Home / SPORT

Jumat, 10 November 2023 - 22:22 WIB

5 Manfaat Fitness bagi Wanita yang Penting Diketahui

- Penulis

5 Manfaat Fitness bagi Wanita yang Penting Diketahui

5 Manfaat Fitness bagi Wanita yang Penting Diketahui

Moccaapedia – Kalau Anda melakukan fitness maka akan terasa manfaatnya bagi tubuh salah satunya adalah membuat tubuh menjadi bugar. Manfaat fitness bagi wanita akan terasa jika melakukan angkat beban di tempat gym secara rutin.

Saat pergi ke gym sebaiknya jangan hanya menggunakan treadmill saja atau mesin kardio lain karena Anda bisa menggunakan alat lain. Misalnya jika ingin latihan angkat beban bisa menggunakan barbel karena ada alat khusus untuk wanita.

 

Baca Juga :   Mengenal Olahraga Rugby dengan Segudang Manfaat

 

Manfaat Fitness bagi Wanita

5 Manfaat Fitness bagi Wanita yang Penting Diketahui
5 Manfaat Fitness bagi Wanita yang Penting Diketahui

 

Memiliki tubuh seperti seorang binaraga adalah impian sebagian orang karena massa otot dapat meningkat. Bentuk tubuh Anda juga akan berubah sehingga bisa terhindar dari terjadinya obesitas, namun tidak perlu melakukan latihan ekstrem.

 

  1. Membakar Lemak Lebih Banyak

Manfaat pertama adalah bisa membakar lemak lebih banyak karena massa otot dan metabolisme akan meningkat. Latihan beban sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cara sehat.

Untuk pemula bisa memulai angkat beban 0.5 kg saja agar otot bisa semakin terbentuk. Dengan berat beban tersebut Anda sudah membakar sebanyak 30 sampai 50 kalori dalam satu hari. Jadi, lakukan latihan angkat beban secara rutin ya agar kalori yang terbakar lebih banyak lagi.

 

  1. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Adapun manfaat fitness bagi wanita berikutnya adalah meningkatkan kekuatan tubuh karena tubuh dipaksa untuk beradaptasi dengan benda tertentu. Oleh karena itu Anda perlu latihan dari beban yang ringan dulu baru ditambah sedikit agar tubuh terbiasa.

Pertambahan beban yang Anda angkat akan membantu meningkatkan kekuatan tubuh karena sudah melakukan adaptasi. Jadi, seiring bertambahnya beban, semakin meningkat juga kekuatan tubuh Anda.

Jika tubuh Anda sudah kuat maka akan lebih mudah untuk melakukan aktivitas sehari-hari contohnya mengangkat benda-benda berat di rumah seperti galon. Jika memiliki tubuh kuat maka wanita tersebut juga akan tampil percaya diri.

 

Baca Juga :   Cara Terbaik Belajar dari Awal Olahraga Bulutangkis

 

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Latihan beban tidak hanya untuk meningkatkan kekuatan tubuh tetapi juga dapat membantu kesehatan jantung. Orang yang rutin mengangkat beban maka akan meminimalisir risiko terkena penyakit jantung karena lingkar pinggulnya tampak kecil.

Apabila lingkar pinggul kecil maka tekanan gula darah dalam tubuh juga akan stabil daripada yang jarang melakukan latihan beban. Saat melakukan angkat beban, maka otot-otot tubuh dan jantung akan bekerja lebih baik. Setelah itu Anda bisa melanjutkan melakukan latihan pendinginan agar manfaatnya lebih terasa.

 

  1. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Sering memiliki masalah tidur seperti insomnia atau tidur berlebihan? Mungkin Anda jarang berolahraga sehingga tubuh tidak bugar. Salah satu manfaat fitness bagi wanita adalah bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak dari biasanya jika latihan beban secara rutin.

Olahraga yang berkaitan dengan kekuatan dan ketahanan tubuh bisa berdampak baik bagi pola tidur Anda sehingga lebih nyenyak dan lebih cepat tidur. Tidak hanya itu, bahkan Anda bisa tidur lebih lama sehingga saat bangun pagi rasanya lebih segar.

Anda tidak akan lagi mengalami yang namanya gangguan tidur seperti misalnya terbangun di malam hari atau insomnia.

 

  1. Mengangkat Suasana Hati

Terakhir adalah bisa membantu meningkatkan perubahan suasana hati sehingga semangat dalam menjalankan aktivitas harian. Angkat beban juga salah satu cara untuk melepas stress karena wanita lebih mudah mengalaminya apalagi jika terdapat banyak tekanan dari luar seperti pekerjaan.

 

Penting untuk tahu apa saja manfaat fitness bagi wanita agar semua wanita bisa mencoba latihan beban dari yang ringan dulu. Setelah terbiasa Anda bisa mencoba mengangkat beban yang lebih berat.

 

Baca Juga :   5 Jenis Olahraga Kardio untuk Mengecilkan Perut, Apa Saja?

Share :

Baca Juga

Olahraga Tradisional di Indonesia yang Populer

SPORT

Olahraga Tradisional di Indonesia yang Populer
Cara Terbaik Belajar dari Awal Olahraga Bulutangkis

SPORT

Cara Terbaik Belajar dari Awal Olahraga Bulutangkis
4 Olahraga Mengecilkan Paha yang Efektif

SPORT

4 Olahraga Mengecilkan Paha yang Efektif
Ubisoft Indonesia

SPORT

Mengenal Ubisoft Indonesia Beserta Daftar Seri Game Lengkap
Mengenal Organisasi Esport Indonesia yang Keren (Foxpsorts.com.au)

SPORT

Mengenal Organisasi Esport Indonesia yang Terus Berkembang
Bantu Tubuh Makin Sehat, Ini Aplikasi Olahraga Gratis

SPORT

Bantu Tubuh Makin Sehat, Ini Aplikasi Olahraga Gratis
Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham

SPORT

Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham
Olahraga Ringan di Rumah

SPORT

Tak Ada Lagi Alasan Malas, Berikut Olahraga Ringan di Rumah