Home / SPORT

Senin, 28 November 2022 - 10:11 WIB

Sejarah Sepak Bola dan Teknik Dasar yang Perlu Diketahui

- Penulis

Sejarah Sepak Bola dan Teknik Dasar yang Perlu Diketahui (Activer For Life)

Sejarah Sepak Bola dan Teknik Dasar yang Perlu Diketahui (Activer For Life)

Sejarah Sepak Bola dan tekniknya

Moccaapedia – Sejarah Sepak Bola, Siapa yang tidak mengenal sepak bola? Tentu bukan hal tabu lagi. Pasalnya, olahraga sepak bola ini kerap kali dimainkan di Indonesia dan luar negeri. Selain itu, sepak bola juga diminati banyak orang, tidak hanya laki-laki saja. Nah, berikut ada beberapa hal tentang sepak bola dan teknik dasar yang perlu diketahui.

Baca Juga :   Realme 10 Pro Hadir 10 Januari di Indonesia, Cek Harga dan Speknya!

Pengertian dan Sejarah Singkat

Olahraga sepak bola merupakan permainan bola besar yang dilakukan oleh dua tim dengan masing-masing tim berisi 11 orang. Setiap tim tersebut akan mengupayakan untuk menang dengan mencetak gol ke arah gawang lawan. Dalam permainan ini akan melibatkan pergerakan dengan unsur fisik, motorik kasar dan halus serta mental dengan kekuatan tim solid.

Pada saat memasuki abad ke 21, sepak bola telah banyak dimainkan sampai lebih 250 juta orang pada 200 negara. Dimana, sepak bola ini diawali pada abad ke 2 serta 2 SM di Tiongkok. Di negara Jepang, Italia juga terdapat permainan yang sama, dan mulai digemari saat abad ke-16. Kemudian, mulai berkembang di Inggris dan menetapkan beberapa peraturan dasar.

Namun, Sepak bola pernah dilarang memainkannya ketika Raja Edward II dan Raja James I di tahun 1365. Hal ini karena terdapat kekerasan ketika bermain. Tetapi, seiring berjalannya waktu, di tahun 1815 sepak bola mulai di buka dan berkembang dengan besar. Sehingga banyak dikenal kembali, bahkan terkenal di Sekolah dan Universitas. Hingga akhirnya, berkembang sampai terbentuknya FIFA.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Dalam permainan bola kaki ini memiliki beberapa Teknik dasar yang perlu diketahui. Dimana, Teknik-teknik tersebut digunakan oleh para pemain agar dapat memenangkan permainan. Adapun, berikut beberapa Teknik dasar yang perlu dikuasai pemain sepak bola:

1.      Teknik Menendang Bola

Seperti yang diketahui bahwa sepak bola merupakan permainan yang dilakukan dengan kaki. Untuk itu, salah satu tekniknya yakni Teknik menendang bola. Terdapat 3 dasar dalam melakukannya yakni berikut:

  • Menendang bola menggunakan kaki di bagian dalam.
  • Menendang bola menggunakan kaki di bagian luar.
  • Menendang bola menggunakan kaki di bagian punggung.

 

2.      Teknik Menghentikan Bola

Selain Teknik menendang bola, dalam sepak bola juga dikenal dengan Teknik menghentikan bola. Dimana, Teknik ini dilakukan saat bola memantul di tanah. Hal tersebut bertujuan untuk mengatur tempo, mengontrol, dan mengalihkan laju permainan. Adapun berikut beberapa tekniknya.

  • Menghentikan bola menggunakan kaki di bagian luar dan dalam.
  • Menghentikan bola menggunakan kaki yang di bagian punggung serta telapak.
  • Menghentikan bola menggunakan paha.
  • Menghentikan bola dengan perut atau dada.
  • Menghentikan bola menggunakan kepala.
Baca Juga :   7 Manfaat Senam bagi Tubuh yang Penting Diketahui

3.      Teknik Menggiring Bola

Di dalam sepak bola, juga terdapat Teknik dasar berupa menggiring bola. Teknik menggiring bola ini dilakukan untuk melewati lawan, mendekati jarak kepada sasaran, serta menghambat permainan. Teknik ini sangat perlu dikuasai para pemain agar dapat memasukkan bola. Terdapat dua Teknik dalam menggiring bola yakni berikut.

  • Speed dribbling, merupakan Teknik dalam menggiring bola yang dilakukan dengan menendang secara kuat, dengan begitu bola akan menggelinding jauh dan pemain lari mengejar cepat.
  • Closed dribbling, merupakan menggiring bola pada jarak yang pendek yang akan membuat lawan kesulitan dalam merebut bola.

 

4.     Teknik Menyundul dan Mengoper Bola

Berikutnya, agar dapat memenangkan permainan sepak bola, seseorang perlu menguasai tekniknya. Dimana, salah satu Teknik dasarnya yakni Menyundul yang merupakan Gerakan untuk mendorong bola dengan kepala. Tujuan dari Teknik ini yakni untuk mendorong bola kepada arah sasaran.

 

Ada juga, Teknik mengoper bola yang bisa disebut dengan passing. Mengoper bola adalah Teknik untuk memberikan umpan kepada rekan. Gerakan tersebut dapat diterapkan dengan menendang, menyundul, maupun memantulkan dengan dada.

 

5.      Teknik Merebut dan Menangkap Bola

Terakhir, ada Teknik merebut bola yang di dalamnya terdapat dua jenis yakni Sliding tackle dan Intercept. Sliding tackle ini dilakukan dengan merebut bola menggunakan cara menjatuhkan tubuh lalu meluncurkan kaki ke arah bola. Berikutnya ada Intercept yang dilakukan dengan menggiring bola. Kemudian, ada Teknik menangkap bola yang dilakukan oleh penjaga gawang.

Itulah tadi beberapa hal mengenai sepak bola dan juga sejarah singkatnya hingga kini yang banyak dimainkan. Dimana, dalam memainkannya diperlukan sebuah Teknik dasar supaya dapat mencetak gol dan memenangkannya. Terdapat beberapa Teknik yang perlu dikuasai dan ditekuni agar dapat menjadi pemain profesional.

Baca Juga :   Cara Memilih Makanan Sehat untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Share :

Baca Juga

Olahraga Loncat Indah: Sejarah, Manfaat, dan Teknik

SPORT

Olahraga Loncat Indah: Sejarah, Manfaat, dan Teknik
MotoGP Kejuaraan Dunia dan Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa (Pixabay/Jiří Rotrekl)

SPORT

MotoGP Kejuaraan Dunia, Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa
Olahraga Paling Populer di Dunia

SPORT

7 Olahraga Paling Populer di Dunia, Mana Favorit Anda?
Bantu Tubuh Makin Sehat, Ini Aplikasi Olahraga Gratis

SPORT

Bantu Tubuh Makin Sehat, Ini Aplikasi Olahraga Gratis
9 Contoh Permainan Bola Kecil yang Biasa Dimainkan

SPORT

9 Contoh Permainan Bola Kecil yang Biasa Dimainkan
Mengenal Olahraga Rugby dengan Segudang Manfaat

SPORT

Mengenal Olahraga Rugby dengan Segudang Manfaat
Atlet Bayaran Tertinggi Semua Cabang Olahraga, Siapakah Itu?

SPORT

5 Atlet Bayaran Tertinggi Semua Cabang Olahraga, Siapakah Itu?
Juara Piala Dunia Sepak Bola Maroko Aregntina Ini Yang Menang

SPORT

Juara Piala Dunia Sepak Bola Maroko Aregentina Ini Yang Menang