Home / HEWAN

Selasa, 20 Desember 2022 - 10:11 WIB

7 Fakta Ulat Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Pegang !!

- Penulis

7 Fakta Ulat Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Pegang !! / Sumber : melacakalam.wordpress

7 Fakta Ulat Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Pegang !! / Sumber : melacakalam.wordpress

Ulat Paling Berbahaya di Dunia!

Moccaapedia – Ulat paling berbahaya, Sekilas mereka tampak seperti makhluk yang tidak berbahaya. Bahkan, beberapa terlihat seperti karya seni indah yang ditemukan di alam. Tapi, kenyataannya adalah bahwa beberapa ulat bulu sebenarnya berbahaya dan harus dihindari dengan segala cara.

Kamu harus berhati-hati ketika berhadapan dengan ulat bulu karena ngeri yang mengintai makhluk polos ini bisa membuat jatuh cinta ketika di beri hadiah dari seseorang, di bawah ini akan membantu memahami jenis ulat mana yang berbahaya, tetapi tidak semua ulat berbahaya.

Kepoin ulat mana yang mempunyai racun paling mematikan di dunia? Lihat dibawah ini untuk mengetahuinya!

 

Baca Juga :   3 Contoh Hewan Herbivora Pemakan Tumbuh-Tumbuhan

 

Berikut 7 Fakta Ulat Paling Berbahaya

Sistem pertahanan ulat adalah contoh evolusi yang menarik dan ulat telah mengembangkan beberapa cara unik untuk menangkal predator. Misalnya, beberapa ulat memiliki duri beracun yang dapat menyebabkan rasa sakit yang parah jika antum menyentuhnya, sementara yang lain menggunakan kamuflase sebagai mekanisme pertahanan mereka.

Daftar ulat paling berbahaya ini memberi kalian gambaran tentang apa yang harus diwaspadai saat Anda mendaki di hutan nanti.

 

1. Saddleback Venom

Saddleback Venom
Sumber : ranker.com

Jenis ulat beracun ini adalah ulat saddleback. Pada bagian tubuhnya menonjol ke atas seperti tanduk, dan pada bagian tengah tubuhnya memiliki warna hijau seolah-olah hama ini memakai kaos.

Umumnya ulat ini ditemukan di pantai timur Amerika Serikat. Jika antum atau anak-anak kalian menyentuh atau digigit ulat ini, Anda mungkin akan mengalami mati rasa dan kesemutan pada tubuh.

Meskipun ulat bulu tidak benar-benar menggigit, rambut mereka terbuat dari duri berbisa yang dapat menyebabkan kerusakan serius jika disentuh. Efek lain Racunnya menyebabkan migrain, sakit perut, dan kambuhnya asma pada manusia. Dalam kasus yang ekstrim, bisa bahkan dapat memicu syok anafilaksis atau pecahnya sel darah merah. Jangan ambil resiko!

 

2. Stinging Rose Ulat

Stinging Rose Ulat
Sumber : featuredcreature.com

Meskipun terlihat indah, siapa sangka bahwa ulat mawar cerah berduri ini dapat menyengat untuk protect dari predator, Racun lendir yang terletak di ujung durinya. Merupakan salah satu ulat beracun yang keberadaannya harus dihindari dan diwaspadai.

Ulat ini dikatakan sangat berbahaya karena sengatan dari rambutnya. Kutipan dari Laman ”Featured Creature” memperingatkan bahwa sengatannya dapat menyebabkan reaksi hipersensitif, ruam kulit dan komplikasi serius lainnya. Untungnya, ulat ini tidak hidup di Indonesia karena habitat aslinya banyak ditemukan di Amerika Serikat, mulai dari Floriida, New York, Texas, Oklahoma dan Missouri.

 

3. Puss Caterpillar

Puss Caterpillar
Sumber : mentalfloss.com

Setelah kemenangan Donald Trump dalam Pemilihan Presiden AS, Internet menjadi gila karena gaya rambutnya yang tampak seperti ulat bulu. Faktanya, makhluk yang tampak lucu dari Amerika Serikat ini berbahaya dan agresif. dia memiliki sengatan yang dapat menyebabkan sakit kepala, kulit melepuh dan masalah pernapasan.

Ulat yang berbahaya ini bertanggung jawab atas banyak kasus rawat inap di rumah sakit, Habitat asli ulat ini adalah di Amerika Serikat, khususnya di Carolina Selatan, Florida dan Texas. Lebih parah lagi Ulat banyak di temui di perkotaan.

