Home / HEWAN

Minggu, 23 April 2023 - 14:00 WIB

Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab & Cara Atasinya

- Penulis

Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab dan Cara Atasinya

Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab dan Cara Atasinya

Moccaapedia – Kenapa anjing muntah kuning dan apa saja penyebabnya, bisa Anda simak di bawah ini agar tahu bagaimana cara mengatasinya. Karena tentu jika keadaan ini dibiarkan begitu saja akan membuat kondisi anjing kesayangan semakin parah.

Bahkan bisa mengakibatkan kematian. Pastinya tidak ingin jika hal ini sampai terjadi kan?

 

Baca Juga :   Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing? Berikut Penjelasannya

 

Kenapa Anjing Muntah Kuning? Dan Apa Saja Penyebabnya

Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab dan Cara Atasinya
Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab dan Cara Atasinya

Terdapat beberapa penyebab yang membuat anjing kesayangan Anda tiba-tiba muntah kuning dan biasanya hal tersebut merupakan pertanda jika mereka sedang tidak baik-baik saja. Atau terdapat gangguan pada kesehatan di dalam tubuhnya.

Dan berikut ini adalah beberapa penyebab yang membuat anjing Anda tiba-tiba muntah kuning:

 

1. Karena Terlambat Makan

Cairan kuning yang dimuntahkan oleh anjing ini berasal dari organ organ pencernaan, seperti empedu yang akan dilepaskan melalui usus kecil yang ada di bagian bawah perut.

Sebab, pada saat perut anjing kosong maka akan membuat lambung rentan terkena iritasi.

Jika mengalami gejala ini, Anda bisa mulai mengatur jadwal making anjing serta memperhatikan kebutuhan nutrisi serta pola makannya ya.

 

2. Merupakan Sebuah Reaksi Protektif

Biasanya saat anjing muntah kuning, mereka juga menolak untuk menerima makanan dari Anda. Bisa jadi hal ini merupakan reaksi untuk melindungi tubuh dari segala macam racun yang menyerangnya.

Anjing akan berusaha untuk mengurangi tekanan yang terjadi akibat sumbatan maupun pembesaran organ karena adanya zat toksik yang secara tidak sengaja tertelan.

Karena hal ini, anjing pun biasanya akan kehilangan nafsu makan mereka serta mengalami diare.

Jika sudah seperti ini selama 24 jam, maka sebaiknya Anda bawa anjing kesayangan segera ke dokter hewan ya.

 

3. Mengalami Dehidrasi

Faktanya, anjing merupakan hewan yang terbilang jarang minum, akan tetapi ketika mereka mulai muntah kuning maka mereka akan lebih sering minum dari biasanya.

Hal ini terjadi akibat rasa haus yang merupakan efek dari lambung yang menunjukkan jika mereka sedang dehidrasi.

Dengan begitu, Anda pun dapat menyediakan air minum bersih apabila anjing kesayangan mulai memperlihatkan gejala gejala tersebut. berikan juga vitamin agar mereka bisa terhindar dari resiko terserang berbagai penyakit berbahaya lainnya ya.

 

4. Bakteri dan Infeksi Virus

Sama seperti hewan peliharaan lainnya, anjing juga sangat rentan terkena bakteri maupun virus yang bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Nah, kenapa anjing muntah kuning?

Bisa jadi hal ini dikarenakan ada bakteri yang masuk ke dalam tubuh mereka, bakteri yang sering menyerang hewan peliharaan termasuk anjing antara lain adalah, bakteri Salmonella hingga Clostridium.

Bakteri bakteri ini dapat menyerang daya tahan tubuh mereka.

Selain itu, bisa juga dikarenakan oleh infeksi virus yang dapat mendatangkan penyakit. Seperti Canine Parvo, Feline Infectious Peritonitis, Canine Distemper hingga Feline Panleukopenia.

Bakteri dan virus yang menyerang anjing tak hanya dapat membuat mereka muntah kuning. Namun juga membuat mereka mengalami gejala lain, mulai dari nafsu makan berkurang, lesu hingga sering melamun.

 

5. Terdapat Parasit di Dalam Usus

Anjing yang jarang diberi obat cacing akan membuat mereka rentan terkena parasite di dalam tubuhnya. Terutama pada bagian usus mereka. Karena parasit tersebut akan menyerap nutrisi yang didapat dari makanan.

Sehingga membuat anjing menjadi kekurangan nutrisi sehingga daya tahan tubuhnya pun mulai melemah. Hal ini juga akan membuat anjing merasakan sakit pada bagian perutnya hingga membuat mereka muntah kuning.

Masalah ini sendiri dapat Anda atasi dengan mudah yakni hanya dengan cara memberikan obat cacing. Dan pastikan jika tempat tinggal anjing kesayangan selalu terjaga kebersihannya.

 

6. Masalah pada Makanannya

Kenapa anjing muntah kuning ketika diberikan makanan baru? Hal ini biasanya terjadi karena tidak semua makanan cocok dengan anjing peliharaan. Hal ini pun akan mengakibatkan perutnya tidak mau menerima makanan yang Anda berikan.

