Home / SPORT

Jumat, 4 Agustus 2023 - 12:07 WIB

Apa Manfaat Renang Bagi Tubuh? Ini Dia Penjelasannya

- Penulis

Apa Manfaat Renang Bagi Tubuh? Ini Dia Penjelasannya

Apa Manfaat Renang Bagi Tubuh? Ini Dia Penjelasannya

Moccaapedia – Apa manfaat renang bagi tubuh? Jawabannya banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila rutin melakukan olahraga renang. Olahraga ini memang membutuhkan keberanian sekaligus bisa menyehatkan tubuh.

Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan jantung agar kondisi jantung tetap baik dan bisa bekerja secara optimal. Namun, tidak perlu melakukan renang secara berlebihan karena bisa membahayakan tubuh.

 

Baca Juga :   Intip, 10 Olahraga Saat Puasa yang Aman Melepas Mager

 

Apa Manfaat Renang Bagi Tubuh?

Apa Manfaat Renang Bagi Tubuh? Ini Dia Penjelasannya
Apa Manfaat Renang Bagi Tubuh? Ini Dia Penjelasannya

 

Sayang sekali kalau Anda pandai berenang namun tidak memanfaatkannya dengan baik. Padahal berenang mendatangkan banyak manfaat yang jarang diketahui. Apa saja manfaat dari olahraga renang? Ini dia penjelasan selengkapnya.

 

  1. Menyehatkan Jantung

Kalau Anda ingin memiliki jantung yang sehat di masa mendatang, mulailah untuk melakukan olahraga renang. Walaupun ada olahraga lain yang bisa Anda lakukan untuk kesehatan jantung, tetapi tidak boleh melewatkan renang.

Dengan rutin melakukan olahraga renang kinerja paru-paru dan jantung akan membaik serta sirkulasi darah akan meningkat. Tidak hanya itu, olahraga renang juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyuplai oksigen.

 

  1. Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat renang bagi tubuh yang berikutnya adalah memperbaiki kualitas tidur. Kurang tidur akan mengganggu kesehatan tubuh secara menyeluruh. Untuk memperbaiki kualitas tidur, Anda bisa mulai melakukan olahraga renang secara rutin.

Olahraga air yang sangat direkomendasikan khusus untuk orang yang sering mengalami insomnia adalah berenang. Apabila anak Anda susah tidur, bisa mengajak mereka untuk berenang bersama agar kualitas tidurnya membaik.

 

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Selain memperbaiki kualitas tidur dan menjaga kesehatan jantung, olahraga renang juga bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati. Orang dengan ganggun psikologis seperti depresi dan demensia bisa melakukan olahraga renang agar suasana hatinya membaik.

 

  1. Meningkatkan Kekuatan Otak

Ada lagi manfaat melakukan olahraga renang yaitu untuk meningkatkan kekuatan otak. Secara umum, semua jenis olahraga berkaitan erat dengan fungsi kognitif. Orang yang melakukan renang selama 20 menit dapat merespon lebih cepat dan menerima informasi dengan seksama.

 

  1. Mengurangi Nyeri Sendi

Sering nyedi di bagian persendian tanda bahwa Anda kurang berolahraga. Khusus pengidap radang sendi dan fibromyalgia bisa melakukan renang secara rutin.

Hal ini karena melakukan aktivitas fisik dalam air seperti berenang bisa mengatasi masalah musculoskeletal. Lama kelamaan nyeri sendiri pada tubuh bisa berkurang karena rutin berolahraga.

 

Baca Juga :   MotoGP Kejuaraan Dunia, Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa

 

  1. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Apa manfaat renang bagi tubuh kita? Yaitu dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi khususnya saat menerima pelajaran di kelas. Adanya kombinasi gerakan pada olahraga fisik dan pernapasan dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

 

  1. Mengurangi Gejala Asma

Bagi penderita asma juga bisa mengurangi gejala penyakit tersebut dengan melakukan renang. Kolam renang adalah lingkungan yang lembap sehingga bisa mengurangi gejala asma. Hal ini karena udara di sekitar lingkungan tersebut dapat mengurangi iritasi yang terjadi pada saluran pernapasan sehingga fungsi paru-paru membaik.

 

  1. Menyehatkan Tulang

Semua orang ingin memiliki tulang yang baik dan sehat, oleh karena itu melakukan olahraga renang secara rutin. Manusia yang sudah berumur 50 tahun ke atas rentan mengalami penyakit tulang seperti osteoporosis.

Apabila Anda tidak mau memiliki masa tua dengan penyakit tulang bisa melakukan renang secara rutin. Lewat olahraga tersebut, kepadatan mineral tulang akan membaik apabila Anda berenang selama tiga jam tiap minggu.

 

  1. Mengatasi Saraf Kejepit

Saraf kejepit merupakan kondisi yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari karena Anda tidak bisa bergerak bebas dan terus merasakan sakit di bagian tubuh tertentu. Oleh karena itu, orang dengan saraf kejepit pada umumnya hanya beraktivitas di tempat tidur saja.

Padahal jika tidak bergerak, otot akan melemah sehingga tubuh menjadi mudah lelah. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut Anda bisa mulai berolahraga berenang. Semua gerakan renang dapat membuat bagian tulang belakang serta otot-otot punggung menjadi lebih rileks.

 

  1. Menurunkan Berat Badan

Apa manfaat renang bagi tubuh? Yaitu dapat menurunkan berat badan karena memang lebih baik melakukan diet sehat dengan rajin berolahraga daripada diet ketat yang hanya membahayakan tubuh.

Dengan melakukan renang secara rutin, maka berat badan akan berkurang teratur. Selama satu jam melakukan renang maka bisa membakar kalori sebanyak 400 sampai 700 kalori, tergantung dari intensitas yang Anda lakukan.

 

  1. Meningkatkan Massa Otot

Apa manfaat renang bagi kesehatan tubuh selain menurunkan berat badan? Jawabannya adalah meningkatkan massa otot. Apabila Anda bergerak di alam air, seluruh otot tubuh juga akan ikut bergerak melawan tekanan dalam air.

Dari sanalah kelenturan dan kekuatan massa otot akan terus terlatih sehingga massa otot bisa meningkat. Tidak hanya itu, berenang juga tepat untuk mengecilkan betis serta membuat otot menjadi lebih kencang.

 

  1. Mengendalikan Stres

Selain itu manfaat melakukan olahraga renang adalah untuk mengendalikan stress. Berolahraga secara rutin tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja tetapi juga kesehatan mental. Seseorang yang mengalami masalah mental dapat merasa lebih baik setelah berolahraga.

Khusus untuk penderita demensia, dengan melakukan olahraga renang dapat menghambat terjadinya penurunan fungsi berpikir. Khusus untuk pengidap depresi dan kecemasan bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang.

 

Lakukan Hal Ini Sebelum Berenang

Setelah mengetahui apa manfaat renang bagi tubuh, berikutnya adalah dengan memperhatikan beberapa hal berikut yang perlu Anda lakukan sebelum berenang. Melakukan persiapan sebelum berenang adalah langkah awal agar tidak cedera.

 

  1. Tidak Banyak Makan

Kalau Anda merasa lapar saat akan berenang bisa makan secukupnya saja agar tidak sampai kekenyangan. Mengapa demikian? Karena ketika perut terisi penuh Anda bisa merasa mual lalu memuntahkan semua isi perut ke kolam renang.

Oleh karena itu Anda cukup makan sesuap saja agar tidak muntah ketika menggerakkan tubuh di kolam. Kalau bisa memberi jeda waktu cukup lama setelah makan sebelum memulai berenang.

 

  1. Melakukan Pemanasan

Semua olahraga termasuk berenang perlu pemanasan lebih dulu agar tidak mengalami cedera saat berenang. Pemanasan yang bisa Anda lakukan adalah lompat-lompat ringan, jogging, atau lari-lari kecil. Dengan melakukan hal itu tubuh akan lebih siap untuk memulai aktivitas.

Kalau langsung berenang tanpa melakukan pemanasan lebih dulu tentu akan berbahaya bagi tubuh karena risiko mengalami kram tinggi yang bisa menyerang perut. Rasanya pasti sangat menyakitkan.

 

  1. Membilas Badan di Pancuran

Langkah lain yang perlu Anda lakukan sebelum terjun ke kolam renang adalah membilas badan di pancuran. Tujuan membilas badan adalah untuk menyesuaikan tubuh dengan suhu di kolam renang sehingga siap saat terjun ke kolam.

Selain itu, membilas badan ke pancuran juga bertujuan untuk memberihkan badan. Hanya saja, orang-orang sering mengabaikan hal ini karena banyak yang mengira tidak penting. Padahal jika badan tidak bisa menyesuaikan dengan suhu kolam maka Anda bisa masuk angin.

 

  1. Menyiapkan Air Minum

Terakhir adalah dengan menyiapkan air minum agar kandungan cairan dalam tubuh tetap terjaga sehingga Anda tidak mengalami dehidrasi.

 

Mengetahui apa manfaat renang bagi tubuh akan membuat Anda rajin berolahraga khususnya yang sedang melakukan diet. Selain itu, perhatikan juga beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum renang.

 

Baca Juga :   3 Waktu yang Tepat Untuk Olahraga di Bulan Puasa, Ketahui Ini

Share :

Baca Juga

10 Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan

SPORT

10 Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan
Lepas Mager, Ini 5 Cara Olahraga Saat Bulan Puasa

SPORT

Lepas Mager, Ini 5 Cara Olahraga Saat Bulan Puasa
JERSEY BARU TIMNAS INDONESIA (Bola.com)

SPORT

Kemenangan 3-2 Untuk Timnas Indonesia vs Curacao
Mengenal Anggar Olahraga yang Menggunakan Pedang

SPORT

Mengenal Anggar Olahraga yang Menggunakan Pedang
Perbedaan Voli Pantai dan Voli Biasa, Ada Aturan Sendiri

SPORT

Perbedaan Voli Pantai dan Voli Biasa, Ada Aturan Sendiri
Juara Piala Dunia Sepak Bola Maroko Aregntina Ini Yang Menang

SPORT

Juara Piala Dunia Sepak Bola Maroko Aregentina Ini Yang Menang
4 Rekomendasi Game Terbaik dan Terbaru 2023 Dijamin Seru!!

SPORT

4 Rekomendasi Game Terbaik dan Terbaru 2023 Dijamin Seru!!
Intip, 10 Olahraga Saat Puasa yang Aman Melepas Mager

SPORT

Intip, 10 Olahraga Saat Puasa yang Aman Melepas Mager