Home / SPORT

Senin, 17 April 2023 - 10:00 WIB

3 Waktu yang Tepat Untuk Olahraga di Bulan Puasa, Ketahui Ini

- Penulis

3 Waktu yang Tepat Untuk Olahraga di Bulan Puasa, Ketahui Ini

3 Waktu yang Tepat Untuk Olahraga di Bulan Puasa, Ketahui Ini

Moccaapedia – Puasa tidak bisa dijadikan alasan untuk malas berolahraga. Apalagi olahraga dapat menyehatkan tubuh sehingga Anda bisa melakukannya secara rutin. Namun yang perlu diperhatikan adalah waktu yang tepat untuk olahraga di bulan puasa.

Melakukan olahraga selama berpuasa memang bisa membawa dampak buruk seperti dehidrasi, lemas, dan pusing. Bahkan paling parah adalah dapat meningkatkan hormon kortisol penyebab stress.

 

Baca Juga :   Jenis-jenis Lari dalam Cabang Olahraga Atletik

 

Waktu yang Tepat Untuk Olahraga di Bulan Puasa

Agar tidak terjadi hal buruk pada diri Anda perlu melakukan olahraga di waktu-waktu tertentu. Anda harus pandai mencari waktu untuk berolahraga agar tubuh tetap bugar sehingga meningkatkan suasana hati.

 

1. Olahraga Setelah Berbuka Puasa

Setelah berbuka puasa merupakan waktu yang tepat untuk olahraga di bulan puasa. Waktu ini adalah pilihan terbaik agar tidak membahayakan tubuh. Anda bisa melakukannya 3 jam setelah berbuka puasa.

Selama 3 jam itu tubuh akan mencerna makanan sehingga tubuh akan lebih berenergi lagi. Energi tersebut dapat Anda gunakan untuk berolahraga. Anda bisa melakukan olahraga apapun akan tetapi tidak yang berlebihan.

Setelah olahraga selesai Anda juga bisa menambah asupan jika merasa lapar. Apabila Anda ingin shalat tarawih bisa menyisihkan waktu 5 hingga 10 menit untuk latihan ringan. Sebenarnya Anda bisa melakukan olahraga angkat beban setelah tubuh diisi makanan.

Namun jika merasa tidak kuat lakukan olahraga intensitas ringan saja. Olahraga-olahraga tersebut sangat bermanfaat untuk melancarkan organ pencernaan. Selain itu sistem imun Anda juga akan meningkat.

 

2. Setelah Makan Sahur

Setelah selesai makan sahur juga merupakan waktu yang tepat untuk olahraga di bulan puasa. Sama seperti setelah berbuka puasa setelah makan sahur tubuh Anda sudah diisi dengan energi sehingga kuat jika akan berolahraga.

Setelah sahur adalah waktu yang pas untuk berolahraga karena waktunya lebih banyak. Berbeda ketika setelah berbuka puasa yang hanya 5-10 menit karena harus shalat tarawih. Namun bedanya Anda hanya bisa melakukan olahraga ringan saja.

Hal ini dikarenakan tubuh juga harus menyediakan energi agar bisa beraktivitas seharian hingga waktu berbuka. Jadi olahraga ringan tidak akan menghabiskan banyak energi. Jika Anda melakukan olahraga berat energi akan terkuras habis.

 

Baca Juga :   Sejarah Sepak Bola dan Teknik Dasar yang Perlu Diketahui

 

Apabila seperti itu Anda tidak akan memiliki tenaga untuk melakukan aktivitas apapun. Walaupun demikian melakukan olahraga setelah makan sahur dapat meningkatkan kebugaran tubuh Anda.

Ada banyak pilihan olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti berjalan, bersepeda, dan jogging di sekitar rumah saja. Walaupun tubuh sudah diberi asupan nutrisi tetap tidak dianjurkan untuk melaksanakan olahraga berat karena tubuh belum mampu.

Selain itu perbanyak juga konsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat sebagai sumber energi seharian berpuasa. Kemudian saat berbuka Anda bisa mencukupi kebutuhan cairan dengan memperbanyak minum.

 

3. Sebelum Berbuka Puasa

Sebelum buka puasa juga merupakan pilihan waktu yang tepat untuk olahraga di bulan puasa. Manfaatnya adalah lemak yang terbakar bisa lebih banyak. Tentu ini adalah waktu yang tepat bagi Anda apabila ingin menurunkan berat badan.

Olahraga intensitas ringan yang dilakukan dalam perut kosong akan memudahkan Anda untuk membakar lebih banyak lemak. Selesai melakukan olahraga Anda bisa langsung mengisi energi dengan makan saat berbuka.

Sehingga melakukan olahraga sebelum berbuka puasa merupakan waktu yang tepat tanpa perlu khawatir akan mengalami dehidrasi atau gula darah rendah. Akan tetapi yang perlu diingat adalah jangan terlalu memaksakan tubuh untuk olahraga.

Jika dirasa olahraga tersebut tidak sesuai dengan kemampuan tubuh lebih baik hentikan saja. Apabila Anda teruskan maka tubuh bisa mengalami kelelahan karena pada saat itu masih waktunya puasa.

Selain itu jangan berolahraga lebih dari 1 jam karena itu juga tidak disarankan. Tubuh Anda akan merasa kelelahan dan sakit semua bahkan bisa menyebabkan pusing. Olahraga yang seharusnya menyehatkan tubuh tetapi malah membuat Anda menjadi sakit.

Ketiga pilihan waktu yang tepat untuk olahraga di bulan puasa di atas bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan tubuh. Memang olahraga lebih aman dilakukan setelah berbuka puasa.

 

Baca Juga :   10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik

 

3 Waktu yang Tepat Untuk Olahraga di Bulan Puasa, Ketahui Ini

Share :

Baca Juga

Atasi Ketakutan dengan Olahraga Air, Benarkah Bisa?

SPORT

Atasi Ketakutan dengan Olahraga Air, Benarkah Bisa?
4 Olahraga Mengecilkan Paha yang Efektif

SPORT

4 Olahraga Mengecilkan Paha yang Efektif
Ubisoft Indonesia

SPORT

Mengenal Ubisoft Indonesia Beserta Daftar Seri Game Lengkap
MotoGP Kejuaraan Dunia dan Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa (Pixabay/Jiří Rotrekl)

SPORT

MotoGP Kejuaraan Dunia, Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa
Olahraga Paling Populer di Dunia

SPORT

7 Olahraga Paling Populer di Dunia, Mana Favorit Anda?
5 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Saat Puasa, Sehat atau Tidak?

SPORT

5 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Saat Puasa, Sehat atau Tidak?
Jenis Pukulan Bola Tenis yang dapat Anda Kuasai

SPORT

Jenis Pukulan Bola Tenis yang dapat Anda Kuasai
4 Rekomendasi Game Terbaik dan Terbaru 2023 Dijamin Seru!!

SPORT

4 Rekomendasi Game Terbaik dan Terbaru 2023 Dijamin Seru!!