Home / SPORT

Minggu, 20 Agustus 2023 - 06:45 WIB

10 Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan

- Penulis

10 Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan

10 Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan

Moccaapedia – Walaupun ada banyak manfaat olahraga bowling akan tetapi jenis olahraga satu ini masih sepi peminat di Indonesia. Hal ini terlihat dari media yang kurang menyorot olahraga tersebut. Padahal bowling adalah olahraga yang sangat terkenal di Amerika Serikat.

Bowling merupakan jenis olahraga yang menggunakan bola khusus kemudian pemain menggelindingkannya ke arena permainan untuk menjatuhkan pin. Pin tersebut berwarna putih dan kalau ingin memenangkan pertandingan harus menjatuhkan semua pin.

 

Baca Juga :   5 Esport Terbaik di Indonesia dengan Segudang Prestasi

 

Manfaat Olahraga Bowling

10 Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan
10 Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan

 

Orang lain banyak berpikir bahwa bowling adalah olahraga yang terlihat mudah dan sederhana, padahal agar bisa menjatuhkan semua pin membutuhkan teknik khusus. Adapun manfaat olahraga bowling adalah sebagai berikut.

 

  1. Menurunkan Berat Badan

Buat Anda yang ingin melakukan diet lebih baik dengan cara olahraga saja. Diet sehat tidak akan merusak kesehatan tubuh melainkan sebaliknya. Walaupun di luar sana banyak yang menganjurkan diet ketat karena hasilnya lebih cepat, tetapi diet tersebut sangat buruk bagi kesehatan.

Bukannya mendapatkan hasil yang baik tetapi kesehatan Anda malah menurun. Salah satu caranya adalah dengan melakukan olahraga bowling secara rutin. Dengan olahraga ini, metabolism tubuh akan bekerja dengan baik.

Gerakan konstan yang terdapat pada bowling bisa membakar lemak berlebih dalam tubuh. Satu kali bowling bisa membakar hingga 170 sampai 300 kalori. Tentunya kebutuhan setiap orang berbeda-beda, tetapi Anda tidak perlu melakukan bowling secara berlebihan.

Tidak hanya membakar lemak saja, manfaat melakukan bowling adalah memperkuat tubuh bagian atas karena ada gerakan mengayunkan bola ke atas dan bawah. Kalau masih pemula kemungkinan akan kesulitan, namun Anda bisa terus berlatih bowling agar lancar.

 

  1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Parah

Adapun manfaat olahraga bowling yang berikutnya adalah mengurangi risiko terkena penyakit parah. Penyakit parah tersebut bisa jantung, diabetes, stroke, dan masih banyak lagi. Apabila melakukan bowling secara rutin maka bisa membantu memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan kepadatan tulang, dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Apabila kadar kolesterol dan tekanan darah bisa terjaga, maka suplai oksigen pada tubuh juga akan membaik. Buat Anda yang belum pernah sama sekali melakukan bowling dan merasa penasaran bisa langsung mencobanya saja.

 

  1. Menguatkan dan Mengencangkan Otot

Sama seperti jenis olahraga lainnya, bowling juga bermanfaat untuk menguatkan dan mengencangkan otot. Bowling membawa pengaruh besar pada otot tubuh bagian bawah karena lebih banyak membawa beban bola pada tangan.

Ketika melakukan gerakan ayunan untuk melempar bola akan terjadi gerakan kelenturan dan peregangan sehingga otot tendon akan terlatih. Tidak hanya otot tendon, tetapi juga otot lainnya mulai dari otot persendian hingga ligament.

 

  1. Menyehatkan Jantung

Semua orang pasti ingin memiliki jantung yang sehat bukan? Kalau begitu Anda harus rajin berolahraga seperti bowling. Bowling bermanfaat untuk melancarkan kinerja jantung agar bisa melakukan tugasnya dengan baik

Hormon adrenalin pada tubuh juga akan meningkatkan detak jantung sehingga menjadi lebih sehat. Banyak orang yang tidak tahu mengenai manfaat dari bowling, padahal organ-organ dalam tubuh akan terawat dengan bowling secara rutin.

 

  1. Melatih Koordinasi Tangan dengan Mata

Adapun manfaat olahraga bowling berikutnya adalah menjaga koordinasi antara mata dengan tangan. Hal ini bisa terjadi karena ada gerakan melempar bola bowling sehingga pemain harus dalam mode serius.

Ketika melempar bola, koordinasi mata dan tangan sangat dibutuhkan saat ini agar pin bisa menjatuhkan semua pin. Apabila melakukan bowling secara rutin maka kepekaan, kewaspadaan, konsentrasi, dan berpikir taktis akan semakin terlatih.

Bowling adalah rekomendasi olahraga ynang tepat apabila ingin melatih kemampuan motoric agar koordinasi mata dan tangan tetap terjaga.

 

Baca Juga :   Jenis Pukulan Bola Tenis yang dapat Anda Kuasai

 

  1. Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental adalah bagian penting dalam kehidupan sehingga Anda perlu menjaganya agar tetap waras. Apabila rutin bermain bowling maka suasana hati akan meningkat sehingga Anda semakin semangat dalam menjalani hari.

