Home / HEWAN

Selasa, 4 April 2023 - 14:00 WIB

5 Jenis Hewan Berkantung Selain Kanguru, Memang Ada?

- Penulis

Jenis Hewan Berkantung

Jenis Hewan Berkantung

Moccaapedia – Ada banyak sekali jenis hewan yang tersebar di seluruh dunia dengan berbagai keunikan, mulai dari mereka yang bertanduk, berwarna cerah, bisa berganti kulit, hingga mempunyai kantung. Adapun 5 jenis hewan berkantung yang akan kami bahas di artikel ini.

Beberapa dari kalian mungkin masih berpikir bahwa satu-satunya hewan berkantung adalah kanguru. Padahal ada banyak lagi hewan lain yang mempunyai keistimewaan ini. Maka dari itu, yuk baca informasi berikut untuk menambah wawasan Anda!

 

Baca Juga :   Ketahui 6 Hewan Berbahaya di Laut Beracun dan Mematikan

 

Apa Itu Hewan Berkantung atau Marsupial?

Marsupial adalah kelompok hewan yang mempunyai kantung atau marsupium di bagian perutnya. Kantung ini bisa mereka gunakan untuk melindungi anaknya dari bahaya. Semua marsupial adalah endemik Wallacea, Australasia, dan Amerika.

Mereka mempunyai ciri khas mamalia, yaitu kelenjar susu, tiga tulang telinga tengah, dan rambut sejati. Dalam kantungnya terdapat beberapa puting susu untuk kelangsungan hidup anak-anak mereka.

 

5 Jenis Hewan Berkantung

Selain kanguru dari Australia, adapun beberapa hewan berkantung atau marsupial lainnya yang perlu Anda ketahui, antara lain:

 

1.     Koala

Sama dengan kanguru yang berasal dari Australia, ternyata hewan ngantukan ini juga punyai kantung lho. Hewan yang memiliki nama ilmiah Phascolarctos cinereus ini kantungnya cukup berbeda dengan kanguru yang terbuka ke atas melainkan ke arah luar.

Walaupun demikian, induk koala tidak akan khawatir bayi terjatuh karena terdapat otot kuat sfingter. yang menjaga agar kantong tetap tertutup.

Lokasi kantung milik koala ada di tubuh bagian bawah dan hanya betina saja yang memilikinya. Kantung mereka gunakan untuk melindungi dan menggendong anak-anaknya hingga berusia 6 bulan atau telah berkembang sepenuhnya. Selain itu, kantung juga mereka gunakan untuk menyimpan makanan.

 

2.     Quokka

Jenis hewan berkantung
Jenis Hewan Berkantung Quokka – static.ohga.it

Menjadi hewan yang paling ramah di dunia karena wajahnya yang terus menggambarkan senyuman menggemaskan. Quokka atau kuoka mempunyai tubuh kecil yang terlihat seperti berang-berang. Mereka adalah pemakan tumbuhan dan biasa mencari makan ketika malam hari.

Bayi quokka biasa disebut “joey” dan mereka akan tinggal di kantung sang induk selama 6 bulan. Saat meninggalkan kantung, sang bayi masih bergantung pada ibunya untuk menyusu selama sekitar 2 bulan. Namun, setelah berusia 1,5 tahun mereka sudah cukup dewasa dan bisa mempunyai anak.

 

3.     Kuda Laut

Walaupun bukan termasuk marsupial melainkan dari dari genus Hippocampus, tetapi pada bagian ekor kuda laut jantan terdapat struktur khusus berupa kantung . Tempat ini mereka gunakan untuk menyimpan telur-telur yang sudah terbuahi.

Lama penyimpanannya adalah sekitar 9 – 45 hari tergantung jenis spesiesnya. Kuda laut sendiri menjadi salah satu hewan yang pihak jantan bisa melahirkan.

 

Baca Juga :   5 Alat Pernapasan Hewan, Salah Satunya Paru-Paru

 

4.     Walabi

Jenis hewan berkantung
Jenis Hewan Berkantung Walabi – Pexels.com

Jenis hewan berkantung berikutnya adalah walabi yang merupakan hewan dengan penampilan fisik mirip kanguru, tetapi ukurannya lebih kecil. Sama halnya dengan kanguru, mereka juga mempunyai kantung untuk menyimpan bayi. Bentuk kantung antara dua hewan ini juga sama, yaitu bukaan horizontal.

Saat bayi baru lahir, mereka langsung masuk ke kantung sang induk untuk menghindari bahaya dan tinggal kurang lebih selama 6 – 7 bulan. Namun, sesekali bayi akan keluar kantung selama 1 – 2 jam untuk memperoleh sinar matahari.

 

5.     Wombat

Jenis marsupialia asli Australia Selatan yang mempunyai kaki ekor pendek. Panjang tubuhnya saja hanya sekitar 100 cm. Cukup berbeda dengan marsupial lain, kantung milik wombat berada di bagian punggung dan menghadap ke belakang.

Ini mereka gunakan untuk melindungi bayi hingga berumur 10 bulan dari tanah saat sang induk sedang menggali.

Ada banyak sekali hewan yang mempunyai berbagai keunikan di seluruh dunia, seperti jenis hewan berkantung pada penjelasan di atas. Jadi, hewan mana yang baru Anda ketahui bahwa mereka mempunyai kantung selain kanguru?

 

Baca Juga :   Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia

Share :

Baca Juga

5 Hewan Tercantik di Dunia, Ada Ikan Cupang!

HEWAN

5 Hewan Tercantik di Dunia, Ada Ikan Cupang!
Inilah 5 Hewan Mamalia Terkecil di Dunia yang Wajib diKetahui

HEWAN

Inilah 5 Hewan Mamalia Terkecil di Dunia yang Wajib diKetahui
5 Alat Pernapasan Hewan, Salah Satunya Paru-Paru

HEWAN

5 Alat Pernapasan Hewan, Salah Satunya Paru-Paru
60 Nama Latin Hewan yang Mudah Diingat dalam Biologi

HEWAN

60 Nama Latin Hewan yang Mudah Diingat dalam Biologi
Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan yang Dapat Membunuh Kapan Saja

HEWAN

Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan Dapat Membunuhmu
Mengenal Hewan Vertebrata dan Avertebrata Ciri & Klasifikasinya (Pinterest)

HEWAN

Mengenal Hewan Vertebrata dan Avertebrata Ciri dan Klasifikasinya
Jenis Kucing Paling Mahal (Cloudfront.com)

HEWAN

7 Deretan Jenis Kucing Termahal, Hingga Milliaran!!
5 Contoh Hewan Amfibi Bisa Hidup di Dua Alam, Kerren Kan!!

HEWAN

5 Contoh Hewan Amfibi Bisa Hidup di Dua Alam, Kerren Kan!!