Home / SPORT

Jumat, 11 Agustus 2023 - 23:37 WIB

Olahraga Loncat Indah: Sejarah, Manfaat, dan Teknik

- Penulis

Olahraga Loncat Indah: Sejarah, Manfaat, dan Teknik

Olahraga Loncat Indah: Sejarah, Manfaat, dan Teknik

Moccaapedia – Olahraga lompat indah merupakan salah satu jenis olahraga yang gerakannya berupa loncatan, penyalaman, jungkir balik, dan putaran. Loncat indah merupakan jenis olahraga air yang juga termasuk cabang olahraga yang dilombakan.

Melakukan olahraga apapun seperti loncat indah tentu membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, kalau Anda melihat gerakan atlet loncat indah pasti terlihat sangat anggun karena gerakannya sudah terlatih.

 

Baca Juga :   Jenis Pukulan Bola Tenis yang dapat Anda Kuasai

 

Sejarah Olahraga Loncat Indah

Olahraga Loncat Indah: Sejarah, Manfaat, dan Teknik
Olahraga Loncat Indah: Sejarah, Manfaat, dan Teknik

 

Negara yang mengawali olahraga ini adalah Swedia dan Jerman yang bermula dari dua atlet senam. Kedua atlet senam tersebut menggunakan metode yang berbeda dalam senam yaitu dengan menyelam ke air.

Tidak hanya menyelam biasa karena kedua atlet tersebut juga menerapkan teknik soft landing agar bisa mendapatkan hasil memuaskan. Kemudian orang-orang mengenal teknik tersebut dan menyebutnya sebagai loncat indah atau fancy diving.

Ketika melakukan kegiatan menyelam dalam air, atlet akan mengawalinya dengan gerakan meloncat dari ketinggian Mengingat olahraga ini sudah mulai dikenal, pada tahun 1893 di Highgate Ponds Inggris, ada yang membuat tempat loncat setinggi 15 kaki.

Olahraga ini kemudian semakin berkembang sehingga masuk ke kejuaraan tingkat dunia pada tahun 1895. National Graceful Diving Competition merupakan kejuaraan yang pertama kali muncul di Swedia.

Beberapa tahun kemudian tepatnya di 1908, olahraga loncat indah masuk ke Olimpiade London yang sudah diperkenalkan sejak 4 tahun sebelumnya. 1912 atlet wanita sudah mendapatkan izin untuk mengikuti ajang perlombaan loncat indah.

 

Teknik Olahraga Loncat Indah

Seiring berjalannya waktu, olahraga ini semakin berkembang sehingga terbagi menjadi beberapa teknik. Teknik-teknik di bawah ini perlu Anda kuasai kalau ingin mahir seperti atlet loncat indah. Apa saja teknik-teknik tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya.

 

  1.     Loncat ke Dalam

Loncatan ke dalam atau inward adalah gerakan meloncat dengan mengatur punggung untuk menghadap ke air. Saat melakukan tolakan, kaki dan pinggul akan terangkat dan wajah menghadap air lalu melompat. Berikut gerakan loncatan ke dalam.

  •         Loncatan ke dalam
  •         1 ½ salto melayang ke dalam air
  •         Salto melayang ke dalam air
  •         Salto ke dalam
  •         2 salto ke dalam
  •         2 ½ salto ke air
  •         3 ½ salto ke dalam air

 

  1.     Loncatan Berbalik atau Reverse

Reverse atau loncatan berbalik merupakan teknik loncat indah yang dimulai dengan badan menghadap ke permukaan air. Saat Anda meloncat, angkat kaki sampai tubuh masuk ke air. Pada saat ini, punggung yang akan menghadap ke permukaan air. Berikut gerakan loncat berbalik.

  •         1 12/ salto melayang kontra
  •         Salto melayang kontra
  •         Loncatan kontra
  •         Salto kontra
  •         1 ½ salto kontra
  •         2 ½ salto kontra
  •         3 ½ salto kontra

 

  1.     Loncatan ke Depan

Teknik ketiga adalah forward atau loncatan ketiga yaitu mengatur tubuh untuk menghadap ke air. Saat tubuh dalam kondisi melayang, Anda harus menggerakkan lengan ke sisi secara anggun seperti sedang terbang. Kemudian rapatkan kedua tangan dan terjun ke air. Berikut gerakan loncat ke depan.

  •         2 ½ salto melayang ke depan
  •         2 salto melayang ke depan
  •         Salto ke depan
  •         1 ½ salto ke depan
  •         2 salto ke depan
  •         2 ½ salto ke depan
  •         1 ½ salto melayang ke depan
  •         Salto melayang ke depan
  •         3 ½ salto ke depan
  •         4 ½ salto ke depan

 

  1.     Loncatan ke Bawah

Backward atau loncatan ke bawah merupakan teknik terakhir dalam olahraga loncat indah. Untuk melakukan loncatan ke bawah, atur posisi badan membelakangi kolam. Setelah itu lakukan loncatan dari papan secara bertolak lurus ke atas.

Kemudian Anda bisa melanjutkan dengan gerakan salto dan senam. Berikut ini beberapa gerakan yang ada dalam praktik loncatan ke bawah.

  •         Salto melayang ke belakang
  •         3 ½ salto ke belakang
  •         2 ½ salto ke belakang
  •         Salto ke belakang
  •         Loncatan ke belakang
  •         1 ½ salto ke belakang

 

Baca Juga :   4 Rekomendasi Game Terbaik dan Terbaru 2023 Dijamin Seru!!

 

Manfaat Olahraga Loncat Indah

Semua olahraga yang Anda lakukan tentu bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Olahraga bisa mengeluarkan keringat sehingga menyebabkan hormon kebahagiaan muncul. Kegiatan ini juga dapat meredam perasaan stress, lalu apa manfaat loncat indah?

 

  1.     Melatih Keberanian

Tidak dapat dipungkiri bahwa semua gerakan loncat indah bertujuan untuk melatih keberanian. Anda harus berdiri di atas papan loncat untuk melakukan lompatan ke dalam air dengan gerakan yang sangat anggun. Gerakan tersebut sebelumnya sudah dilatih, hanya saja untuk orang dengan trauma ketinggian sebaiknya tidak melakukan olahraga ini.

Hal ini karena keberanian juga menjadi penentu keberhasilan dari olahraga ini. Akan tetapi, kalau Anda adalah si pemberani yang ingin menambah keberanian bisa melakukan olahraga loncat indah secara rutin.

Hasilnya adalah Anda akan menjadi manusia yang pantang menyerah dan berani dalam menyelesaikan semua masalah. Orang tersebut juga akan berani mengambil risiko atas keputusannya.

 

  1.     Menambah Tinggi Badan

Masalah yang kerap kali dialami oleh seseorang adalah insecure terhadap tinggi badan. Kalau Anda ingin menambahkan tinggi badan dengan cara sehat bisa melakukan loncat indah. Tolakan yang dilakukan pada loncat indah akan menarik otot tubuh sehingga semakin tinggi.

 

  1.     Melatih Keseimbangan

Manfaat loncat indah yang lain adalah untuk melatih keseimbangan tubuh. Keseimbangan tubuh ketika melakukan gerakan akrobatik di udara akan terasa. Semakin rutin melakukannya, semakin sempurna pula gerakan mendarat di air.

Memiliki keseimbangan tubuh yang baik sangat bermanfaat untuk terhindar dari risiko terjatuh atau terluka saat membawa benda berat. Hal ini karena tubuh Anda sudah terlatih sehingga bisa membawa benda berat dengan mudah.

 

  1.     Meningkatkan Kepercayaan Diri

Selain untuk melatih keseimbangan, gerakan pada loncat indah juga bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri tinggi sangat dibutuhkan dalam melakukan gerakan loncat indah agar hasilnya bisa maksimal.

Rasa kepercayaan diri akan semakin terasah ketika rutin melakukan gerakan loncat indah. Saat hendak melakukan loncatan, rasa percaya diri akan membantu atlet menghasilkan gerakan yang sempurna.

 

  1.     Meningkatkan Konsentrasi

Sering mengeluh kesulitan konsentrasi? Sepertinya Anda kurang berolahraga. Kalau ingin mencoba olahraga baru yang agak ekstrem, bisa melakukan loncat indah. Ketika melakukan loncatan, diperlukan konsentrasi tinggi agar bisa membentuk tubuh dengan sempurna.

Agar sukses melakukan gerakan akrobatik saat loncat, Anda perlu fokus karena perlu mempraktikkan teknik-tekniknya.

 

Peraturan Olahraga Loncat Indah

Ada beberapa peraturan yang harus dipenuhi oleh atlet sebelum memulai. Berikut ini beberapa peraturan dari loncat indah.

 

  1.     Melakukan Pemanasan

Sebelum memulai olahraga apapun, Anda perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak cedera.

 

  1.     Mengambil Undian

Kemudian Anda bisa mengambil undian untuk mendapatkan nomor urut. Nanti, juri yang akan mengundi siapa yang pertama bertanding.

 

  1.     Memakai Baju Renang

Saat bertanding, atlet harus menggunakan pakaian renang karena olahraga ini dilakukan di kolam renang. Setelah mendapatkan nomor undian, atlet diminta untuk menunggu giliran. Setelah itu, akan Anda pengumuman terkait pemenang kejuaraan tersebut.

 

Olahraga loncat indah adalah jenis olahraga yang membutuhkan keberanian tinggi karena termasuk olahraga ekstrem. Perlu latihan rutin agar bisa menghasilkan lompatan yang anggun. Akan tetapi, kalau berhasil melakukannya Anda akan semakin berani dan percaya diri.

 

Baca Juga :   7 List Mobil Termahal di Dunia, Artis Indo Tidak Punya !

Share :

Baca Juga

Harga Pajero Sport Terbaru 2023, Promo !!

SPORT

Harga Pajero Sport Terbaru 2023, Promo !!
Mengenal Olahraga Dayung, Pengertian dan Manfaatnya

SPORT

Mengenal Olahraga Dayung, Pengertian dan Manfaatnya
7 List Mobil Termahal di Dunia, Artis Indo Tidak Punya !

SPORT

7 List Mobil Termahal di Dunia, Artis Indo Tidak Punya !
Olahraga Paling Populer di Dunia

SPORT

7 Olahraga Paling Populer di Dunia, Mana Favorit Anda?
Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham

SPORT

Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham
Juara Piala Dunia Sepak Bola Maroko Aregntina Ini Yang Menang

SPORT

Juara Piala Dunia Sepak Bola Maroko Aregentina Ini Yang Menang
Cara Meningkatkan Teknik Bola Voli Anda Supaya Jago

SPORT

Cara Meningkatkan Teknik Bola Voli Anda Supaya Jago
Cari Tahu, Toko Peralatan Olahraga Terdekat di Surabaya

SPORT

Cari Tahu, Toko Peralatan Olahraga Terdekat di Surabaya