Selain itu, bowling dapat mengurangi stress, kecemasan, dan perasaan kesepian yang sering melanda. Apabila kesehatan mental seseorang bisa terjaga, maka umur akan semakin panjang.

 

  1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Berikutnya adalah dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh karena ketika bermain bowling membuat tubuh bergerak lebih luas. Tubuh harus memegang dan melempar bola yang agak berat sehingga otot-otot tubuh harus seimbang.

Adapun posisi saat bermain bowling pemain harus mengatur posisi kedua tangan, kaki, dan tubuh agar tidak merasa sakit. Seseorang yang sudah terbiasa melakukan bowling tidak akan terasa sakit saat memutar dan melempar bola.

 

  1. Sama Seperti Latihan Kardio

Tidak hanya itu, manfaat melakukan bowling secara berkala adalah seperti melakukan latihan kardio. Khususnya bagi Anda yang suka dengan latihan kardio, sekali-kali bisa mencoba bowling agar tidak bosan.

Pemain bowling membutuhkan 71 langkah dalam waktu satu menit dan jika Anda melakukan bowling selama 1 jam maka akan membakar kalori sebanyak 150 sampai 300 kalori. Kalori tersebut terbakar seperti Anda melakukan olahraga selama 25 menit.

Oleh karena itu, bowling termasuk olahraga yang tidak hanya menyehatkan tubuh dan memberikan hiburan secara pribadi. Sehingga Anda akan merasa senang ketika bermain bowling bersama dengan keluarga.

 

  1. Merupakan Olahraga Low Impact

Bowling adalah olahraga low impact yang memanfaatkan gerakan satu atau kedua kaki menempel di lantai saat aktivitas berlangsung.  Kalau Anda belum pernah sama sekali melakukan olahraga kardio, bisa melakukan bowling lebih dulu.

Mulailah dengan latihan sambil berlari dan angkat beban serta membawa bola berat agar terbiasa. Kemudian latihan berlari sambil menggelindingkan bola tersebut dan lakukan selama beberapa kali.

Agar bowling tidak terasa membosankan, Anda bisa bermain bowling sambil bersosialisasi dengan pemain lain saat latihan.

 

  1. Meringankan Beban Pikiran

Manfaat melakukan bowling secara rutin adalah meringankan beban pikiran karena pekerjaan rumah, tugas sekolah, bahkan urusan pekerjaan. Anda akan merasa lebih tenang karena sudah menghabiskan waktu untuk bermain bowling.

Membangun interaksi sosial dengan orang lain akan membantu Anda untuk melepas stress sehingga bagus bagi kesehatan mental. Hal ini juga akan membantu meningkatkan pelepasan hormon endorfin agar tubuh merasa nyaman dan bahagia.

Tidak hanya itu, apabila hormon endorfin meningkat maka tubuh akan lebih mudah mengalirkan darah. Kalau kadar hormon endorfin meningkat maka produksi hormon kortisol akan menurun sehingga Anda tidak akan merasa stress lagi.

 

Istilah dalam Olahraga Bowling

Setelah mengetahui apa saja manfaat melakukan olahraga bowling berikutnya adalah istilah yang terdapat dalam bowling.

  • Alley = arena untuk bermain bowling
  • Anchor = permainan terakhir dalam kompetisi beregu
  • Arrow = tanda panah yang digunakan sebagai tujuan lemparan bola bowling
  • Baby split = istilah untuk dua jalur dalam satu permainan
  • Backup = bergelinding di putaran yang mengarah ke kanan
  • Beggar = split pada pin nomor 7 – 10 atau big four
  • Box = bagian dari satu game yang disebut dengan frame

 

Semua manfaat olahraga bowling di atas bisa menjadi alasan bagi Anda yang belum pernah sama sekali mencoba bermain bowling. Tidak ada salahnya untuk mencoba bowling karena sangat seru.

 

Baca Juga :   Cara Meningkatkan Teknik Bola Voli Anda Supaya Jago

Share :

Baca Juga

4 Olahraga Mengecilkan Paha yang Efektif

SPORT

4 Olahraga Mengecilkan Paha yang Efektif
Olahraga Loncat Indah: Sejarah, Manfaat, dan Teknik

SPORT

Olahraga Loncat Indah: Sejarah, Manfaat, dan Teknik
Contoh Permainan Bola Besar dalam Olahraga

SPORT

Contoh Permainan Bola Besar dalam Olahraga
Atasi Ketakutan dengan Olahraga Air, Benarkah Bisa?

SPORT

Atasi Ketakutan dengan Olahraga Air, Benarkah Bisa?
Olahraga Ekstrim Parkour, Benarkah Berbahaya?

SPORT

Olahraga Ekstrim Parkour, Benarkah Berbahaya?
Inilah Daftar Tim Esport Mobile Legend Profesional

SPORT

Inilah Daftar Tim Esport Mobile Legend Profesional
5 Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada di Mana?

SPORT

5 Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada di Mana?
5 Tips Rajin Olahraga Bagi Kaum Mager

SPORT

5 Tips Rajin Olahraga Bagi Kaum Mager