikonsumsi, Apa Saja?
5 Contoh Hewan Predator Ganas dan Buas

HEWAN

5 Contoh Hewan Predator Ganas dan Buas
10 Ras Anjing yang Paling Penyayang

HEWAN

10 Ras Anjing yang Paling Penyayang
Kapibara atau Masbro

HEWAN

Mengenal Kapibara atau Masbro, si Pengerat yang Pandai Berenang
4 Contoh Hewan Karnivora, Si Pemakan Daging

HEWAN

4 Contoh Hewan Karnivora, Si Pemakan Daging
Yuk Kenali 6 Hewan Endemik di Indonesia yang Unik dan Menarik

HEWAN

Yuk Kenali 6 Hewan Endemik di Indonesia yang Unik dan Menarik
Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains

HEWAN

4 Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains
Tips Terbaik Merawat Bayi Tupai

HEWAN

Tips Terbaik Merawat Bayi Tupai