Home / SPORT

Jumat, 21 April 2023 - 08:22 WIB

5 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani, Mari Pelajari Bersama!

- Penulis

5 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani, Mari Pelajari Bersama!

5 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani, Mari Pelajari Bersama!

Moccaapedia – Kebugaran jasmani adalah istilah yang sudah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari termasuk di lingkungan sekolah. Agar kesehatan jasmani dapat terjaga Anda bisa melakukan latihan kebugaran. Ternyata manfaat latihan kebugaran jasmani baik bagi sistem imun.

Tanda-tanda bahwa orang tersebut memiliki tubuh yang sehat adalah mampu melakukan aktivitas dan tidak mudah lelah. Mereka memiliki energi yang cukup untuk melakukan banyak aktivitas di luar.

 

Baca Juga :   Olahraga Ekstrim Parkour, Benarkah Berbahaya?

 

Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani sangat menentukan bagaimana kondisi fisik Anda. Apabila kondisi fisik bagus maka sistem imunitas tubuh juga baik. Oleh karena itu agar sistem imun terus meningkat bisa melakukan latihan kebugaran.

 

1. Kesehatan Tulang Terjaga

Melakukan latihan kebugaran tidak hanya bagus untuk sistem kekebalan tubuh akan tetapi juga bagus bagi kesehatan tulang. Memang memperbanyak konsumsi vitamin D juga bisa menyehatkan tulang, akan tetapi tidak ada salahnya untuk melakukan latihan kebugaran.

Dengan banyak berolahraga dan membiasakan diri agar terus bergerak maka kesehatan tulang akan terjaga. Kepadatan dan kekuatan tulang juga semakin meningkat sehingga Anda tidak mudah lelah. Jika tulang sehat tentu akan memudahkan melakukan aktivitas apapun.

 

2. Mengurangi Depresi dan Stress

Manfaat latihan kebugaran jasmani berikutnya adalah dapat mengurangi tingkat stress dan depresi. Stress adalah perasaan yang pasti dialami oleh semua manusia. Akan tetapi depresi tidak, depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental.

Untuk mengurangi tingkat stress dan depresi, olahraga bisa menjadi solusinya. Dengan rajin berolahraga tubuh akan melepaskan hormon penyebab stress sehingga hormon kebahagiaan akan meningkat.

Hormon kebahagiaan itu adalah endorfin dan serotonin. Ketika kedua hormon tersebut meningkat maka kondisimu akan kembali stabil. Suasana hati akan membaik dan Anda bisa kembali bersemangat untuk melakukan hal yang produktif.

 

Baca Juga :   Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham

 

3. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Olahraga adalah cara yang tepat untuk mencegah kenaikan berat badan. Dengan berolahraga lemak di dalam tubuh akan tetap seimbang. Akan tetapi banyak orang yang malas berolahraga dan memilih untuk tidak makan agar tubuh tetap ideal.

Padahal dengan berolahraga, kalori yang terdapat dalam tubuh akan terbakar. Jadi olahraga sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin melakukan diet sehat. Memang hasilnya lama akan tetapi kesehatan Anda tetap terjaga.

 

4. Mengontrol Keseimbangan Gula Darah

Selain tiga manfaat di atas, manfaat latihan kebugaran jasmani adalah untuk menjaga keseimbangan gula darah. Saat melakukan olahraga, sel tubuh akan mengambil beberapa kadar gula darah milik Anda.

Dengan rajin berolahraga maka keseimbangan gula darah akan terjaga. Hal itu akan membantu Anda dalam melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu penting untuk melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin.

 

5. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Semua orang tentu ingin memiliki kualitas tidur yang baik bukan? Hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan rajin berolahraga. Apabila tubuh dalam kondisi sehat, maka tidur akan terasa nyenyak.

Akan tetapi bukan karena alasan ini Anda melakukan olahraga sebelum tidur. Sebaliknya, jika melakukan olahraga sebelum tidur maka lonjakan energi akan terjadi dan Anda akan kesulitan tidur. Jika ingin melakukan latihan kebugaran, lakukan saat pagi hari saja ya!

Anda bisa mencari tutorial latihan kebugaran di Youtube atau platform lain jika lebih nyaman melakukannya sendiri di rumah.

Begitu banyak manfaat latihan kebugaran jasmani bagi tubuh manusia. Memiliki fisik yang sehat artinya Anda juga memiliki jiwa yang sehat. Dengan rajin berolahraga suasana hati akan meningkat.

Jika Antum mencari informasi tentang edukasi yang lain Mungkin bisa melihat SudutEdu yang juga menyediakan informasi yang bermanfaat tentang topik ini.

 

Baca Juga :   Contoh Permainan Bola Besar dalam Olahraga

Share :

Baca Juga

5 Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada di Mana?

SPORT

5 Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada di Mana?
Cara Meningkatkan Teknik Bola Voli Anda Supaya Jago

SPORT

Cara Meningkatkan Teknik Bola Voli Anda Supaya Jago
JERSEY BARU TIMNAS INDONESIA (Bola.com)

SPORT

Kemenangan 3-2 Untuk Timnas Indonesia vs Curacao
Olahraga Paling Populer di Dunia

SPORT

7 Olahraga Paling Populer di Dunia, Mana Favorit Anda?
Olahraga Ekstrim Parkour, Benarkah Berbahaya?

SPORT

Olahraga Ekstrim Parkour, Benarkah Berbahaya?
Olahraga Tradisional di Indonesia yang Populer

SPORT

Olahraga Tradisional di Indonesia yang Populer
Jenis-jenis Lari dalam Cabang Olahraga Atletik

SPORT

Jenis-jenis Lari dalam Cabang Olahraga Atletik
Jenis Pukulan Bola Tenis yang dapat Anda Kuasai

SPORT

Jenis Pukulan Bola Tenis yang dapat Anda Kuasai