Home / HEWAN

Minggu, 30 Juli 2023 - 21:14 WIB

4 Contoh Hewan Karnivora, Si Pemakan Daging

- Penulis

4 Contoh Hewan Karnivora, Si Pemakan Daging

4 Contoh Hewan Karnivora, Si Pemakan Daging

Moccaapedia – Bumi merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Ada banyak jenis hewan di dunia salah satunya adalah kelompok hewan pemakan daging atau karnivora. Semua contoh hewan karnivora tersebar di seluruh dunia.

Selain karnivora, ada juga golongan hewan omnivora (pemakan segala) dan herbivora (pemakan tumbuh-tumbuhan) yang hidup berdampingan. Golongan hewan karnivora ini bertahan hidup dengan memangsa hewan lain untuk dijadikan makanan.

 

Baca Juga :   7 Fakta Ulat Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Pegang !!

 

Contoh Hewan Karnivora

4 Contoh Hewan Karnivora, Si Pemakan Daging
4 Contoh Hewan Karnivora, Si Pemakan Daging

 

Pada umumnya, hewan karnivora memiliki fisik yang kuat sehingga mampu berburu, melahap, dan menangkap mangsa dengan cepat. Akan tetapi, tidak semua hewan karnivora berukuran besar. Berikut ini beberapa contoh dari hewan karnivora.

  1. Kucing

Kucing termasuk kelompok karnivora yang hidup di darat dan biasa berbaur dengan manusia serta hewan lainnya. Jenis kucing yang hidup liar di alam adalah kucing hutan. Hewan ini jinak sehingga Anda bisa memeliharanya. Di bawah ini taksonomi hewan menggemaskan ini.

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Subfilum : Vertebrata
  • Kelas : Mamalia
  • Ordo : Carnivora
  • Famili : Felidae
  • Genus : Felis
  • Spesies : Felis Catus

Struktur tubuh kucing hampir sama satu sama lain mulai dari kucing ras, lokal, dan kucing liar. Memang sulit membedakan ketiga jenis kucing tersebut apabila tidak mengetahui secara jelas perbedaannya.

Hewan menggemaskan ini memiliki struktur badan yang sangat tertata mulai dari bagian luar sampai bagian dalam. Walaupun struktur tubuhnya sama, akan tetapi bentuk, warna bulu, serta karakteristiknya sangat khas.

Ada kucing yang memiliki bentuk wajah bulat, ada juga yang wajahnya datar. Selain itu, bagian telinganya juga khas mulai dari telinga menunjuk ke atas dan ada telinga yang terlipat. Beralih ke bagian bulunya yang juga khas, ada kucing dengan bulu panjang, pendek, bahkan keriting.

 

Tipe tubuh kucing terbagi menjadi tiga jenis yaitu substansial, oriental, dan foreign. Berikut ini pembahasan mengenai tipe tubuh pada binatang kucing.

 

  1. Foreign

Tipe tubuh kucing jenis foreign berbentuk langsing dengan perawakan atletis. Memiliki bentuk teling yang besar, mata seperti kacang almond, dan kaki serta ekornya panjang. Contoh kucing tipe foreign adalah Anggora Turki.

 

  1. Oriental

Bentuk tubuh kucing oriental lebih langsung daripada tipe sebelumnya. Kepala panjang menyerupai segitiga dan matanya seperti kacang almond. Adapun ekor, hidung, dan kakinya tampak panjang. Contoh kucing oriental adalah Balinese.

 

  1. Substansial

Tipe terakhir adalah substansial yang terkenal dengan bentuk tubuh kekar dan besar. Contoh kucing substansial adalah Bengal, Birman, dan Maine Coon.

 

Baca Juga :   Mengenal Hewan Vertebrata dan Avertebrata Ciri dan Klasifikasinya

 

  1. Ikan Hiu

Ikan hiu merupakan salah satu contoh hewan karnivora yang hidup di air. Mayoritas ikan hiu merupakan golongan karnivora yang memiliki sifat parasit bagi binatang laut lainnya. Ikan-ikan kecil merupakan sumber makanannya.

Binatang besar ini memiliki kemampuan merobek daging ikan dengan cepat lalu memakannya. Hal ini karena hiu memiliki tekstur gigi yang sangat tajam dan mampu mencium darah di dalam lautan ketika akan mencari mangsa. Berikut ini taksnomi dari ikan hiu.

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Subfilum : Vertebrata
  • Kelas : Chondrichthyes
  • Subkelas : Elasmobranchii
  • Superordo : Selachimorpha
  • Ordo : Carcharhiniformes

Pada 450 juta tahun yang lalu, ikan hiu pertama kali ditemukan berupa sisik. Pada saat itu, masih belum banyak hewan bertulang belakang dan jumlah tumbuhan juga sedikit. Bukti fosil hiu purba ternyata memiliki perbedaan dengan hiu modern khususnya di bagian gigi.

Struktur gigi ikan hiu modern berupa deretan tipis dengan tiga taring dan bentuknya mirip seperti trisula. Gigi ini tidak ada di ikan hiu purba seperti Megalodon yang memiliki ukuran tubuh 18 meter. Adapun ciri-ciri dari ikan hiu adalah sebagai berikut.

  • Memiliki anggota tubuh yang bisa bergerak berpasangan
  • Terdapat tulang belakang
  • Rahang dari ikan hiu dapat bergerak
  • Memiliki kelenjar mukus pada bagian kulit
  • Terdapat dua sirip di sisi tubuh hiu bagian depan
  • Placoid merupakan jenis sisik hiu yang bertekstur halus

 

Ada beberapa jenis ikan hiu yang terdapat di lautan yaitu sebagai berikut.