Sehingga membuat mereka muntah kuning. Selain muntah-muntah, anjing yang mengalami masalah pada makanan mereka juga bisa ditandai dengan adanya beberapa gejala lain, seperti:

  • Anjing mengalami demam dan terlihat pucat.
  • Nafsu makannya berkurang.
  • Mengeluarkan air liur berlebih dan berlendir.
  • Bulunya terlihat lebih berminyak dan kempis.
  • Kotorannya tercium lebih bau dari biasanya.
  • Badan anjing lemas dan malas beraktivitas.
  • Sering melamun dan diam secara terus-menerus.

 

Baca Juga :   4 Hewan Purba Yunani dan Penjelasannya

 

Bagaimana Cara Mengatasi Anjing yang Muntah Kuning?

Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab dan Cara Atasinya
Kenapa Anjing Muntah Kuning? Ketahui Penyebab dan Cara Atasinya

Sudah tahu kan, kenapa anjing muntah kuning? Nah, setelah mengetahui apa saja penyebabnya. Maka Anda bisa melakukan beberapa langkah-langkah di bawah ini untuk mengobatinya:

 

1. Biarkan Anjing Berpuasa Terlebih Dahulu

Ketika menghadapi masalah ini, sebaiknya tidak usah panik dan langsung membawa anjing ke dokter hewan, Anda harus bersikap tenang untuk melakukan pertolongan pertama. Yakni dengan membiarkan anjing kesayangan tidak makan atau berpuasa.

Hal ini dilakukan untuk memberikan organ pencernaan waktu agar dapat beristirahat. Tapi Anda tetap bisa memberikan anjing minum agar mereka tidak dehidrasi ya.

Jika muntah kuning sudah mulai berkurang dan kondisi anjing mulai membaik, maka Anda bisa memberikan makan secara perlahan. Selain itu, pastikan untuk tidak telat memberikan makan agar anjing tidak muntah kuning lagi.

 

2. Berikan Air Minum Secukupnya

Memberikan air minum dapat membantu untuk mengembalikan stamina anjing yang lemas karena muntah. Anda bisa memberikan air minum dengan mendekatkan wadahnya di samping anjing agar mereka meminumnya.

Air juga bisa membantu anjing untuk terhindar dari dehidrasi dan membersihkan kotoran yang ada di mulutnya setelah muntah-muntah.

 

3. Memberikan Terapi Air Hangat

Cara sederhana lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memandikan anjing menggunakan air hangat. Lalu bersihkan kandangnya secara rutin agar mereka lebih nyaman saat berinstirahat.

Sebab, saat ini anjing akan mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga dengan membersihkan kandangnya, bisa membantu untuk membuat mereka cepat pulih. Selain itu, juga agar terhindar dari berbagai penyakit lainnya.

Anda juga bisa membawa anjing ke tempat yang sejuk setelah muntah agar suhu tubuhnya kembali stabil.

 

4. Segera Kunjungi Dokter Hewan

Jika semua tindakan yang Anda lakukan tidak segera membuat kondisi anjing membaik, maka Anda bisa segera mengunjungi dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Agar anjing kesayangan kembali sehat.

Selain itu, dengan membawa mereka ke dokter hewan. Anda pun bisa tahu bagaimana kondisi kesehatannya dan apa penyebab pasti dari anjing muntah kuning. Karena jika hanya melakukan diagnosa pribadi, hal tersebut tentu bisa berbahaya bagi anjing.

Maka dari itu, yang bisa Anda lakukan hanyalah melakukan tindakan awal untuk membantu anjing kembali pulih dengan memberikan perhatian dan perawatan. Namun dengan membawanya ke dokter hewan, maka anjing akan mendapat penanganan yang lebih tepat untuk mengembalikan kesehatan mereka.

Dengan mengetahuia penyebab kenapa anjing mundah kuning, maka Anda bisa melakukan pertolongan pertama pada mereka agar kondisinya tidak semakin parah.

Namun jika masih belum ada perubahan, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter hewan ya. Semoga anjing kesayangan Anda kembali sehat.

 

Baca Juga :   7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka

Share :

Baca Juga

Manfaat Tak Terduga Memelihara Kucing Bagi Kesehatan

HEWAN

Manfaat Tak Terduga Memelihara Kucing Bagi Kesehatan
Gelembung Ikan Termahal di Dunia

HEWAN

Gelembung Ikan Termahal di Dunia, Ini Daftarnya
Makanan Kura Kura Sungai yang Tepat untuk Jaga Kesehatannya

HEWAN

Makanan Kura Kura Sungai yang Tepat untuk Jaga Kesehatannya
7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!

HEWAN

7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!
Ketahui 6 Hewan Berbahaya di Laut Beracun dan Mematikan

HEWAN

Ketahui 6 Hewan Berbahaya di Laut Beracun dan Mematikan
4 Tahapan Metamorfosis Nyamuk, Mari Ketahui !!

HEWAN

4 Tahapan Metamorfosis Nyamuk, Mari Ketahui !!
Harga Gelembung Ikan Gulama 2022

HEWAN

Fantastis, Ternyata Segini Harga Gelembung Ikan Gulama 2023
Ketahui Jenis-Jenis Burung yang Ada di Indonesia

HEWAN

Ketahui Jenis-Jenis Burung yang Ada di Indonesia