Home / SPORT

Jumat, 13 Oktober 2023 - 19:19 WIB

Contoh Permainan Bola Besar dalam Olahraga

- Penulis

Contoh Permainan Bola Besar dalam Olahraga

Contoh Permainan Bola Besar dalam Olahraga

Moccaapedia – Permainan bola besar adalah salah satu jenis olahraga yang menggunakan bola besar dalam permainannya. Ukuran bola yang digunakan sangat menentukan anggota tubuh setiap pemain ketika akan menggerakkan bola.

Adapun tujuan dari permainan ini adalah untuk meningkatkan stamina dalam tubuh sehingga pemain tidak akan mudah kelelahan. Namun, setiap pemain juga harus mengikuti aturan yang berlaku di setiap cabang olahraga.

 

Baca Juga :   4 Rekomendasi Game Terbaik dan Terbaru 2023 Dijamin Seru!!

 

Permainan Bola Besar

Contoh Permainan Bola Besar dalam Olahraga
Contoh Permainan Bola Besar dalam Olahraga

 

Ada macam-macam permainan bola besar yang bisa dimainkan dan memiliki manfaat masing-masing. Ketika sudah menentukan akan memainkan jenis olahraga apa, seorang atlet harus fokus untuk melatih kemampuan sampai mahir.

Kalau Anda hanya ingin mengisi waktu luang namun bingung akan mencoba olahraga apa, bisa simak penjelasannya di bawah ini.

 

  1. Polo Air

Polo air adalah salah satu jenis olahraga dengan bola besar yang bisa Anda mainkan di kolam bersama teman. Ada yang mengatakan bahwa polo air merupakan olahraga kombinasi dari bola basket, sepak bola, gulat, dan renang.

Olahraga polo air dapat dimainkan secara tim dan ketika ada tim yang berhasil memasukkan bola ke gawang, maka akan mendapatkan poin. Siapa pemain yang memiliki banyak poin maka bisa memenangkan pertandingan. Adapun satu tim terdiri dari 7 orang dan 1 orang bertindak sebagai penjaga gawang.

 

  1. Rugby

Salah satu permainan bola besar yang bisa Anda mainkan selain polo air adalah rugby. Permainan ini sangat terkenal di New Zealend dan Australia yang juga biasa dimainkan di Indonesia.

Rugby adalah permainan yang mengandalkan kerja sama tim dan harus membawa bola hingga masuk ke gawang musuh. Adapun bentuk bola rugby berbeda dari bola-bola kebanyakan karena tidak bulat melainkan oval.

Adapun ukuran resmi dari bola rugby menurut standar resmi adalah 580 sampai 520 mm untuk lingkar lebar dan 740-770 mm untuk lingkar panjang.

 

  1. Bowling

Berikutnya adalah bowling yang dimainkan secara individu maupun regu di sebuah ruangan khusus. Cara memainkannya adalah harus mengumpulkan banyak poin dengan menjatuhkan pin di setiap babak.

Apabila ada pemain yang berhasil menjatuhkan semua pin di babak pertama, maka disebut dengan strike. Namun, jika pemain tersebut menjatuhkan semua pin di babak kedua maka disebut dengan spare.

Target semua pemain bowling di setiap babak adalah menjatuhkan 10 pin. Adapun nilai paling tinggi dalam permainan bowling adalah 300. Angka 300 bisa Anda dapatkan apabila berhasil melakukan strike sebanyak 12x berturut-turut.

 

  1. Futsal

Permainan bola besar apa saja selain ketiga jenis di atas? Contohnya adalah futsal yang mirip dengan sepak bola namun memiliki aturan berbeda. Jumlah pemain futsal lebih sedikit daripada sepak bola dan lapangannya bukan lapangan rumput.

Futsal juga dimainkan secara beregu dan masing-masing terdiri dari lima orang pemain. Adapun tim yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan akan keluar menjadi pemenang. Futsal sama seperti sepak bola yang dimainkan dalam dua babak dan masing-masing selama 20 menit.

Adapun bola yang digunakan dalam permainan futsal memiliki keliling 62 sampai 64 cm dan beratnya berkisar antara 400 sampai 440 gram.

 

  1. Sepak Takraw

Sepak takraw adalah salah satu permainan bola besar yang hampir sama dengan voli, hanya saja memukulnya dengan kaki bukan tangan. Sepak takraw berasal dari dua bahasa yaitu sepak (Bahasa Melayu) yang artinya menendang dan takraw (Thailand) yang berarti bola rotan.

Permainan ini termasuk permainan tradisional dan dulu menggunakan bola dari rotan. Hanya saja sekarang bola yang digunakan adalah jenis serat sintetis. Setiap bola memiliki 12 lubang dengan jumlah anyaman sebanyak 9 sampai 11.

Lingkar keliling sepak takraw untuk putri adalah 43 sampai 45 cm sedangkan untuk bola putra adalah 42 sampai 44 cm. Sepak takraw dimainkan secara tim dan masing-masing tim terdiri dari 3 orang.

