Home / HEWAN

Kamis, 23 November 2023 - 23:31 WIB

Contoh Hewan Vertebrata yang Hidup di Dekat Manusia

- Penulis

Contoh Hewan Vertebrata yang Hidup di Dekat Manusia

Contoh Hewan Vertebrata yang Hidup di Dekat Manusia

Moccaapedia – Vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang serta terdapat tengkorak yang berfungsi untuk melindungi otaknya. Adapun contoh hewan vertebrata adalah katak yang memiliki alat gerak, penutup tubuh, dan cara berkembang biaknya dengan bertelur.

Ciri-ciri dari hewan bertulang belakang adalah tubuhnya terdiri dari kepala, badan, dan memiliki dua alat gerak. Pada pisces, hewan bertulang belakang memiliki ekor serta sistem pencernaannya memanjang dari mulut hingga anus.

 

Baca Juga :   Yuk Kenali 6 Hewan Endemik di Indonesia yang Unik dan Menarik

 

Contoh Hewan Vertebrata

Contoh Hewan Vertebrata yang Hidup di Dekat Manusia
Contoh Hewan Vertebrata yang Hidup di Dekat Manusia

 

Sistem peredaran darah yang terdapa pada hewan bertulang belakang adalah terbuka dan tertutup serta memiliki alat ekskresi bernama ginjal. Di bawah ini ada beberapa kelompok yang termasuk dalam contoh hewan vertebrata.

 

  1. Amfibi

Contoh pertama adalah amfibi hewan yang memiliki tulang belakang dan memiliki keunikannya masing-masing. Mengingat amfibi adalah hewan yang hidup di dua tempat yaitu darat dan air berarti alat pernapasannya juga dua yaitu paru-paru dan insang.

Katak dan amfibi lainnya adalah hewan berdarah dingin atau poikiloterm sehingga suhu tubuhnya bisa menyesuaikan dengan lingkungan tersebut. Adapun cara berkembang biak amfibi adalah dengan bertelur langsung di cangkangnya.

Proses pembuahan telur terjadi di luar tubuh atau dikenal dengan istilah fertilisasi eksternal. Biasanya pembuahan dilakukan di tempat yang lembab atau air. Contoh dari amfibi adalah salamander, katak pohon, dan katak hijau.

 

  1. Burung atau Aves

Berikutnya adalah aves atau kelompok burung yang juga memiliki tulang belakang. Biasanya aves memiliki bulu yang berfungsi untuk melindungi tubuhnya serta sebagai alat terbang. Aves juga memiliki tulang berongga yang bobotnya ringan.

Paruh burung memiliki kandungan zat keratin dan tidak semua hewan bisa menggunakan sayapnya untuk terbang. Hal ini karena ada beberapa hewan yang tidak bisa terbang dan tergolong aves seperti penguin dan ayam.

Kalau katak adalah hewan berdarah dingin lain lagi dengan aves yang merupakan hewan berdarah panas atau homoioterm. Suhu tubuhnya tetap ketika berada di berbagai lingkungan dan cara berkembang biaknya adalah dengan bertelur.

Proses pembuahan dilakukan di dalam tubuh induk dan beberapa contoh golongan aves adalah burung kutilang, burung pipit, burung gelatik, burung walet, dan sebagainya.

 

  1. Mammalia

Mammalia adalah contoh hewan vertebrata yang merupakan golongan hewan menyusui dan bisa hidup di darat maupun laut. Mammalia adalah golongan hewan yang memiliki kelenjar susu untuk menyusui anak-anaknya.

Selain itu, mammalia juga memiliki telinga tengah sebanyak tiga buah dan rambut. Cara berkembang biaknya adalah dengan fertilisasi internal atau pembuahan di dalam tubuh induk hewan. Selain itu, mammalia juga bernafas dengan menggunakan paru-paru dan memiliki suhu tubuh panas.

Beberapa contoh mammalia adalah tupai, kalong, tikus, marmut, paus, hiu, lumba-lumba, monyet, orang utan, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga :   Contoh Hewan Ovovivipar, Berkembang Biak dengan 2 Cara

 

  1. Reptil

Ada lagi yaitu reptil yang memiliki ciri-ciri berkulit kering dan keras serta di dalamnya terdapat zat keratin atau zat tanduk. Fungsi sisik pada reptil adalah untuk mencegah kulit mengalami kekeringan.

Ular adalah jenis reptil yang bisa mengalami perubahan kulit dengan mengelupas kulit lamanya. Proses perkembang biakan reptil adalah dengan bertelur di bagian dalam tubuh induk. Contoh hewan reptil adalah kadal, ular, dan buaya.

 

  1. Pisces

Pisces adalah contoh vertebrata lain yang dikenal dengan kelompok ikan dan tentunya hidup di air. Pernapasan ikan adalah dengan insang dan memiliki sirip yang digunakan sebagai alat gerak. Contoh ikan adalah tongkol, salem, lele, patin, mujair, dan sebagainya.

 

Berbagai contoh hewan vertebrata di atas hidup saling berdampingan dengan manusia dan ada yang memiliki kesamaan seperti alat pernapasan.

Baca Juga :   5 Contoh Hewan Amfibi Bisa Hidup di Dua Alam, Kerren Kan!!

Share :

Baca Juga

Penyebab Bulu Kelinci Rontok

HEWAN

Penyebab Bulu Kelinci Rontok dan Cara Mengatasinya
Inilah 5 Hewan Mamalia Terkecil di Dunia yang Wajib diKetahui

HEWAN

Inilah 5 Hewan Mamalia Terkecil di Dunia yang Wajib diKetahui
5 Contoh Hewan yang Hampir Punah, Dikit Banget Tau!!

HEWAN

5 Contoh Hewan yang Hampir Punah, Dikit Banget Tau!!
Mengenal Hewan Vertebrata dan Avertebrata Ciri & Klasifikasinya (Pinterest)

HEWAN

Mengenal Hewan Vertebrata dan Avertebrata Ciri dan Klasifikasinya
6 Hewan Pemakan Rumput di Sekitar Manusia

HEWAN

6 Hewan Pemakan Rumput di Sekitar Manusia
5 Alat Pernapasan Hewan, Salah Satunya Paru-Paru

HEWAN

5 Alat Pernapasan Hewan, Salah Satunya Paru-Paru
Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab dan Cara Atasinya

HEWAN

Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab & Cara Atasinya
6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu

HEWAN

6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu