Home / HEWAN

Minggu, 8 Oktober 2023 - 21:59 WIB

Contoh Serangga dalam Kehidupan Sehari-hari

- Penulis

Contoh Serangga dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Serangga dalam Kehidupan Sehari-hari

Moccaapedia – Serangga adalah salah satu makhluk hidup yang memiliki keterikatan dengan makhluk hidup lainnya. Contoh serangga yang memiliki manfaat bagi lingkungan adalah kupu-kupu. Kupu-kupu dan tumbuhan adalah contoh simbiosis mutualisme.

Serangga membutuhkan nektar dari kupu-kupu untuk bertahan hidup dan kupu-kupu juga membutuhkan serangga. Tidak semua serangga di dunia ini hidup untuk menyulitkan manusia, malah ada banyak yang membantu menjaga keseimbangan.

 

Baca Juga :   8 Hewan Paling Aneh di Dunia, Ada di Indonesia?

 

Contoh Serangga

Contoh Serangga dalam Kehidupan Sehari-hari
Contoh Serangga dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Serangga adalah makhluk hidup yang memiliki jenis dan ukuran berbeda-beda. Hanya saja, banyak manusia yang menganggap remeh serangga serta mengira hewan tersebut tidak memiliki kekuatan sama sekali. Padahal serangga di bawah ini memiliki banyak manfaat lho!

 

  1. Lebah Madu

Lebah madu adalah serangga yang membuat tumbuhan bunga serta tanaman lain bisa melakukan penyerbukan dengan mudah. 80% makanan yang Anda konsumsi merupakan hasil dari pembuahan lebah madu.

Jadi, coba bayangkan bagaimana seandainya tidak ada lebah madu atau populasinya mengalami penurunan? Lantas bagaimana manusia bisa bertahan hidup jika sudah seperti itu? Oleh karena itu kita semua perlu menjaga habitat asli dari serangga-serangga tersebut khususnya lebah madu.

 

  1. Kepik Ladybug

Kepik ladybug adalah salah satu contoh binatang serangga yang memiliki manfaat untuk manusia. Kepik adalah jenis predator dan bisa mengkonsumsi berbagai jenis serangga yang mengganggu kenyamanan rumah.

Hewan kecil ini juga memiliki darah yang sangat kuat dan fungsinya adalah untuk mengusir hewan predator di rumah. Jadi, kepik ladybug ada di dunia ini untuk melindungi manusia dari hewan-hewan pengganggu.

 

  1. Lacewings

Ada lagi lacewings yang masih jarang Anda dengar dan memiliki nama lain singa kutu. Singa kutu juga memiliki manfaat bagi manusia dan lingkungan berkat warna hijau pada tubuhnya. Tubuh singa kutu tampak transparan jika singgah di pohon.

Singa kutu memang memiliki bentuk tubuh mungil tetapi hewan ini bisa memakan serangga predator yang meresahkan manusia seperti hama. Biasanya singa kutu hinggap di perkebunan yang banyak pohon dan tanaman hijau.

 

  1. Kupu-kupu

Kupu-kupu adalah salah satu jenis serangga cantik dari sayapnya yang warna-warni. Anda perlu tahu perbedaan antara ngengat dan kupu-kupu. Kupu-kupu adalah hewan yang memiliki sayap indah dan berfungsi untuk membantu penyerbukan pada tumbuhan berbunga.

Penyerbukan ini sangat bermanfaat bagi tumbuhan agar tetap bertahan hidup. Selain itu, dengan penyerbukan, tumbuhan juga akan tumbuh segar. Seperti yang Anda tahu bahwa penyerbukan adalah salah satu cara perkembangbiakan tanaman.

 

  1. Capung

Serangga dengan sayap berwarna transparan ini bisa Anda temukan di daerah danau dan sekitarnya. Usia hidup serangga juga cukup lama yaitu sekitar 6 bulan. Kalau ada banyak capung di sekitar rumah, Anda tidak perlu khawatir karena itu justru kabar baik.

Capung bertebangan berfungsi untuk memusnahkan jentik-jentik nyamuk yang biasa muncul di bak mandi dan genangan air. Secara tidak langsung capung memiliki peran penting dalam mencegah timbulnya populasi nyamuk dalam jumlah besar.

 

Baca Juga :   Manfaat Tak Terduga Memelihara Kucing Bagi Kesehatan

 

  1. Kumbang Tanah

Contoh serangga lainnya adalah kumbang tanah yang hidup di tanah. Keberadaan kumbang tanah sangat bermanfaat bagi alam yaitu bisa menyerang ulat hama yang sering memakan daun dan batang.

Tanpa adanya ulat, tanaman di kebun bisa dengan mudah diserang oleh hama. Hal ini malah akan mendatangkan kerugian bagi manusia.

 

  1. Kumbang Tentara

Tidak hanya kumbang tanah, serangga lain yang juga bermanfaat adalah kumbang tentara. Tugas kumbang tentara sama seperti kumbang tanah yaitu untuk mengusir hama di kebun. Tugas dari kembang tentara adalah menyergap kutu daun dan ulat ketika langsung melihatnya.

Sedangkan tugas dari anak kumbang adalah untuk memakan belalang dan larva ngengat yang merugikan. Tidak hanya itu, kumbang tentara adalah jenis serangga yang bisa membantu proses penyerbukan pada tumbuhan berbunga.

Kumbang tentara akan mencari bunga dengan warna cerah seperti goldenrod, zinnia, dan marigold. Adapun ciri-ciri dari kembang tentara adalah tubuhnya berukuran panjang dan warnanya coklat kemerahan atau hitam.

 

  1. Lalat Jala Hijau

Contoh hewan serangga berikutnya adalah lalat jala hijau yang juga dikenal dengan istilah green lacewing. Hewan ini merupakan jenis serangga yang tidak kalah bermanfaat dari jenis-jenis serangga sebelumnya.

Serangga yang muncul pada semak belukar, tanaman baris, dan gulma ini ternyata cukup ampuh untuk mengusir lalat putih dan kutu daun. Ciri-ciri dari lalat jala hijau adalah tubuhnya kecil dengan ukuran ¾ inci dan memiliki warna tubuh hijau dengan sayap transparan dengan urat.

Anda bisa menemukan lalat jala hijau ini di beberapa tempat seperti bunga matahari, tanaman ketumbar, dan tanaman adas.

 

  1. Lalat Bunga

Lalat bunga sering disebut dengan istilah syrphid yang bisa memangsa hama nakal pada tanaman. Contoh hama adalah thrips, skala, kutu putih, ulat, dan kutu daun. Sesuai dengan namanya, jenis lalat ini sering hinggap di bunga karena memiliki nektar yang rasanya manis.

Serangga lalat bunga juga bisa membantu proses penyerbukan pada tanaman ketika akan pergi dari bunga. Adapun peran lain dari lalat bunga adalah untuk membantu manusia menanam tanaman seperti peterseli, mint, lemon balm, adas sowa, bunga cosmos, dan sebagainya.

 

  1. Belalang Sembah

Belalang sembah memiliki tubuh berwarna hijau, namun ada juga yang tubuhnya berwarna coklat. Hewan ini walaupun memiliki bentuk tubuh kecil namun sangat bermanfaat bagi lingkungan dan manusia.

Anda bisa mengandalkan belalang sembah untuk mengatasi serangga pengganggu pada tanaman seperti jangkrik, lalat, belatung, dan kutu daun. Caranya adalah dengan mengelabui binatang nakal tersebut dengan sabar menunggu mangsanya agar tidak ada yang curiga.

 

  1. Tawon

Tugas tawon adalah untuk membantu proses penyerbukan pada tanaman serta memakan nektar pada bunga. Peran lain dari tawon adalah untuk melindungi tanaman dari serangan serangga seperti ulat, kutu, laba-laba, jangkrik, larva, dan kumbang.

Selain itu, tawon juga tertarik pada beberapa jenis tanaman seperti adas, dill, chamomile, catnip, dan wortel.

 

  1. Serangga Bermata Besar

Contoh serangga yang memiliki mata berukuran besar ini memiliki banyak manfaat bagi lingkungan dan manusia. Caranya adalah dengan mengkonsumsi cairan yang terdapat di tubuh serangga.

Serangga bermata besar mengincar beberapa tanaman seperti ulat, tungau, kutu daun, dan sebagainya. Anda bisa menemukan serangga bermata besar terbang di beberapa tanaman seperti kosmos, marigold, goldenrod, adas, dan mint.

 

  1. Lalat Mydas

Lalat mydas adalah keluarga terbesar dari lalat dan jumlah spesiesnya hampir 500. Sebagian besar lalat mydas hidup di daerah semi kering dan sebagian lagi tinggal di daerah yang kering. Lalat mydas memiliki ukuran sayap 3.9 inci dengan panjang 2.8 inci.

Keunggulan dari lalat mydas adalah memiliki kekuatan terbang yang sangat cepat dan suka memakan jenis lalat lainnya. Selain itu, lalat mydas juga memanfaatkan giginya untuk menghisap nektar.

 

Berbagai contoh serangga di atas hidup berdampingan dengan manusia dan memiliki manfaat yang besar dalam menjaga keseimbangan alam.

 

Baca Juga :   4 Hewan Huruf E yang Penting Diketahui

Share :

Baca Juga

Hewan Langka di Dunia (Paul Faith)

HEWAN

5 Hewan Terlangka di Dunia
Ulat Permata (Acraga Coa)

HEWAN

7 Fakta Ulat Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Pegang !!
Gelembung Ikan Termahal di Dunia

HEWAN

Gelembung Ikan Termahal di Dunia, Ini Daftarnya
7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!

HEWAN

7 Macam Jenis Kambing Peternak Besar dan Bagus !!
8 Hewan Paling Aneh di Dunia, Ada di Indonesia?

HEWAN

8 Hewan Paling Aneh di Dunia, Ada di Indonesia?
Fakta Menarik Chinchilla & Menyenangkan Chinchilla

HEWAN

Fakta Menarik Chinchilla & Menyenangkan Chinchilla
Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains

HEWAN

4 Hewan Huruf D beserta Penjelasannya dalam Sains
7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka

HEWAN

7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka