Home / SPORT

Jumat, 21 Juli 2023 - 22:25 WIB

Atasi Ketakutan dengan Olahraga Air, Benarkah Bisa?

- Penulis

Atasi Ketakutan dengan Olahraga Air, Benarkah Bisa?

Atasi Ketakutan dengan Olahraga Air, Benarkah Bisa?

Moccaapedia Apabila Anda bisa rutin berolahraga maka akan berdampak baik bagi kesehatan. Kalau bosan dengan olahraga yang itu-itu saja bisa mencoba hal baru seperti olahraga air. Melakukan olahraga di air tidak akan terasa melelahkan karena sambil bermain.

Sebagian orang mengatakan bahwa melakukan aktivitas air merupakan hal yang menakutkan. Padahal berolahraga sambil bermain di air adalah aktivitas menyenangkan. Anda bisa melatih keberanian sekaligus menyehatkan tubuh.

 

Baca Juga :   MotoGP Kejuaraan Dunia, Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa

 

Aktivitas Olahraga Air

Atasi Ketakutan dengan Olahraga Air, Benarkah Bisa?
Atasi Ketakutan dengan Olahraga Air, Benarkah Bisa?

 

Manfaat melakukan aktivitas air adalah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan menambah stamina. Di bawah ini ada beberapa jenis aktivitas air yang bisa Anda lakukan secara rutin.

 

1. Menyelam (Diving)

Olahraga diving atau menyelam merupakan kegiatan menyelami bawah laut dan menyisakan keindahan di bawah sana. Diving dapat dilakukan dengan atau tanpa menggunakan perlengkapan. Namun, kalau Anda masih seorang pemula sebaiknya tetap mengenakan peralatan keselamatan.

Menyelam ke bawah laut bukan hanya untuk olahraga saja melainkan juga untuk melakukan penelitian. Apabila ingin melakukan diving perlu memiliki kemampuan menyelam dan menyiapkan peralatan seperti kaki katak baju selam, kacamata renang, dan alat bantu pernapasan.

Akan tetapi tidak semua kegiatan menyelam membutuhkan alat bantu untuk pernapasan. Ada beberapa jenis aktivitas menyelam yang perlu Anda ketahui sebagai berikut.

1. Open Water Diving

Tujuan dari melakukan open water diving adalah untuk rekreasi di bawah laut. Biasanya penyelam mendapatkan izin untuk melakukan diving di perairan terbuka yang jauh dari tengah laut dan batas garis pantai.

Akan tetapi kegiatan open water diving perlu pengawasan langsung dari instruktur selam agar penyelam tidak terbawa arus. Nah, untuk jenis diving yang satu ini biasanya membutuhkan peralatan selam lengkap.

2. Night Diving

Selain open water diving ada lagi night diving yaitu aktivitas selam yang dilakukan malam hari. Kegiatan ini terlihat cukup unik karena penyelam bisa meneliti bawah laut dalam keadaan malam hari.

Tentu saja pemandangan bawah laut saat malam hari akan berbeda dengan siang hari, bahkan lebih indah. Biasanya penyelam akan membawa senter sebagai penerang agar pemandangan bawah laut bisa terlihat jelas.

3. Free Diving

Berbeda dengan dua jenis diving di atas, freediving adalah aktivitas olahraga yang hanya mengenakan kacamata renang, kaki katak, dan baju renang saja. Orang yang melakukan free diving biasanya hanya menyelam di perairan yang tidak terlalu dalam agar aman.

 

2. Renang

Jenis olahraga air selain menyelam adalah renang yang memiliki banyak manfaat seperti melancarkan pernapasan. Renang merupakan jenis olahraga yang mengandalkan kemampuan kaki dan tangan untuk bergerak melintasi air.

Walaupun lebih banyak orang yang melakukannya hanya untuk senang-senang saja tetapi manfaatnya akan tetap Anda rasakan. Beberapa manfaat olahraga renang adalah sebagai berikut.

1. Menurunkan Berat Badan

Buat Anda yang ingin melakukan diet sehat bisa rutin olahraga renang. Selama satu jam melakukan olahraga renang dapat menurunkan 400 sampai 700 kalori. Nah, kalau Anda ingin menurunkan berat badan secara cepat bisa rutin melakukan olahraga renang.

Tidak hanya menurunkan berat badan saja, rutin olahraga renang juga bisa mengurangi jaringan lemak di perut sehingga perut akan mengecil.

2. Mengurangi Stres

Apakah Anda sering kebingungan bagaimana cara mengelola stres? Tidak perlu khawatir karena bisa berenang. Renang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja melainkan juga kesehatan mental.

Renang terbukti bisa mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati sehingga semangat akan kembali muncul. Apabila Anda memiliki gangguan depresi dan gangguan kecemasan renang akan membuat Anda merasa lebih tenang.

3. Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan seseorang kesulitan tidur di malam hari. Gangguan tidur ini jelas akan membuat siapapun yang merasakannya tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa berolahraga renang secara rutin dan bisa tidur nyenyak.

Baca Juga :   Mengenal Organisasi Esport Indonesia yang Terus Berkembang

3. Selancar

Olahraga air berikutnya yang tidak kalah seru adalah surfing atau selancar. Selancar merupakan olahraga ekstrem karena membutuhkan keterampilan khusus. Terdapat dua gerakan dasar yang perlu Anda kuasai yaitu selancar dan mengayuh.

Dua gerakan tersebut memiliki manfaat untuk melatih kekuatan tulang belakang, bahu, dan tubuh bagian bawah. Di bawah ini ada teknik selancar yang bisa Anda lakukan apabila ingin mempelajarinya.

1. Paddling

Teknik paddling merupakan teknik mendayung di atas papan selancar yang bertujuan untuk menangkap ombak. Cara mempelajari teknik paddling adalah dengan tengkurap di atas papan selancar kemudian atur gerakan mendayung menggunakan kedua tangan.

2. Popping Up

Kalau sudah bisa menguasai paddling, Anda bisa melakukan gerakan popping up yang merupakan teknik berdiri di atas papan selancar dengan tangan mendayung. Butuh kecepatan agar lancar melakukan popping up.

3. Stand Up

Setelah popping up ada lagi stand up yang merupakan teknik berdiri di atas papan selancar tanpa mendayung ombak. Melakukan teknik stand up memang agak sulit karena membutuhkan keseimbangan dalam menggerakkan papan.

 

4. Kano

Apa saja olahraga air selain renang, selancar, dan menyelam? Jawabannya adalah kano. Kano merupakan olahraga yang menggunakan perahu kecil terbuka dan bagian ujungnya agak lancip. Perahu ini berukuran kecil sehingga hanya bisa memuat dua orang saja.

Ada banyak manfaat yang akan Anda rasakan apabila melakukan olahraga kano secara rutin sebagai berikut.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sama seperti olahraga renang, kano juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kano termasuk olahraga kardio berintensitas rendah sehingga jika melakukannya secara rutin baik bagi jantung.

2. Meningkatkan Kekuatan Pinggang dan Kaki

Ingin memiliki kaki kuat? Anda bisa melakukan olahraga kano. Olahraga ini mengandalkan kekuatan kaki dan pinggang sehingga dua anggota tubuh tersebut akan semakin kuat.

3. Menjaga Kesehatan Mental

Kano dilakukan di perairan tenang dan di sekelilingnya terdapat alam hijau sehingga Anda bisa sekaligus menyegarkan pikiran. Saat melakukan kano, taruh ponsel dan fokus pada olahraga tersebut. Hal ini akan membantu menenangkan pikiran yang sedang stres.

Kegiatan ini dapat memberikan efek meditasi sehingga dapat meningkatkan suasana hati. Jadi, setelah melakukan kano biasanya pikiran akan tenang dan perasaan menjadi lebih bahagia.

4. Meningkatkan Kekuatan Otot

Manfaat terakhir dari kano adalah meningkatkan kekuatan otot. Ketika menggerakkan dayung tanpa sadar otot juga akan bergerak sehingga menjadi kuat. Khususnya otot di daerah dada, bahu, punggung, dan tangan.

 

5. Arung Jeram

Olahraga air terakhir adalah arung jeram yang bisa Anda lakukan bersama keluarga atau teman terdekat. Arung jeram bisa untuk empat orang dan satu orang yang bertugas sebagai pemandu. Tidak hanya olahraga saja, arung jeram bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan karena sambil berpetualangan.

Kalau kano menggunakan kapal kecil, arung jeram menggunakan boat karet dayung dan dilakukan di sungai dengan aliran deras. Ini beberapa manfaat melakukan olahraga arung jeram.

1. Melatih Daya Tahan Fisik

Mengarungi arus sungai adalah hal yang tidak bisa Anda prediksi. Jadi, saat terjatuh Anda perlu berenang dan kembali ke boat karet untuk melawan arus. Dengan cara ini ketahanan fisik akan terlatih.

2. Melatih Keseimbangan

Terakhir adalah untuk melatih keseimbangan karena selama berada di atas boat karet Anda harus menjaga keseimbangan agar tidak jatuh ke sungai.

 

Beragam olahraga air bisa membantu Anda melawan rasa takut. Lakukan olahraga yang menurut Anda ringan dulu baru mencoba olahraga ekstrim seperti selancar.

 

Baca Juga :   Awas, Ketahui Bahaya Berenang Setelah Makan

Share :

Baca Juga

5 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani, Mari Pelajari Bersama!

SPORT

5 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani, Mari Pelajari Bersama!
jenis olahraga kardio

SPORT

5 Jenis Olahraga Kardio untuk Mengecilkan Perut, Apa Saja?
Perbedaan Voli Pantai dan Voli Biasa, Ada Aturan Sendiri

SPORT

Perbedaan Voli Pantai dan Voli Biasa, Ada Aturan Sendiri
Harga Pajero Sport Terbaru 2023, Promo !!

SPORT

Harga Pajero Sport Terbaru 2023, Promo !!
Olahraga Paling Populer di Dunia

SPORT

7 Olahraga Paling Populer di Dunia, Mana Favorit Anda?
Teknik Meningkatkan Latihan Olahraga Sepak Bola

SPORT

Teknik Meningkatkan Latihan Olahraga Sepak Bola
MotoGP Kejuaraan Dunia dan Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa (Pixabay/Jiří Rotrekl)

SPORT

MotoGP Kejuaraan Dunia, Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa
Olahraga Tradisional di Indonesia yang Populer

SPORT

Olahraga Tradisional di Indonesia yang Populer