Home / SPORT

Jumat, 10 November 2023 - 21:09 WIB

6 Gerakan Workout untuk Pemula, Bisa Dilakukan di Rumah

- Penulis

6 Gerakan Workout untuk Pemula, Bisa Dilakukan di Rumah

6 Gerakan Workout untuk Pemula, Bisa Dilakukan di Rumah

Moccaapedia – Jika Anda adalah pekerja yang super sibuk namun tetap ingin bugar bisa melakukan workout yang lebih mudah. Anda bisa menerapkan gerakan workout untuk pemula jika masih belum terbiasa melakukan gerakan yang sulit.

Olahraga adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih kebugaran dan kesehatan tubuh namun jika dilakukan secara rutin. Workout adalah latihan fisik dengan gerakan ringan yang bisa meningkatkan kebugaran tubuh.

 

Baca Juga :   Wow! Indonesia Resmi Menjadi Tuan Rumah M4 World Champions

 

Gerakan Workout untuk Pemula

6 Gerakan Workout untuk Pemula, Bisa Dilakukan di Rumah
6 Gerakan Workout untuk Pemula, Bisa Dilakukan di Rumah

 

Selain rutin berolahraga Anda juga perlu menjaga pola makan dan pola tidur agar tidak mudah sakit. Hal itu juga berperan terhadap kesehatan fisik dan mental sehingga bisa semangat saat beraktivitas. Bagi pemula bisa melakukan gerakan workout mudah di bawah ini.

 

  1. Push Up

Push up adalah gerakan workout yang berfungsi untuk mengencangkan otot yang membawa banyak manfaat. Tidak hanya mengencangkan otot dada saja, tetapi juga bisa membentuk otot trisep, lengan, dan depan bahu.

Gerakan push up yang biasanya memang sangat sulit untuk pemula, oleh karena itu Anda bisa melakukan push up yang lebih mudah. Caranya adalah dengan menggunakan lutut yang menempel pada lantai dan memudahkan tubuh terangkat.

 

  1. Squat

Lantas apa manfaat dari squat? Sebagai salah satu gerakan workout untuk pemula, squat membawa banyak manfaat bagi tubuh yaitu untuk mengencangkan otot bagian paha dan bokong. Tidak hanya itu, squat juga bermanfaat dalam membantu meningkatkan organ pencernaan manusia.

 

  1. Triceps Dip

Triceps dip adalah gerakan workout yang memiliki banyak manfaat untuk menguatkan bagian tubuh atas dan samping sehingga Anda membentuk otot trisep. Anda bisa melakukan gerakan ini secara rutin agar manfaatnya bisa cepat terasa di tubuh Anda.

 

  1. Bridge

Bridge adalah gerakan yang Anda bisa lakukan dengan gerakan berbaring. Cara melakukannya adalah ambil posisi berbaring dengan menekuk kedua lutut lalu letakkan telapak kaki bagian kanan ke lantai serta atur posisi lengan di samping tubuh.

Kemudian bawa bokong serta paha ke atas dan turunkan lagi kemudian ulangi gerakan tersebut selama beberapa kali.

 

  1. Side Plank

Gerakan workout untuk pemula selain keempat gerakan di atas adalah side plank yang sangat membawa manfaat untuk keseimbangan. Mudah saja melakukan side plank karena tinggal mengatur tumpuan tubuh dengan satu lengan.

Adapun posisi tangan yang berada di atas diletakkan di atas pinggang lalu diarahkan ke atas. Selain itu posisi side plank ini bisa untuk menjaga stabilitas bagian tubuh atas dan tulang belakang.

 

  1. Abdominal Crunch

Gerakan workout yang bisa dilakukan oleh pemula adalah abdominal crunch yang bisa Anda lakukan saat sebelum berangkat bekerja, istirahat makan siang, dan sebelum tidur. Bahkan ketika Anda sedang berlibur juga bisa melakukan abdominal crunch sehingga tubuh tetap bugar.

Lalu bagaimana cara melakukan abdominal crunch? Caranya adalah atur posisi berbaring dan tekuk lutut lalu atur kaki membentuk 90 derakat. Posisikan tangan di bagian kepala lantas dorong punggung ke bagian lantai.

Manfaat dari abdominal crunch adalah untuk menguatkan otot bagian perut, membangun kekuatan pada inti tubuh, membakar kalori, dan meningkatkan ketahanan.

 

  1. Jumping Jacks

Terakhir adalah jumping jacks yaitu gerakan koordinasi antara kaki dan tangan agar bisa bergerak secara berirama. Jadi, saat tangan menepuk bagian aas kepala maka Anda bisa membuka kaki sedikit lebih lebar dari bahu Anda.

Manfaatnya adalah untuk menurunkan berat badan, membantu menjaga kesehatan tulang, mengurangi stress, menyehatkan jantung, dan meningkatkan kekuatan otot.

 

Keenam gerakan workout untuk pemula di atas bisa Anda lakukan dengan rutin agar manfaatnya bagi tubuh tetap terasa. Awal-awal biasanya akan mengalami kesulitan karena gerakannya tidak mudah, namun jika sudah terbiasa maka akan lancar.

 

Baca Juga :   Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham

Share :

Baca Juga

Mengenal Olahraga Rugby dengan Segudang Manfaat

SPORT

Mengenal Olahraga Rugby dengan Segudang Manfaat
10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik

SPORT

10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik
Inilah Daftar Tim Esport Mobile Legend Profesional

SPORT

5 Esport Terbaik di Indonesia dengan Segudang Prestasi
Teknik Meningkatkan Latihan Olahraga Sepak Bola

SPORT

Teknik Meningkatkan Latihan Olahraga Sepak Bola
Olahraga Paling Populer di Dunia

SPORT

7 Olahraga Paling Populer di Dunia, Mana Favorit Anda?
Awas, Ketahui Bahaya Berenang Setelah Makan

SPORT

Awas, Ketahui Bahaya Berenang Setelah Makan
MotoGP Kejuaraan Dunia dan Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa (Pixabay/Jiří Rotrekl)

SPORT

MotoGP Kejuaraan Dunia, Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa
Contoh Permainan Bola Besar dalam Olahraga

SPORT

Contoh Permainan Bola Besar dalam Olahraga