Home / SPORT

Jumat, 7 Juli 2023 - 10:11 WIB

Olahraga Ekstrim Parkour, Benarkah Berbahaya?

- Penulis

Olahraga Ekstrim Parkour, Benarkah Berbahaya?

Olahraga Ekstrim Parkour, Benarkah Berbahaya?

Moccaapedia – Parkour adalah olahraga ekstrim yang memiliki banyak peminat. Orang awam merasa bahwa parkor merupakan olahraga berbahaya karena atletnya harus melompat melewati berbagai rintangan.

Pada kenyataannya, parkour bukanlah olahraga berbahaya malah sebaliknya. Ada banyak manfaat di balik gerakan ekstrim. Selain itu, selama melakukan berbagai gerakan para atlet menggunakan alat keselamatan seperti helm pelindung.

 

Baca Juga :   Tren Pakaian Olahraga yang Akan Membuat Anda Berkeringat

 

Sejarah Olahraga Parkour

Olahraga Ekstrim Parkour, Benarkah Berbahaya?
Olahraga Ekstrim Parkour, Benarkah Berbahaya?

 

Sejarah olahraga parkour adalah berasal dari Prancis dan penemunya bernama David Belle. Saat itu tujuan adanya parkour untuk membentuk badan dan pikiran seseorang agar bisa menghadapi segala bentuk rintangan.

Arti dari parkour sendiri merupakan berpindah atau bergerak dari tempat satu ke tempat lainnya dengan kecepatan yang luar biasa. Gerakan pada olahraga ini juga terbilang indah dan keren. Para atlet tampak bisa menjaga keseimbangan mereka

David Belle adalah orang yang menyebarkan olahraga parkour ke berbagai belahan dunia. Penyebarannya bermula di daratan Eropa hingga meluas ke banyak negara. David Belle mengatakan bahwa olahraga ini terinspirasi dari ayahnya yang bernama Raymond Belle.

Raymond Belle merupakan seorang tentara asal Prancis yang bergabung dalam kelompok pemadam kebakaran militer. Sejak berusia 16 tahun, David Belle sudah memiliki cita-cita ingin menjadi “pahlawan”, bahkan ia rela meninggalkan sekolahnya.

Tujuannya adalah mencari kebebasan, melakukan banyak aksi yang David suka agar berguna bagi kehidupannya. Ayahnya mendukung pilihan David dan mengajarkannya latihan halang rintang dan metode natural yang akhirnya dikenal dengan istilah parkour.

 

Parkour Masuk ke Indonesia

Lalu bagaimana parkour bisa masuk ke Indonesia? Semuanya berawal di tahun 2007. Saat itu sudah ada website Parkour Indonesia yang menaungi olahraga parkour. Dari sana olahraga ekstrim ini kemudian berkembang.

Tujuan Parkour Indonesia yaitu sebagai sumber informasi mengenai olahraga parkour dan mengembangkan minat masyarakat akan olahraga tersebut. Selain itu, penyebaran informasi juga melalui film contohnya adalah film Banlieue 13 dan Yamakasi.

Pada film tersebut pencetus olahraga parkour yaitu David Belle bermain dalam film tersebut. Selain film, Nike yang merupakan perusahaan olahraga besar membuat iklan komersial dengan memasukkan adegan parkour.

Film pendek Indonesia yang berjudul After Run yang dibuat oleh Padepokan Film Malang dan Play On juga menceritakan tentang olahraga parkour. Parkour merupakan seni mengekspresikan diri dengan berani dan melawan rasa takut.

 

Manfaat Olahraga Parkour Bagi Kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa parkour merupakan olahraga ekstrim namun tidak berbahaya. Gerakan ekstrim tersebut sebenarnya aman-aman saja bagi atlet yang sudah terlatih, apalagi mereka juga mengenakan alat pelindung.

Tentu saja olahraga ini memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan. Di bawah ini beberapa manfaat dari olahraga parkour.

 

  1. Menguatkan Tulang

Beberapa gerakan parkour bisa meningkatkan kesehatan tulang seperti vaults dan quadrupedal. Gerakan vaults sendiri tidak hanya menguatkan tulang saja tetapi juga dapat menahan beban dan menjaga kepadatan tulang.

 

  1. Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri

Parkour adalah olahraga yang bisa meningkatkan kepercayaan diri karena saat mempraktekkannya Anda akan melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri karena yakin bisa melalui rintangan tersebut.

Contohnya adalah apabila sebelumnya Anda merasa ragu-ragu ketika melihat dinding besar yang tampaknya sulit dilewati, kini menjadi percaya diri. Ketika berhasil melewatinya Anda akan merasa puas dan ingin terus menerus melakukan hal-hal baru.

 

Baca Juga :   Permainan Bola Voli: Sejarah, Pengertian, dan Peralatan

 

  1. Meningkatkan Kreativitas

Parkour termasuk olahraga yang dapat meningkatkan kreativitas karena tidak memiliki aturan baku seperti olahraga lainnya. Anda tidak perlu mengikuti aturan apapun saat melewati dinding dan rintangan apapun. Hanya saja, tetap gunakan alat keselamatan selama olahraga.

Alasan mengapa tidak ada aturan baku adalah agar atlet bisa memikirkan sendiri bagaimana cara menghadapi rintangan di depan.

 

  1. Mengurangi Rasa Takut

Inilah tujuan utama adanya olahraga parkour yaitu untuk melawan rasa takut. Selama ini Anda mungkin membayangkan tidak sanggup melewati dinding tinggi dan takut terluka. Namun, jika terus berlatih rasa takut akan berkurang.

Hampir semua gerakan parkour adalah melompat dari ketinggian bahkan ada yang berjalan dan memanjat dinding. Latihan parkour bertujuan untuk melawan rasa takut khususnya yang takut akan ketinggian.

Parkour dapat menurunkan kecanggungan, sarana untuk mengekspresikan diri, dan melawan mobilitas konvensional.

 

  1. Membentuk Postur Tubuh yang Bagus

Sama seperti olahraga lainnya, manfaat parkour adalah untuk membentuk postur tubuh yang bagus. Latihan ketahanan dan kreativitas semacam ini dapat membentuk tubuh yang Anda inginkan.

Seperti punggung lurus, tungkai tangan dan kaki dapat bergerak lincah, bahu tegak, dan gerakan menjadi lebih terkontrol. Tentu saja dapat meningkatkan sistem imun karena olahraga dengan banyak gerakan ini sangat menyehatkan tubuh.

 

Gerakan Pada Olahraga Parkour

Kalau Anda memang tertarik untuk mempelajari olahraga ekstrim ini bisa memahami beberapa gerakan di bawah sebagai dasar.

 

  1. Pendaratan Dua Titik

Pendaratan dua titik merupakan gerakan awal yang harus dikuasai oleh para pemula. Gerakan ini tergolong paling mudah di olahraga parkour. Pendaratan dua titik artinya hanya mendaratkan kaki saja dan bagian tubuh lainnya tidak boleh menyentuh tanah.

Cara agar bisa melakukan pendaratan dua titik adalah menemukan langkan yang tingginya tidak melebihi 4 kaki dari tanah. Kalau tempat mendaratnya masih terlalu tinggi, Anda bisa mencari tepian yang lebih rendah.

Tidak perlu melompat dari tempat yang tinggi agar bisa mendarat dengan aman dan nyaman. Lakukan latihan ini berulang kali sampai seimbang.

 

  1. Pendaratan Empat Titik

Masuk ke gerakan kedua yaitu pendaratan empat titik yaitu bisa mendarat di tepian lebih tinggi dari sebelumnya. Gerakannya adalah mendarat dengan kedua kaki dulu baru kemudian turun dan jongkok. Setelah itu, letakkan tangan ke bawah agar bisa menyerap kekuatan.

Pendaratan empat titik merupakan gerakan dasar yang perlu dipelajari oleh seorang pemula. Memang untuk bisa mempraktekkannya dengan baik butuh latihan rutin. Hal ini karena tidak banyak orang yang bisa melakukannya.

 

  1. Lompatan Luas di Tanah yang Datar

Masuk ke gerakan berikutnya yaitu lompatan luas di tanah yang datar. Melompat sendiri juga merupakan gerakan dasar dari olahraga parkour. Tujuan melakukan lompatan parkour adalah agar bisa mendapatkan kecepatan yang baik.

Seberapa cepat dan baik lompatan seseorang diukur dari bagaimana caranya Anda melakukan presisi lompatan, memanjat, dan berbalik dengan baik. Tujuan dari latihan lompatan luas ini adalah untuk meningkatkan jarak dan tinggi lompatan.

 

  1. Bounce Backs

Gerakan bounce backs pada parkour adalah gerakan pantulan dinding. Gerakan pantulan dinding ini akan menyelamatkan Anda apabila ketika melompat tidak bisa menjangkau tepian. Jadi, Anda mendaratkan punggung dulu di dinding.

 

  1. Lompat Derek

Terakhir adalah gerakan lompat derek agar bisa menghasilkan presisi lompatan yang sempurna. Lompatan derek sendiri adalah mendaratkan satu kaki di atas langkan dan kaki lainnya di sisi langkan untuk menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh.

 

Parkour adalah olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti menjaga keseimbangan dan melawan rasa takut. Olahraga ini sudah dikenal sejak lama dan pegiatnya juga semakin banyak.

 

Baca Juga :   Olahraga Peninggi Badan yang Mudah Dilakukan

Share :

Baca Juga

4 Olahraga Mengecilkan Paha yang Efektif

SPORT

4 Olahraga Mengecilkan Paha yang Efektif
Ubisoft Indonesia

SPORT

Mengenal Ubisoft Indonesia Beserta Daftar Seri Game Lengkap
Olahraga Tradisional di Indonesia yang Populer

SPORT

Olahraga Tradisional di Indonesia yang Populer
Apa Manfaat Renang Bagi Tubuh? Ini Dia Penjelasannya

SPORT

Apa Manfaat Renang Bagi Tubuh? Ini Dia Penjelasannya
Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham

SPORT

Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham
5 Tips Rajin Olahraga Bagi Kaum Mager

SPORT

5 Tips Rajin Olahraga Bagi Kaum Mager
5 Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada di Mana?

SPORT

5 Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada di Mana?
Bantu Tubuh Makin Sehat, Ini Aplikasi Olahraga Gratis

SPORT

Bantu Tubuh Makin Sehat, Ini Aplikasi Olahraga Gratis