Home / SPORT

Rabu, 19 April 2023 - 10:00 WIB

5 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Saat Puasa, Sehat atau Tidak?

- Penulis

5 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Saat Puasa, Sehat atau Tidak?

5 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Saat Puasa, Sehat atau Tidak?

Moccaapedia – Agar tubuh Anda tetap bertenaga di bulan puasa bisa rajin berolahraga. Walaupun tubuh terasa lemas Anda tidak boleh bermalas-malasan karena ada olahraga ringan yang bisa dilakukan. Selain itu banyak manfaat olahraga bagi tubuh saat puasa yang akan tubuh rasakan.

Tidak usah bingung mengenai waktu yang tepat untuk olahraga pas puasa karena Anda bisa melakukannya sebelum atau sesudah buka puasa. Setelah berbuka puasa tubuh sudah memiliki tenaga sehingga Anda bisa berolahraga.

 

Baca Juga :   Olahraga Plank: Manfaat dan Cara Melakukannya

 

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Saat Puasa

Banyak orang mengira jika olahraga akan membuat tubuh semakin lemas karena kehilangan energi. Padahal yang terjadi malah sebaliknya, tubuh akan terasa lebih bugar dan segar. Tapi bukan berarti bisa melakukan olahraga berat. Carilah olahraga dengan intensitas rendah.

 

1. Meningkatkan Kinerja Saluran Pencernaan

Manfaat pertama adalah dapat melancarkan kinerja organ pencernaan. Ketika berpuasa tidak ada makanan/minuman yang masuk sehingga saluran pencernaan juga ikut istirahat. Tetapi jika Anda olahraga bisa melancarkan sirkulasi darah walaupun organ pencernaan istirahat.

Tidak hanya itu, dengan rajin berolahraga fungsi dari kelenjar getah bening juga akan mengalami peningkatan. Oleh karena itu proses pembuangan racun dalam tubuh bisa dilakukan walaupun Anda sedang berpuasa.

Sebaliknya apabila Anda sama sekali tidak bergerak atau melakukan olahraga ringan saat puasa hal tersebut akan mengganggu kinerja dari sistem metabolisme. Hal ini juga menyebabkan penumpukan lemak di tubuh.

 

2. Mengatur Komposisi Tubuh

Jika Anda ingin memperbaiki komposisi tubuh agar organ tetap bekerja secara maksimal bisa melakukan latihan aerobik sebelum berbuka puasa. Latihan aerobik juga membawa manfaat lain yaitu meningkatkan pemecahan lemak pada jaringan otot.

Oleh karena itu tidak sedikit orang berpuasa yang menyempatkan dirinya untuk berolahraga seperti aerobik. Dengan latihan aerobik jumlah lemak bisa berkurang. Hal ini juga sangat efektif untuk membuat tubuh Anda menjadi lebih segar.

 

3. Meningkatkan Fokus

Manfaat olahraga bagi tubuh saat puasa yang berikutnya adalah dapat meningkatkan fokus. Ketika berpuasa tubuh tidak diisi makanan dan minuman sehingga menjadi lemas dan kehilangan fokus.

Namun hal ini dapat diatasi dengan rajin olahraga setiap minggunya. Cukup lakukan olahraga ringan maka fokus Anda akan meningkat. Jika konsentrasi meningkat maka akan lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan.

 

Baca Juga :   10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik

 

Hal ini juga dijelaskan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas California. Bahwa dengan latihan olahraga ringan fokus Anda akan terjaga seiring dengan peningkatan fungsi kognitif pada otak.

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang bisa membuat tubuh kembali segar dan bugar. Suasana hati juga akan membaik karena olahraga menghasilkan keringat dan mengeluarkan hormon yang membuat stress.

 

4. Daya Tahan Tubuh Meningkat

Manfaat olahraga bagi tubuh saat puasa adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit. Tetapi banyak yang mengira bahwa olahraga akan membuat tubuh lebih lemas dan lelah.

Padahal yang terjadi adalah sebaliknya tubuh akan lebih bertenaga akan stamina meningkat. Anda bisa melakukan olahraga yang ringan-ringan saja misalnya jalan santai, bersepeda di sekitar rumah, jogging, dan yoga.

Jika tubuh bugar dan sistem kekebalan tubuh terjaga maka selain terhindar dari penyakit puasa Anda juga akan semakin lancar.

 

5. Mudah Membakar Lemak

Rajin olahraga akan membuat lemak ditubuh berkurang. Hal ini dikarenakan tidak ada nutrisi yang masuk ke tubuh sehingga olahraga menjadi lebih efektif. Terkadang ada beberapa makanan yang menyebabkan penimbunan lemak sehingga Anda malas bergerak.

Jadi ketika tubuh tidak diisi makanan penimbunan lemak tidak akan terjadi. Hal ini akan membuat olahraga menjadi lebih efektif dalam membakar sisa lemak pada tubuh. Olahragalah yang setidaknya tidak memberatkan Antum.

Selain itu pemilihan waktu juga penting dilakukan jika ingin olahraga. Misalnya setelah berbuka puasa. Jadi saat buka puasa Anda jangan makan berlebihan agar tidak mudah mengantuk sehingga tubuh mudah bergerak.

Banyak manfaat olahraga bagi tubuh saat puasa yang dirasakan jika Anda melakukannya secara rutin dan di waktu yang tepat. Olahraga tidak akan membuat Anda lemas melainkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Baca Juga :   5 Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada di Mana?

 

5 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Saat Puasa, Sehat atau Tidak?

Share :

Baca Juga

Mengenal Olahraga Dayung, Pengertian dan Manfaatnya

SPORT

Mengenal Olahraga Dayung, Pengertian dan Manfaatnya
Cara Meningkatkan Teknik Bola Voli Anda Supaya Jago

SPORT

Cara Meningkatkan Teknik Bola Voli Anda Supaya Jago
Lepas Mager, Ini 5 Cara Olahraga Saat Bulan Puasa

SPORT

Lepas Mager, Ini 5 Cara Olahraga Saat Bulan Puasa
Olahraga Loncat Indah: Sejarah, Manfaat, dan Teknik

SPORT

Olahraga Loncat Indah: Sejarah, Manfaat, dan Teknik
Mengenal Anggar Olahraga yang Menggunakan Pedang

SPORT

Mengenal Anggar Olahraga yang Menggunakan Pedang
Olahraga Ringan di Rumah

SPORT

Tak Ada Lagi Alasan Malas, Berikut Olahraga Ringan di Rumah
Teknik Meningkatkan Latihan Olahraga Sepak Bola

SPORT

Teknik Meningkatkan Latihan Olahraga Sepak Bola
MotoGP Kejuaraan Dunia dan Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa (Pixabay/Jiří Rotrekl)

SPORT

MotoGP Kejuaraan Dunia, Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa