Home / SPORT

Jumat, 18 November 2022 - 10:22 WIB

MotoGP Kejuaraan Dunia, Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa

- Penulis

MotoGP Kejuaraan Dunia dan Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa  (Pixabay/Jiří Rotrekl)

MotoGP Kejuaraan Dunia dan Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa (Pixabay/Jiří Rotrekl)

MotoGP Kejuaraan Dunia

Moccaapedia – Mengenai MotoGP Kejuaraan Dunia, tentu tidak asing lagi. Pasalnya, dunia MotoGP ini sudah ada sejak lama. Bahkan, tidak jarang MotoGP menjadi permainan yang banyak diminati. Namun, tidak semua tahu tentang MotoGP dengan mendalam. Adapun, berikut beberapa hal mengenai MotoGP dunia dan MotoGP Grand Prix Indonesia yang perlu diketahui.

Baca Juga :   Atasi Ketakutan dengan Olahraga Air, Benarkah Bisa?

Tentang Sejarah MotoGP

Kejuaran MotoGP atau yang dikenal dengan FIM MotoGP World Championship merupakan ajang kejuaran balap sepeda motor yang cukup bergengsi. Dimana, MotoGP ini diadakan secara rutin setiap tahun yang diikuti oleh negara-negara. Di dalamnya terdapat sejumlah pabrikan motor yang juga turut andil.

MotoGP ini diselenggarakan pertama kali ketika tahun 1949 oleh Federation International de Motocyclisme atau dikenal dengan FIM. Saat itu terdapat beberapa kelas yakni 500cc, 350cc, 250cc, dan 150cc, serta 50cc. Pertandingan MotoGP ini dilakukan setiap tahunnya di tempat yang telah ditentukan. Hingga di tahun 1971 sampai 2001 tipe mesin 2 tak tidak mendominasi lagi dan digantikan oleh 4 tak.

Kemudian, di tahun 2002 sampai 2019 merupakan masa transisi dan berakhirnya mesin 2 tak di kelas premier. Di tahun 2002 hingga 2006, pabrikan motor dibolehkan untuk menaikan kapasitas mesin, sehingga membuat 4 tak dengan 990cc.

Pembalap MotoGP Terbaik

Dalam MotoGP Kejuaraan Dunia yang diadakan rutin setiap tahunnya, membuat beberapa nama muncul sebagai idola. Pasalnya, mereka menjadi juara dengan penguasaan skill yang tinggi. Adapun berikut beberapa nama-nama pembalap MotoGP terbaik sepanjang masa:

1.      Valentino Rossi

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Valentino Rossi? Tentu tidak asing lagi. Pasalnya, Valentino Rossi merupakan seorang pembalap MotoGP dengan banyak prestasi yang berhasil diraihnya. Rossi sendiri melakoni debut pada tahun 2000 di kelas premier. Dimana, kala itu Rossi masih di 500cc menggunakan mesin 2 tak.

Baca Juga :   Wisata Kuliner Bandung Malam yang Wajib Di Coba

Pembalap yang memiliki julukan The Doctor tersebut sampai kini telah mendapatkan 89 keberhasilan dari 372 balapan. Bahkan Rossi memiliki lebih dari satu gelar dalam pabrikan motor yang berbeda yakni Yamaha dan Honda. Tentunya, Teknik yang dimilikinya tidak perlu dilakukan lagi dan talenta terbaik hingga di level tertinggi VR46 Academy.

2.      Marc Marquez

MotoGP Kejuaraan Dunia Selanjutnya, nama pembalap yang juga tidak asing lagi ada Marc Marquez. Pasalnya, pemain yang memiliki julukan The baby Alien ini membuat heboh dengan meraih gelar juara saat di musim pertamanya. Padahal saat itu, terdapat pembalap hebat seperti Jorge Lorenzo, Rossi, Nicky Hayden dan Dani Pedrosa.

 

Namun, Marquez berhasil mengatasi sejumlah rivalnya tersebut, bahkan unggul 4 poin dari Lorenzo. Marquez ini dikenal memiliki gaya tersendiri dalam balap yang tidak biasa, bahkan tidak kenal takut serta agresif. Pembalap asal Spanyol tersebut, tentu pantas disandingkan dengan Rossi dan Giacomo.

3.      Jorge Lorenzo

Berikutnya, ada Jorge Lorenzo yang juga berhasil mendapatkan gelar kejuaran. Dimana, Lorenzo ini melakoni debutnya di tahun 2008. Kemudian, di dua tahun berikutnya Lorenzo semakin baik dan terus mengasah kemampuannya. Hingga dapat meraih 16 podium dan 9 kemenangan saat musim 2010. Bahkan, meraih kejuaran dunia di kelas premier dan masih banyak lagi keberhasilan yang diraihnya.

 

MotoGP Kejuaraan Dunia merupakan sebuah ajang yang cukup bergengsi dalam dunia balap motor. Tentunya, dalam melakukan hal tersebut dibutuhkan skill yang mumpuni agar bisa meraih kejuaraan. Terdapat beberapa pembalap yang berhasil menjuarai dan mempertahankannya tentu tidak mudah, dengan berbagai Latihan dan tidak menyerah.

Baca Juga :   Posisi Pemain Basket Lengkap dengan Tugasnya

Share :

Baca Juga

Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham

SPORT

Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham
Atlet Bayaran Tertinggi Semua Cabang Olahraga, Siapakah Itu?

SPORT

5 Atlet Bayaran Tertinggi Semua Cabang Olahraga, Siapakah Itu?
Intip, 10 Olahraga Saat Puasa yang Aman Melepas Mager

SPORT

Intip, 10 Olahraga Saat Puasa yang Aman Melepas Mager
Cara Terbaik Belajar dari Awal Olahraga Bulutangkis

SPORT

Cara Terbaik Belajar dari Awal Olahraga Bulutangkis
Mengenal Organisasi Esport Indonesia yang Keren (Foxpsorts.com.au)

SPORT

Mengenal Organisasi Esport Indonesia yang Terus Berkembang
Olahraga Squat: Jenis-jenisnya yang Bermanfaat untuk Tubuh

SPORT

Olahraga Squat: Jenis-jenisnya yang Bermanfaat untuk Tubuh
Apa Manfaat Renang Bagi Tubuh? Ini Dia Penjelasannya

SPORT

Apa Manfaat Renang Bagi Tubuh? Ini Dia Penjelasannya
9 Contoh Permainan Bola Kecil yang Biasa Dimainkan

SPORT

9 Contoh Permainan Bola Kecil yang Biasa Dimainkan