 

Baca Juga :   5 Contoh Hewan yang Hampir Punah, Dikit Banget Tau!!

 

4. Ulat Buck Moth Larvae

Buck Moth Larvae
Sumber : bugguide.net

Larva BM ini juga terlihat mengintimidasi, dengan duri bercabang yang menutupi area tubuhnya. Tidak hanya terlihat menakutkan, tetapi duri-duri ini mampu memberikan sengatan yang sangat kuat ketika disentuh.

Gigitan larva BM dapat memicu reaksi alergi yang ditandai dengan rasa sakit dan gatal-gatal di lokasi sengatan, menurut LSU College of Agriculture. Untuk menghilangkan rasa sakit, pertama-tama cabut sengatan yang berduri, lalu cuci dengan sabun dan air untuk mencegah infeksi.

5. Permata Acraga Coa

Ulat Permata (Acraga Coa)
Sumber : melacakalam.wordpress

Jangan terlalu dekat dengan ulat cantik ini, yang paling baik dikagumi dari jauh. Bentuk mahkota permata dan bintik-bintik biru cerahnya membuatnya menjadi makhluk yang mencolok, tetapi tubuhnya dilapisi bulu-bulu beracun yang dapat melukai manusia jika disentuh.

Meskipun tidak semua spesies, ulat ini mengandung racun lendir, namun ada laporan manusia yang menyentuhnya mengalami gatal-gatal yang parah. Tetapi beberapa spesies memang memiliki kemampuan untuk menimbulkan sengatan yang menyakitkan dan bahkan menyebabkan meriang sementara!

 

6. Cinnabar Moth Caterpillar

Cinnabar Moth Caterpillar
Sumber : flickr.com

Ulat cinnabar yang beracun memiliki warna tubuh oranye terang yang memperingatkan predator untuk tidak memakannya. Moth cinnabar, yang juga dikenal sebagai ulat harimau , tidak memiliki predator karena aposematisme, yang berarti memiliki warna peringatan. Untuk menghindari dimakan sendiri, mereka meniru karakteristik spesies mereka ini.

Beberapa sengatan ulat tidak berbahaya, tetapi spesies ini cinnabar dapat menyebabkan reaksi serius. Jika kalian telah disengat oleh ulat cinnabar, Anda harus segera mencari pertolongan medis, karena dapat memicu asma, pendarahan, gagal ginjal bahkan tulang rawan dan bahkan bisa lebih rawan lagi.

 

7. Lonomia obliqua

Sumber : flickr.com

Ulat khusus endemik ini di Amerika Selatan. Ulat ini adalah bentuk larva dari spesies ulat sutra raksasa dan dianggap sebagai salah satu yang paling berbahaya di muka bumi! Bahkan, ulat ini dighibahin bertanggung jawab atas kematian hampir ratusan orang di daerah Brasil selatan, seperti yang dilaporkan oleh pihak Ranker.

Ulat pengembara dunia Brasil ditemukan di Brasil dan merupakan salah satu ulat paling beracun di planet ini. Ketika terancam, ulat ini akan segera menyuntikkan racun ke dalam musuhnya, menyebabkan muntah-muntah, nyeri gastrointestinal, dan bahkan gagal ginjal. Jika antum berada di Brasil atau menemukan ulat ini, segeralah menjauh dan jangan menyentuh rambut atau kulitnya.

 

Baca Juga :   Menu Makanan Natal Tahun Baru yang Wajib di Hidangkan !!

 

Share :

Baca Juga

3 Hewan Berkaki 2 beserta Penjelasan Lengkap

HEWAN

3 Hewan Berkaki 2 beserta Penjelasan Lengkap
Inilah 7 Contoh Hewan Ovovivipar, Yuk Ketahui!

HEWAN

Inilah 7 Contoh Hewan Ovovivipar, Yuk Ketahui!
Contoh Serangga dalam Kehidupan Sehari-hari

HEWAN

Contoh Serangga dalam Kehidupan Sehari-hari
Kapibara atau Masbro

HEWAN

Mengenal Kapibara atau Masbro, si Pengerat yang Pandai Berenang
Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia

HEWAN

Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia
Alat Gerak Hewan beserta Fungsi dan Contohnya

HEWAN

Alat Gerak Hewan beserta Fungsi dan Contohnya
5 Alat Pernapasan Hewan, Salah Satunya Paru-Paru

HEWAN

5 Alat Pernapasan Hewan, Salah Satunya Paru-Paru
6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu

HEWAN

6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu