Home / SPORT

Minggu, 3 September 2023 - 22:06 WIB

10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik

- Penulis

10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik

10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Moccaapedia – Mengalami masalah pada tubuh tetapi fisik baik-baik saja? Kemungkinan besar masalah ada di psikis Anda. Salah satu cara untuk mengurangi beban psikis adalah dengan olahraga yoga. Manfaat yoga bagi kesehatan sangat banyak sehingga Anda bisa mencobanya secara rutin.

Ketika ada masalah pelik di kantor, rumah, atau sekolah, berhenti sejenak dengan berolahraga adalah pilihan yang tepat. Anda bisa mengikuti kelas yoga kalau masih belum pernah melakukan yoga.

 

Baca Juga :   Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Bulan Puasa

 

Manfaat Yoga bagi Kesehatan

10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik
10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik

 

Yoga adalah aktivitas tubuh yang bisa dilakukan oleh semua kalangan, baik remaja maupun orang dewasa. Dengan melakukan yoga, Anda akan merasa lebih rileks sehingga stres dapat terkontrol. Di bawah ini ada beberapa manfaat yoga bagi kesehatan yang akan Anda rasakan.

 

  1. Mengatasi Nyeri Punggung

Manfaat pertama dari olahraga yoga adalah mengatasi nyeri punggung karena semua gerakan pada yoga sama efektifnya seperti jenis peregangan lainnya. Hal ini dapat membantu Anda mengatasi nyeri punggung apabila melakukan yoga secara rutin.

Olahraga yoga terbukti baik untuk meningkatkan peregangan di bagian tulang belakang sehingga postur tubuh bisa kembali seperti semula. Tidak hanya itu, manfaat melakukan yoga secara rutin adalah mampu mengatasi nyeri kronis mulai dari arthritis sampai nyeri yang disebabkan oleh penyakit migrain.

 

  1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Manfaat yoga bagi kesehatan kita selain untuk mengatasi nyeri punggung adalah baik untuk menjaga fleksibilitas tubuh. Olahraga yoga dapat membantu menjaga keseimbangan serta kelenturan tubuh karena bisa menuruni risiko terkena cedera.

Dengan mengetahui manfaat ini, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mulai melakukan olahraga yoga apalagi jika alasannya karena tubuh kurang fleksibel. Justru, dengan rutin berolahraga yoga tubuh Anda akan menjadi lebih lentur dan mudah bergerak.

Kira-kira Anda akan mengalami peningkatan fleksibilitas tubuh sebanyak empat kali karena ligamen beserta otot tubuh akan mengalami peregangan selama melakukan yoga. Jadi, kalau Anda masih belum terbiasa dengan gerakan yoga bisa mengikuti kelas yoga yang dipimpin oleh instruktur yoga terpercaya.

 

  1. Baik bagi Kesehatan Mental

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja, melakukan yoga juga baik bagi kesehatan mental karena bisa mengurangi kadar hormon kortisol yang menyebabkan stres dalam tubuh. Kalau hormon kortisol bisa berkurang, maka hormon yang menyebabkan kebahagiaan akan mengalami peningkatan yaitu hormon serotonin.

Ketika hormon serotonin mengalami peningkatan, maka gejala kecemasan dan stres akan berkurang. Yoga juga dikenal baik bagi para penyintas gangguan kesehatan mental sehingga sering dijadikan sebagai terapi tambahan.

Apabila Anda merupakan penyintas gangguan kecemasan, juga bisa melakukan yoga karena dapat menurunkan cemas. Perasaan yang Anda rasakan setelah melakukan yoga adalah tenang dan damai karena rasa cemas akan berkurang.

 

  1. Baik bagi Kesehatan Paru-Paru dan Jantung

Menjaga kesehatan paru-paru dan jantung adalah tugas Anda sebagai manusia yang ingin hidup sehat. Orang yang rajin melakukan olahraga yoga dalam kurun waktu bertahun-tahun akan memiliki denyut nadi dan tekanan darah yang lebih rendah dalam batas normal daripada orang yang tidak melakukan yoga.

Seperti yang sudah Anda tahu bahwa tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab terjadinya masalah pada jantung. Sehingga, apabila tekanan darah Anda berada dalam batas normal, maka risiko penyakit jantung juga akan berkurang.

Tidak hanya baik bagi kesehatan jantung, manfaat yoga berikutnya adalah baik bagi kesehatan paru-paru. Dalam yoga, Anda akan diajarkan untuk melakukan teknik pernapasan khusus bernama pranayama.

Tujuan pranayama adalah dapat meningkatkan fungsi vital dari paru-paru sehingga kinerja organ pernapasan tidak akan terganggu.

 

  1. Mengurangi Kram Perut Saat Menstruasi

Manfaat yoga bagi tubuh wanita adalah dapat mengurangi kram perut ketika mengalami menstruasi. Hanya saja tidak semua gerakan yoga bisa meredakan rasa sakit saat datang bulan karena hanya gerakan tertentu saja.

Anda bisa melakukan gerakan berupa child’s pose yang bermanfaat mengatasi rasa sakit karena kram dan kaku yang menyerang bagian bawah bawah punggung. Tidak hanya itu, gerakan tersebut bisa mengurangi tekanan pada Rahim Anda.

Gejala-gejala tersebut umumnya memang muncul sebagai gejala dari PMS atau premenstrual syndrome. Gerakan child’s pose adalah gerakan yoga yang dilakukan dengan duduk menggunakan lutut dan tangan direntangkan ke arah depan.

Manfaat melakukan posisi tersebut adalah membantu otot punggung agar terasa lebih rileks sehingga dapat mengurangi rasa sakit di perut akibat menstruasi. Hanya saja Anda sebaiknya tidak melakukan gerakan yoga yang lain karena bisa saja memperburuk kondisi perut.

Anda juga bisa bertanya kepada instruktur yoga apakah boleh melakukan kegiatan tersebut ketika sedang menstruasi.

 

  1. Membantu Pemulihan Penyakit dengan Cepat

Selanjutnya adalah membantu pemulihan penyakit dengan cepat sehingga yoga dijadikan sebagai pengobatan pendamping obat-obatan. Contohnya adalah bagi penderita stroke yang sedang melakukan terapi fisik bisa mencoba olahraga yoga.

Manfaatnya adalah agar bisa menjaga kemampuan serta keseimbangan dari fungsi motorik. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan olahraga yoga hanya saja tidak perlu melakukannya secara berlebihan.

 

  1. Membuat Lebih Awet Muda

Yoga juga dapat membuat seseorang menjadi tampak lebih awet muda apabila Anda melakukannya secara rutin. Ada yoga khusus kecantikan salah satunya adalah pose Sirsana yaitu Anda berdiri dengan kepala.

Sirsana adalah gerakan yoga yang akan membantu melancarkan suplai darah dari otak menuju wajah. Hal ini menyebabkan suplai oksigen ke sel-sel di wajah dan otak akan semakin meningkat. Dengan begitu Anda akan tampak awet muda dan tidak mengalami permaalahan wajah seperti jerawat.

 

  1. Meningkatkan Kebugaran

Manfaat berikutnya adalah dapat meningkatkan kebugaran sehingga dapat memperbaiki postur tubuh, jangkauan gerak, memperbaiki kelenturan tubuh, dan menambah kekuatan pada tubuh.

 

  1. Cocok untuk Penderita Penyakit Jantung

Tidak hanya dapat meningkatkan kebugaran tetapi juga baik bagi penderita penyakit jantung. Apabila keluarga Anda adalah pasien penyakit jantung atau memiliki tekanan darah tinggi, maka yoga adalah pilihan yang tepat.

Gerakan pada yoga bisa meningkatkan aliran darah sekaligus melemaskan pembuluh darah sehingga kinerja jantung akan maksimal. Pasien gagal jantung yang melakukan gerakan yoga bisa menjadi terapi komplementer

Sehingga kesehatan jantung akan meningkat dan kualitas hidup pasien juga akan lebih baik daripada orang yang jarang melakukan olahraga yoga.

 

  1. Meredakan Gejala Asma

Selain penyakit jantung, yoga juga dapat meredakan gejala penyakit asma karena ketika penyakit kambuh pasien akan kesulitan. Anda bisa melakukan olahraga secara yutin karena dalam beberapa gerakan yoga dapat berhubungan dengan latihan pernapasan.

Contohnya adalah Pranayama sehingga gejala asma akan semakin membaik. Walaupun begitu Anda tetap harus bertemu dengan dokter untuk melakukan pengobatan secara rutin. Yoga hanyalah olahraga pelengkap agar gejala penyakit yang Anda alami semakin membaik.

 

Melihat manfaat yoga bagi kesehatan di atas, Anda bisa mulai mendaftarkan diri untuk mengikuti kelas yoga. Dengan melakukan yoga secara rutin, lama kelamaan manfaatnya akan semakin terasa.

 

Baca Juga :   4 Rekomendasi Game Terbaik dan Terbaru 2023 Dijamin Seru!!

Share :

Baca Juga

MotoGP Kejuaraan Dunia dan Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa (Pixabay/Jiří Rotrekl)

SPORT

MotoGP Kejuaraan Dunia, Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa
5 Ide Kegiatan Class Meeting, Dijamin Seru

SPORT

5 Ide Kegiatan Class Meeting, Dijamin Seru
Olahraga Plank: Manfaat dan Cara Melakukannya

SPORT

Olahraga Plank: Manfaat dan Cara Melakukannya
Awas, Ketahui Bahaya Berenang Setelah Makan

SPORT

Awas, Ketahui Bahaya Berenang Setelah Makan
Tuan Rumah M4 World Champions (Mobile Legends Bang Bang)

SPORT

Wow! Indonesia Resmi Menjadi Tuan Rumah M4 World Champions
Olahraga Tradisional di Indonesia yang Populer

SPORT

Olahraga Tradisional di Indonesia yang Populer
Inilah Daftar Tim Esport Mobile Legend Profesional

SPORT

5 Esport Terbaik di Indonesia dengan Segudang Prestasi
Mengenal Olahraga Rugby dengan Segudang Manfaat

SPORT

Mengenal Olahraga Rugby dengan Segudang Manfaat