Home / SPORT

Jumat, 6 Oktober 2023 - 22:15 WIB

Permainan Bola Voli: Sejarah, Pengertian, dan Peralatan

- Penulis

Permainan Bola Voli: Sejarah, Pengertian, dan Peralatan

Permainan Bola Voli: Sejarah, Pengertian, dan Peralatan

Moccaapedia – Bagi Anda yang merasa penasaran dengan bola voli, bisa langsung mencari tahu bagaimana sejarah munculnya dan ada pengertiannya. Di Indonesia sendiri, olahraga bola voli cukup diminati dan sudah sering bermain di berbagai kejuaraan.

Penting juga untuk mengetahui bagaimana sejarah, pengertian, dan peralatan dalam bola voli. Dengan mengetahui hal tersebut, akan lebih mudah untuk memulai permainan ini. Pastikan Anda melatih semua teknik dasar dalam voli agar terbiasa.

 

Baca Juga :   Jenis-jenis Lari dalam Cabang Olahraga Atletik

 

Sejarah Bola Voli

Permainan Bola Voli: Sejarah, Pengertian, dan Peralatan
Permainan Bola Voli: Sejarah, Pengertian, dan Peralatan

Sejarah permainan bola voli dimulai ketika akhir abad ke-19 yang muncul pertama kali di Amerika Serikat di tahun 1895. Pada tahun itu, William G. Morgan yang merupakan seorang instruktur olahraga mulai membuat permainan bernama Mintonette.

Alasannya digunakan sebagai alternatif olahraga yang lebih ringan dari basket. Beberapa waktu kemudian banyak yang mulai menggunakan istilah bola voli karena ciri khasnya adalah melambungkan bola melewati net.

Tidak membutuhkan waktu lama, permainan ini pun mulai menyebar ke negara lain. Hingga pada tahun 1957, mulai mendirikan organisasi yang menaungi bola voli di seluruh dunia bernama FIVB atau Federation Internationale de Volleyball.

Tujuan pembentukan FIVB adalah untuk mengatur olahraga bola voli secara internasional. Berkat adanya organisasi, permainan bola voli mulai dikenal oleh lebih banyak negara. Semakin terkenal setelah menyatakan keikutsertaannya pada tahun 1964 di Olimpiade Tokyo.

Pada saat itu, olahraga bola voli mulai diakui sebagain olahraga internasional. Tentu saja sejak saat itu, terus menerus mengalami perubahan baik dari segi peraturan dan gaya permainan.

Adanya liga profesional bisa digunakan untuk menjadi teknologi pengukur strategi permainan dan kecepatan bola. Sejak awal berdirinya sampai saat ini, bola voli sudah menjalani berbagai perjalanan yang luar biasa.

 

Pengertian Bola Voli

Pengertian permainan bola voli dijelaskan oleh beberapa ahli untuk memudahkan siapa saja yang ingin mempelajari tentang bola voli. Berikut ini beberapa ahli yang menjelaskan tentang pengertian voli.

 

  1. Boni Robinson

Menurut Boni Robinson, pengertian bola voli adalah permainan di atas lapangan dengan bentuk persegi empat. Lapangan tersebut berukuran 9 x 18 m yang dibatasi dengan garis selebar 5 m. Di bagian tengah terdapat net dengan lebar 90 cm.

 

  1. Sukintaka

Adapun pengertian voli menurut Sukintaka adalah kegiatan memukul bola di udara untuk melemparnya ke bagian net lawan. Tujuannya adalah agar bisa menjatuhkan bola di area yang menghasilkan angka.

 

  1. Barbara L. Viera

Terakhir adalah pengertian bola voli dari Barbara L. Viera yaitu olahraga yang dimainkan oleh dua tim. Dalam satu tim terdapat enam orang dengan posisi masing-masing. Tujuan olahraga ini adalah memukul bola ke arah lapangan lawan dan berharap lawan tidak bisa mengembalikan bola agar mendapatkan angka.

 

Baca Juga :   Juara Piala Dunia Sepak Bola Maroko Aregentina Ini Yang Menang

 

Peralatan Bola Voli

Selain mengetahui sejarah dan pengertian, Anda juga perlu tahu apa saja peralatan yang dibutuhkan dalam permainan bola voli. Peralatan ini harus ada agar latihan bisa maksimal, khsusnya jika akan menghadapi pertandingan.

 

  1. Lapangan Voli

Jika ingin latihan bola voli namun tidak memiliki tempat sendiri, bisa menyewa hall atau gimnasium untuk latihan. Anda bisa mencari tempat kosong dengan panjang 18 x 9 meter untuk bermain voli. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan garis pembatas yang jaraknya sekitar 3 meter.

 

  1. Bola Voli

Peralatan lain dalam voli adalah bola yang dibutuhkan untuk mendapatkan angka kemenangan. Bola yang digunakan adalah bola dengan keliling 70 cm dan beratnya berkisar antara 250 sampai 280 gram. Adapun tekanan udara dalam bola tersebut bisa Anda atur mencapai 0.30 kg/cm2.

 

  1. Sepatu Voli

Perlengkapan permainan bola voli adalah sepatu voli yang dibuat khusus agar rasanya lebih nyaman. Sepatu voli biasanya didesain khusus untuk melindungi kaki dan memudahkan gerakan sehingga bisa berlari ke sana ke mari.

Anda juga bisa menghasilkan lari dan lompatan yang lebih cepat dengan menggunakan sepatu khusus voli.

 

  1. Elbowpad

Elbowpad adalah perlengkapan voli berupa pelindung siku ketika Anda harus menjangkau bola ke lantai. Fungsinya adalah melindungi siku dari gesekan dengan lantai agar tidak terluka. Hal ini karena tidak jarang Anda perlu jatuh bangun untuk memukul bola.

 

  1. Kartu Penalti

Kartu penalti ini dipegang oleh wasit yang duduk di atas dekat net. Biasanya kartu kuning diberikan kepada pemain yang tidak bisa bersikap baik selama pertandingan. Namun, tidak ada hukuman yang diberikan pemain dengan kartu kuning.

Hanya saja, kalau ada pemain yang terus menerus melakukan pelanggaran akan dikenakan kartu merah dan sanksi. Kerugian akan dirasakan oleh tim karena bisa kehilangan poin atau kehilangan kesempatan melakukan servis.

Lalu apa arti ketika wasit mengeluarkan kartu kuning dan merah sekaligus? Artinya adalah pemain tersebut harus meninggalkan lapangan dan tidak boleh bermain lagi.

 

  1. Kneepad

Kneepad adalah perlengkapan dalam permainan bola voli yang berfungsi untuk melindungi lutut dari gesekan dengan lantai. Jadi, Anda tidak hanya melindungi siku saja tetapi lutut juga karena sering menerima bola di bawah. Alat ini juga bisa melindungi pemain dari cidera ketika melakukan lompatan.

 

  1. Pelindung Ruas Jari

Atlet juga perlu menggunakan pelindung ruas jari agar terhindar dari keluhan rasa sakit. Tidak jarang ada pemain yang mengeluh sakit saat memukul bola khususnya para blocker. Tugas blocker adalah memblok serangan lawan serta menahan pukulan keras.

 

  1. Celana Pendek dan Kaos

Pemain voli tentu harus menggunakan pakaian yang membuat nyaman saat bergerak di lapangan. Biasanya pemain menggunakan celana pendek dan kaos tanpa lengan. Namun, kini pemain voli wanita muslim diperbolehkan menggunakan pakaian lengan panjang, celana panjang, dan hijab.

Tentu saja pakaian yang digunakan perlu menyesuaikan dengan gerakan yang dilakukan agar bisa menjalankan strategi. Pergerakan Anda bisa terhambat apabila pakaian yang digunakan terasa kurang nyaman.

 

  1. Tiang dan Net

Terakhir adalah menyiapkan net dan tiang untuk menyempurnakan permainan. Net digantung langsung di tiang dan ukurannya 9.5 x 1 meter dengan 10 cm untuk bagian mata net. Adapun tinggi net untuk pria adalah 2.43 meter dan untuk perempuan adaah 2.24 meter.

 

Posisi Pemain Voli

Dalam permainan bola voli terdapat enam posisi yang memiliki tugas masing-masing dan saling berhubungan. Bagaimana keenam pemain tersebut bisa memaksimalkan perannya di lapangan hingga menghasilkan angka.

 

  1. Universal Player

Universal player adalah pemain yang bisa bermain di banyak posisi. Biasanya memiliki kemampuan yang baik dalam menerima, bertahan, dan menyerang.

 

  1. Middle Blocker

Perannya adalah memblok bola dari lawan yang datang dari depan net. Biasanya middle blocker memiliki kemampuan lompat yang bagus.

 

  1. Libero

Peran libero adalah untuk menerima bola dan bertahan sehingga tidak boleh melakukan blok, spike, dan servis.

 

  1. Tosser

Peran tosser adalah memberikan umpan kepada spiker.

 

  1. Spiker

Tugas dari seorang spiker adalah melakukan serangan kepada bola yang dikirim lawan.

 

  1. Server

Tugasnya adalah melakukan servis di awal pertandingan.

 

Permainan bola voli adalah salah satu jenis olahraga yang sudah ada sejak lama dan peminatnya di seluruh dunia sangat banyak.

 

Baca Juga :   5 Esport Terbaik di Indonesia dengan Segudang Prestasi

Share :

Baca Juga

3 Waktu yang Tepat Untuk Olahraga di Bulan Puasa, Ketahui Ini

SPORT

3 Waktu yang Tepat Untuk Olahraga di Bulan Puasa, Ketahui Ini
Mengenal Organisasi Esport Indonesia yang Keren (Foxpsorts.com.au)

SPORT

Mengenal Organisasi Esport Indonesia yang Terus Berkembang
Cara Terbaik Belajar dari Awal Olahraga Bulutangkis

SPORT

Cara Terbaik Belajar dari Awal Olahraga Bulutangkis
Turnamen Esport dengan Hadiah Terbesar di Dunia (Riot Games)

SPORT

Daftar, Turnamen Esport dengan Hadiah Terbesar di Dunia!
7 Manfaat Senam bagi Tubuh yang Penting Diketahui

SPORT

7 Manfaat Senam bagi Tubuh yang Penting Diketahui
Harga Pajero Sport Terbaru 2023, Promo !!

SPORT

Harga Pajero Sport Terbaru 2023, Promo !!
4 Olahraga Mengecilkan Paha yang Efektif

SPORT

4 Olahraga Mengecilkan Paha yang Efektif
Olahraga Paling Populer di Dunia

SPORT

7 Olahraga Paling Populer di Dunia, Mana Favorit Anda?