Home / SPORT

Jumat, 28 Juli 2023 - 21:23 WIB

5 Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada di Mana?

- Penulis

5 Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada di Mana?

5 Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada di Mana?

Moccaapedia – Acara-acara sepak bola selalu mendapat sambutan hangat dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kapasitas stadion juga harus memadai agar siapa saja bisa menonton pertandingan tersebut. Seperti kapasitas yang tersedia di lapangan sepak bola terbesar di dunia.

Lapangan tersebut menyediakan kapasitas besar untuk penonton sehingga ukuran lapangannya sangat luas. Bahkan ada yang bisa menampung hingga 10 ribu penonton. Tentu saja perawatan lapangan sangat diperhatikan.

 

Baca Juga :   Teknik Meningkatkan Latihan Olahraga Sepak Bola

 

Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia

5 Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada di Mana?
5 Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada di Mana?

 

Kalau ada pertandingan sepak bola yang diadakan di lapangan besar pasti penontonnya banyak. Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat karena kapasitasnya mencapai ribuan. Berikut ini beberapa stadion bola terbesar di dunia.

 

  1. Stadion Borg El Arab

Borg El Arab stadium adalah stadion yang berada di Mesir berdiri pada tahun 2005 silam. Stadion megah ini mampu menampung hingga 86 ribu penonton sehingga termasuk stadion terbesar ke-9 di dunia.

Adapun luas dari Stadion Borg El Arab mencapai 609 ribu m2 yang memiliki tempat parkir luas dan bisa menampung sebanyak 5 ribu mobil dan 200 bus. Stadion ini memiliki 136 pintu masuk yang masing-masing pintu ditutupi oleh payung.

Pengelola stadion juga melengkapi fasilitas pengunjung seperti AC, stadion khusus atletik, dan dua ruang ganti. Bahkan terdapat tempat penginapan yang mampu menampung 200 tamu khusus. Alasan membangun stadion ini adalah untuk persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010.

Namun FIFA menolak tawaran Mesir untuk menjadi tuan rumah. Sehingga lapangan tersebut menjadi stadion kendang milik tim nasional Mesir selain Stadion Internasional Kairo. Sebagai pengganti, Mesir mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-2- FIFA 2009.

Pihak FIFA juga sempat mengatakan bahwa Stadion Borg El Arab merupakan lapangan fantastis dan megah, sehingga menjadi salah satu stadion terbaik di dunia. Fasilitas lain yang tersedia adalah 32 restoran dan puluhan toilet.

Bahkan di hotelnya memiliki fasilitas lengkap seperti gymnasium, kafetaria, kolam renang, ruang konferensi, restoran, dan masih banyak lagi. Semua fasilitas tersebut tersedia untuk pemain dan kru tim.

 

  1. Stadion Nasional Bukit Jalil

Salah satu lapangan bola terbesar di dunia selain Borg El Arab adalah Nasional Bukit Jalil yang terletak di Malaysia. Sebagai salah satu stadion bola terbesar di Asia Tenggara, Nasional Bukit Jalil memiliki tempat duduk berkapasitas 87 ribuan orang.

87 ribu orang bisa menempati lapangan dengan luas 105 x 68 meter itu. Nasional Bukit Jalil berdiri sejak tahun 1995 dan baru dibuka tiga tahun kemudian, tepatnya di tahun 1998. Termasuk stadion markas tim nasional Malaysia, Nasional Bukit Jalil sering menjadi tempat untuk pertandingan lokal Malaysia.

Alasan pembangunannya adalah untuk persiapan Commonwealth Games dan pernah menjadi tuan rumah Piala Asia AFC 2007 silam. Tentu saja memiliki fasilitas penting seperti lintasan untuk lari, lintasan latihan, dan sebagainya. Beberapa kegiatan lain yang diadakan di stadion ini adalah.

  • Piala Muda 2007
  • Liga Primer Asia 2003
  • Babak Final Piala Asosiasi Sepak Bola Malaysia
  • Babak Final Piala Malaysia

 

Baca Juga :   Kemenangan 3-2 Untuk Timnas Indonesia vs Curacao

 

  1. Estadio Azteca Meksiko

Lapangan sepak bola terbesar di dunia berikutnya adalah Estadio Azteca Stadium Mexico. Pada tahun 1987 dan 1986 silam, stadion ini pernah menjadi tempat pertandingan final Piala Dunia. Tahukah Anda berapa penonton yang bisa masuk ke stadion ini? Ada 100 ribuan orang.

Jumlah kursi yang sangat besar, jadi tidak mengherankan kalau pernah menjadi tempat pertandingan final ajang sepak bola besar dunia. Adapun arsitek yang membangun stadion ini adalah Rafael Mijares dan Ramirez Vazquez.

Pembangunannya mulai pada tahun 1961 dan baru diresmikan pada 29 Mei 1966. Pada saat peresmiannya, pemerintah Meksiko juga mengadakan pertandingan klub Torino FC dan Club America. Pesepak bola yang pertama kali mencetak angka di stadion megah ini adalah Arlindo Dos Santos.