Cara agar mendapatkan bola adalah menjatuhkan bola di lapangan tempat lawan. Apabila ada tim yang lebih dulu mencapai angka 21 maka akan keluar menjadi seorang pemenang.

 

Baca Juga :   Teknik Meningkatkan Latihan Olahraga Sepak Bola

 

  1. Bola Basket

Permainan bola basket juga dimainkan oleh dua regu dan masing-masing regu terdiri dari lima orang yang memiliki peran masing-masing. Adapun skor dalam permainan bola besar ini didapatkan dari keberhasilan pemain dalam memasukkan bola ke ring lawan.

Waktu permainan bola basket adalah 2 x 20 menit atau 4 x 40 menit dan dimainkan dalam empat babak. Bola basket menggunkan bola yang terbuat dari kulit dan daya pantulnya bisa mencapai setinggi 120 sampai 140 cm.

Ukuran bola basket telah diatur oleh National Basketball Association atau NBA dan FIBA. FIBA menetapkan bola basket di Indonesia memiliki keliling 74.9 cm dengan berat sebesar 576 gram. Adapun NBA menetapkan bola basket memiliki keliling 76 cm dengan berat sebesar 650 gram.

 

  1. Sepak Bola

Permainan bola besar seperti sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dan masing-masing tim terdiri dari 11 orang bukan termasuk cadangan. Bola sepak memiliki keliling sekitar 68 sampai 70 cm dengan diameter 21 sampai 25 cm.

Anak-anak biasa memainkan sepak bola dengan bola yang ukurannya lebih kecil. Sesuai standar Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA, berat bola untuk orang dewasa adalah 410 sampai 450 gram.

Adapun bola menurut Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau IFAB, tekanan bola untuk permainan ini harus mencapai 1 atm atau setara dengan 14.7 psi.

 

  1. Bola Voli

Contoh lainnya adalah permainan bola voli atau volleyball yang dimainkan dengan bola berdiameter 180 sampai 200 mm. Keliling dari bola tersebut adalah sebesar 65 sampai 67 cm dan beratnya 200 hingga 280 gram.

Ada 6 orang yang bermain dalam setiap tim di volleyball. Tujuan permainan bola voli adalah melambungkan bola ke bagian atas net untuk mendapatkan angka. Seorang pemain voli juga perlu menjaga daerahnya agar tidak diserang oleh lawan.

 

  1. American Football

American Football adalah olahraga turunan dari rugby namun berbeda asal. Kalau rugby berasal dari Inggris dan American Football berasal dari Amerika karena lebih banyak dimainkan di sana. Perbedaan lainnya dari jumlah pemain, American Football memiliki 11 pemain di setiap tim seperti sepak bola.

 

  1. Sepak Bola Tenis

Futnet adalah olahraga kombinasi antara tenis lapangan dengan sepak bola. Anda bisa memainkan futnet di dalam maupun luar ruangan dan lapangannya mirip dengan tenis. Adapun pemisah lapangan adalah net yang tidak terlalu tinggi.

 

  1. Voli Pantai

Sesuai dengan namanya, permainan bola besar ini dimainkan di luar ruangan lebih tepatnya di pantai. Adapun aturan permainannya tidak jauh berbeda dengan voli, hanya tempat prakteknya saja yang berbeda.

Setiap tim diperbolehkan menyentuh bola maksimal tiga kali lalu harus mengembalikannya lagi ke lawan.

 

Permainan bola besar di atas tampak sangat seru dan tentunya membawa manfaat bagi tubuh. Tubuh Anda akan terasa lebih bugar apabila terus berlatih olahraga di atas. Anda bisa melakukan olahraga yang diinginkan dan efeknya akan terasa jika rutin latihan.

Tentu saja Anda juga perlu melatih semua teknik dasar setiap olahraga yang akan dilakukan agar smakin ahli.

 

Baca Juga :   Cara Merawat Kulit yang Tepat, Mudah, Tanpa Banyak Biaya!

Share :

Baca Juga

Mengenal Anggar Olahraga yang Menggunakan Pedang

SPORT

Mengenal Anggar Olahraga yang Menggunakan Pedang
Intip, 10 Olahraga Saat Puasa yang Aman Melepas Mager

SPORT

Intip, 10 Olahraga Saat Puasa yang Aman Melepas Mager
10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik

SPORT

10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik
Mengenal Olahraga Dayung, Pengertian dan Manfaatnya

SPORT

Mengenal Olahraga Dayung, Pengertian dan Manfaatnya
Jenis Pukulan Bola Tenis yang dapat Anda Kuasai

SPORT

Jenis Pukulan Bola Tenis yang dapat Anda Kuasai
7 Manfaat Senam bagi Tubuh yang Penting Diketahui

SPORT

7 Manfaat Senam bagi Tubuh yang Penting Diketahui
Atlet Bayaran Tertinggi Semua Cabang Olahraga, Siapakah Itu?

SPORT

5 Atlet Bayaran Tertinggi Semua Cabang Olahraga, Siapakah Itu?
6 Gerakan Workout untuk Pemula, Bisa Dilakukan di Rumah

SPORT

6 Gerakan Workout untuk Pemula, Bisa Dilakukan di Rumah