  1. Hiu Gergaji

Hiu gergaji merupakan hiu yang memiliku bentuk mulut mirip gergaji. Ukurannya panang serta giginya terdapat di sisi kiri kanan mulut. Tempat tinggalnya berada di perairan berlumpur dengan kedalaman 40 meter. Walaupun memiliki gigi tajam, tetapi hiu gergaji tidak menyerang manusia.

 

  1. Hiu Martil

Jenis hiu lain selain gergaji adalah hiu martil yang memiliki bentuk kepala seperti martil gepeng. Kemampuan melakukan manuver dalam air tidak perlu diragukan lagi karena sangat akurat dan cepat. Selain itu, kelebihan lain dari hiu martil adalah mampu mencium mangsa dari kejauhan.

 

  1. Hiu Zebra

Terakhir adalah hiu zebra yang memiliki kulit belang seperti zebra. Ukuran kepalanya lebih besar kemudian mengecil ke bagian belakang tubuh. Sirip hiu zebra juga panjang seperti tubuhnya.

 

3.Musang

Contoh hewan karnivora adalah musang yang memiliki bentuk tubuh seperti kucing dengan kepala berukuran kecil. Walaupun kepalanya kecil, ekor dan tubuhnya cukup panjang. Di bawah ini ada beberapa fakta unik mengenai musang yang penting diketahui.

 

  1. Suka Digendong di Pundak

Binatang berukuran panjang ini senang sekali kalau ada yang menggendongnya di pundak. Mereka merasa lebih baik setelah berada di pundak manusia. Musang memiliki sifat arboreal yang dapat hidup di antara pepohonan sehingga menganggap bahwa pundak manusia adalah pohon.

 

  1. Dapat Membaca Pikiran Manusia

Tahukah Anda bahwa musang mampu membaca pikiran manusia? Caranya adalah cukup menatap mata manusia, musang bisa mengetahui perasaan manusia. Hal ini juga terjadi pada hewan lain seperti anjing dan kucing.

 

  1. Sangat Manja dan Setia

Musang merupakan hewan yang setia dengan pemiliknya dan sangat manja. Jadi, kalau Anda berhasil menjinakkan musang, hewan tersebut akan menurut. Cara menjinakkan musang adalah dengan merawatnya terus.

Habitat asli musang adalah di hutan sekunder wilayah Asia, akan tetapi ada juga musang yang berada di pemukiman penduduk. Musang juga dapat hidup di daerah perkebunan untuk mencari makanan. Bahkan ada musang yang hidup di wilayah pegunungan.

Beberapa negara yang menjadi habitat asli Musang adalah Indonesia, Siberut, Nepal, Bangladesh, Myanmar, Bhutan, Sri Lanka, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, dan masih banyak lagi.

 

  1. Belalang Sembah

Terakhir adalah belalang sembah yang memiliki kulit berwarna hijau dan termasuk golongan pemakan daging. Belalang sembah adalah binatang menakutkan dan pemangsa hewan kecil seperti jangkrik, belalang, kumbang, dan sebagainya. Ini dia fakta mengenai belalang sembah.

 

  1. Predator Tangguh

Selain hidup sebagai pemangsa, belalang sembah juga hidup sebagai predator tangguh. Agar berhasil mendapatkan mangsanya, belalang sembah akan berbaring lalu menyergap hewan tersebut. Sebelum itu, belalang sembah akan menguntit mangsanya.

 

  1. Bisa Memutar Kepala 180 Derajat

Hewan berwarna hijau ini juga memiliki kemampuan memutar kepala hingga 180 derajat. Bentuk kepalanya segitiga dengan dua mata majemuk berukuran besar dan tiga mata sederhana yang membantunya mencari mangsa.

 

  1. Hewan Kanibal

Kanibal adalah satu kata yang tepat untuk belalang sembah. Hal ini karena, mereka bisa memakan belalang lain dan termasuk perilaku kawin yang sangat tidak biasa. Jadi, belalang sembah betina akan memakan pasangannya setelah atau selama masa kawin.

 

Contoh hewan karnivora di atas tersebar di seluruh alam semesta. Hewan-hewan tersebut memiliki keunikan masing-masing khususnya dalam hal mencari makan.

 

Baca Juga :   Inilah 5 Hewan Mamalia Terkecil di Dunia yang Wajib diKetahui

Share :

Baca Juga

6 Hewan Pemakan Rumput di Sekitar Manusia

HEWAN

6 Hewan Pemakan Rumput di Sekitar Manusia
5 Contoh Hewan Predator Ganas dan Buas

HEWAN

5 Contoh Hewan Predator Ganas dan Buas
5 Contoh Hewan yang Hampir Punah, Dikit Banget Tau!!

HEWAN

5 Contoh Hewan yang Hampir Punah, Dikit Banget Tau!!
Ketahui Jenis-Jenis Burung yang Ada di Indonesia

HEWAN

Ketahui Jenis-Jenis Burung yang Ada di Indonesia
7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!

HEWAN

7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!
6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi

HEWAN

6 Filum Kingdom Animalia beserta Klasifikasi
Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing? Berikut Penjelasannya

HEWAN

Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing? Berikut Penjelasannya
Macam-Macam Jenis Kucing yang Bisa Dipelihara

HEWAN

Macam-Macam Jenis Kucing yang Bisa Dipelihara