Saat itu jumlah penontonnya sangat fantastis yaitu 100 ribuan orang. Kemudian 5 Juni 1966, pengelola stadion mulai memberi pencahayaan agar penonton nyaman saat menyaksikan pertandingan.

Final Copa Interamericana tahun 1978 juga diselenggarakan di stadion ini yang mempertemukan Boca Juniors dengan America. Nama Azteca dipilih bukan tanpa alasan karena bentuk penghormatan kepaad warisan Aztec di Mexico City.

Pada tanggal 20 Januari 1997, lapangan megah ini pernah berganti nama menjadi Estadio Guilermo. Adapun pertandingan yang pernah diselenggarakan di sini adalah sebagai berikut.

  • Piala Dunia U-17 tahun 2011
  • CONCACAF Gold Cup tahun 2003
  • Olimpiade musim panas pada tahun 1986
  • Piala Dunia pada tahun 1970
  • American Games pada tahun 1975
  • FIFA World Youth Championship pada 1983
  • Mexito City Cup pada tahun 1985
  • Piala Dunia pada tahun 1986

Fakta terakhir yang paling menarik dari stadion ini adalah Estadio Azteca merupakan plakat perunggu yang menjadi bentuk peringatan Game of the Century saat Italia berhasil mengalahkan tim nasional Jerman Barat.

 

  1. Stadion Wembley Inggris

Stadion Wembley Inggris merupakan salah satu lapangan terbesar di dunia yang memiliki ciri khas berupa lengkungan raksasa. Lengkungan tersebut merupakan penyangga atap atau tiang utama stadion. Stadion Wembley berlokasi di London yang sudah ada sejak tahun 2007.

Adapun proses pembangunannya memakan waktu selama kurang lebih sepuluh bulan. Lapangan dengan kapasitas penonton mencapai 90 ribu orang ini sudah sering menjadi tempat pertandingan berbagai ajang sepak bola besar.

Termasuk salah satu lapangan bola terbesar di Inggris yang pernah menjadi tuan rumah final Piala Dunia, Piala FA, dan Liga Champions Eropa. Peresmiannya dilakukan oleh Raja George V di tanggal 23 April 1924.

Pemerintah setempat sempat merobohkan stadion ini kemudian dibangun kembali pada tahun 1923. Kalau Anda berkunjung ke sana, akan melihat dua Menara indah menjulang yang menjadi memoar sejarah olahraga di Inggris.

Tidak hanya menjadi tempat acara olahraga saja, stadion ini bahkan menjadi tempat konser musik besar. Seperti konser amal yang pernah diselenggarakan pada 3 Juli 1985 dengan menghadirkan Queen. Ada 72 ribu penonton yang hadir kala itu.

 

  1. Stadion Rose Bowl

Amerika Serikat juga memiliki lapangan sepak bola berukuran raksasa. Lapangan sepak bola terbesar di dunia milik AS adalah Rose Bowl Stadium. Adapun jumlah kursi yang tersedia di lapangan itu mencapai 90an ribu.

Pembangunannya dimulai pada tahun 1922 dan pemerintah selalu mengembangkan lapangan tersebut hingga megah seperti sekarang. Stadion yang berlokasi di California itu pernah menjadi tuan rumah berbagai ajang besar seperti berikut.

  • Piala Dunia FIFA pada tahun 1994
  • Olimpiade balap sepeda musim panas pada tahun 1932 dan Olimpiade sepak bola musim panas tahun 1984
  • Tuan rumah Piala MLS 1998
  • Piala Emas CONCACAF tahun 2011
  • Piala Dunia Wanita FIFA pada tahun 1999
  • Pertandingan persahabatan sepak bola di tahun 2009

 

Semua lapangan sepak bola terbesar di dunia tersebut memiliki kapasitas besar dan fasilitas lengkap. Pemerintah setempat juga terus menerus melakukan pengembangan.

 

Baca Juga :   5 Manfaat Fitness bagi Wanita yang Penting Diketahui

Share :

Baca Juga

Lepas Mager, Ini 5 Cara Olahraga Saat Bulan Puasa

SPORT

Lepas Mager, Ini 5 Cara Olahraga Saat Bulan Puasa
Atasi Ketakutan dengan Olahraga Air, Benarkah Bisa?

SPORT

Atasi Ketakutan dengan Olahraga Air, Benarkah Bisa?
7 List Mobil Termahal di Dunia, Artis Indo Tidak Punya !

SPORT

7 List Mobil Termahal di Dunia, Artis Indo Tidak Punya !
Contoh Permainan Bola Besar dalam Olahraga

SPORT

Contoh Permainan Bola Besar dalam Olahraga
Inilah Daftar Tim Esport Mobile Legend Profesional

SPORT

5 Esport Terbaik di Indonesia dengan Segudang Prestasi
5 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Saat Puasa, Sehat atau Tidak?

SPORT

5 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Saat Puasa, Sehat atau Tidak?
4 Olahraga Mengecilkan Paha yang Efektif

SPORT

4 Olahraga Mengecilkan Paha yang Efektif
5 Manfaat Fitness bagi Wanita yang Penting Diketahui

SPORT

5 Manfaat Fitness bagi Wanita yang Penting Diketahui